25 Januari 2014

Sarang Semut

#Semua Umur

Kemarin sore blusukan ke hutan, nemu gumpalan tanah besar di ranting pohon.

Mendadak aku inget teman pernah cerita tentang sarang semut. Katanya berkasiat mujarab untuk mengobati berbagai penyakit sampai kanker dan tumor segala. Harganya pun mahal.

Cuman aku bingung gimana cara ambilnya.

Dipotong atau dipecah begitu saja, gimana kalo nanti semutnya bubar dan balik menyerang.

Daripada salah langkah, aku cuma tandai lokasinya. Buruan balik ke mess dan cari informasi di google.

Seperti umumnya tanaman bernilai jual tinggi, informasi tentang tanaman itu sangat minim. Halaman google dipenuhi orang jualan sarang semut dan cara mengkonsumsinya.

Aku mulai curiga ketika web-web jualan itu menyebutnya sebagai produk herbal. Herbal berarti tentang tanaman dong..?

Alternatif selanjutnya aku cari di Wikipedia
Ketemu deh apa yang dinamakan tanaman sarang semut alias Myrmecodia Platytyrea. Semacam tanaman epifit yang nempel di pohon dan bentuknya berbonggol mirip dikerubutin semut.




Nah lho...
Coba kalo kemaren main gasak cuma karena mikirin harganya mahal

Kalo ternyata isinya semut api
Apa ga bikin kacaw dunia persilatan seperti waktu negara api menyerang..?

Ketidaktahuan memang sumber malapetaka...


38 comments:

  1. ada tetangga yang kebetulan tugasnya di Papua, kalau pulang bawa sarang semut, tapi bukan yang sarang betulan Pak, tapi sarang yang tanaman itu....bulatan-bulatan itu yang diambil trus dirajang-rajang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bingung sama sama artikel mas EKo kali ini. Sudah saya baca dari awal sampai akhir. Kesimpulan sementara yang saya dapat datar aja. Informasi semut di google tidak lengkap. Lalu apa yang menarik ya. *bertapa dulu

      Hapus
    2. Pak Asep Haryono, biar sy jelaskan yah... sarang semut itu adalah nama salah satu cake alias bolu karamel...
      Yg gulanya sebelum d gunakan harus dicairkan dg cara d gosongkan baru deh d campur dg bahan lainnya... praktis lho gak pake mixer...


      (Sy rasa pak rawins manggut2)

      Hapus
    3. Pak Asep tambah bingung tuh, mbak Lina. Kalau kita yang ibu-ibu yang paham, hehehe

      Hapus
    4. Hahaha... oiya yah...

      Hadeeeeeuuuuhhh.... rempong....

      Hapus
    5. *berkunang kunang*
      tambah bingung

      Hapus
  2. wah kalau main gasak bisa bentol-bentol pastinya
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semut Api apa semut rang rang ya
      DI Pontianak juga banyak semut seperti itu om Eko
      Ealaa dipanggil om hiehiheiheiheie|

      Tenang aja saya sudah siapkan Salem Tawon. Kiriman dari kawan saya di Maksar
      Gunakanlah salep Tawon Berkhasiat menyembuhkan aneka gigitan serangga
      Promo deh

      Hapus
  3. ou, eman eman yah dibiarin.... tapi klo bukan ahlinya ya tetep nggak memberikan value added.

    BalasHapus
  4. Alternatif selanjutnya aku cari di Wikipedia.

    BalasHapus
  5. bisa-bisa digigit semut ya kalau kemarin langsung diambil

    BalasHapus
  6. Rasanya gimana gitu kalo liat semut banyak banget ...

    BalasHapus
  7. oh jadi sarang semut itu nama tanaman ya :))

    BalasHapus
  8. yah aku ngerti sekarang,jadi yang dimaksud bukan sarang semut beneran yah,jadi tanaman yang dinamai sarang semut ( coba kalau mas rawin langsung ambil tuh sarang semut yg ditemukan itu ) pasti mahal masuk rumahsakitnya hahaha

    BalasHapus
  9. wah ternyata ada juga ya mas tanaman sarang semut. Kalau saya nemu tanaman itu, pasti langsung tak jual mas hehe :D

    BalasHapus
  10. sarang semut, kuping gajah, gelombang cinta, lidah mertua. Gek terus apa lagi?

    BalasHapus
  11. huahahahah...
    *ngakak...
    untung gak maen embat yo...

    BalasHapus
  12. Sarang semut bukannya sarang yang tadinya rumah semut ya?..trus diambil rumahnya dibuat obat... salah ya..? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang Pontianak suka mancing di parit. Istilah parit bagi orang Jakarta mungkin dipersepsikan dengan GOT bau ya. Tidak di Pontanak Parit bisa relatif lebih bersih. Nah banyak warga Pontianak mancingnya pake telur semut api - atau telur semut rang rang. Katanya tokcer buat mancing ikan

      Hapus
    2. kira-kira cocok nggak untuk mancing duit Pak?

      Hapus
  13. Wah.. cari pawangnya aja buat ambil n jual...

    BalasHapus
  14. Seperti dalam film film yang sering saya tonton di TV ya. Kerja mas Eko di hutan lebat tapi akses ke Internet tetap oke. Artinya perpaduan antara "back to nature" dengan "back to future" nyaris selaras serasi seimbang.

    Saya jadi ingat film ANACONDA aja. Hieihieee.

    BalasHapus
  15. Untung saja ya... memang lebih baik hati-hati kalau lagi blusukan ke hutan...

    BalasHapus
  16. membaca tulisan semua umur di atas, jadi kepikiran kalo ada bayi yang bisa baca suruh baca deh :D wkwkwk

    BalasHapus
  17. Maaf OOT

    Blogwallking jangan lupa kunjugin juga yaah ^^

    BalasHapus
  18. Walah-walah kaaang. Hahahaha. ngikik mbayangin sampean asal gasak ajah. Untung enggak

    BalasHapus
  19. aku kok gak paham baca tulisan ini ... *lemot*

    jadi intinya apa ada tumbuhan yang namanya sarang semut, atau memang sarang semut (rumah semut) berkhasiat.

    BalasHapus
  20. tak pikir sarang semut yg untuk obat itu ya sarang semut betulan e ...
    untung nggak di embat langsung mas ...

    BalasHapus
  21. wallah....malah pas baca judulnya tak pikir mau bahs resep kue srang semut.... :P

    BalasHapus
  22. wa hkalau manfaat sarang semut ini aku malah baru tahu dari tulisan ini mas. ternyata salah tangkap ya

    btw
    kalau semut kroto.. memang harganya tinggi, tapi ini menurut para peternak kroto, hasilnya dijual ke korea atau cina yang konon juga untuk obat.. tapi mereka tak tanya obat apa,,ga ngejelasin juga

    BalasHapus
  23. hahaha...
    Hampir salah ambil, saya juga baru tau klo itu tumbuhan :)

    BalasHapus
  24. I recommend any content. It's always wonderful to work out you will explain in words from middle and additionally picture quality using this valuable content is quite simply recognized. much more information access websites.
    the lost ways survival food

    BalasHapus
  25. EZ Battery Reconditioning outlines easy normal experience steps to rejuvenating your battery. To start, one must safely eliminate their battery from the gadget and disconnect all power to the battery.
    https://www.youtube.com/watch?v=Nf13il38zN0

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena