30 Juni 2015

Nama Panggilan

#Dewasa

Habis dikomplen teman sekolah di pesbuk, "invite dari jaman Jepang belum dikonfirm juga..."

Banyak teman memang bagus. Tapi kalo cuma menuh-menuhin daftar doang tanpa interaksi aku malas. Makanya antrian impitan di pesbuk yang belum aku konfirm lumayan banyak.

Kembali ke komplen teman tadi, aku sempatin komplen balik. Emang susah kirim permintaan pertemanan sambil memperkenalkan diri..? 

Sudah namanya ngasal, profilnya pake foto artis, pas dilihat wall dia semua posting hanya dibuka untuk teman saja.

Yang pake foto sendiri saja aku harus berpikir keras. Jaman sekolah culun kerempeng, sekarang klimis makmur. Nama asli pun kadang ga membantu. Maklum anak STM yang suka seenaknya dan tak jarang manggil teman pake nama bapaknya.

Itu juga yang jadi alasan kenapa aku pake nama udara di dunia maya. Waktu jaman jaya-jayanya IRC dan YM, ngasih tahu nama asli ke teman lama malah dijawab lupa. Begitu bilang rawin, baru teman teriak, "howalah kowe tho, dul..."


Di kerjaan kondisinya hampir sama

Wilayah kerja terlalu luas dengan jumlah karyawan ribuan bikin banyak yang ga tau nama asliku. Begitu dibilang yang suka manjat tower atau mondar-mandir pake mobil bernomor lambung IT-69, langsung mengangguk-anggukan kepala, "oooh pak aiti ya..?"




Di rumah...
Anak-anak cuma ngerti kata ayah doang
Gurunya cerita ketika ditanya nama bapaknya siapa, Ncit cuma jawab, "ayah..."
"Iya nama ayahnya siapa..?"
"Ayah Cita sama ayah De Encip, bu..."

Mungkin ini gara-gara ibue Ncip yang selalu mengajarkan jangan panggil nama doang kepada siapapun dengan alasan tata krama. Seperti sejak awal kenal ibue Ncip selalu manggil aku "mas". Baru setelah menikah panggilannya jadi "yah..."

Semoga sih beneran ganti "yah" karena alasan kesopanan
Bukan kebawa kebiasaan saat ibadah malam suka bilang, "yaaah... udahaaan..."

Ada pengalaman lain dengan nama panggilan..?

81 comments:

  1. Balasan
    1. sama yang mana mbak? yang " yaaaah udahan ya"

      Hapus
    2. hahahahahaha
      mas.....yah....udahan :D

      Hapus
    3. Sejam lagi lanjut ya maaasss...(^^)

      Hapus
    4. Yaaah... do bahas opo tho..?

      Hapus
    5. makin malem makin asik nih hahahaa, udahan ah :D

      Hapus
    6. Yiaaaah....sudah selesai tho ?

      Hapus
    7. Udah selesai yo pulang lah...

      Hapus
    8. Yaaaaahhhh.....ketinggalan deh saya

      Hapus
  2. Bener bgt Om, d fb ne jrg interaksi meskipun tmn SD SMP atau SMA apalagi kuliah. Yg srg interaksi itu yg tmn mplek.

    Klo nm panggilan jaman d Tulungagung dulu sering diginiin Om: Ajeng badhe tindak pundi *sambil meringis yg ngomong k saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa ga dijawab ajeng pergi ke pasar...
      Eh itu sarimin ya..? :)

      Hapus
  3. Kalau ibue dan anak sih enggak pernah, tapi kalau dengan teman sih sering.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sering bilang udahan..? :D

      Hapus
    2. Wkwkwkwkw....emang kita cowok apaan om.

      Hapus
    3. Yo sapa tau mau bikin poto propil pake pelangi...

      Hapus
  4. Balasan
    1. Bilang hasilnya seri, biar penambahan waktu, om :)

      Hapus
  5. sama gan, paling jengkel kalau ada orang pakai nama palsu trus pasang foto artis gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti sering jengkel dong..?

      Hapus
  6. saya amininin saja jangan sampai saat ibadah ada kata yaaah... udahaaan. kan kasian :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa. Daripada ga udah udahan... :D

      Hapus
    2. udan udanan maksudnya..?

      Hapus
  7. hahaha point terakhir itu jare mung ngotor ngotori mangkok ae, yaah, udahaaaan ...hehehe

    mboh aku mau arep ngomong opo sampai lali.. kwi aja nganti diwaca kang Alkatro, iso diureg ureg kotak komentare. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ojo mbah. Ojo omong omong Syeh Alkatro ndak marai mumet...

      Hapus
  8. Iya, kenapa mesti pake nama palsu dan foto palsu coba, kan bikin lieurrr jadinya, hehehehehehehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah umum kok. Apalagi aku malah kebalik, pake nama beneran malah pada ga tau...

      Hapus
  9. jadi pak aiti suka 69 toh
    yaah...baru tau saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plat Nomor Mobil Nyi Iteu ya kang itu 69 :D

      Hapus
    2. Suka dong, itu nomor kaporit

      Hapus
    3. Kenapa sih pada sensitif dengan nomor mobil..?

      Hapus
  10. Balasan
    1. saya kelamaan baca jadi baru nyampe disini, yaahhh, udahan deh rame nya

      Hapus
    2. yah jawab komen deh...

      Hapus
  11. Kalo saya sih nama panggilannya beda2 Kang dari SD, SMP, STM bahkan Kuliah pun dapet nama panggilan yg aneh, cuma waktu Ngebrik saja nama yg paling Keren, dapet nama Sendawa, saya tanya artinya apa.. eh ternyata artinya Sunda Jawa gitu kata temen keren kan nama panggilan saya kang ? ... Jawabannya : iyaaaaaaa ......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bagus lah sendawa. Jaman ngebrik aku dipanggil ember. Padahal plat nomornya JZ 11 KXZ...

      Hapus
  12. kalau saya udah biasa.. malahan dulu pas aktif di radio kampung, isine nama samaran kabeh.. Nah bingungnya pas mau dolan ke rumahnya.. nanya sana sini enggak ada yang paham. Lah wong asline Joko di radio malah jadi Pak Songot hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti nama aslinya Joko Ndokondo itu...

      Hapus
  13. yaaah... udahaaan,,, wkwkwk (mksdx bacanya mas

    BalasHapus
  14. Wah-wah,,, ayah keren banget,, namnya itu lho yah :) ..
    Waduh mas Aiti,, sampe lupa rekannya sendiri sama namanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimaklum, om
      Karyawan segini banyak ga mungkin apal satu persatu

      Hapus
  15. Lhaaa jadi nama aseline terlupakan dong yahh? Hahaha...orang ngetop emang suka gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah biasa dilupakan kok...

      Hapus
  16. hahha anaku juga bingung mas kalo ditanya bapak atau ayahnya.. dia bilang aku mah gak punya ayah, aku punya nya daddy ahhaha *sombong bener ni anak gitu kali kata tetangga ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga sombong lah
      Orang emaknya bule...

      Hapus
  17. saya tuuh orangnya emang begitu.... peace dah mas ^_^ gak suka unfol aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu gimana..?
      Suka dibegituin..?

      Hapus
  18. temen-temen saya banyak kaya gitu mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kita berteman yak..?

      Hapus
  19. komennya yg ibadah malam itu bikin mondol pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo besok diganti ibadah jumat wae, om...

      Hapus
    2. enggak pak,
      maksudku nek sing wedhok wis ngomong, yaaah udahan?

      wah rasane nggondok tenan iku..

      yo kan pak?

      Hapus
    3. daripada bilang kok ga udah udah sih..?
      pilih mana..?

      Hapus
  20. saya juga kalo di FB sekiranya ga saya kenal udah lah di biarin aja, menuh2in kontak, kadang ada yang di konfirmasi eh ujungnya cuma bikin iklan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah begitulah kira kira. Aku lebih suka teman sedikit tapi akrab daripada bejibun tapi tabrak lari. add doang trus ga ada komunikasi

      Hapus
  21. Selalu pake nama asli sih, kecuali akun email. Lebih nyaman pake nama sendiri, klo ganti ntar malah pada bingung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dikalimantan barat saya juga pake nama panggilan ya mbah dinan....kalau pake nama asli malah irang gak tau....di tempat saya kerja aja yang ngerti nama saya asli...jadinya ya lanjut aja sama mbah dinan jadi sampai sekarang....

      Hapus
    2. Masalahku sama kaya simbah. Panggilan jaman sekolah lebih dikenal teman. Apalagi setelah ngeblog terus pake nama itu. Ya sudah gimana lagi...

      Hapus
  22. Sama dong, Mas. Sekarang aku juga mulai pilih-pilih approve teman fb. Bahkan yang tak kenal, yang tak pernah berinteraksi yang duku aku approve, sekarang sudah tak delete semua..Jadi ramping deh jumlah perkawanan saya..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari dulu sejak jaman baru ada YM aku kurang suka kebanyakan teman tapi mbuh. Kebawa sampe sekarang dan kadang dikomplen orang gara gara teman yang lama vakum aku delete pas aktip lagi udah ga berteman :D

      Hapus
  23. memang susah kalau udah di FB...kadang nama lain...makanya kadang kalau lagi di chatting sama kawan-kawan di FB saya yang satunya...saya jawab yang berhubungan aja. kalau udah ditanya ingat atau tidak dengan dia,, saya bilang aja sekarang saya udah pikun, jadi udah lupa...jadinya ya maaf....heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahku bukan cuma di pesbuk, mbah. Dari urusan alumni, ngebrik sampe internet kadung dikenal dengan nama ini. Eh ada satu lagi yang lebih repot. Di komplek malah banyak yang ga kenal nama asli atau nama rawin. Ada teman yang nyari alamat ga ketemu ketemu padahal nanya ke tetangga sebelah rumah. Setelah bilang bapaknya Encip baru ngeh... :D

      Hapus
  24. Nama panggilan yang jadi pengingat ya Mas Aiti, apalagi buat sahabat dekat.
    Senada Mas, untuk approve pertemanan FB mikir seberapa dekat interaksinya.
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di blog juga. Setelah pada keranjingan adsense banyak yang ga mikir pertemanan lagi. Posting sehari 7 kali dishare kemana-mana. Disabar sabarin lama lama empet juga :D

      Hapus
  25. Nama asli ku malah hampir banyak yg melupakan, dan sekarang gw mau nya di panggil "CUMI" kalo ada yg manggil nama asli, pasti gw ngak mau nenggok hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo itu sih udah kelewatan, hahah...

      Hapus
  26. ujung" ceritannya ngeres juga..hehehe
    tapi lucu mas, jadi pengen

    BalasHapus
  27. Saya dong, nhgak perlu pake fb, tapi tiap hari interaksi sama teman SMU...lha teman SMU e bapake anak anak....* udah, skip aja, nggak penting

    BalasHapus
  28. lha lek iki nama asli.. Rudy Goto Schooll.
    bien akeh sing nyongko jenenge guyonan.. padahal asli koyok ngunu kui..
    kui paling bien bapake ngidam iso bahasa inggris kali ya..

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena