11 April 2015

Bahasa Jablay

#Dewasa

Ketika masuk ke daerah yang budayanya berbeda, belajar bahasa selalu menjadi prioritas utama. 

Biasanya aku bisa cepat belajar apalagi kosa kata yang berbau jorok. Tapi entah kenapa aku rada lemot dalam mempelajari bahasa Dayak termasuk yang tabu sampai beberapa kali merasa oon kuadrat.

Misalnya waktu pengen hunting foto ke tepian Barito. Butuh lensa tambahan aku nanya ke temen, "di sini yang nyewain tele di mana yah..?"

Yang jawab tetangga sebelah, "idiiih, emang bapak suka ngejablay ya..?"
#ngemut tripod...

Selidik punya selidik, ternyata ada salah pengertian. Stafku itu ga ngerti fotografi. Aku sendiri baru ngerti kalo dalam bahasa sini tele itu "barangnya" cewek. Jadinya dia mikir aku cari "tele" sewaan...
#mumet...


Kasus kedua yang hampir mirip pas aku cuti. Lagi nunggu pesanan makan di warung sama ibue Ncip, iseng nelpon ke kantor nanyain kerjaan.

Beres obrolin kerjaan, stafku nanya, "lagi dimana kok kaya rame banget..?"
"Lagi makan di Sudi Mampir..."

Komen selanjutnya bikin tepok jidat, "kenapa bapak suka ke warung jablay..?"
#keselek kobokan..

Dengan mindset orang Jawa, kalo ada yang nyebut sudi mampir atau sido mampir otakku langsung mikir ke warung makan. Kenapa jadi bahas jablay lagi sih..?

Dan ternyata oh ternyata...
Dalam bahasa sini, sudi itu "barangnya" cowok
Jadi kata sudi mampir dia artikan tempat mampir si "sudi" buat begituan...
#mondol...

Memang benar
Dimana bumi dipijak
Disitu langit harus dijunjung
Maaf...


35 comments:

  1. wah mesti belajar lg sama kebiasaan bahasa daerah dayak tuh berarti mas.
    jangan sampai mumet apalagi ngemut tripod lagi apalagi keselek kobokan.
    hadeuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya sudah lewat masanya belajar budaya
      masa lima taun ga cukup..?

      Hapus
  2. oiya salam kenal nih yamas
    baru pertama kali kesini

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mas yanto
      terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
    2. nah ini nih mang raja yang sesungguhnya dari KPK, sekarang mah baru kenal, ntar deh kalo udah lamaan dikit..ngomong joroknya lebih farah dari yang farah..super farah deh...nama aslinya mang Eko anaknya 2 cewe sama cowo...yang cowo gonrong kaya si Geo....lebih detailnya tentang raja sempak ini silahkan cari di sitemap blog saya...okeh, ditunggu yah

      Hapus
    3. si mamang lagi ngomongin lik zach yah..?

      Hapus
  3. Balasan
    1. jiaah...pak eko ngjawabnya JAIM....

      Hapus
    2. anda layak dapat jaim mang...

      Hapus
  4. *ngejengkang
    Hihihi... Emang kudu banyak belajar bahasa daerah dimana2 ya...xD
    *nambah kosakata tele dan sudi

    BalasHapus
    Balasan
    1. halah...
      nyambung aja kalo yang beginian, haha

      Hapus
    2. lagi berdua dua nih mang
      yang nyusul ketiga namanya setan

      Hapus
  5. sudilah kiranya jangan bertele-tele...

    BalasHapus
  6. False fried,......Pak Raw terjerumus dalam teman palsu

    BalasHapus
  7. tele novela
    barange novela.....wakkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha tanggaku jenenge sudi raharjo je...untung gak nyasar di tanah dayak sana ya

      Hapus
    2. ada kok bu...
      karyawan baru pas registrasi internet ditanya namanya siapa bilang sudi
      staf yang cewek malah cekikikan...

      Hapus
    3. sudi bertengker di hati ku

      Hapus
  8. Wahahaaa,,, malah jadi ngomong tabu ya mas, padahal ngga bermaksud...

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga engga ngerti...

      Hapus
  9. Kalau gak ngerti gak papa kang.

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena