14 Februari 2016

Sangkulirang Trip - Kaya Setrikaan

#Semua Umur

Di Jawa kemana-mana mudah. Akses jalan kaya jaring laba-laba dan banyak jalan pintas alternatif, di pedalaman Kalimantan yang banyak hambatan geografis ketentuan itu tidak berlaku.

Terbawa kebiasaan, dalam menyusun rute aku selalu menuju wilayah administratif terbesar dulu. Misal waktu ditanya alamat, jarang aku langsung bilang di Somenggalan

Seringnya bilang Jogja. Ditanya Jogjanya mana, akan jawab Banguntapan. Kalo ditanya lagi Banguntapan sebelah mana, baru bilang Somenggalan.

Itu yang bikin aku nyasar saat ke Kaltim kemarin. Dikasih alamat PT AAP, Desa Pelawan, Kec. Sangkulirang, ke agen travelnya aku bilang mau ke Sangkulirang. Wajar kalo dari Berau aku diputer balik ke arah Samarinda dulu, padahal sebelum ke Berau aku transit di Balikpapan.

Begitu sampai Sangkulirang, baru dikasih tahu kalo ke Pelawan tak perlu sampai Sangkulirang. Judulnya aku harus puter balik lagi ke pertigaan Kaliorang lalu nyebrang di GM.




Setelah sampai Pelawan mendadak bengong lagi, karena jalan menuju PT AAP itu setelah nyebrang belok kiri sementara ke Pelawan belok kanan. 

Mending kalo jalannya bagus. Sebagian aspalnya rusak, sebagian lagi jalan tanah dalam hutan yang susah nyari tempat bertanya. Apalagi setelah masuk perkebunan sawit, persis kaya masuk labirin tanpa ujung yang kanan kiri tampak seragam susah masuk jalan balik.

Butuh waktu setengah hari untuk perjalanan yang semestinya cuma satu jam dari penyebrangan. Dan yang paling ditakutkan bukannya binatang buas atau begal hutan, melainkan kehabisan solar di tengah hutan. Mau minta tolong gimana, orang lewat sangat jarang dan hape tidak ada sinyal.

Berasa nyesek setelah sampai lokasi, orang perusahaan bilang gini, "dari Berau jangan bilang ke Sangkulirang atau Pelawan, pak. Bilang aja mau ke PT EBL, paling 6 jam sudah sampai..."

Dari Berau cuma 6 jam, sementara aku muter-muter ga karuan selama 3 hari sampe dibelain tidur di pinggir sungai...




Jadi kesimpulannya...
Di sini nama perusahaan lebih dikenal orang ketimbang nama daerah. 

Dan itu terjadi lagi bulan lalu
Ada pekerjaan di daerah Lalap, Barito Timur. Aku nanya Lalap, orang loadingnya lama banget. Begitu aku sebut PT GEA atau BNJM, langsung dijawab, "oooh dari sini lurus aja nanti di simpang Bentot belok kiri dst dst..."

Semoga bermanfaat bagi yang mau explore daerah pedalaman
Selamat nyasar...



11 comments:

  1. Si bolang bener deh ya :)

    BalasHapus
  2. hahaha... pancen lilike petualang sejati

    BalasHapus
  3. Lelah sangat yaaa muter2 3 hari hahaha. Aku dah pernah nyobain road trip samarinda balikpapan sanggata wahau berau

    BalasHapus
  4. Asik jjuga bisa ngetrip gaya kaya bolang gini.

    BalasHapus
  5. Justru mengexplore itu lebih seru dan jadi tahu tempat wisata alam yang tersembunyi hehe

    BalasHapus
  6. oalaaah ini dari kmrn itu blm sampe2 toh?

    BalasHapus
  7. muter sekali jalan nya.. bikin pusing...

    BalasHapus
  8. Tapi kan seru, bisa lebih akrab dengan pak sopir trapel dan nyamuk hutan :D

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena