09 Agustus 2015

Keranjingan Hidroponik

#Bimbingan Orang Tua

Beberapa bulan terakhir, ibue Ncip lagi keranjingan hidroponik dan sayuran organik...

Bila biasanya PR-ku selama cuti paling banter nyabutin rumput atau nyetrika, kali ini ada tugas tambahan jadi tukang rangkai paralon. Halaman depan sampai dinding garasi menghijau penuh paralon berisi tanaman selada, pakcoi, kangkung dan teman-temannya.

Ada bagusnya juga sih...
Sekeliling rumah jadi adem sedap dipandang. Selain dikonsumsi sendiri, mulai ada yang tertarik datang membeli. Undangan bazar atau kasih pelatihan budidaya sayur sehat bebas pestisida turut mengalir.

Nah ini yang akhirnya bikin mata ikutan hijau. Ibue mulai menyusun proposal, "bikinin greenhouse, yah. Kecil-kecilan aja modal seratus kayaknya cukup deh..."

"Seratus ribu..?"
"Yaelah itu mah buat jajan si Ncip juga kurang. Seratus juta lah..."
"Oooh..."
#hening...

"Bisa kan, yah..?"
"Hmmm tapi kasih kesempatan mikir dulu ya. Mikir gimana caranya jual alun-alun Jogja..."
#sambit panci...


Dampak lain yang terasa adalah perubahan menu makan di rumah. Biasanya pagi-pagi dikasih kopi berteman gorengan, sekarang teh manis pake daun mint plus jus sayur. Cemilan siang diganti semangkok susu UHT penuh potongan buah atau salad. Lauk teman nasi pun serba sayur.



Kalo mau bepergian, biasanya cukup mampir ke warung beli air mineral untuk bekal. Sekarang bawa dari rumah dan tak lupa ada potongan buah atau sayur.




Sehat memang...
Tapi kadang aku mikir gini. Tiap malem harus setor protein, apa ga tekor kalo asupan gizinya cuma sayur doang. Makanya aku sempatin ngebujuk, "Boleh ga sekali-kali makan daging..?"

Sebagai istri yang baik, ibue Ncip nurut
Tapi ya gitu. Dagingnya dikit, brokolinya seabreg...




Ya sudahlah, namanya lagi hobi
Toh membiasakan hidup sehat itu hobi yang positip...

Yang penting jangan sampe antipati sama daging aja
Tar aku yang repot kalo ibue lebih tertarik sama timun atau pare ketimbang daging itu...
#mondol...

Salam hijau...


60 comments:

  1. coba kaLo Ibue Ncip juga hobi nukang kayu misaLnya, Lumayan tuh buat bantu-bantu ngeberin genteng untuk nyambut musim penghujan nanti. kan jadinya konsentrasi saat Lagi ngejaLanin aktivitas setor proten nggak terganggu sama acara kebocoran, tapi percuma juga sih kaLo Loyo akibat kurang asupan gizi. hahahaha...
    kaLo memang efek dari poLa makan yang seperti itu mbikin Ibue Ncip anti pati sama daging, maka timunnya direbus duLu biar sampeyan enggak kaLah Loyo. hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. belom tau ya....mang admin mah tahan 3 menit ge'..bangga banget loch om

      Hapus
    2. pemanasannya sampe berjam-jam, tapi pas action cuma tahan 3 menit. hahahahaha...

      Hapus
    3. Ga perlu berjam-jam. Idealnya cukup 69 menit doang
      60 menit ngerayu anak-anak tidur. 5 menit kunci pintu dan jendela. 3 menit foreplay dan seterusnya...

      Hapus
    4. kaLo bisa, saya request untuk postingan berikutnya ngebahas tentang yang "seterusnya...". hahahaha..

      Hapus
    5. Seterusnya ya to be continue lah pokoknya, haha

      Hapus
  2. pasti ibue ncip terinspirasi sama ibue geo deh....#yakin

    BalasHapus
    Balasan
    1. o hiya...jadi keingetan.
      tiga bulan ini kitanya kuli diBogor, komunkasinya pake WA atow BB, ibue troy minta pin bb ibue ncip cenah teh mang.
      ni pin ibue 52160385
      pengen ngcek..ibue sama gilanya nggak sama bapake..gituh katanya

      Hapus
    2. Heugh atuh tar dibilangin. Ga punya pin BBM ibue Ncip soalnya... :D
      *sambit pralon...

      Hapus
  3. Saya belum pernah seumur-umur nyoba ngerubah menu makan kayak mas.
    Kepingin sih hidup sehat, dengan (mengurangi) konsumsi daging. Tapi untuk jagi vegetarian saya belum siap ^____^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga perlu jadi vegetarian sebenarnya. Katanya cukup perbanyak porsi sayur. Awalnya memang rada susah dan kadang kaya selalu lapar, tapi lama lama juga terbiasa...

      Hapus
    2. di pulau sebrang lauknya ikan trus... pas pulkam ngarep2 daging malah sayur trus ya kang lauknya, wkwkwkwkwkwk.... *kapan gemuknya??

      Hapus
    3. Gemuk itu dekat dengan penyakit, bray...

      Hapus
  4. Balasan
    1. Boleh...
      Negara demokrasi kok...

      Hapus
  5. Bagian akhirnya seru mas.....hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti besok kalo posting langsung berakhir saja ya...

      Hapus
  6. ibue ncit keren ih.. aku juga pengen nanem pke hidroponik tapi ga ada yg disuruh ngerangkai peralonnya..hiks :(
    itu stroberi tanem sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya belajar merangkai sendiri lah. Lebih susah merangkai bunga ketimbang paralon. Apa mau diborongin..? Hihi..

      Hapus
  7. waduhhh setor protein di bawa juga ya. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disetorin doang, pak
      Ga dibawa...

      Hapus
  8. ide bagus cara nanam sayur nih. bisa jadi atap rumah pake kangkung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas hemat lahan, pak
      Cocok kaya di rumahku yang RSSSSSS....

      Hapus
  9. dagingnya cuma seencret nah brokolinya seebreg..
    makan sehat kadang ga enak tapi kesehatan yang dihasilkan tentunya enak kan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak kok...
      Cuma masih kaget aja makanya merindukan daging

      Hapus
  10. sehat itu nilai dan manfaatnya tidak mudah dimengerti sampai kita kehilangannya
    hobi yang bagus juga,eh ya ibu ncip jangan jual alun alun yaaa :)

    save ibu ncip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh..
      Save alun alun Jogja dong... :D

      Hapus
    2. oh yayaya

      save alun-alun jogja :)

      Hapus
    3. Hihi ga ikutan ah takut disembur sultan...
      Tar diangkat jadi mantu kan repot...

      Hapus
  11. Daging itu tuh apa sih...? Masa kasih liat poto sayurnya doang, poto dagingnya manah...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha itu poto terakhir masa ga keliatan ada dagingnya..?

      Hapus
    2. Ooohhh... itu dagingnya toh...?
      Kirain bukan yg begituh....

      Hapus
    3. Emang maunya yang kaya apa..?

      Hapus
  12. sehat dong berarti makananya gitu, isri sayang suami hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sehat, bu
      Di perut rasanya juga enteng biarpun banyak makan
      Sementara dampak yang terasa baru itu

      Hapus
  13. Pesan di akhir cerita kok lebih kuat ya dari pesan di atasnya ;p boleh donk dishare kebun hidroponiknya...slama ini cm liat di buku2 doank

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nesx journal ya...
      Agak susah kalo baca buku doang. Kadang kemauannya ga maksimal kebanyakan wegahnya. Paling efektif ikut grup hidroponik biar ada teman berbagi kalo ada masalah. Ibue Ncip ikutan di komunitas Hijo alias Hidroponik jogja

      Coba aja cari komunitas hidroponik lokal. Di pesbuk biasanya banyak

      Hapus
  14. kang. bener tuh kang di tuliskan juga cara bikin kebun hidroponiknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara bikinnya ga susah, mang. Yang agak repot itu mempertahankan kemauan agar tetap tinggi. Selalu semangat pun bukan berarti ga ada masalah. Karena ada tetangga yang saking sayangnya sama kebun barunya sampe sampe pas masanya panen bilang ga tega metiknya... :D

      Hapus
    2. hahahaha. bisa jadi. dan sayapun mengalaminya tuh. sayang mau di panen. akhirnya buruk dah

      Hapus
  15. air mineralnya jadi luar biasa kang. sangat luarbiasa spesial

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berasa banget manfaatnya tuh. Pas kondisi lapar, minum air itu bisa bikin kenyang asal buahnya ikut ditelan, hihi

      Hapus
    2. jgn lupa kunyah kang. nanti keselek

      Hapus
    3. Asal jangan keselek botolnya, mang :D

      Hapus
  16. kebun hidroponik mang gawene ngono yo mas..

    BTW. bener juga bune encip, le nandur brokoli wis tenannan mosok mung mangan sitik.. nak perlu sak oyote, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak macamnya, mbah. Kalo yang pake paralon itu air nutrisinya bersirkulasi terus modal pompa akuarium. Yang ga pake sirkulasi bisa memanfaatkan wadah plastik atau semacamnya. Ibue Ncip malah make styrofoam bekas buah impor dapat minta di swalayan, hehe

      Hapus
  17. Mbak Piiiiiiitttt....sukses ya bisnisnya......saya kepengeeeennn....biar dikit-dikit yo bisa njajakke anak-anak. Nggak pulsa aja minta dikirimi...huft

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih di Bantul kan..?
      Tinggal main ke Jambidan, bu. Pom bensin Balong ngetan sitik...

      Hapus
  18. wah, ini lagi pulkam to critane, waaw, baru kemarin ayahnya cus ke Plm lagi, habis dines dari SG lagi

    BalasHapus
  19. mungkin saya terlalu seneng makan daging jadi belum biasa makan yg lain.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa, om
      Gausah maksain tar malah ga doyan makan

      Hapus
  20. ending-e mesti lucu..

    pak kl hidroponik itu tanpa tanah terus pake media apa pak?
    kl nyirami juga pake air yg ada obatnya gitu ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake air doang, om
      Airnya dikasih nutrisi tapinya...

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena