06 Mei 2013

Mitos Susu Beruang


#Bimbingan Orang Tua

Setiap senin pagi di tambang ada acara safety talk, semacam apel pagi kalo di kalangan hansip. Intinya sih semacam pengarahan tentang keselamatan kerja oleh HSE Dept yang kadang dimanfaatkan oleh departemen lain berbagi pengumuman karena di acara itu hampir seluruh karyawan kumpul jadi satu.

Safety talk itu selalu ditutup dengan pembagian susu Bear Brand atau yang lebih dikenal dengan nama susu beruang. Pembagian susu ini menjadi rutin katanya untuk detoksifikasi mengingat setiap hari karyawan bekerja di lingkungan yang kurang sehat.

Kasiat susu beruang yang luar biasa ini sudah lama aku dengar. Sebelum masuk tambang, teman-teman khususnya yang akan medical check up selalu minum susu ini banyak-banyak. Alasannya untuk membersihkan paru-paru dari efek rokok agar lolos saat rontgen.

Aku pribadi cenderung menganggap ini sebagai mitos
Susu bagus untuk kesehatan aku sudah yakin 100%. Tapi kenapa harus Bear Brand, itu yang bikin tanda tanya besar. Aku pikir daripada seminggu sekali dapat satu kaleng susu beruang, sepertinya akan lebih bagus kalo diganti susu UHT atau lainnya biar bisa dikonsumsi beberapa hari. Toh harganya juga tak jauh beda.

Namun usulan itu mentok. Mereka keukeuh susu beruang itu khusus untuk menawarkan racun. Tapi kalo ditantang minum susu beruang dicampur baigon tak pernah mau. *sori becanda...

Malah ada yang salah kaprah sedemikian parah. Katanya susu beruang itu beneran susu dari beruang, bukannya susu sapi.
#Dodol...

Aku jadi mikir begini setelah membandingkan kandungan gizi beberapa jenis susu yang tercantum dikemasannya. Terlepas dari benar atau tidaknya informasi pihak produsen, aku melihat begitu banyak susu lain yang lebih bagus secara nilai gizi. 

Contoh ini aku ambil dari susu buat anak-anak di rumah.




Budaya sebagian dari kita yang jarang mau mencari data dan suka main percaya saja apa kata orang merupakan pasar yang bagus untuk viral marketing. Sekali satu kesan tertanam dalam otak, sulit bagi teman-teman untuk menerima informasi lain. 

Pihak Nestle pun tidak mencantumkan jaminan di kemasan bahwa susu beruang itu efektif untuk detoksifikasi. Semua penjelasan yang tercantum di kemasan, cenderung sama dengan susu merk lain. Yang banyak ngeyel tentang kehebatan susu beruang justru pihak konsumen.

Mencari informasi melalui google pun bukan hal mudah. Hampir semua halaman google penuh cerita tentang kehebatan susu beruang. Ini efek dari kontes beberapa waktu lalu. Padahal tahu sendiri lah. Artikel untuk lomba itu kalo orang Jawa bilang banyak lombonya alias ngibul.

Tidak sepenuhnya berisi kebohongan sih. Tapi bisa dibilang 99,99% artikel akan mengarahkan pembaca ke sisi baiknya biar bisa jadi pemenang. Kekurangannya dibanding produk lain kayaknya tidak ada yang berani ungkap. Malah pernah komenku dihapus empunya blog gara-gara menyanggah dan mempertanyakan rujukan teknis isi artikel.
#Tul gak..?

Aku ga tau...
Ini sesuatu yang normatif atau boleh dianggap sebagai salah satu dosa blogger yang tidak disadari telah membelokkan opini publik demi mendapatkan hadiah yang tak seberapa. Sehingga cerita akhirnya tak pernah berubah. Tetap saja kita jadi korban iklan kaum kapitalis tanpa merasa dirugikan.

Terserah deh mau pilih susu apa yang penting tau informasi gizinya dan tidak membabi buta kemakan mitos. Kalo buat aku sih, Air Susu Ibu tetap lebih baik daripada Air Susu Umum apapun merknya. Beneran bikin sehat untuk anak dan bapaknya...
#Suer...

Tapi ini bukan artikel medis loh ya...
Ini cuma pemikiran yang lewat sesaat di otak...
Teman yang tahu tentang ilmu gizi mungkin bisa bantu...



Intinya
Jurnal ini bukan untuk mendiskreditkan pihak lain. Dunia sudah berubah dimana semua orang bisa ngomong apa saja. Tak bisa kita batasi hak orang untuk berpendapat. Karena kuncinya ada di pembaca. Sejauh mana kita membuka mata, telinga, pikiran dan logika agar tidak menelan semua informasi secara mentah-mentah.



139 comments:

  1. Balasan
    1. Kalah cepet mas...aku bikin tenda di sini...:))

      Hapus
    2. tuh susu si bebek sapa yang mau
      dianya gak doyan inih...

      Hapus
    3. yang tua ga boleh ikutan

      Hapus
    4. susuwwwww enak kui mas... hahahaha

      Hapus
    5. hush
      kayaknya sih udah rada kadaluarsa :D

      Hapus
    6. no komen ah...
      ane gak ikut ikut gan...

      Hapus
    7. Ra oleh melu komentar, yo wis.

      Hapus
    8. lho pak dhe udah tua tho..?

      Hapus
    9. selama mitosnya baik,dan masyarakat banyak tidak merasa keberatan/dirugikan aku rasa tidak masalah.

      Hapus
  2. Akhirnyaaaaaah. Ada yang mau bahas soal inih. Hehehehe. Eh btw Mas, kadang suka males ikutan kontes karena itu tadi,malah jadi mengiklan mutah oleh si penyelenggara kontes. Sering draft yang sudah di tulis jadi dianggurin ajah. Kadang suka bete emang pas nyari referensi produk eh nyangkutnya ke postingan kontes. Huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah masing-masing saja, om...
      hidup di negara bebas ya bebas saja orang mau bilang apa. wong kenyataannya ada temen blogger idealis yo tetep iso kalah sama hadiah. yang pinter tetap bagian marketingnya. mereka tahu gimana caranya membanjiri halaman google dengan keunggulan produk.

      memang tidak salah wong itu beneran produk bagus
      tapi ketika kebenaran itu tidak diimbangi dengan penyampaian kekurangannya, menurutku akan lebih tepat disebut pembenaran. salah kita juga gampang dibohongi dan melupakan bahwa di dunia tidak ada produk yang sempurna.

      padahal yang ditakutin apa sih..?
      buktinya produk rokok sudah ditulis menyebabkan impotensi pun masih saja laku

      Hapus
    2. mendingan ikutan kontes KPK

      Hapus
    3. kalo ada sih kontes bugil :D

      Hapus
  3. terbuai rayuan orang marketing ya mas rawin....heheheh...maklum deh mas, namanya pemasaran, semua pasti dilebih-lebihkan, biar jualannya laku

    BalasHapus
    Balasan
    1. falsafah orang marketing kan begitu, pak
      selalu berlawanan dengan orang teknik. tapi kalo orang marketing tahu detil teknis, mereka malah ga akan tega jualan. makanya doktrinnya, apapun kondisinya pokoknya harus bilang bagus

      kalo tar ada yang jelek
      tinggal pakai jawaban universal, sudah biasa ada satu dua produk yang gagal dari ribuan. persentasenya teramat kecil... haha

      Hapus
  4. lho berarti memang susu beruang itu bukan dari tetek beruang?
    hehe.. #ups

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari tetek sapi yang bisa bikin pemilik pabriknya beruang banyak...

      Hapus
  5. Gemien lg serangan tulup tulupan ning umaeh pak gancing tek tulup ding aku kena matane koh nggaor2 nangis glebeg ning treteane pak kasirun Ak kemutan bae nin..bareng ngesuke pas ning sekolahan SD tlaga 2 ak di pagang ding geng geng Dkw breng tek lawan koh pada mlayu ra wani.gumun Hahaha ia...nggaor2 mbari glebeg ning tretean..bareng ngesuke maning njaluk tanding maning geng Dkw tandinge pada perang main ceprotan kro pang tikil balung..ning umaeh pak gancing maning bareng tembe tek mulai koh si lalang anake pak sadi nyuled mercon d balangna maning ning geng Dkw koh anu ora murug ora pa si Iwan sudrajat nangis nggaor2 maning njaluk balik...dadi siki tah traoma mboran kro geng2 sumber..hahaha lucu yoh masa lalu tah

    BalasHapus
  6. aku dulu suka minum susu beruang tapi bukan karena untuk detoks. karena praktis saja.

    itu yang bilang susu beruang beneran susu beruang memang dodol bener, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. repot memang kalo sudah berkaitan dengan keyakinan
      kalo cuma susah dikasih masukan sih gapapa, ini mah pake ngeyel maksa orang lain untuk percaya juga...

      Hapus
    2. Setau saya ya ga smua dg judul *susu* itu baik dikonsumsi jangka panjang. Contoh nya susu full cream (susu kaleng) yg mas bndingkan dg susu murni merk tertntu. Smua susu ditambah zat adiktif seperti vitamin dsb, agar berkualitas dan mmnuhi kbutuhan tubuh. TAPI perlu di ketahui, susu full cream kurang baik di konsumsi jangka panjang karena kandungan kolestrol yang lebih tinggi drpd susu murni. Itu si sepengetahuan saya dari pelajaran biokimia ��

      Hapus
  7. Iya. aku pikir juga kenap susu beruang ini banyak banget khasiatnya, apa yang terkandung di dalamnya ya?
    TApi memang betul kadang kita termakan Mitos itu, dan biasanya di konsumsi ketika sakit panas/tyhpus, dan manjur bo :D

    Yo wes lah terserah pemikiran apa kata orang..
    yang penting i love susu

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ga permasalahkan susunya kok. mau beruang mau bendera ga masalah wong aku juga sering minum bear brand. cuma aku merasa ga nyaman ketika melihat teman-teman membabi buta dalam meyakini sesuatu sampai susah diajak ngomong pake data. korban iklan lah, hheheh

      Hapus
    2. apa bedanya dengan anda yg juga membabi buta dalam meyakini klo susu murni dengan susu full cream( susu kaleng) sama baiknya hanya melihat dari kandungan gizi bukan kemurniannya..dan bedanya kan anda sendiri yg ga setuju semntara yg meyakini bearbrand lebih baik lebih banyak..

      Hapus
  8. gak tahu dech karena belum pernah mencoba....
    coba tanya pada rumput yang bergoyang kang...heheeeeeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo yang pake goyang mah susu lain itu, bu...
      *sampluk susu

      Hapus
  9. soal susu beruang gak pengen komentar banyak. terserah apakah itu mitos atau bukan sebagaimana pendapat sobat! yang pengen gue bahas pertanyakan sekarang adalah ending tulisan yaitu "susu untuk kesehatan anak". tanda kutip diatas saya setuju, tetapi untuk bapaknya ini yang jadi tanda tanya besar.
    pertanyaan gue : baik untuk kesehatan bapaknya itu apakah terletak pada Air susu tersebut atw .......?????? gkgkgkgk (nyleneh dot com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. susu itu banyak mengandung kalsium dan bagus untuk pertumbuhan si kecil. terbukti kan, cuma diliatin doang si kecil bisa membesar dengan cepat. apalagi kalo dikomsumsi..?

      *srampang srandal..

      Hapus
  10. setuju mas, padahal ini lebih banyak bertujuan untuk strategi marketing semata

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga temen temen penggemar kontes bisa memahami ini dan mengerti apa efeknya ketika halaman google sudah penuh informasi yang benar namun bisa menyesatkan...

      Hapus
    2. nah, ini dia susunya

      Hapus
  11. untuk ngetes daripada baigon mending racun tikus di campur sprite aja mas hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ada ada saja
      itu cuma nantangin yang ngeyel katanya cuma susu beruang yang bisa menawarkan racun. disuruh coba campur ga mau. berarti dia sendiri ga meyakini kasiat penawaran racunnya...

      Hapus
  12. Susu Bear Brand rasanya bener2 susu sapi asli pak jika dibandingkan dgn susu kental manis yg lain merek apapun juga, apalagi jika dibandingkan dgn susu yg kental kentul..

    Saya selalu menemukan hal baru dan keren kalau membaca tulisan Pak Rawin. Di tulisan ini saya baru menyadari cara utk mengetes bener tidaknya susu Bear Brand dapat menetralisir racun dgn mencampurkannya dgn Baigon..
    Ini sangat keren..
    ntar mau nyoba ah..



    BalasHapus
    Balasan
    1. ah elah...
      tapi syarat ketentuan berlaku om
      don trai et hum
      di kuburan aja ya..
      haha

      Hapus
  13. adikku tergila gila pada susu beruang ini, katanya enak luar biasa dan lebih sehat dibanding yang lain.
    tetapi karena aku nih anti susu, paling gak suka susu... dibilangin kayak apa pun, tetep tidak tergoda sama susu beruang.

    btw, menjawab komen di blogku...
    aku ndak beli buku braille kok.

    cuman mengajak teman-teman blogger untuk menjadi relawan mewujudkan 1000 buku untuk tuna netra.

    caranya dengan mengetik ulang buku APA SAJA.... dalam format words, times new romans 12 dari awal sampai akhir. lalu kirimkan ke yayasan mitra netra via email.

    ketikan kita itu akan terbitkan lagi dalam bentuk braile
    sehingga teman teman kita yang tuna netra akan memiliki bacaan yang lebih beragam.


    selama ini kita gak sadar kan??
    kalo kita begitu mudahnya beli buku ini itu
    ternyata tuna netra merasa kesulitan mendapatkan buku braille

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah ikutan..

      ini kan program CSR di group..

      Hapus
    2. ah elah si ibu...
      kalo jawab disana aja kali
      toh aku tiap mampir suka nengokin jurnal sebelumnya
      makanya suka empet kalo ada yang ga mau jawab komen

      hehe thks penjelasannya
      kalo kirim jurnal boleh gak ya..?

      Hapus
  14. Teringat pada Anakku waktu minta dibeliin susu ini dulu. Dia bilang "wuih ada susu beruang..?? coba diminum, masak susunya beruang dijual?". Dan sekarang ada mitosnya dalam postingan ini:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi pemahaman itu beneran susunya beruang yang mendukung asumsi kalo susu itu memang berkasiat mantap dan tidak sama dengan susu uht biasa...

      Hapus
  15. Bagaimanapun juga ASI yg terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya iyalah...
      aku juga suka

      Hapus
    2. sekarang juga seneng
      soalnya dengan asi, anggaran susu formula buat si ncip tidak perlu dikeluarkan

      Hapus
  16. Pascal suka banget minum susu beruang ini mas, Alvin kadang minta juga tapi yang bikin sebel tuh suka gak habis kalau Alvin minum. Harganya amana lebih mahal dibanduing susu uht :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh ibu ibu
      tetep kembali ke soal harga dan ga habis
      sama kaya ibue ncip haha...

      Hapus
  17. jik gak pengen ngrasakno susue tanggane lek ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetanggaku monyet dan babi hutan, om...
      tar kalo cuti deh nyolong punya si ncip...

      Hapus
    2. kalo gak sip ya golek eceran :D

      Hapus
  18. Emang kalo artikel lomba cenderung 'membentuk' persepsi pembaca bahwa produk yang ditulis itu wokeh, top markotop. *komene ora nyambung*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tujuan penyelenggara memang itu kok. iklan melalui blogger ini termasuk murah meriah tapi efektif mengingat sekarang internet sudah jadi kebutuhan publik. kasih hadiah hape saja udah senengnya minta ampun.

      padahal berapa biaya yang harus keluar kalo mereka ngiklan di tipi misalnya. padahal cuma nongol sekilas. beda di blog bisa seumur umur..

      Hapus
  19. korban iklan, yang melahirkan sugesti. Nah sugesti itu yg bikin jd sembuh. Krn penyakit sembuh atau gak bs tergantung dr pikiran hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saja sugesti itu tidak berbuntut biaya tinggi sih ga masalah
      misalnya air putih kan irit... :D

      Hapus
  20. Dulu aku pernah minum susu ini mas
    Tapi ngak ada efeknya
    Sama seperti susu Lainnya ... Hehehehe

    ( Kunjungan perdana, Mampir juga di GUBUK-ku )

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga kunjungan perdana di blog Kang rawins.
      perdana menteri maksudnya

      Hapus
    2. perdana menteri ketoprak mas hehe...

      Hapus
    3. haha dagelan kabeh...

      Hapus
    4. kebanyakan nyusu, kali mas.

      Hapus
  21. anakku wedon be seneng banget susu kaleng beruang kiye koh Kang.
    jarene maraih pinter. apa iya ya?
    embuh lahh, sing jelas larang regane, ndeyan ya apik tulih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mahal ga masalah lah
      arien beneran pinter inih. buat anak apa sih yang engga..?
      bagus engganya yang pakar gizi lah yang tahu
      aku mung modal bandingin keterangan gizi di kemasan saja

      Hapus
  22. wahh masuk blog mas Rawins..kaget mikir *apa aku salah kamar* lama nggak ngeblog, masuk blognya mas rawins bagus nian eyyy..tadi klik rawins.com yang keluar buku-buku gitu...hehehe apa aku yang nggak tau aja. kok baru nyadar sekarang.
    berbicara masalah susu beruang satu ini mas..aku pernah minum satu kaleng aja nggak habis *susu kok nggak ada rasanya ya* hehe minimal asin lah *ehhh kok asin sih* bawa susu kaleng sendiri aja mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah elah salah masuk kamar mandi...

      namanya juga susu uht ya ga pake gula, non
      cuma disterilkan doang

      Hapus
  23. sebenarnya tergantung sugesti ya mas, air putih yang dianggap bisa menyembuhkan juga kalo yakin bisa juga hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan dianggap detox aja
      tar beneran lagi diminum pake baigon :D

      Hapus
  24. beneran kok, aku juga berpikir susu beruang itu susu dari beruang ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha kirain orang utan doang yang mikirnya gitu...

      Hapus
  25. Ga tau sih bener atau ngga khasiatnya, tapi dari kecil, setiap kali gua sakit leher atau sariawan, atau radang tenggorokan, Mama selalu kasih gua minum susu beruang ini dan memang efeknya sakit gua jadi lebih cepet sembuh o_0

    BalasHapus
    Balasan
    1. faktor sugesti memang dominan om
      aku kalo sakit leher malah minum yang bersoda biar cepet sembuh

      Hapus
    2. yang pasti kalau lagi sakit leher minum susu beruang rasa sakitnya sedikit mereda. Kalau panas dalam gw biasa minum bear brand + lo han guo + vitamin c , gak perlu antibiotik kurang lebih 2- 3 hari sembuh. Diluar itu, susu bear brand memberikan asupan gizi ke badan yang lagi kurang sehat. kalau susu lain, semacam susu kental manis dsb, kebanyakan gulanya, perisa macem macem dan gak jelas seberapa besar kandungan susu aslinya, sudah kebanyakan dicampur macem macem

      Hapus
  26. Kalo susu sapi ditolak, mbok jajal usul diganti susu (cap) Nona, barangkali diterima.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dadi kelingan bethek-bethekan pas SD, apa bedane susu cap nona karo susu nona?

      Kalo susu cap nona itu susu kental manis... Kalau susu nona itu susu kental...kentul :)

      pengin liat Air Susu Umum kiy koyo opo tho?

      Hapus
    2. susu nona gak asik
      bisa bikin benjol digetok ibue ncip

      air susu umum yo asu, lik...
      hahah

      Hapus
  27. Bicara susu siapa bilang yang tidak suka ? mungkin saja lupa kali ya Kang.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. lupa apa tidak ingat..?
      apa lupa ingatan..?

      Hapus
  28. beneran bisa membersihkan paru paru... kalau kata orang dulu, air putih dibiarin di luar rumah juga bisa buat bersihin paru paru, tergantung percaya apa ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. faktor sugesti memang dominan kok
      makanya susah mencari kebenarannya

      Hapus
    2. Sugesti dominan? Susah mencari kebenaran?
      bahkan saat akan diproduksi, suatu produk itu telah diuji kandungannya oleh dokter-dokter lhoo.

      Hapus
  29. aku gak doyan yang susu beruang.. rasane kaleng.. gak enak. terus menurutku rasa susunya gak terasa banget deh.. bukan dari beruang asli ya.. kakange aku suka minum susu beruang, tapi aku gak doyan

    lebih enak susu kental manis kaya bendera atau susu bubuk milo dancow, SGM :D aku suka banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. susu beruang aku doyan aja sih orang gratis inih
      tapi lebih doyan lagi kalo susu doang
      atau jadi orang beruang...

      Hapus
  30. Wah... mantaaab iki jurnale..
    Salah satu pekerjaanku duluuuuu.. jaman masih di Jogja, adalah mengajak ibuk ibuk untuk selalu membaca label di kemasan, baik obat, susu, atau makanan. Apa yang dicari? satu, tanggal kadaluwarsa (sampe dibuat lomba cepet-cepetan nemuin, terus dikasi hadiah). Yang kedua, untuk obat, indikasi (untuk ngobati apa?) itu penting, soalnya Bodrex, misalnya tidak pernah diindikasikan untuk ngempukkan daging, meskipun di daerah Mbantul saya pernah nemu ibu2 yg ngempukkan daging pake bodrex. dll (isa sak jurnal dewe nek diteruske. Nah untuk susu dan makanan, yang penting adalah kandungan (isi) dan dibandingkan dengan kebutuhan perhari. Jadi kalsium, misalnya, berapa banyak, dibandingkan kebutuhan kita sehari. Setuju Mas, kalau banyak mitos dan kepercayaan seputar makanan sehat dan obat. Tapi kalau susu bisa membersihkan paru2, itu rada meragukan, yang jelas malah bisa bikin keplepek dan sesak napas.. eh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini dia komen mantap yang aku ga berani komplen
      bu dokter dilawan tar kuwalat, hehehe

      tapi intinya gitu bu
      kita sering banget beli obat atau produk apa di warung namun jarang yang mau baca indikasinya. pokoknya teman bilang untuk ini ya kita ngikut. termasuk bodrex buat masak daging itu

      atau jangan jangan itu trik marketing distributorny biar laku. ga penting obatnya dipake apa yang penting orang mau beli...

      Hapus
  31. aq gak terlalu doyan susu beruang tp ada temenku yg hampir tiap hari minum susu beruang, katanya untuk menjaga stamina....
    paling enak ya susu cap nona kali yaa.....
    :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. susu cap nona untuk jaga stamina memang bener, om
      tapi kalo susu nona, kayanya malah menurunkan stamina tuh...
      haha

      Hapus
  32. wah jd heboh ini susu beruang...
    satu lg ini yg gx kalah dipercaya oleh masyarakat banyak..
    mengenai manfaat fanta tawar yg dicampur dg susu..
    kalo bisa di angkat juga ini mas biar pada tau..

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah sok tulis aja biar pada ngerti
      aku lagi males cari refrensi...

      Hapus
    2. Waduh mas jangan gitu, kalau mau berbagi info ya dicari dulu kebenarannya mas, kasian kan ntar kalo ada orang yang salah persepsi gara-gara bloggernya sok tulis dan males cari referensi :)

      Hapus
  33. Setubuh.... Eh Setujuuu Mas

    BalasHapus
  34. Susu beruang aja mantap , apalagi susu emaknya beruang ? .. Menurut perkiraan saya , susu beruang itu punya bakteri baik tambahan .. (Contoh lactobacillus sp. , dsb) . Nah , gak mungkin kan si empunya bear brand . ( PAUSE ! Sebetulnya bukan susu (dari) beruang sih , karna disitu ada tulisan BEAR BRAND , bukan BEAR MILK , jadi menurut saya , ini produk cuma keluaran Bear Group , bukannya Bear yang dihutan ataupun kebon binatang !! :D udah tua kok otak masih ngawur (padahal minumnya susu Bear Brand ) ) masalah steril , saya bisa yakin ini susu steril dan tidak mengandung pengawet (karna susunya akan membusuk jika di biarkan terkontaminasi udara hanya dalam bebarapa jam) . Sepertinya susu ini di 'desain' khusus untuk super-aktiv dalam melawan virus . Kalo susu anak kan biasanya pake formulasi untuk perkembangan otak , tulang , gigi dsb .

    Nah , kalo susu bear brand ya itu tadi , formulanya di khususkan untuk perlawanan terhadap infeksi , virus dan penyakit2 tertentu :) ...

    BalasHapus
  35. selanjutnya terserah anda..:D

    BalasHapus
  36. setau saya, susu sapi emang bagus buat menawarkan racun ato detox..jadi ga ada yg salah kalo susu beruang (yg sebenernya adalah susu sapi juga) dianggap bagus buat detox..

    BalasHapus
  37. terlepas dari susu brand apapun, yang saya tau memang susu sapi murni bukan susu formula atau susu yang sudah ada tambahan pengawet, perasa, pewarna dll itu memang untuk menetralisasi racun dalam tubuh kita. Saya pernah keracunan, lalu ibuku ngasih susu murni katanya untuk mengeluarkan racun2nya, ternyata memang bener, Alhamdulillah sy sembuh....

    BalasHapus
  38. Aku pengen ikutan komentar, merek susu yang dibahas diatas menurut saya sangatlah mendekati susu murni dan tidak ditambahkan pemanis, rasa, pengencer dll.
    jadi kalo kita memerlukan fungsi2 susu sapi alami (gizi, pencahar, penetral/pengrang racun) bisa kita peroleh salah satunya merek diatas dengan mudah ditoko.
    Ada beberapa susu dengan merek lain yang mendekati susu murni. terimakasih.

    BalasHapus
  39. artikel gk berbobot...gak ngasi informasi apa2...
    smua yg di bilang adalah hal umum...
    menurut aku semua orang yg berpendidikan sudah slayaknya tau kok...

    BalasHapus
  40. Pengalaman pribadi saya waktu keracunan makan kerang dulu, datang ke dokter lalu di sarankan minum susu beruang, alhasil memang susu beruang memang manjur buat penawar racun....... gak percaya makan dulu racun lalu minum minum susu beruang, silahkam nencoba, hahahahahaha

    BalasHapus
  41. Pengalaman pribadi saya waktu keracunan makan kerang dulu, datang ke dokter lalu di sarankan minum susu beruang, alhasil memang susu beruang memang manjur buat penawar racun....... gak percaya makan dulu racun lalu minum minum susu beruang, silahkam nencoba, hahahahahaha

    BalasHapus
  42. kalaupun benar itu susu beruang asli kayaknya 1 liter harganya sekitar puluhan juta kali

    BalasHapus
  43. Susu sapi salah satu fungsinya memang untuk detoks, bedanya sama susu sapi yang lain, yg bear brand keluarkan ini susu steril, jd paling mendekati susu sapi asli tanpa penambahan pemanis dsb dibandingkan dengan yang bubuk, kemasan kardus siap minum, apalagi bila dibandingkan dengan susu kental manis!

    Kalau di rumah sakit suka check up ke dokter anak, sangat tidak disarankan untuk memberi susu kental manis kepada anak2, karena kandungan kalsium dan protein rendah, tapi gula dan lemaknya tinggi. Mending nggak usah minum susu daripada harus minum susu kental manis.

    Di artikel ini membandingkan susu steril dgn susu kental manis adalah kesalahan besar. Kecuali kalau mau dibandingkan dengan susu kambing yang nutrisinya mendekati ASI mungkin masih bisa diterima.

    Kalau ragu dengan khasiat susu steril keluaran bear brand ini (bukan susu beruang krn tulisannya "bear brand" bukan "bear milk"), lebih bagus kalau minum susu sapi asli yang langsung dari peternakannya. Sekarang sudah banyak kok penjual susu murni yang siap mengantar ke rumah.

    Kalau tidak ada yang murni, bear brand ini bisa menjadi solusi dibandingkan harus mengkonsumsi susu yang diberi pemanis.

    Sumber : http://health.detik.com/read/2012/09/26/182737/2038735/763/susu-kedelai-dan-susu-kental-manis-bukanlah-susu%22

    BalasHapus
  44. Mas, kalau bikin arrtikel mbok ya cari tau dulu secara objektif. Sekedar informasi, susu yg benar-benar susu justru yg semakin sedikit tambahannya. Wajar kalau di kemasan susu bear brand hanya ada minim sekali informasi kandungan gizi tambahan, karna yang dikemas memang tok susu murni. Susu asli mmg bisa untuk detoksifikasi mas, kalau susu bubuk sudah melalui proses yang lebih panjang dan menambahkan berbagai zat gizi yang sebenarnya belum tentu bisa diserap tubuh apalagi pada bayi. Bedakan dari harga ya mas, masa susu beruang yang cuma beberapa ml harganya segitu sedangkan untuk susu bubuk kardusan cuma 20ribuan bisa untuk sepuluh kali seduh. Karna kualitas susu nya pun beda. Apalagi susu kental manis yang isinya cuma gula dan sedikit sekali susu. Kalau untuk susu murni sebenarnya ada merk lain misalnya greenfields.. cuma kurang terkenal mungkin krn kurang iklan. Tapi untuk kualitas susu yang sebenar-benarnya susu sama baik dengan bear brand. Jadi detoks dan proses pengobatan saat orang demam itu bukan mitos atau sugesti.
    Oh ya, menurut ilmu tibun nabawi.. sebenarnya saat seorang manusia sudah menginjak usia lebih dari 2 tahun, tubuh tidak menuntut lagi untuk diberikan susu. Ini terbukti saat asi sdh otomatis sangat berkurang kuantitasnya dari pabrik asi seorang ibu saat anaknya berusia 2 tahun. Karna saat itu anak sudah bisa makan makanan kompleks, kalsium bisa kita serap dari bahan makanan lain misalnya olahan kedelai, sayur mayur, bahkan beberapa jenis buah. Susu hanya dibutuhkan saat memang tubuh terindikasi membutuhkan kalsium lebih atau untuk pertolongan pertama keracunan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. penjelasan mbak Liza ini lebih masuk akal ketimbang si empunya blog ini :D

      Hapus
  45. Mas, kalau bikin arrtikel mbok ya cari tau dulu secara objektif. Sekedar informasi, susu yg benar-benar susu justru yg semakin sedikit tambahannya. Wajar kalau di kemasan susu bear brand hanya ada minim sekali informasi kandungan gizi tambahan, karna yang dikemas memang tok susu murni. Susu asli mmg bisa untuk detoksifikasi mas, kalau susu bubuk sudah melalui proses yang lebih panjang dan menambahkan berbagai zat gizi yang sebenarnya belum tentu bisa diserap tubuh apalagi pada bayi. Bedakan dari harga ya mas, masa susu beruang yang cuma beberapa ml harganya segitu sedangkan untuk susu bubuk kardusan cuma 20ribuan bisa untuk sepuluh kali seduh. Karna kualitas susu nya pun beda. Apalagi susu kental manis yang isinya cuma gula dan sedikit sekali susu. Kalau untuk susu murni sebenarnya ada merk lain misalnya greenfields.. cuma kurang terkenal mungkin krn kurang iklan. Tapi untuk kualitas susu yang sebenar-benarnya susu sama baik dengan bear brand. Jadi detoks dan proses pengobatan saat orang demam itu bukan mitos atau sugesti.
    Oh ya, menurut ilmu tibun nabawi.. sebenarnya saat seorang manusia sudah menginjak usia lebih dari 2 tahun, tubuh tidak menuntut lagi untuk diberikan susu. Ini terbukti saat asi sdh otomatis sangat berkurang kuantitasnya dari pabrik asi seorang ibu saat anaknya berusia 2 tahun. Karna saat itu anak sudah bisa makan makanan kompleks, kalsium bisa kita serap dari bahan makanan lain misalnya olahan kedelai, sayur mayur, bahkan beberapa jenis buah. Susu hanya dibutuhkan saat memang tubuh terindikasi membutuhkan kalsium lebih atau untuk pertolongan pertama keracunan.

    BalasHapus
  46. saya meminum susu beruang 3 kali seminggu

    BalasHapus
  47. Yeeee susu tante :D
    Aku suka aku suka

    BalasHapus
  48. sembarang susu memang punya manfaat yang bagus buat kesehatan

    BalasHapus
  49. susu kambing murni wae lah hehe....

    BalasHapus
  50. yang penting baik untuk kesehatan :)

    BalasHapus
  51. mending susu beruang dari susu kental manis ,, susu kental manis bahkan sekarang di beberpa negara bukan di golongkan susu melainkan olahan susu , karena kndungan susu nya yg sdkit skali

    BalasHapus
  52. detoksifikasi itu bukan buat penawar racun mas bro.. mau campur 100liter susu bear brand sama 1 liter baygon ya tetep aja itu jadi beracun..
    tapi detoksifikasi itu adalah proses pengeluaran zat beracun dari tubuh, biasanya dikeluarkan lewat air seni, feses..
    susu itu cuma untuk membantu proses detoks.. jadi lebih cepat dan lebih baik prosesnya..
    ga cuma bear brand.. susu murni juga bisa.. susu uht merk lain juga bisa..
    tapi mungkin nestle mengklaim susu sapi yang dikemas secara sterilisasi milik merekalah yang paling baik dalam proses detoksnya..

    soal merk sih ga ngaruh sebenernya.. mau merknya bear, cat, dog, kirek, asu ga ngaruh tapi yg penting isinya.. mau dikemas secara sterilisasi, pasteurisasi, formula, maupun susu murni semua tetap baik untuk dikonsumsi.. kecuali susu kental manis.. karena kandungan gula yang sangat tinggi, dan biasanya susu kental manis bukan untuk diminum, tapi untuk campuran bahan makanan..

    BalasHapus
  53. yang bikin artikel sok idih..sok teknik..tapi kok ga cerdas ya...jangan cuma lihat kandungan gizinya..tapi bahannya...kandungan gizi bisa aja dibuat tinggi...wong susu steril mo dibandingin air gula ra susu...mikir

    BalasHapus
  54. Susu juga dapat menjadi penetralisir racun yang masuk ketubuh, sehingga
    tubuh mampu bertahan, bahkan tidak berpengaruh terhadap racun tersebut.
    Di dalam susu terkandung zat yang dikenal dengan antidotum. Antidotum
    ini mampu menangkap dan mengendapkan racun-racun yang ada. Setelah racun
    terendap dan dinetralisir oleh sistem tubuh yang mendapat kekuatan dari
    kandungan susu tersebut, lalu racun itu dikeluarkan melalui feses

    BalasHapus
  55. Nice artikel gan :)
    sangat menarik :)
    Thanks

    BalasHapus
  56. Ngggg saya cuma orang awam nih, nggak tau kebenarannya, tapi saya mau menyampaikan pendapat.
    bukan berarti mau membela bear brand, karena saya sendiri mengonsumsi uht.
    sebenarnya semua susu di pasaran itu sama, sama-sama dari sapi kan...
    Tapi keunggulan susu dikarenakan proses pengolahannya, itu yang menyebabkan adanya kesenjangan harga pada susu yang sama-sama dari sapi tersebut.
    Ini nih info tentang pengolahan susu: http://m.forum.detik.com/susu-segar-dan-susu-cair-apa-bedanya-t196594.html
    Itulah kenapa susu bear brand sebagai susu sterilisasi dikatakan baik untuk kesehatan.

    Nah, kalau mau membandingkan dengan susu kental, ini ada info: http://mbeyawie.blogspot.com/2012/09/perbedaan-susu-bubuk-susu-kental-manis.html
    Kelebihan susu kental dikarenakan lamanya durasi keawetan produk tersebut, sedangkan kandungan gizinya kurang. Karena itu susu kental sebaiknya untuk bahan pelengkap makanan atau minuman. Bukan berarti nggak boleh diminum yaa.

    Kalau saya sih lebih prefer ke susu uht, kelemahannya cuma di rasa aja, tapi dari segi gizi sih bagus banget.

    Sekian dari saya, please, no offense.

    BalasHapus
  57. Klu aq cocok bgt klu sakit n g enk bdn minum susu bear brand lgs enk n merasa fit... dr pd minum susu lainx.emn rasax g manis tp manfaatx yg aq cari,ank q klu sakit jg aq ksh susu bear brand.

    BalasHapus
  58. sekadar menambahkan detoksifikasi itu hanya bisa dilakukan propolis, dia terbukti bisa mencegah 50%pertumbuhan sel kanker dan berbagai macam penyakit, yg di sebabkan virus bakteri jamur bisa di sembuhkan, sayangnya masyarakat indonesia belum tau sistem penjualan nya, antara kovensional dengan penjualan langsung propolis di apotik jelas palsu, yg palsu jelas bukan standar GMP, setauku ada di pelopori meliasehatsejahtera, ada juga di moment, untuk susu ku setuju dengan kritik penulis ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha kalo mau MLM jangan disini mas......kalo propolis memang menyembuhkan berbagai macam penyakit terutama Kanker, lantas kok Dokter nggak pernah menyarankan PROPILIS? HAHAHA MLM BULLSHIT

      Hapus
  59. q g pernah minum susu beruang tp minum susu sapi terus

    BalasHapus
  60. Dikasih susu GRATIS aja commentnya banyak!?
    wong tinggal minum aja kok, abis minum trus pikirin deh susu Steril manalagi yg kemasannya dari kaleng!?

    BalasHapus
  61. Ane sih maunya susu nona..eh susu cap nona..

    BalasHapus
  62. Susu beruang koq di bandingin susu kental...ckckc...ibarat avansa vs fortuner itu bos..beda kelas..

    BalasHapus
  63. magh ku terbantu karna bear brand..
    susu full cream anda yg dikonsumsi ga baik u/jangka panjang justru bro...
    orang magh aja dilarang minum yg full cream..
    think again alias pinter ah..kaleng lebih steril drpd kardus..ga pnh nyimak ya?lagian bear brand mau dicaritau jeleknya?ga bakal nemu bro!!!emang nyatanya membantu buat kesembuhan dll..kenapa rokok anda ga bahas?pdhl jelas slh satu kandungannya dari racun tikus hadah..knp ga bahas imunisasi bro?yg jelas bahaya tp tetep rakyat kemakan omongan ?sejak kapan imuNisasi buat cacar bs nolak cacar?kl emang blm kena ya pasti kena..elah cm skali doang kenanya..dan anda tau?imun alami anak yg ngobatin bukan imunisasi,cari tauu tuh imunisasi dan full cream!!sekalian rokok!!yg bahayanya didepan mata malah ga dikepoin!!kl mau hidup sehat jgn tanggung2 bro..bear brand doang yg dibahas..#dodol

    BalasHapus
  64. blum pernah minum jadi gak tw

    BalasHapus
  65. Terima kasih @Rawins. Sebuah masukan signifikan bahwa Susu Beruang kandunagn gizinya tdk lebih baik dari susu2 lainnya malah ada yg melebihi.

    BalasHapus
  66. terkadang pekerja yang bekerja dgn zat kimia baik padat maupun gas dan cair. jika masuk ketubuh adalah masuk ke saluran paru-paru jika terhisap oleh hidung. Sedangkan susu kita telan masuknya ke salurang pencernaan. jadi sudah 2 saluran yang berbeda. pembuktiannya apakah bisa menelan ludah saja tapi sambil bernapas (Pastinya tidak bisa). Nah susu berfungsi sebagai tambahan makanan, bukan yang utama tapi tambahan gizi. pagi pekerja di tambang baik itu bagian produksi apalagi operator, kan selalu close cabin kendaraan nya, jadi tidak terpapar debu kecuali mereka merokok dan kondisi berdebu. sedang bagian welding mereka terpapar fume (asap) dari kegiatan welding atau las. nah semuanya masuk ke paru paru, bukan perncernaan, jadi susu sebagai detox paru adalah mitos. pekerja yang terpapar zat kimia tersebut dapat diberikan tambahan asupan protein untuk meningkatkan antibody jika asupan makanannya kurang. nah asupan tambahan protein bisa di dapat dari susu ataupun telur. Sampai sekarang belum ada literatur medis yang mengatakan bahwa susu pasti membersihkan paru-paru. demikian sedikit sharin ilmu yang dapat saya bagikan setelah konsultas ke teman-teman saya spesialis gizi, spesialis paru dan Spesialis Okupasi. Salam sehat dari saya

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena