21 Januari 2014

Kurang Minum

#Bimbingan Orang Tua

Setiap kali kalender beranjak tua, salah satu masalahku di sini adalah kurang minum air putih.

Air minum yang disediakan di mess katanya sih air RO isi ulang. Tapi ga tau kenapa kalo aku minum agak banyak, tenggorokan suka terasa sedikit gatal. Makanya aku lebih suka beli air minum kemasan ketimbang jadi penyakit.

Belinya cukup yang botolan 1,5 liter. Kalo beli galon malah boros. Sudah segalon harganya 40 ribu, tak pernah bisa bertahan sampai dua hari kebanyakan yang nebeng.

Repot setelah tanggung bulan begini. Mau ga mau kembali ke air minum di mess. Biar ga sampe gatal tenggorokan, tiap kali minum tak pernah lebih dari setengah gelas.

Lagi ngobrolin tentang jarang minum dan beban dompet hanya untuk itu, tau-tau ada suara tanpa wujud nyeletuk dari belakang, "boleh minum tapi jangan banyak-banyak. Dan tidak boleh di jam kerja..."

"Emang kenapa, bu..?"
"Eh masih nanya kenapa. Ketauan mabok di jam kerja, gua SP, lu..!"
"Whoaaats..?"


Dan semuanya pun mengheningkan cipta
*menyimak kuliah malem...

Kenapa orang suka sensitif dengan kata minum tanpa mau tanya minum apa..?

112 comments:

  1. Balasan
    1. Sebutan "Minum" konon sering dipersepsikan negatif. Minum Arak, Bir, beserta keluarga dan sodaranya. Bapak itu sering minum. Kalimat ini bisa berkonotasi negatif. Si Bapak sering nge BIR, padahal kan Minum artinya luas. Bisa minum obat, ya bisa juga minum ya minum air biasa/

      Hapus
    2. yah begitulah, pak.
      padahal setiap waktu kita minum, kenapa malah disempitkan ke urusan mendhem oplosan ya..?

      Hapus
    3. tutup botol mu tutup oplosan mu hehehe

      Hapus
    4. tutup orang udah abis ditenggak :D

      Hapus
    5. tutupnya ilang... trus gimana?

      Hapus
    6. waduh......? gara - gara tutup lapor Polisi ? he,, he,, he,,,


      Hapus
  2. Wah kalo galonnya segitu enggak nyampe sehari lsg habis ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli galon boros, bu
      makanya beli yang botol ukuran itu. kalo mau ngopi baru masukin ke dispenser biar panas, trus umpetin lagi :D

      Hapus
  3. mesakno men Pak...

    lha air RO-nya dilewatkan pompa air, ya sami mawon bikin serak...

    sudah 3 minggu ini saya ganti merek air gallonan...dulu merek lokal Riau yang harganya 13 ribuan, tapi karena alasan tertentu (sering radang tenggorokan) sekarang coba yang merek nasional yang didatangkan dari Medan...kalau di tempat Pak Raw 40 ribuan, hamdalah di sini cuma 25-28 ribu aja/galon...kalau untuk masak dan mencuci sayur, masih pakai yang merek lokal itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga tau ini perusahaan. cuma ruangan bos aja yang pake akua beneran. dan air ro ini malah masuk bak mandi di kamar mereka. buat mandi staf cukup air sungai yang disedot pakai mobil tanki. air sumur bor memang jelek disini. bentuknya aja mirip capucino.. :D

      Hapus
    2. kalau di tempat saya air Aqua cuma tiga ribu satu galon buat ongkos angkot ke pabrik aqua saja heheeh

      Hapus
    3. kalo nyampe kalimantan, jadi berapa, mang..?

      Hapus
    4. tergantung, mau naik tongkang apa pesawat

      Hapus
    5. maunya sih dipanggul si mamang :D

      Hapus
    6. habis itu di buang...... he,, he, he,,,

      Hapus
    7. si mamangnya dibuang..?

      Hapus
  4. minum minum ,,,,,
    disana susah juga airnya mas ,,,,

    kebiasaan pada nebeng ,,,,
    di buat giliran aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana ya namanya hidup dengan orang banyak
      ada yang pengertian, yang ga mau tau juga banyak...

      Hapus
    2. jadi sama sama banyak ya hehehe

      Hapus
    3. biar adil mang kalo sama banyaknya

      Hapus
  5. Turut prihatin Kang. Serbasalah sampean ki ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Rawins tahan cuaca. Tahan Lapar
      Tahan Manjat Tower. Tahan segalanya. Cuma satu yang mas Rawins tidak tahan melihat Espegeh sama Pramugari

      Hihihihihi

      Hapus
    2. engga salah sih
      karena itu juga termasuk salah satu pertimbangan kenapa mau bertahan di sini :D

      Hapus
  6. Ketimbang beli air RO, mending minum air comberan, ketahuan kotornya. Air RO teorinya memang bersih, cuma yang jualan airnya sering curang. Filter yang mestinya rutin diganti cuma disemprot. Nyemprotnya juga cuma pakai air biasa. Terus ruang buat mroses airnya juga gak steril.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gitu tho..?
      semestinya nanya juragan pacul nih. beliau kan punya pengalaman panjang di per ro an dulu. yang jelas air disini jelek tercemar gambut. ga tau ro bisa ngebersihin itu secara benar apa engga...

      Hapus
    2. e lha apa iya...jangan-jangan saya sudah pernah kenal beliau...

      *mengingat-ingat

      Hapus
    3. Paling tidak itu yang saya lihat waktu gantiin sopir saya ngantar petugas dinkes nyidak bakul RO. Ada sih yang bagus, tapi langka.

      Hapus
    4. kalo pernah sidak ke jl kaliurang km 7,5 sekitar 6 tahun lalu harusnya ketemu tuh sama beliau :D

      Hapus
    5. ada juga RO yang bagus, dekat rumah saya, dan saya lihat sendiri proses nya giman, dan dari mata air mana sumberrnya, agak mahal sih dibanding RO biasa, dan rasanya pun enak, maklum disini airnya masih orisinil.

      Hapus
  7. Kata Minum akan berbeda makna jika yang ngomong punya beda kebiasaan, juga gimana kondisi saat itu. Ditempatku, ajakan 'ngombe' juga diartikan mabuk. Lain halnya kalo kata ngombe diikuti kata keterangan berrikutnya, ngombe teh, ngombe kopi, ngombi cukrik eh kliru

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal kata sesepuh, hidup itu cuma mampir ngombe, pak...
      berarti harus banyakin ngombe dong..?
      *oplosan... :D

      Hapus
    2. om budy pengikut juga tho..?

      Hapus
  8. waduuuh.. kenapa ngga usul minta diganti saja mas air yang disediakan kantor ? daripada nanti malah sakit karena kurang minum loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. parameter yang digunakan tuh orang lokal kayaknya, om
      mereka enjoy aja, jadinya kelompok minoritas pendatang jadi ga dianggep
      *semprul..

      Hapus
  9. emang air galon mah kalo nyucinya kagak sampek bersih biasanya ada cacing2nya yang ngebuat rasa airnya kagak enak.. #true story soalnya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu ya..?
      disini mana ada galon dicuci. orang kirimnya aja pake tangki. tiap orang yang mau isi tinggal bawa galon ke kran air minum :D

      Hapus
  10. haha.. padahal kalo kitanya dalam keadaan posotive thingking pastinya, ketika kita bilang minum pasti langsung paham kalo kita itu minum air putih bukan lagi ngoplos .. hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga tau juga kenapa bisa begitu
      kalo ada yang ngajakin minum, langsung mikirnya ngoplos :D

      Hapus
  11. Tuku galonan bae lah kang ... nek akeh sing nebeng, idep-dep amal, nek orang dispensere digembok .. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. amal itu kan sekali kali, om
      kalo tiap hari ya bangkrut lah :D

      Hapus
    2. Gantia nebeng gone tanggane .. hehehe

      Hapus
    3. masalahnya tetangga ga pada ngeluh gatel, heheh

      Hapus
  12. memang kalimat minum terkesan negatif untuk beberapa orang, namun terkadang kita juga harus menggunakan pikiran untuk mencerna tentang kalimat minum sehingga akan timbul pertanyaan untuk tau tentang apa yang diminum

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti minum itu termasuk salah satu frasa yang bikin orang penasaran ya, om..?

      Hapus
    2. sesuatu yang dianggap asik memang bikin penasaran :D

      Hapus
  13. hahaha. kalau mabuk kerjaan sih keren keren aja mas, neng nak mabuk mimik wah jian memang kudu sp )sampluk pacul xixixi( metu

    BalasHapus
    Balasan
    1. tar kaya lagu dangut
      sudah mabuk minuman ditambah mabuk judi... :D

      Hapus
    2. wkwkwkwwk, ono campur sarine je,

      btw
      mirip aku seng lagi mabuk css, nganti ra iso bw sanjan neng blogke konco. hehe

      Hapus
    3. css ki oplosan jenis baru yo..?

      Hapus
  14. kata "minum" sama dengan kata " gituan" pasti saja orang pikirannya ke arah situ hehehe

    BalasHapus
  15. Hahaha Ternyata dikira Mabok.
    Eh iya mas kang ngomong-ngomong tu Galon model baru ya? Haha
    kreatif juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya
      kalo galon model lama cuma ada di medan. tapi ga bisa diminum katanya...

      Hapus
  16. hiyyyaaa...segitu mah g sampe 20 menit dah ludessss hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang malah ga pake botol. cukup airnya aja dituang ke dispenser secukupnya buat ngopi doang

      Hapus
  17. Hahahaha itu galonya? bikin ngakak saja mas hahahaha. Jadi pengen mencobanya nih di rumah. Cobain ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja, om
      gratis inih tinggal mungut botol terus diisi air kran
      *sambit galon

      Hapus
  18. hahaha...bener juga lik....
    tapi parahan kalo ngomongnya malah pake ucapan pingin MIMIK...
    iya gak sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah semprul mimik....
      mimik cucu...

      Hapus
  19. sama saya juga om, daripada dapet penyakit mending beli air minum kemasan saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah yang jadi masalah isi dompet tak selalu mendukung :D

      Hapus
  20. Jangan sampai kurang minum mas, Nanti bisa kekurangan cairan, yang ujung-ujungnya bisa jadi penyakit. sekarang sudah susah nyari air kemasan yang masih murni. kebanyakan sudah dicampur bahan lain, yang ketika diminum bau nya baru terasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia
      di kota yang segala macam ada aja susah, apalagi di tengah hutan begini
      *padahal hutan hujan tropis :D

      Hapus
  21. liat fotonya jadi inget pribahasa...besar pasak dari pada tiang.
    tapi kalo buat mu mas, yg pas adalah besar dispenser dari pada galonannya...hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gitu deh
      itu kan gara gara terlalu besar pengeluaran dibanding penghasilan juga :D

      Hapus
  22. kurang kecil ukuran galonnya hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagian yang liat ikutan error, botol kecil dibilang galon heheh

      Hapus
  23. lho pak itu berarti masih teuteup boleh mabuk mabukan asal minumnya sedikit gitu ya pak maksudnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya boleh minum tapi jangan mabuk
      gitu, om...

      Hapus
  24. ampun bu wakil direktur... =(( xixixixiixi....
    lah kang, minta aja aer kelapa ma si mera.. kan dia ada dipo'on kelapa tuh... buakakakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. elu si mera aja yang diinget inget mulu
      pengen dipalu, lu..?

      Hapus
    2. di palu, nanti paginya di tumis, biar aman dah sekeluarga, wkwkkwkwkk

      Hapus
  25. kenapa gak bawa bekal air minum bersih dari rumah, mas... Asupan air minum yang cukup bagi tubuh kan sangat penting... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneer tuh idenya dia, kang yuyun.... bawa galon dari yogya ke kalteng yg banyak skalian nanti sisanya bisa dijual2in, wkwkwkwkwkwk
      kabur ah.... :p

      Hapus
    2. betul. Jualnya di ecerin aja. Pake pembungkus kue 1 kampel air mineral dihargai 1000 rupiah. Biar lebih menarik pake door prize

      Hapus
    3. waduh...
      harus bawa berapa tangki kalo musti ambil dari rumah..?

      Hapus
  26. ati2 kena batu ginjal om klo kurang minum

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo banyak minum katanya tar mabok, heheh...

      Hapus
  27. minum saat ini diasumsikan mabok-mabokan sob. Enakan beli air minum yang galonan aja sob. Kalau isi ulang kurang bagus deh kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti kata orang ya " a drink" lebih berkonotoasi negatif
      Padahal minum kan luas maknanya

      Hapus
    2. ya bener tapi yang jadi masalah aku di tengah hutan... :D

      Hapus
  28. Kalau saya sih nyaris setiap hari beli air Galon dari toko depan rumah. Namin eh salah namun tidak pernah langsung dikonsumsi. Saya selalu memasaknya lagi sampai mendidih Kemudian setelah mendidih, kemudian dididinginkan. Baru dehdikonsumsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu enaknya kalo hidup di kota bersama keluarga
      pengen apapun bisa...

      Hapus
  29. Padahal Tuhan menciptakan air itu supaya bisa digunakan manusia secara cuma-cuma hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus kenapa kita harus beli ya..? :D

      Hapus
  30. Kenapa gak masak air aja mas? setidaknya lebih aman dikit.
    ngomong2, lama tidak kesini yah :)

    BalasHapus
  31. kalau kurang minum getu ya berarti dehidrasi ya mas :D
    harus sedia air sebelum kehausan hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aneh kan, padahal hujan terus disini :D

      Hapus
  32. Memang harus ada perhatian tempat isi ulang dipapua katanya sumber mata airnya banyak dan alami, ada saja tempat isi ulang yang kurang baik cara memfilternya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masih alami kenapa pula mesti pake isi ulang..?

      Hapus
  33. Kang, gimana kalau tetep beli air galon, tapi dimasukkan ke botol. Kalau di botol dah abis, tuang lagi dari galon.
    Galonnya diumpetin di kamar.

    BalasHapus
  34. Tadah embun saja Kang kalau tidak air hujan. Biar irit..... he,, he,, he,,,

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. atuh cape pak
      ga sepadan dengan hasilnya, hehe

      Hapus
  35. barusan saya posting tentang minuman juga lo mas.. hehehe.. :)

    BalasHapus
  36. Hahaha....
    Gokil juga, ini adalah sebuah ide Unik

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena