13 Maret 2014

Kasiat Sarang Semut

#Semua Umur

Nyambung cerita tentang Sarang Semut dulu

Akhirnya dapet tuh informasi yang benar tentang itu. Bukan sarang semut beneran dari tanah, melainkan tumbuhan epifit semacam benalu yang menempel di pohon. Disebut sarang semut karena bonggolnya berlubang-lubang dan banyak semut bersarang di situ.

Terlepas dari berbagai mitos sarang semut yang katanya mampu mengobati kanker segala, aku pikir wajar kalo harga yang ditawarkan di internet lumayan mahal. Tumbuhnya dalam hutan di pepohonan tinggi dan pasti banyak semut yang siap menyerang siapa saja yang mengganggu sarangnya.

Sarang semut dikonsumsi setelah dikeringkan. Penyusutannya sangat banyak. Kemarin aku dapat dua bonggol besar yang total beratnya ada kali 2 kg, setelah dijemur cuma tinggal segenggam doang. Pas aku kirim ke rumah lewat jasa kurir, di resinya tertulis 0,1 kg sudah termasuk dus pengemasnya.

Aku ga berani bilang kasiatnya apa. Di google banyak, tapi rata-rata artikelnya milik orang jualan yang aku ga tau itu bisa dipertanggungjawabkan secara medis atau cuma promo berbusa-busa.

Kata google mengkonsumsinya dengan cara direbus pake dua gelas air di panci non alumunium sampai tersisa 1 gelas. Berhubung repot, aku cuma merendamnya pake segelas air panas. Rendam pagi diminum sore, rendam lagi sore untuk diminum pagi.

Baru nyoba 3 hari, jadi belum jelas kasiatnya apa. Yang sudah terasa sejak hari pertama mengkonsumsi adalah sering pipis, cepet haus dan produksi lendir di pangkal tenggorokan meningkat. Mungkin ini efek sarang semut yang orang bilang untuk membuang racun tubuh.




Tidak ada efek lain yang bikin ga enak badan. Cukup siapin air putih banyak-banyak karena bentar-bentar haus. Yang agak nyebelin adalah besernya. Tiap ke lapangan jadi sering parkir di pinggir jalan untuk buang air kecil.

Rada repot kalo ada kerjaan di tower. Kencing dari atas takut benjol disambit orang gara-gara hujan lokal. Turun dulu, males naiknya lagi. Masa diiket pake karet..?

Ada yang punya pengalaman lain..?

33 comments:

  1. Sorry Ye Pak Bu Om Tante semuanya
    Saya Pertamax

    Iyessssssssssssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieeee cieee cieee... pa Asep... slamet ya....

      Mending gitu pak... dr pd pertamax dilarisin ama pak pemilik blog.... hehehe...

      Hapus
    2. Dah telat berapa hari nih, yang penting stempel nempel di sini. ikutan ya....

      Hapus
  2. katanya berkhasiat mengobati bermacam-macam penyakit ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya sih begitu. tapi aku ga berani nulisnya sebelum mencoba sendiri. sementara yang terasa baru itu doang

      Hapus
  3. Nggak usah ikat pake karet dong ah. Pake lakban kan lebih keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah elah si ibu malah kesitu fokusnya
      bahas sarang semut, bu... sarang semut... :D

      Hapus
  4. Dedaunan Hijau13 Maret 2014 12.24

    sarang semut ya, aku pernah beli tapi dalam bentuk kapsul gitu buat obat kanker
    lumayan mahal harganya loh mas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. praktis banget dong..?
      ada terasa efeknya gak..?

      Hapus
  5. Kan dulu aku bilang juga itu dari pohon..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin dikira dari dalam tanah mbak

      Hapus
    2. kan diliat dulu semut jenis apaan?.....................

      Hapus
    3. kata obie mesakh sih semut merah...

      Hapus
  6. belum pernah coba sarang semut, kalau lihat sarangya smeut pernah eh tpai beda ya itu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sarang semut rumahan kali, bu.. :D

      Hapus
  7. masukin botol akua, mas... nt di bawah di kasih ke temennya bilang aja ektra jus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha engga ah. kapok disambit orang gara gara pipis di botol bir

      Hapus
  8. banyak sekali berarti penyembuh kanker termasuk sarang semut nih mas..
    di sugestikan aja klo pas minum sembuh pasti allah menyembuhkan penyakitnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini lagi ngetes cerita orang kok. kalo telanjur pake sugesti tar ga obyektif lagi dong..?

      Hapus
  9. sarng semut baru tau saya.. hehe koplak ...
    harganya lumayan ya klo tk liyat di internet.. emang ada varian rasanya kah it mas ?hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau itu, pak. yang aku cobain rasanya mirip teh. malah pahitan teh

      Hapus
  10. yg terkenal itu sarang semut dari papua ya pak, tapi gak tau juga itu yg di pohon atau yg di tanah..

    BalasHapus
  11. Saya juga belum pernah coba kalau khasiatnya begitu hebat boleh juga nih nguber sarang semut

    BalasHapus
  12. klo "sarang semut" yg aku tau sih sejenis kue atau roti, kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener tu pak budy... nama lain dr kue sarang semut itu caramel cake...
      Hehehe...

      Hapus
  13. saya malah takut kalau digigit semut nya pak, soalnya kan telur nya udah kita ambil hehehe :D

    BalasHapus
  14. Pantesan mahal ya lik :)
    wong seblm di jemur beratnya ampe 2 kilo..udah kering jd se ons... :)

    BalasHapus
  15. Baru lihat sarang semutnya,,,,
    Belum pernah beli juga ni,,,,

    Mahal karen langka juga

    BalasHapus
  16. Bebrapanhari yang lalu, saya lijat Bapak mengkonsumsi sarang semut. Tapi, belum tanya khasiat dll.

    Besok tak coba tanya deh.

    BalasHapus
  17. Ngemeng2 ngapain tuh gebugan kasur mejeng d samping sarsemut yg lg d jemur....?
    Antisipasi kl ada maling ya pak e...?


    *melencengdaritema...

    (•_×)'

    BalasHapus
  18. Kalau mengkonsumsi sarang semut katanya pipis mulu, tapi jangan sembarang pipis Kang. Nanti panuan....... he,, he,, he,,,

    Salam

    BalasHapus
  19. Banyak khasiatnya memang. Dulu saya sering konsumsi sarang semut, tapi beli jadi Om dalam bentuk herbal.

    Kalau pas lagi di atas tower, ngantongin kantong plastik aja Om di saku, entar digantung di atas tower sekalian. hahaha.

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena