21 April 2015

Lahir Dimana..?

#Semua Umur

Ada yang keren di sini...

Banyak yang melamar kerja cuma modal maksa dan status yang punya kawasan tanpa dukungan skill memadai. Bilang tidak ada lowongan tidak bisa menyelesaikan masalah dan seringkali berbuntut demo dengan tema rasial. "Orang luar Kalimantan saja bisa kerja di sini, kenapa penduduk asli tidak..?"
#mantap...



Salah satu alternatif menolak secara halus adalah dengan cara tes. Psikotes doang kadang tak cukup dan masih saja ada yang maksa agar bisa jadi karyawan. Kalo sudah begini, biasanya dilanjut ke tes kemampuan teknis. 

Repotnya...
Kebanyakan pelamar tidak mencantumkan bidang kerja yang diinginkan. Asal di CV tertulis bisa komputer, sama HRD disortir masuk IT. Jadilah IT sebagai bemper untuk formalitas menolak sebagian pelamar.

Bukan tugas berat...
Kasih selembar soal tentang jaringan pasti banyak nyerah orang Word Excel saja kemampuannya relatif minim. Biar lebih mantep suka dilanjut wawancara untuk nanya mau engga ditempatkan di site yang terpencil. 

Timku sih sik-asik saja dengan tugas ini. Malah suka rebutan untuk sesi wawancara terutama kalo ada yang bening. "Mayan dapat nomor hapenya, pak..."
#semprul...


Terlepas dari persoalan di atas, ada satu pertanyaan yang sempat bikin aku keselek sandal waktu awal-awal datang kemari. Makanya aku ga lagi-lagi nanya, "kelahiran mana, mbak..?"

Soalnya ada yang jawab, "saya lahirnya di Paku, pak..."



Ada juga, "saya di Dorong..."



Atau, "lahir di Sumur saya..."



Lagian ngapain juga pake nanya
Orang di biodata ada isian tempat tanggal lahir
#mumet...


54 comments:

  1. Saya lahir di sendal pak.
    Boleh ngelamar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain ngemut sendal dulu...

      Hapus
    2. manis kalo Mbak Ay sih
      kalo Kang Raw sepet

      Hapus
    3. mayan dibilang sepet
      biasanya kan pahit...

      Hapus
  2. Saya lahir di sendal pak.
    Boleh ngelamar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga cukup sekali ya ngemut sendalnya..?

      Hapus
    2. sekali lagi Kang Raw sepet

      Hapus
    3. coba sekali lagi biar dapet payung cantik..

      Hapus
  3. Kirain "saya lahir di kelapa" Kenal Langsung Paku.. #eh

    BalasHapus
  4. saya lahir dicungkup pak
    *nah

    BalasHapus
  5. fhotonya memang bening-bening yamas
    baru dicuci ya?

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. kowen pan dekmehin kupat glabed gelem ora ooohhh?

      Hapus
    2. sesama orang tegalan...

      Hapus
  7. Hahahaha nama tempatnya lucu2 ya...

    BalasHapus
  8. kadang foto dan kenyataan sunggug berbeda. beberapa kali kecele karena itu.. wakakakakakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya ga cukup liat cv dan terus dipanggil wawancara
      *modus :D

      Hapus
  9. Udah dapet banyak nomer hape dong Om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. teman teman kok yang suka minta nomor hape
      aku sukanya minta hape ga pernah dikasih

      Hapus
    2. hape apa yang ada nomornya hayoo

      Hapus
  10. #terengah-engah menghajar kolom komen dari atas ke bawah

    BalasHapus
  11. wkwkwkwk asli kocak, saya lahirnya di Tulungagung saja #gaadaygnanya :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga pake tulung tulung kan..?

      Hapus
  12. dipaku dek? duh kesiyannn
    padahal paku nama kota hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dulu waktu awal awal datang kemari...

      Hapus
  13. Kelahiran rumah sakit gitu dong jawabnya :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tar dibilang ga sesuai ktp, bu..

      Hapus
  14. lucu2 ya kang nama daerah/tempatnya :D,

    BalasHapus
  15. heh pak itu genah manis manis gitu lho pak..
    tinggal di-emut ajaa..

    BalasHapus
  16. Untuk pelamar tidak biasa menanyakan balik ke kita Kang, kalau sampai nanya kita lahir di mana, jawabannya pasti dia pingsan.... wkwkwkwkwkwk.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. repot kalo sampe pingsan pak...
      tar harus kasih napas buatan...

      Hapus
  17. Hiks hiks hiks.....
    Klo interview yg susah2 dh om. Trusssss
    "Mau nggk training/kursus dulu....?? Klo sdh lulus baru balik test lg" ...bagi2 rejeki hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang sengaja dibikin susah orang niatnya buat nolak secara halus, hihi maaf...

      Hapus
  18. Hahaha. Jadi lucu mas kalau dijawab kayak gitu yak. Haha.

    Febriyanlukito.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya engga lucu sih...
      Cuman waktu pertama denger kesannya gimana gitu, hehe

      Hapus
  19. Si bpk bqnyak nanya suka suka emak donk mau lahiran dimana hihihi

    BalasHapus
  20. Bagi2 donk nocan nya... :p

    #nomor cantik :D

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena