28 Juni 2015

Diskriminasi Salak & Babi

#Semua Umur

Memasuki perkampungan, mobil aku jalankan pelan...

Ada mobil nyalip agak kencang ga sempat melihat serombongan babi mendadak nyebrang di zebra cross. Sopirnya sigap menghindar lalu kabur meninggalkan satu anak babi yang sempat kecium.

Mungkin sopirnya sadar

Nabrak babi di sini adalah musibah yang mampu bikin dompet kering kerontang. Nilai dendanya bisa sekian kali lipat dari harga babi dewasa sekalipun.


Ada anak babi menggelepar di jalan, aku pun berhenti. Mendadak datang orang kampung marah-marah mengira aku yang menabrak. Perlu adu argumentasi agak panjang agar bisa lolos dari tuduhan tanpa perlu minta bantuan Hotman Paris

Dengan berbagai bukti, plus anak babinya juga ga apa-apa, cuma shock doang lalu ngacir nyusul emaknya, si penggugat pun luntur galaknya dan mau menerima fakta tabrak lari.

Yang menarik, beliau nanya gini, "tapi benar kan yang nabrak mobil kampung bukan mobil perusahaan..?"

Ternyata...
Pembatalan tuntutan itu terjadi karena tersangkanya terindikasi orang kampung. Bila pelakunya kendaraan milik perusahaan tambang atau sawit, perjuangannya tidak akan berhenti sampai di situ. 
#diskriminasi...


Tapi ini umum banget...

Di Jogja pun aku sering mengalami dalam kasus berbeda
Contohnya waktu jalan-jalan ke Turi dan beli salak di pinggir jalan

Sekilo dikasih harga 15 ribu, ibue Ncip komplen, "mahal amat, mbah. Biasanya cuma 7 ribu..?"



Eh simbahnya keceplosan, "itu kan buat orang sini, mbak..."
"Aku juga orang sini..."
"Iyo po..? Yang pake mobil biasane turis..."
"Tenan kok orang Jogja. Lihat aja platnya AB..."

Simbahnya ngangguk-angguk...
Sambil bilang pelan, "wong Jogja kok ngomongnya ngapak yo..?"
#nyengir...

38 comments:

  1. diskriminasi adalah takdir
    ngapak juga takdir
    #restart

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus # sudo apt-get upgrade lik :D

      Hapus
    2. hahahaha, para teroris ngumpul. mboh mboh aku ra krungu, hahaha

      Hapus
    3. Rasah krungu, mbah
      Ga bakal didum uang dengar kok

      Hapus
  2. Kalo orang bule sekilo bisa 50 rebu sekilo tuh salak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minat jualan salak ke bule gak..?

      Hapus
  3. baca kisah si babi jadi inget jayapura, di daerah sana juga gitu adatnya kalo ada ternaknya yang ketabrak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah adanya. Nabrak anak babi dendanya lebih besar ketimbang beli babi besar di pasar. Ga tau aturan darimana... :D

      Hapus
  4. Ora Ngapak ora Kepenak, posisi Enak dadi Anak

    BalasHapus
  5. sama,di kampung istriku juga gitu lik.
    kalo boleh milih....,mending nabrak sapi daripada nabrak babi.
    1 babi denda 200rebu,trus yg punya babi bilang "tu babi bisa beranak sampe 12"
    12 x lipat minta ganti ruginya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending cuma 200rb. Disini nabrak babi atau anjing bisa kena 3 - 5 juta suka-suka yang punya. Sampe pemkab bikin perda, denda nabrak anjing 500 ribu doang... :D

      Hapus
  6. Ngapak niku nopo Om? Maklum mulai bljr pepakbosojowo lg nih.

    Mgkn knp jd diskriminasi soalekan wong pabrik artane kathah ahahaha apalagi turis :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngapak ki bahasane om Pacul
      Warganegara Cilacap Banyumas dan sekitarnya...

      Hapus
    2. termasuk nyonge wong ngapak sing gagah dewek.....

      Hapus
    3. Oh ya negaranya om Reo juga
      Yang gagah dewekan...

      Hapus
  7. yua kalo orang perusahaan kan duitnya buanyak...
    aku juga kalau ngojay atau berenang di kolam renang di kampung gratis kok, kalau yg piknik harus bayar...harus buka baju pula kalau renang, kasian khan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalih yang punya kawasan bisa dijadiin kartu diskon ya, om..?

      Hapus
  8. iki nang kampung ngendi to kok akeh babine?

    BalasHapus
  9. Diskriminasi untuk pendatang bisa dikatakan hal umum dan sering terjadi Mang, sama dengan salak tadi. Kadang kita harus belajar adaptasi dan berbaur agar dikirain penduduk setempat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membaur sih pasti, om. Kendala bahasanya yang agak susah. Sudah 5 tahun di Kalimantan, bahasa Dayak Maanyan ngerti. Tapi logat tetap aja beda :D

      Hapus
  10. babine kok yo putih men pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Babi sing kui rajin luluran, om...

      Hapus
  11. pantesan nek saya beli budin di kawunganten larang temen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya jangan bawa koper. Biar ga dikira TKW baru balik dari Hongkong

      Hapus
  12. diskrimnsine malah kebalikan karo tanggaku .. mentang mentang wonge dewe malah dilarangku..,repote maneh nak tuku neng liane jare ra umum......dumeh lagi ana program sadar wisata kali ya. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kei penginepan murah neng wirogunan wae nek ngono...

      Hapus
    2. flower market nak esuk jare.yo murah mas.. sisa, kurah kurah hehe

      Hapus
    3. Nek kui jatah nyawiki wegah tralala judule, mbah...

      Hapus
  13. si mboknya diskriminatif tuh mas, gk di marahin tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga perlu lah. Orang udah umumnya gitu...

      Hapus
  14. Balasan
    1. pernah jadi korban salak juga tho om..?

      Hapus
  15. Kalo ngomong ngapak berarti ketauan bukan jogja hahaha
    Eh babi juga mahal yaaa nilai nya, gw pikir anjing doang yg di itung persusuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini babi sama anjing sama, om...
      repot...

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena