21 Juni 2015

Mobil Kebo

#Semua Umur

Tiap kali pajang foto Si Ite di medsos, komentar paling sering adalah, "sayang amat mobil bagus dibikin belepotan begitu..."

Komentar wajar dari orang kota yang lebih banyak berpikir secara sosial. Teman-teman di Jogja juga ada yang punya kendaraan double cabin seperti ini. Penampilannya kinclong bener kaya ga pernah nyentuh lumpur dan dipakenya malah buat ke mall.

Memilih kendaraan di sini alasannya fungsional. Penggerak 4 roda lebih dibutuhkan di jalan berlumpur ketimbang gengsi bermobil mahal.

Jangankan cuma Ford Ranger, Pajero Sport atau Toyota Fortuner yang oleh teman di kota disayang-sayang takut lecet, di sini juga dipake ngesot. Baret atau penyok bukan lagi dianggap masalah ketimbang nginep di hutan.

Komen lain bilang, "mobil tangguh kok mogok..?"

Kendaraan yang dibikin untuk offroad saja suka mogok, gimana kalo pake mobil sekelas Avanza..?

Apalagi kondisi perusahaan tambang memang lagi kembang kempis. Apa yang aku tulis di jurnal Efisiensi Kerokan kemarin merambah ke urusan transportasi juga. Seperti ketika kemarin aku bawa Si Ite ke bengkel. Aku bilang, "injectornya bocor, ada gantinya engga..?"

Jawabnya, "tar dikerok aja trus dikencangin pake lem besi..."
Masih disambung, "tapi lemnya tidak ada, pak. Tolong beli dulu lah..."
#mumet...




Faktor medan yang berat membuat mobil cepat rusak dianggap wajar. Rada kurang ajar itu yang beberapa waktu lalu. Ada yang laporan mobilnya ga bisa jalan. Aku suruh bawa ke workshop malah jawab gini, "ga bisa di-start, businya basah kali..."

"Mobil solar mana pake busi..?"
"Ya pokoknya mogok kena air, pak..."

Daripada rame eyel-eyelan soal mesin kena air, aku samperin sambil bawa sling untuk narik ke bengkel. Sampe lokasi baru aku percaya kalo pendapat teman itu benar adanya...




Lu pikir kebo pake dilelepin kubangan..?
#mondol...

77 comments:

  1. ngalah-ngalahin kebo emang... :D

    BalasHapus
  2. Hhaah....keren dong ya mobilnya.
    Kebo berbadan besi namanya :)))
    Btw, baunya kayak kebo juga gak tuh mobilnya mas? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bau kebo malah sopirnya, om.. :D

      Hapus
    2. wakakakak... gak jadi komen kang
      kadung lali tadi arep nulis opo

      Hapus
    3. biasa nek wong londo pancen lalen...

      Hapus
  3. hanya mobil juara yang sanggup njebur kubangan dan ndak bisa atret,dan ndak bisa mengo,, hehehe.. walah sayang kwi mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan salah sopirnya, mbah
      Salah perusahaan ga mau ngaspal jalan :D

      Hapus
    2. salah saya juga sih ikut komen

      Hapus
    3. Lain kali ga usah komen, om
      Kirim duit aja, haha

      Hapus
    4. la nak iki aku melu urun adah, hehehe,, #kabuuuur

      Hapus
    5. Ati ati ndak konangan syeh alkatro mengko diceramahi mbah...

      Hapus
    6. babakan adah iki malah kang alkatro seng nuturi je mas,,,, jare mengko paroan mbh, hehe

      Hapus
    7. Paroane ga beres nek sama orang itu, mbah. Bilangnya siji edang. Aku siji kowe edang... kupiye jal..?

      Hapus
  4. kasian banget si ite saben hari diajak kebo-keboan sampe nyungsep gitu.
    eh mobil temannya namanya ite juga kan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hlah... mau tau aja si ite tuh apa?
      Haha

      Hapus
    2. iya nih...ite itu kue kan mas? heee

      Hapus
    3. Kan ada link nya si ite tuh...

      Hapus
  5. sapa tuh yg pake baju biru mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mekanik, om
      Tukang betulin mobil kalo mogok :)

      Hapus
    2. spesialis ganti oli juga gak ?

      Hapus
    3. Kalo mau dipijitin pake dongkrak apa kunci roda tinggal ndaptar aja, om...

      Hapus
  6. yang jelas orang merasa sayang karena gak ngerti pekerjaan yang dilakukan dengan mobil tersebut. kalau udah tau, mungkin akan berucap..."wajar"...heeeee
    salam dari mang lembu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu contohnya mang lembu
      Pengen double cabin buat jalan jalan giliran jualan ubi malah pake sepeda motor

      Hapus
  7. Wah, Pak Raw nih bikin saya kangen sama Riau, mobil berlumpur jadi pemandangan sehari hari. La sekarang, hambok duduk seharian di pinggir ringrut sana rak nggak bakal nemuin yg seperti itu.

    Di site ayahnya sekarang, tiap 10 orang karyawan dikasih 8 motor baru gres sama 1 mobil kayak gitu. Kata ayah e, belum ada 2 minggu, rantai rantai motor udah pada jebol, harus request baru. Mobil juga tiap hari berlumpur mulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah positip ga balik hutan lagi tho, bu? Beli ae sendiri tar masuk masukin sawah, haha

      Hapus
    2. Belum Pak, ntar nek site di OKI udah siap, baru boyongan ke sana...

      Hapus
    3. Waduh, simbahnya bakal kelangan cucu lagi dong...

      Hapus
  8. Yang jelas, tinggal di medan seperti itu butuh skill mengemudi di atas rata-rata. Yang pake motor juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. rata-rata air apa rata-rata pasir bu ?

      Hapus
    2. Harus latian menebalkan muka juga buat antisipasi sapa tau nyungsep ga pake malu lagi nyampe pasar badan belepotan

      Hapus
  9. mungkin dianggapnya kebo makanya dilelepin ke kubangan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga nyadar badan bau kebo dikiranya naik kebo, hihi

      Hapus
  10. Itu mobil sudah lama gak nyeruduk, jadinya semua lubang yang terlihat mudah disikat aja. he,, he, he,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sopirnya juga lama ga nyeruduk, pak. Kangen nyungsep keknya :D

      Hapus
  11. Kebo besi ini namanya mas :D. btw yang pake baju biru itu siapa namanya mas :D. pacarnya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tukang betulin mobil kalo error. Maunya sih betulin sopirnya juga, tapi malah nawarin pijit pake dongkrak :D

      Hapus
  12. haha mobilnya di lelepin

    BalasHapus
  13. wah itu memang mobil kebo mas hehe

    BalasHapus
  14. sayang juga sih mobil keren di gituin yamas,

    BalasHapus
  15. jangan lupa di kerokin ntar kebonya ya mas :D

    BalasHapus
  16. ooh mobil solar gak [ake busi ya hehehe aku gak ngerti mesin2an :)

    BalasHapus
  17. mungkin kalau kap nya dibuka sekalian jadi buaya itu om.

    BalasHapus
  18. aseeek renang ... mantap ik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan renang. Itu namanya guyang...

      Hapus
  19. sayang banget mobilnya masuk kubangan gitu, ntar lecet2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaya sopirnya kok udah biasa terluka :p

      Hapus
  20. iye sih mas daripada nginep di hutan ya... tapi tangguh tuh mobilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tangguh lagi pake buldoser... :D

      Hapus
  21. Asyik ya klo dihutan dptnya mobil kren, saya sempet iri ama adek yg make jatah ford, tapi jawabnya pake fordpun medannya susah mbak. Pilih pake avanza aja disini yaaa ga pake nyebur2,hehe.. Btw suka tulisannya mas, ringan dan renyak #kayakTaro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kriuk kriuk ya?
      Garing dong, haha

      Hapus
  22. perusahaan tambang sampiyan juga kena pengaruh sepinya sector pertambangan ya pak?

    kl ford ranger, pajero iya saya juga tau itu emang sebenarnya mainannya di tambang, tapi kalo fortuner saya baru tau pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah mulai sepi di mess, sebagian penghuninya angkat koper. Tinggal tunggu waktu kapan masanya diusir :)

      Hapus
  23. Balasan
    1. Pohon karet bukan manusia juga dikerok...

      Hapus
  24. gila mas, mobilnya bisa kayak gitu

    BalasHapus
  25. Waaa, nyungsep. Mobilku juga pernah nyungsep sampai diderek, hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan nyungsep lagi tar aku derek :D

      Hapus
  26. Balasan
    1. Aku juga ga punya
      Untung kantor ngasih pinjem..

      Hapus
  27. mobil 4wd memang dikhususkan buat jalan jalan seperti di pertambangan, bukan untuk gengsi gengsian di kota. dan busi basah itu alasan yang greget banget kwwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas mesinnya basah makanya mogok. Basah lahir batin itu... :D

      Hapus
  28. Hastagaaah. Hahahahahaha. Pernah keliling kebon juga pake mobil gitu Kang. Emang pas keliling kebon kerasa banget. Ngebayangin kalo pake avanza pasti dah gempor duluan selang beberapa ratus meter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang untuk mengerti kita harus melihat lebih dekat, om...

      Hapus
  29. gimanapun mobil mah ngga bisa berubah jadi kebo...kalau supirnya mah bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah. Semenjak singgah ke Cilembu kenapa jadi ngebo ya..?

      Hapus
  30. emang mobilnya uda bener-bener kaya kebo...hahaha
    suka kotor-kotoran, tp gapapa deh, kan berani kotor itu baik :D

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena