16 April 2015

Bapak Polah

#Dewasa

Ada pepatah Jawa yang bilang, "anak polah bapak kepradah..."

Tapi di keluargaku kayaknya ada yang berbeda. Salah satunya seperti dalam jurnal Titip Sidang kemarin. Aku yang ngeyel ga mau damai sama polisi, ibue Ncip yang harus jauh-jauh ke Purworejo buat ambil STNK yang ditahan.

Padahal sebulan sebelumnya aku habis nyusahin juga. Berawal dari rasa bosan jauh terus dari keluarga, aku Mengunduran Diri dari perusahaan dan pengen jadi petani saja.

Idenya muncul gara-gara lihat di supermarket sayuran organik lumayan laku padahal harganya lebih tinggi. Karena ga punya lahan luas aku mau bikin hidroponik memanfaatkan area kosong sekitar rumah. Negosiasi anggaran sama ibue trus belanja pipa paralon, nutrisi dan pernak-perniknya.

Baru seminggu menikmati masa pensiun, mantan bos nelpon nyuruh ke Jakarta. Aku pikir mau dikasih pesangon, ternyata maksa aku kembali ke Kalimantan. Ditambah rayuan teman-teman di site, aku pun kembali ke hutan. 

Dan ketimbang mubazir udah belanja banyak, proyek hidroponiknya ibue yang harus lanjutin...


Begitu dan selalu begitu sampe kepikiran untuk mengubah pepatah jadi "bapak polah ibue yang susah..."


Eh, ibue Ncip juga pernah mengusulkan hal yang sama. Kejadian sekitar lima tahun lalu saat awal aku mau berangkat ke Kalimantan. Belum lama di hutan ibue nelpon bilang telat bulan padahal Citra baru berumur berapa bulan.

Nyengir aja aku jawab, "syukurlah bu mau dikasih rejeki lagi..."
"Rejeki sih rejeki. Tapi kebayang ga gimana repotnya urus dua bayi sendirian nanti..?"

Nah saat itulah ibue bicara soal amandemen pepatah itu
Katanya, "si ayah polah anaknya nambah..."
#Alhamdulillah...


44 comments:

  1. rejeki kang, eh bagi2 ilmu hidroponiknya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. singgah aja kalo ke jogja
      atau cari bukunya banyak di gramed. gabung grup hidroponik di pesbuk aja

      Hapus
  2. nang umah betah, kakehen polah

    BalasHapus
    Balasan
    1. enake pancen kakehen polah nang umah.
      nggenah

      Hapus
    2. iya
      teyeng umbah umbah...

      Hapus
  3. Bersyukur banget ya Pak Raw, dikaruniai jodoh yg penyabar dan serba bisa....ayo semangat Mb Pit....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabarnya ngepol sampe aku nakal aja ga ngambek...
      *paling ga dikasih pintu... :D

      Hapus
    2. pantesan bilangnya ngatos atos jendelane mas...

      Hapus
  4. Rejeki nambah ... rejeki nambah ... pasti jalan baru akan terbuka untuk sang bayi nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. modal polah amben obah itu...

      Hapus
    2. perasaan bunyinya gedumbreng deh...

      Hapus
  5. klo kerja di kalimatan atau sumatra itu gimana mas enak ga ? ada yang nawarin nih mohon sharing dunk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak asik aja kok...
      nyatanya betah dah lima tahunan disini

      Hapus
    2. ah elu wkt gw pertama kali ketemu di pusat ngomongnya gag kya gini...

      :( wkwkwkwkwk

      Hapus
  6. Hahaha... Ngakak. Jadi main plesetan pepatah Jawa yak? :D

    BalasHapus
  7. hahahahaa, hasil jumpalitan dadi nambah yo mas

    ho;o sayur organik neng kene sak iki ya lagi ngetren, seperti hasil kong kalikong resep dokter e manjur yo mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, pak dhe...
      sayuran mahal tapi kok laku. diapusi ketoknya ya, hehe...

      Hapus
  8. Sy jg lg jd korban polah bapaknya bocah nih pak...

    Bapak polah ibu ....???.....

    BalasHapus
  9. ikut bahagia dengernya mas, alhamdulillah. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, seneng kang rawins masih trengginas

      Hapus
    2. timbang letoy tar kepiye...

      Hapus
  10. ya ampun pepatah aja ada amandemennya. sampe empat kali kayak UUD nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tanda tanda lagi kumat.. :D

      Hapus
  11. Pengin sambit sawi organik baca endingnya...selalu deeehhhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok besok jangan baca endingnya ya...

      Hapus
  12. jiwa petualang takkan hilang, rupanya kadung jodho karo kalimantan, sekarang balik kucing kesana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal alesane kepepet, hehe

      Hapus
  13. saya pernah baca ungkapan "anak polah bapak kepradah..." di pepak basa jawa SD :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah betul sekali...
      kalo yang amben obah anake tambah itu dari lik zach...

      Hapus
  14. Untuk bapaknya polahnya yang baik-baik ya Kang, adi rejekinya juga nambah banyak untuk anak-anak dan keluarga. Amiin...

    BalasHapus
  15. pak usaha tanaman hidroliknya bagus itu pak..

    sudah mulai operasi ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanam dongkrak..?
      Belum coba, om...

      Hapus
  16. saya jg pngen nanam hidroponik di rumah.....
    lumayan kan kalo dijual sayuran organik....
    buat bisnis sampingan atau dimakan sendiri..

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena