23 Juni 2015

Madu Asli

#Semua Umur

Anak-anak suka sekali makan roti dioles madu

Dari madu mini market, madu Sumbawa sampai pesan madu Madinah dari om Mus waktu masih sekolah di Saudi sudah dicoba. 

Entah kenapa justru madu hutan yang favorit padahal rasanya agak pahit berbeda dengan madu umumnya. Makanya tiap mau cuti, mencari pemburu madu hutan adalah kegiatan rutin. 

Harganya lumayan mahal
Nodong langsung di tempat per liter 150 ribu. Namun dari sisi keaslian lebih terjamin ketimbang beli dari pedagang keliling yang suka datang ke kantor.

Pernah nyoba sekali beli yang begitu. Warnanya mirip dengan madu mini market, tak sekental madu hutan dan rasanya manis sedikit asam. Sampai rumah dikomplen ibue, "anak-anak kurang suka..."

Waktu itu aku ngeles, ambilnya dari sarang lebah pinggir kampung jadi bunganya beda dengan yang disamperin lebah hutan. Setelah balik ke Kalimantan, seorang teman kasih tahu kalo madu yang seperti itu palsu. Bukan ambil dari sarang lebah, melainkan dibikin dari nanas madu.
#kacaw...

Sore tadi...
Lagi ngobrolin keaslian madu di teras kantor, ada karyawan lain yang nyamperin langsung nimbrung. "Itu beneran asli, mau bawa madu ke rumah..?"

"Hampir tiap cuti aku bawa..."
"Istri ga marah..?"
"Malah suka. Kenapa emang..?"
#mikir...

"Salut sama istri pian lah."
"Kenapa..?" 
"Istri ulun baru dengar mau dimadu saja sudah ambil golok. Apalagi dibawa pulang..."
#golok mana golok..??

Jaka Sembung ternyata...
Langsung buka laptop ketik
#sudo /etc/init.d/gundulmu restart


41 comments:

  1. hahahaha. tak kira madu hutan beneran, ga tahunya madu hangat to. hehe

    BTW
    aku pernah bertamu di sumbawa mas, dan pulangnya dikasih madu asli oleh tuan rumah yg punya ternak madu,, ciri madu asli itu botol tidak boleh di tutup,, karena waktu itu aku ga tahu, takut kemasukan lalat botol tak tutup malah njebluk kaya petasan lebaran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bikin mumet juga waktu bawa di pesawat. Ga rapet takut bocor, rapet takut meleduk. Makane diakalin bungkus pake plastik dobel dobel trus dilakban rapet biar kalo jerigennya bocor ga sampe keluar. Eh pas pemeriksaan x-ray malah dibongkar petugas takut bensin katanya.. #mondol

      Hapus
    2. walah, adoh emen golek madune, di banyumas kan ono kang
      saelingku daerah dung banteng,wadae pake botol seprit, jare bakule ben ga mbledos di perjalanan.

      Hapus
    3. Kejauhan ke Kedungbanteng, om. Engga sekalian ke Jepang..?

      Hapus
    4. Di ex-habitat saya dulu yg terkenal madu sialang. Madunya warna hitam, agak asam pahit gitu...kalo pengen bawa pulang, biasanya cuma saya taruh di botol akua aja, ditenteng, masuk kabin. Ntar sama mbak pramugarinya bilang "bu, botol madunya ditaruh di bawah saja ya, hati-hati jangan sampai tumpah"...sepertinya pada hafal, nek penumpang dari riau suka bawa madu

      Hapus
    5. Semeatinya petugas bandara sini juga apal kebiasaan itu. Ga tau juga karena bawanya pake jeligen kali makanya dicurigain. Untunge ga dikomplen kenapa pake jeligen. Kalo sampe kejadian paling aku jawab kalo pake drum susah bawanya...

      Hapus
    6. panjangan ngomongnya ketimbang madu aslinya

      Hapus
    7. kwi mbah Al katro disek nate ngajak aku angon tawon neng kedung pring mas. neng aku gemang, soale aku di jak neng sumbawa karo penyayi dang dut seng arane ida jubaidah kae. seng nyanyi MIMPI KAWIN.. soale jaman semono aku yo lagi mimpi kawin kok di ajak angon tawon. ehehehe.

      Hapus
    8. Kalo bawa penyanyi dangdut sih bukan tawonnya yang ngentup, mbah
      Haha

      Hapus
  2. hongkong lik hongkong
    gawa madu mengumah ya jenenge gawe ontran ontran.
    mending di simpen sing rapih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman pribadi ya? Keren lah...

      Hapus
    2. urung lik,nembe plan....huaaaaaaa

      Hapus
    3. Semoga diijabah..
      Amiiin... 69x

      Hapus
    4. Nah semakin banyak yang mengamini...

      Hapus
  3. yang namanya 'madu' itu memang ada manis2nya gitu.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Termasuk madu 3 kah..?

      Hapus
    2. Harus kuat iman tuh Pak, ntar ada yg nafsu....pengen ngembat pake sendal haha

      Hapus
    3. Kalo ngemut sandal sih udah biasa bu, hahaa

      Hapus
    4. dan bikin sehat juga..

      Hapus
    5. Pengalaman pribadi yo, om..?

      Hapus
  4. hahaha, kirain tadi madu lebah, ternyata madu asmara.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tepatnya madu asrama, om :p

      Hapus
    2. nek kiye mesti pengalaman pribadine rika ya?
      madu asrama :D

      Hapus
    3. Asrama penuh asmara, lik...
      Itu mah kisah dari Hongkong... :D

      Hapus
    4. Weh, saiki lengkap yo, ada yg di hongkong, koreya...hayuk ngendi meneh

      Hapus
    5. Dari alam barzah belum ada :D

      Hapus
  5. Pengen tahu Kang rasanya madu hutan Kalimantan. Enak kayaknya. Hahaha. Ngiler ini bayanginnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya sedikit pahit, warnanya agak gelap dan kentalnya banget. Ga tau juga kenapa yang di rumah malah suka...

      Hapus
    2. mungkin karena hitam manis itu kang, makanya suka...hati-hati aja kalau hilang manisnya, repot...yang tinggal cuma hitamnya...sama pashitnya...heee

      Hapus
    3. Kalo begitu ganti kopi susu wae mbah... :D

      Hapus
  6. Mahal ya ... semua2 penjual madu yang ngaku asli memang mahal ya Mas Rawins apalagi kalo ngakunya madu hutan. Temannya itu ckckck .... jaka sembung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan ngaku asli sih, bu. Makanya yakin bener kalo nodong langsung di hutan...

      Hapus
    2. itulah penjual madu, masih-sempat-sempatnya nyolong madu sama lebah....tuh lebah apa gak marah ya?

      Hapus
    3. Kalo ga marah masa ngentup, mbah..?

      Hapus
  7. Nah ini lagi hampir mirip sama pasword 123456, antara Madu dan Dimadu :D
    Saya juga sangat suka Madu Kang, dulu pernah punya di rumah sarang tawon Madu memang bawaan dari yg punya rumah yg lama, karena sering ditinggalkan kerja, tau2 pada kabur karena sering diganggu ama yg lewat, padahal kalo sekali panen bisa nyampe 2-3 botol sirup. Nah kalo madu asli hutan Kalimantan saya blm pernah nyoba walau saya punya saudara di Palangkaraya, tapi kalo mudik ke Yogya gak pernah bawa Madu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman pramukaan dulu pernah nyoba beternak lebah. Memang harus di kampung dan jauh dari jalan kalo mau awet. Lebah gampang kabur kalo terganggu. Sampe harus dibikin perangkap biar ratunya ga bisa keluar

      Hapus
  8. hahahaaa....kalau bawa madu yang perempuan orang rumah pasti ngamuk mang, tapi kalau bawa madu botolan orang rumah pasti senyum aja. apalagi kalau anak-anak pada suka...iya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang di rumah dibawain botol aja udah senang kok, mbah... :D

      Hapus
  9. hahahahahaha. kang rawins suka bikin bodor di akhirnya.
    kalo sayah belum tau mana madu asli mana yang palsu.
    yang saya tau kalo pas ngambilnya di tempat ternaknya ya mungkin itu asli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling gampang begitu, mang
      Aku juga sukanya nodong ke pencari madunya daripada beli dari tukang jualan keliling. Ga semuanya suka bohong sih, tapi suka berburuk sangka nih...

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena