20 Juni 2016

Berkah Ramadhan

#Bimbingan Orang Tua

Ada pepatah Jawa yang mengatakan, kalo mau sukses harus "mangan longan turu longan..."

Secara harfiah artinya makan dan tidur di kolong. Sedangkan secara gramatikal, kata longan dimaknakan sebagai long atau elong yang artinya mengurangi. Jadi makna tersirat pepatah itu adalah mengurangi makan dan tidur.

Dalam filosofinya, mengurangi makan dan tidur merupakan bentuk kepasrahan kepada Sang Pencipta yang mengatur jalan rejeki dengan cara memperbanyak puasa dan ibadah malam. Pikiran jadi jernih, semua masalah bisa dilihat secara terang benderang dan mudah dicari jalan keluarnya.

Namun karena aku bukan aliran religius, pemahaman kontemporer yang digunakan. Ini lebih mudah implementasinya karena merupakan hobi sejak lama, yaitu begadang walau cuma buat pesbukan. Bangun siang artinya tidak perlu sarapan. Kurang tidur bikin nafsu makan berkurang. Berarti apa yang aku lakukan sudah pas dengan filosofi tersebut...
#Mondol...

Salah penerapan..?
Mungkin iya...
Tapi ada hasilnya juga 

Nongkrong sampai pagi di warung indomie bareng anak anak kampus, aku bisa melihat ide-ide cemerlang mereka yang belum begitu banyak terkontaminasi. Tinggal dikumpulin, diterjemahkan ke dalam bahasa bisnis lalu dipilah pilah mana yang memungkinkan masuk pasar dengan modal pas pasan.

Dan alhamdulillah...

Dua bulan ngepos di kos-kosan mahasiswa, awal ramadhan ini bisa ngontrak tempat yang lebih representatif untuk kerja. Tempatnya adem di kaki Gunung Manglayang dan nyaman untuk pekerjaan coding. Tepatnya di Komplek Dwipapuri Residence blok G-21 Cipadung tak jauh dari bundaran Cibiru Bandung. Posisinya kalo di google map ada disini.




Tempat sudah nyaman, tinggal mikir kendaraan operasional...

Mendadak aku ingat waktu ibue Ncip usul beli mobil dulu
Alasannya, "gimana caranya bawa bayi dua pake sepeda motor..?"

Sekarang bayi bayi itu sudah besar yang artinya alasan itu sudah tidak relevan. Modusnya kaya biasa. Kasih jatah 3 rit baru ngomong pinjem mobil.




Beneran berkah ramadhan...
Ibue Ncip ga pake ngeyel langsung bilang oke
Walaupun ada embel-embelnya, "tapi tahun depan diganti HRV ya..."
#Oooh...

Amiiin ibu amiiin lah 333x...




27 comments:

  1. Motor juga perlu kayaknya, bandung udah kayak jakarta, suka macet ga jelas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pesen tinggal tunggu surat suratnya

      Hapus
  2. Modus 33 rit

    BalasHapus
  3. Punten Mas,lama tak bertamu, sekarang pyayi mBandung ya.Amin tuk berkah Ramadhan.

    BalasHapus
  4. Pepatah tiap daerah itu beda-beda ya mas. saya kurang ngerti nih tentang pepatah dari jawa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha maaf. Coba pake google translate...

      Hapus
    2. Mau ngitung kawinan, pak..?

      Hapus
  5. Embel2nya Ibu'e Ncip... Manteeeeb... #patutditiru hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halah malah dikira provokator tar...

      Hapus
  6. selamat menunaikan ibadah puasa ya mas eko :D akhirnya mase apdet lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, berkah ramadhan jadi mau nulis lagi

      Hapus
  7. Wuih kantornya keren Om. Semoga lancar jaya dan HRV atau CRV tahun depan di tangan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin, om
      Menghibur diri dulu biar ga terlalu berasa lagi berdarah darah

      Hapus
  8. dari judul, paragrap 1-3.. ku kira rika sudah berubah kang
    jebulane.. wkkkk. ya sudahlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berubah
      Emang ksatria baja hitam..?

      Hapus
  9. Alhamdulillah
    Semoga dipermudah terus ya, Kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkat doa anaz
      Lagi teraniaya, po..?

      Hapus
  10. Trio kwek kwek berkumpul lagi nih.... ngikut dooonk :p

    BalasHapus
  11. Dah keluar dari hutan ya mas ((lama nggak mampir sini)) btw, selamat lebaran yaaa

    BalasHapus
  12. berkahnya ramadhan kedalam berbagai bidang

    BalasHapus
  13. baru mampir ke sini ternyata sudah ada di dunia nyata mas sudah pulang dari kampung jinnya

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena