06 Februari 2014

Portrait

#Dewasa

Urusan motret, aku cenderung suka sama portrait atau candid.

Entah kenapa aku jarang banget bisa bikin foto pemandangan yang keren. Kebanyakan gagal di komposisi dan pemilihan angle atau sudut. Eksekusi tendangan pojoknya serepot mojok dengan si Angel tetangga sebelah.

Hasil jepretan seringkali nyantol di langit putih polos yang ga asik blas. Gambar gunung suka penuh noise kebiruan. Dilihat-lihat hasilnya ga ada greget sama sekali.

Dalam perasaan beda banget dengan waktu jepret portrait atau candid. Ada keasyikan tersendiri melihat-lihat ekspresi obyek yang alami tanpa ada unsur alay.

Ada pula rasa yang tak bisa diungkap dengan kata-kata ketika hasilnya aku kasih lihat ke orangnya dan dapat respon positif sampai ada yang minta buat wallpaper atau bahkan diprint. Kayaknya ada rasa dihargai atas hasil karya asal-asalannya.

Lebih terasa saat motret anak-anak yang ekspresif. Imajinasi suka kebawa seolah kita ada di dunia mereka yang penuh keceriaan. Apalagi kalo jepret Ncit dan Ncip. Wah, rasanya tak kalah dengan waktu bikinnya dulu.





Rada repot itu kalo jepret model bohay

Begitu pulang ke rumah kelihatan lemes, ibue kadang komen, "yang abis melototin cewek cakep, lihat yang di rumah jadi ga semangat ya..?"

Giliran nyampe rumah langsung minta jatah, masih dikomen juga. "Yang bikin tegang siapa, yang harus tanggung jawab ngelemesin siapa...?"

Ya maap...
Kan harus keep jepret, bu... :D


95 comments:

  1. melihat kolom koment masih sunyi hehee, pertamax :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah udah saya incer dari tadi eala GAGAL PERTAMAX dah

      Hapus
    2. hahaha tumben nih
      Jagoan dari Pontianak KO sama orang Palangka

      Hapus
    3. Wah...... keasyikan baca halaman belakang jadi telat nih......

      Hapus
    4. saya numpang aja deh kalao gitu

      Hapus
    5. udah jangan rebutan
      ga ada hadiahnya kok :D

      Hapus
  2. Kalo foto saya jg suka lihat yang obyeknya (orang) spontan ekspresinya, tidak dibuat2. Foto2 di atas itu keren Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Rawins ini sudah keren sejak bayi

      Hapus
    2. maaf sekedar koreksi, bapak-bapak.. yg keren itu orang dalam fotonya, bukan tukang jepretnya

      Hapus
    3. kalo begitu besok tukang jepretnya aja yang dijepret lah...

      Hapus
  3. Jadi yang paling sering dipake yang lemes apa yang minta jatah Kang? Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah nikmatnya sudah sebagai suami istri
      SENSORR*****

      Hapus
    2. cuma nyimak aja deh, krn aku masih ABG nih

      Hapus
  4. Imajinasi suka kebawa seolah kita ada di dunia mereka yang penuh keceriaan. Apalagi kalo jepret Ncit dan Ncip. Wah, rasanya tak kalah dengan waktu bikinnya dulu.


    ???

    BalasHapus
  5. Waduh album photo juga di sini ya ? Ya suska-suak orang blog sendiri ya..... he,, he,, he,,

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. disana khusus yang hi res pak..

      Hapus
  6. bisa belajar jadi foto grafer ni hehe salam kenal mas ....kunbal y

    BalasHapus
  7. suka yang atas sendiri mas, yang ke2...emmmm hehehe,pokoknya suka no 1 ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga ditu kok...
      *abisnya anak sendiri...

      Hapus
  8. Waaahhh, untung saya udah gede, om...

    #saruuuu

    BalasHapus
  9. Yang bikin tegang siapa, yang harus tanggung jawab ngelemesin siapa...?
    huo huo....nyanyi

    BalasHapus
  10. Hehehe..Ngekek baca penutupnya..Duh foto yang diatas main air sambil bawa tablet ya. Awas jatuh nak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mobil mobilan remot ituh de'

      Hapus
    2. baca pembukanya aja atuh, bu..
      kaya mang lembu cukup baca judul doang

      Hapus
  11. ang bikin tegang siapa, yang harus tanggung jawab ngelemesin siapa...?

    sebenernya ini kalimat cemburu atau kalimat apa sih om, gak mudeng nih, wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalimat yang luar biasa, om :D

      Hapus
  12. foto kandid emang natural hasilnya...tapi sulit bikinnya , sulitnya sih ada pada zoom kamera yang tidak ngatasi, kalau motrek jarak 5 meter kan banyak ketahuannya,,
    itu salah satu kendala buat saya..
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya aku bagi cara candid jarak dekat
      si omnya malah kabur dari grup :D

      Hapus
  13. lebih alami ya kalo kendid mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. pan kata mamang juga, nyolong itu lebih enak...

      Hapus
  14. mana foto model bohay nya? kog ga dipajang skalian? wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ah tar diembat si mamang...

      Hapus
  15. yang bikin tegang mah bisa siapa aja yah tapi yg tanggung jawab ngelemesin cuma satu wheheh *hadeuh apa sih saya gak ngerti.

    lagi belajar kendid lagi kang ah dari hasil masukan kemarin, tapi repot n gak leluasa juga kalau pake hapeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru disitu tantangannya, om...

      Hapus
  16. Balasan
    1. tapi gimana si indah masih di arab belom pulang juga

      Hapus
  17. itu,, yang dikalimat terakir ada jatah dan lemes ,emang jatah apa sih itu maksudnya mas?? maklum orang awam,.. hahah,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh aku juga masih bingung mikirin jawabannya...

      Hapus
  18. gak ada foto ceweknya ya....

    BalasHapus
  19. Itu bapake kok ngelirik? Tahu aja kalau mau di poto hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarin ajalah asal ga pake monyongin bibir atau taruh jari di pipi :D

      Hapus
  20. *ngakakak...

    kasian bu pipit...
    #lho?

    BalasHapus
  21. ahahaha....

    *dewa*


    gambarnya bagus :D .

    BalasHapus
  22. putrane cakep pak
    natural banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi bapaknya...
      *sambit panci

      Hapus
  23. asyik tenan, potonya keren-keren..
    btw sampe paragraf akhir kok gak ada potonya kang, apa belum sempat diupload ?
    moga saja ada episode berikutnya :D

    BalasHapus
  24. hahaha... yang cari 'masalah' siapa yang harus beresin 'masalah' siapa :p

    BalasHapus
  25. namanya juga fotografer menuju profesional

    BalasHapus
  26. Saya juga suka diambil foto yang candid, lebih memilih jadi modelnya> habisnya ga muka kamera, malah shy shy gimana gitu klo paksa foto alay, hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaudah sinih aku potoin
      mumpung butuh model buat iklan obat cacing

      Hapus
  27. hehehe,,,,
    nyimak aja om,,,,

    *bawah umur*
    xixixixix

    BalasHapus
  28. Jiahahahahaahahaha
    Gokil

    XD

    P.S.
    Kalo aku sih tergantung mood. kadang mood foto pemandangan. kadang mood foto orang. kadang mood foto coretan tangan. kadang mood foto barang-barang. dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaya lagi sakit kepala dong..?
      mut mutan...

      Hapus
  29. salam kenal mas
    photo-photo di atas keren yaa mas seperti orangnya mungki
    hehehehe

    BalasHapus
  30. Gw selalu gagal kalo moto candid, kayak nya kurang feel nya. Mungkin juga ngak ada bakat jadi potograper, mau nya jadi model nya aja :-)

    BalasHapus
  31. wkwkwkwk.... kalimat terakhir bikin ngakak....
    hampir semua foto yg aku hasilkan ga ok, hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah itu kan perasaan adek ajah... :D

      Hapus
  32. foto candid memang asik... karena gak ada yg monyong-monyong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal yang monyong itu kadang asik om...
      *dalam lain kasus

      Hapus
  33. Mana coba contoh yang bohainya?

    BalasHapus
  34. Selama tak 'bertanding rupa di siang hari,bertanding rasa di malam hari',sepertinya ibue ncit dan ncip ga khawatir,yang bikin tegang siapa yg bertanggung jawab lemesin siapa...
    .
    .
    # ngomong opo iki,,,

    BalasHapus
  35. Bagian terakhirnya jujur banget.. wkwkwkwkkk

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena