15 Desember 2012

Ketika Mereka Tertidur

#Bimbingan Orang Tua

Ngurus anak seperti Ncit dan Ncip memang gampang-gampang susah. Indahnya, mereka selalu lincah bergerak dan senantiasa energik. Ini menyenangkan ketimbang lihat anak yang lebih banyak diam dan seringkali susah ditebak pribadi atau kemauannya.

Susahnya, mereka selalu butuh ruang terbuka yang luas. Dikurung di lingkungan rumah tak bakal mampu menyalurkan energi mereka. Efeknya jadi rewel, susah tidur dan suka berantem.

Agar tidak jadi sumber sakit kepala akut, aku lebih suka bawa mereka keluar rumah. Kelihatan banget dari roman muka anak-anak saat dilepas di alam terbuka. Begitu pintu mobil dibuka langsung berlarian dan tertawa lepas.

Begitu besar energi mereka bisa terlihat dari hampir seminggu perjalanan ini. Belum tampak sama sekali keinginan pulang atau sorot mata lelah di wajah mereka. Setiap waktu isinya cuma pecicilan lalu tidur di mobil sampai tujuan berikutnya untuk kembali berlarian dan seterusnya.

Ketika mereka tertidur...
Itulah satu-satunya masa tersisa untuk menjalani kehidupan normal. Banyak aktifitas sehari-hari yang musti tertunda bila anak-anak terjaga. Istilah anak curahan cinta orang tua memang benar adanya. Sampai-sampai hampir seluruh waktuku tersita untuk mereka.

Ketika mereka tertidur...
Adalah saatnya aku dan ibue menikmati kebersamaan. Dari sekedar berbagi rasa tentang kebutuhan dapur sampai cerita fatamorgana di masa depan. Saling asah asih asuh tentang berbagai pelajaran hidup yang nilainya jarang bagus selain di pelajaran IPA. Yang dibahas tak pernah jauh dari chemistry-nya cinta yang memerlukan kontak physic agar unsur biology terpenuhi.

Alangkah indahnya kurikulum kehidupan ini...


Intine :
Ketika mereka tertidur...
Begitu banyak harapan yang tumbuh...

30 comments:

  1. Hidup itu indah bila kita dapat menikmati ketentraman dalam rumah tangga ya Kang. Indah rasanya bila kita dapat menikmati kehidupan bersama.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    BalasHapus
  2. kira2 ncit dan ncip lagi mimpi apa ya?

    BalasHapus
  3. Kasihan itu Ncip tidurnya, bisa kejedot pintu mobil mulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lehernya itu lho :-)

      Hapus
  4. "Ketika mereka tertidur... Begitu banyak harapan yang tumbuh..." karena mereka tumbuh dari bagian yang tumbuh

    BalasHapus
  5. dan ketika mereka tidur itulah saatnya orang tua melihat secara jelas rawut wajah polos mereka :)

    BalasHapus
  6. saya senang paragraf terakhir... yang tentang kurikulum pendidikan itu.. hehehehe...

    BalasHapus
  7. itu nggak sakit kepala dedek yang miring?

    BalasHapus
  8. jadi waktu anak2 tidur, ortunya ikut matakuliah apa nih? :) pegel lihat ncip tidur

    BalasHapus
  9. Tulisanmu ini begtu mengalir dipikiranku Mas, sampai-sampai aku berusaha membayangkan wajah anak-anakku kelak. Begitu nancep diati.

    Dan untuk paragraf yang dimulai dengan kalimat "Ketika mereka tertidur...", suasananya begitu romantis, apalagi bila diiringi oleh alunan 'moonlight' nya Kenny G

    Hihi...

    Selamat menikmati kebersamaan bersama keluarga Mas. :)

    BalasHapus
  10. momen anak-anak yang tertidur, kadang, eh sering saya harapkan. gampang saja kalo buat saya. setelin musik kitaro atau jose mari chan. nggak bakalan lama, mereka pasti tergeletak sampai pagi.

    BalasHapus
  11. hemm, ncip sudah jadi anak colongan mas

    mau nyolong lagi nih mas, hehehe

    BalasHapus
  12. intine ketika keduanya sedang tidur, bapake punya waktu nggodain ibue xixixi

    BalasHapus
  13. lagi jalan2 yo kang?
    aku ketinggalan 10 post, tak pikir sampeyan puasa ngeblog karena udah gak galau.... ternyata Google Readerku yang salah

    BalasHapus
  14. Ketika mereka tertidur melihat kedamaian juga ya ... kadang terpikirkan anak-anak ini kelak bagaimana dsb ... rasa syukur dan khawatir kadang bercampur aduk he he.
    Trims :)

    BalasHapus
  15. asyik tuh yg posisi tidurnya nyender.

    BalasHapus
  16. ketika anak2 tidur kadang sy suka ikut tidur juga. cape jagain mereka :D

    BalasHapus
  17. kalo masih kecil masih jadi buntut ortu. udah gedhe mereka jadi diri sendiri, punya temen sendiri. jadi mumpung masih kecil, nikmatin aja...

    BalasHapus
  18. heleh....mangsuuutttttlah !!!

    BalasHapus
  19. Pelajaran IPAnya mesti yg biologi tuuuuh..... Kimia & fisika cuman kamuflase

    BalasHapus
  20. ketika anak tidur.... waktunya untuk bersama... tapi biasanya kebablasan ikut tidur.. heheheh

    BalasHapus
  21. "Yang dibahas tak pernah jauh dari chemistry-nya cinta yang memerlukan kontak physic agar unsur biology terpenuhi."
    Suka!

    BalasHapus
  22. siji baen jam sewelas terus turune... arep sinau biologi wes lungkrah dimin awake

    BalasHapus
  23. akhirnya ke situ juga.......hhhhh, biologimu mesti nilaine 8 yo kang???!

    BalasHapus
  24. ketika anak tidur, waktunya saya online .. :D

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena