12 April 2015

Sayur Paku

#Bimbingan Orang Tua


Lanjutin cerita tentang kegagapan budaya sebagaimana aku tulis dalam jurnal Bahasa Jablay kemarin...


Terus terang aku rada empet soal makanan di sini. Menu di kantin perusahaan ga pernah ganti dari ikan ke ayam atau ayam ke ikan. 

Jarang banget nemu sayur aku sempatin komplen ke ibu dapur. Dan jawabnya, "orang sini kalo ga ada ayam atau ikan bilangnya ga ada lauknya, pak..."

Makan di luaran pun sama saja. Ga ada yang sediain lauk sayur komplit macam di warteg. Muter sana sini jualannya sama, daging dan ikan.


Makanya pas lewat depan pasar lihat ada yang bawa sayuran banyak pake sepeda motor, buruan aku samperin. Pasti punya warteg nih orang, pikirku.

Aku tanya warungnya dimana, orangnya malah bengong, "warung apa, pak..?"
"Ini bapak bawa sayuran banyak, bukannya buat warung makan..?"

"Saya tidak punya warung. Ini buat kasih makan babi..."
#sesak napas mendadak...


Itu masih mendingan...
Ada lagi yang sebenarnya ga nyambung sama kuliner tapi sama bikin ga bisa nafas

Waktu itu aku singgah ke toko material lalu bilang, "beli paku sekilo, pak..."

Eh si bapak nanyanya gini, "dibungkus kah..?"
Spontan aku jawab, "dimakan disini..."
#semprul...

Nikmati sajalah...

51 comments:

  1. Lah katanya di sana kan banyak pohon pasak bumi, lalap aja pucuknya.

    Liatin udangnya biasa aja kale, gak usah segitunya. Udangnya cowok tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah bosen lalap pasak bumi, mang
      lagi pengen coba ngemut tiang pancang :D

      Hapus
    2. minta batu akik atuh mang sayah nyah

      Hapus
    3. jangan minta jatah 2 bulan tar juga jadi batu akik :)

      Hapus
    4. hahah membeku jadi batu akik

      Hapus
    5. elmu di mang lembu tuh :D

      Hapus
  2. Balasan
    1. Sing ngati-ati bu zaki...

      Hapus
    2. mayan pakunya bisa buat pasang gantungan baju

      Hapus
    3. asal jangan gantung diri ok..?

      Hapus
  3. Daging sama ikan...?
    Makanya kata ayahe "saiki mangane lawuh tasbeh (tasbih, red)"
    "Lha pripun to Yah?"
    "Ayam, ikan, telur, ayam, ikan, telur, ayam, ikan, telur..."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat yang pernah di pedalaman kayanya sudah paham
      Kudu nrimak nrimakno hihih

      Hapus
    2. pasrah...ngadengkak kalo istilah sunda mah itu teh mang

      Hapus
  4. mangane urang,tapi ora lemu-lemu koh

    BalasHapus
    Balasan
    1. urang jawa soalnya, lik...
      harus ganti urang sunda kali ya.. :D

      Hapus
    2. iyah. tumben peka jadi orang...

      Hapus
  5. Haha... gak sekalian tuh babeh. Nawarin mau di pakein kuah gak..

    BalasHapus
  6. ah bang rawins boong nih. katanya menunya di sana itu2 aja, dari ayam-ikan dan sebaliknya. nah ntu yg dipegang kok udang? eh.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunya emang gitu gitu terus, om
      jarang sayur sampe kangen bener nasi pecel, sayur asem dan teman temannya

      Hapus
  7. he h he lucu juga ceritanya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh ga tau yang ngerasainnya ya..? :D

      Hapus
    2. lebih lucuan de Imerlina kok

      Hapus
    3. emang anaknya sule dia..?

      Hapus
    4. masih family
      lain ayah lain ibu

      Hapus
  8. beli di pasar sendiri terus direbus pake masako aja mas hehehehe lumayan ngobatin kangen sayur. itu kalau nggak ada perangkat buat ngolah.. kalau ada dan bisa ya boleh lah lebih bervariasi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. belanjanya yang susah. pasar jauh harus ke kota
      udah resiko hidup terisolir di pedalaman. ga tau kenapa ga ada orang yang mau inisiatip nanam sayur. nanamnya karet, sawit, dll dll

      Hapus
  9. hahaha paku di makan disini . Serius itu sayur buat maanan hewan? minta aja sedikit gitu buat dimasak :) Padahal kalau suamiku menu wajib makan itu sayur loh bukan ayam atau ikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu lah bu
      kebiasaan di rumah banyak sayur, disini jarang nemu jadinya selera makan turun drastis. kebawa kebiasaan masyarakatnya kali, jadi ga ada yang maksa bikin warteg takut ga laku

      Hapus
  10. Padahal sayuran itu wenakk lho, kok gak ada yang merasa kehilangan gitu yah. Mosok mangan kok iwak pitik thok

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah karena ini soal budaya lokal. lingkungan hutan kalopun ada yang bercocok tanam selalu ke tanaman keras atau industri. lauk larinya ke hewani karena disini memang melimpah stok ikan, ayam dan babi... :(

      Hapus
  11. Emang beneran eneg ya klo tiap hari disodorin ayam en ikan,

    Wahhh giliran sayuran masak buat empan babi, hihihikk

    BalasHapus
    Balasan
    1. apapun kalo tiap hari tiap waktu ya bosen lah

      Hapus
  12. Balasan
    1. engga ah tar jadi superhero repot
      harus pake kancut di luar

      Hapus
    2. sekarang nggak lagi
      cuma pake tanduk doang

      Hapus
    3. tanduk..?
      emang kalo sepiring ga wareg ya..?

      Hapus
  13. sekarang pakunya udah habis mas?
    kenyang nggak?:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kira kita sudah tau jawabnya
      #sama2 personel kuda lumping

      Hapus
  14. Saya kok malah sepakat dengan pernyataan ini ya mas "orang sini kalo ga ada ayam atau ikan bilangnya ga ada lauknya, pak..." hehehe.. walau sebenarnya asal ada sambal dan krupuk aja, makan tetap begitu nikmat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. persoalan budaya sebenarnya, om. masyarakat sini dekat dengan hutan dan sungai sehingga akses ke daging atau ikan lebih mudah ketimbang sayur

      Hapus
  15. Seret juga yah makan ngga pake sayur. Sekali dua sih mungkin gak masalah. lah kalo tiap hari ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap hari dalam 5 taun harusnya terbiasa kan..?
      tapi nyatanya engga tuh om...

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena