08 Juni 2015

Nungging Unik

#Semua Umur

Sebelum kamera disita Kapolda waktu cuti kemarin, pas kerjaan lagi longgar, pasukan ngajak ke hutan buat nembak dan hunting foto. 

Bosen masuk hutan terus, aku nanya gini, "sekali-kali jeprat-jepret ke kota kenapa..? Ada spot yang asik ga..?"

Jawabannya bikin kaget. "Kita nungging aja, pak. Asik buat difoto-foto..."

Diajakin nungging sama si neng, aku sempat bengong agak lama antara omes campur parno. Penasaran, aku tanya, "maksut loh..?"

"Katanya bosen motret hutan terus. Ke pasar Tungging kan rame banyak obyek human interest..."
"Oooh..."

Kalo pasar Tungging aku tahu. Pasar tradisional di kota yang rame seminggu sekali dan jadi satu-satunya hiburan masyarakat pedalaman dari yang beneran mau belanja atau sekedar jalan-jalan. Tapi ngemol pake istilah nungging suer baru denger.

#Panci mana panci...


Ada juga kesalahpahaman lain saat ngajak mereka belajar motret berikutnya. Aku nanya begini, "untuk minggu besok cari spot yang eksotis kemana ya..?"

"Eksotis tuh gimana, pak..?"
"Yang unik, bro..."
"Di kampung saya banyak anak unik..."

Haqul yaqin dengan omongan teman aku ga banyak nanya. Aku pikir di kampung dia masih banyak anak-anak dengan penampilan ala suku Dayak tradisional. Aku sering lihat tapi kan di acara adat atau festival. Kalo dalam keseharian aku belum pernah makanya penasaran habis.

Begitu sampai ke rumah dia, aku diajak ke belakang rumah terus ditunjukin makhluk seperti pada gambar di bawah...




"Itu mah babi, dodol..."
"Anak unik anak iwek anak babi kan sama, pak..."
"Oooh..."

#Mendadak pengen ngemut tripod...


53 comments:

  1. Anak uniknya seperti itu ya ternyata :)

    BalasHapus
  2. wkwkwkaa.... ternyata yg paling unik foto yg paling bawah Mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kalau dari dekat kan unik itu mas ?

      Hapus
    2. hongkong itu dekat po..?

      Hapus
  3. nungging keliatan anunya itu yg di bawah,, hahaha

    BalasHapus
  4. paling eksotis yang bawah mas. hahahaaha

    BalasHapus
  5. # sodorin panci, mohon diisi ala kadarnya.. gulai ayam boleh, rendang daging boleh, semur juga nggak papa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambah sedikit kepala pasti enak dan lebih unik lagi deh

      Hapus
    2. rendang iwek mau..?
      haha

      Hapus
    3. # dah sinih pancinya, nggak jadi

      Hapus
    4. Untung sinih pancinya
      Bukan disambitin, haha

      Hapus
  6. Begitulah adanya daerah pelosok yg jauh dari kota. Pasar minggu menjadi ajang hepi hepi. Keberadaan si pasar jg ditunggu tunggu banget oleh hampir semua penduduk. Percaya ato tidak, di pasar kayak gitu hampir semua jenis barang bisa didapat. Saya dulu beli wajan malaysia di pasar minggu lho. Setelah di jogja, hambok sampe ngubek ubek Progo, nggak nemu juga model wajan malaysia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bu
      Pasar Tungging udah jadi segalanya buat masarakat pedalaman. Dari yang beneran mau belanja sampe anak muda sengaja jalan jalan sama pacar atau cari jodoh. Pokoknya ol in wan deh...

      Hapus
    2. Sip lah pasar minggu, merdeka !!!

      Hapus
    3. Di Pekanbaru istilahnya pasar minggu ya..?

      Hapus
  7. Asik kayaknya nunggingnya Kang. Seru gitu mallnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik lah. Ga ada lagi yang lain soalnya, hehe

      Hapus
  8. hahaha. kasus miskomunikasi ini 7 bulan lalu juga aku temui mas, tapi yang ini berdampak kematian..

    Critane tetanggaku ki anak perempuannya seng dikawin wong betawi lagi sakit farah, njuk aku tanya kenapa suawminya tidak nongol apa belum dikabari. tapi dijawab si mbok e "sampun pak"
    njuk minggu berikut aku menengok ke RS lagi, tapi suaminya juga belum terliat.. dan aku tanya lagi di jawab sudah ditelpon 4 kali.

    trus aku takon maneh. " Le ngabari ngomonge pripun" di jawab " Si Atik (Almrhm) lagi MUMET".

    Tak desek tak kon ralat , "kasih tahu si Wahyu (suaminya) kalau Atik sakitnya farah, tapi Mbok Sam tidak mau/

    Njuk paginya Atik mulai sekarat. Aku yg telpon langsung ke wahyu, kalau atik sekarang lagi koma di RS Sarjito kamu harus pulang..

    Begitu sorenya Wahyu sampai Jogja, Atik meninggal Dunia..

    Nah disini wahyu setengah komplin'
    njuk aku beri pemahaman pada Mbok Sam dan Wahyu yang lagi sama sama stres, karena yg satu kehilangan anak, yg satunya kehilangan istri ,
    "Nak Tiang jakarta niku di kabari wonten seng MUMET nggih di ken ngumbe bodrek.. Tapi nak di sebut jenis penyakit langsung bereaksi..Akhirnya wahu memahami dan kegaduhan bisa terhindarkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ditempat saya mumet itu muter muter(keliling)

      Hapus
    2. Walah kok jadi ngeri gitu, mbah..?

      Hapus
    3. Kalo saya mumet artinya nggak due duit Om..

      Hapus
    4. Kan tinggal ketik reg spasi mumet kirim ke bapaknya zaki beres, bu..?

      Hapus
  9. kalau dah gini jadinya bisa nungging sama anak unik ya?
    *nguntil pal eh nguntal pil*

    BalasHapus
  10. unik dari mananya? -_____

    BalasHapus
  11. Berarti kelilingnya juga harus nugging ya Kang, jadi lebih unik kalau diphoto bareng ha,, ha,, ha,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena jualannya lesehan yang beli harus nungging kali, pak. Makanya disebut pasar tungging

      Hapus
  12. wkwkwkwk.... lempar panci.... ta kira apa anak unik... ga taunya... nguiikk..nguiikk...

    itu pasarne di daerah tanjung kang???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halah...
      Kaya bukan orang Jaweten aja lu...

      Hapus
  13. Hiiiyyy... Gustiii ngeriiiiii... Eta nu hideung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau dikirim satu biji..?
      Tar teteh yang nungguin lilin, hehe

      Hapus
  14. elamat malam, salam kenal aja gan, numoang mampir ya

    BalasHapus
  15. Haha.. asli ngakak guling-guling.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halah si ibu ini...
      Ati ati kesambet loh..

      Hapus
  16. Biasanya unek, bukan unik hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah ngomong sama orang maanyan
      E suka jadi I. O ketuker tuker sama U... :D

      Hapus
  17. Wkwwwk sopo to jane sing mbok jak omong Om.. Pasar tungginge rame itu. Klo d dpn rmh q rodok sepi wis an Om..ndak koyok mbiyen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan ke Banjar pengen ke Kuin, jeng...
      Masih rame kah..?

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena