18 Desember 2013

Atas Nama Toleransi

#Semua Umur

Pulang kampung itu bikin hati senang...
Asal sudah nyampe Banjarmasin, Jogja beneran berasa deket karena satu jam kemudian sudah bisa ketemu anak-anak.

Suka bete itu di perjalanan Tamianglayang ke Banjarmasinnya. Naik travel semaleman bersama orang banyak, sama artinya harus banyak-banyak menahan diri atas nama toleransi.

Kadang ada ibu-ibu yang tak mau pake AC dengan alasan mabuk. Sebagai gantinya pilih buka jendela lebar-lebar bikin mangkel yang duduk di belakangnya. Udara malem masuk beramai-ramai bikin masuk angin plus bonus aroma minyak angin yang menyengat.

Lebih nyebelin lagi
Begitu ada jendela terbuka, mulai deh ada yang nyalain rokok. Efek dominonya, knalpot mobil bisa pindah ke mulut sebagian penumpang. 

Aku ga ngerti dengan mereka
Kayaknya tidak merokok beberapa jam bisa bikin mereka mati masuk neraka kali..?
#Amiiin...


Tidak enaknya toleransi edisi berikutnya aku rasakan di Adi Sutjipto

Begitu nyalain hape, telpon dan sms datang berhamburan. Naik Trans Jogja sambil sibuk nelpon bikin aku tak begitu memperhatikan sekeliling langsung duduk saja.

Setelah urusan perhapean kelar, aku lihat ada ibu-ibu pake batik warna hijau berdiri dekat pintu. Atas nama toleransi aku berdiri dan mempersilakan beliau duduk.

Si ibu nanya, "turun di mana, mas..?"
"Terminal Giwangan, bu..."
"Masih jauh, mas. Duduk lagi saja..."

Masih mengatasnamakan toleransi aku bilang dengan wajah yang kayaknya innocent, "maksud saya, ibu saja yang duduk biar saya yang berdiri..."

Si ibu malah bengong dengan kening sedikit berkerut. Belum sempat beliau angkat bicara, bapak-bapak di sebelahku ngomong duluan, "mase kok apikan tenan. Wong kondektur kok disuruh duduk..?"

#Whoooaaattttssss...?

Resiko dari yang namanya toleransi...



128 comments:

  1. wah di foto ada yang mulusss

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya suka yang mulus-mulus..
      kang aseeeep ada yang mulus nih,,,datang dong

      Hapus
    2. kelakuan si kucing goreng

      Hapus
    3. itu kan salah satu keindahan ciptaan tuhan yang musti kita syukuri...
      biar hidup jadi sakinah mawadah warohmah tur wanikmah...

      Hapus
    4. protes, kang !! ngambil fotonya kurang kiri dikit !!

      Hapus
    5. yang diupload sudah dicropping mas Budi, yang aslinya untuk koleksi pribadi kang Rawins ..

      Hapus
    6. hush...
      jangan buka kartu dong... :D

      Hapus
    7. @mas Budy: jangan ah, bagusan gini.. bikin penasaran, kali aja kl agak kiri malah bikin eneg

      Hapus
    8. @Agus Setya : Auoooooooooooooo I am backkkk...Bang Agus
      HIhihihihihihhii. Wah wah sudah ada gambar cewek cakep seksi bohay nih. UDah nda sabar nih mas Rawins. Biasanya kan jatah edisi Jumat yang ada ginian. HIheiheihee. Yang penting gambarnya dulu. Postingan belakangan hiehiehiee

      Kalau urusan Betis/Kaki di gambar, menurut hemat saya sih AGAK kurang Seksi dan kurang berjenjang ya. Sepertinya si pemilik Betis/Kaki ini agak gemuk deh. HIheiheihieee. (Lempar Panci)

      Hapus
    9. waduh separo ... ckckckc kalangin pertamax nih

      Hapus
    10. poto kiri itu pasti bawa toples, makanya di croping

      Hapus
    11. ramenya bapak bapak kalo ada yang ginian haha

      Hapus
  2. Jangan-jangan yang di photo itu kondektur Tranjogya ya Kang ? wkwkwkwkwk.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemaren ga sempat foto pak
      itu foto lain...

      Hapus
    2. Kalau dilihat dari sudut tembakan fotonya sih,Ini jenis foto CANDID atau diam diam. Orang Barat bilang "Voyeur" gitu lah. Jenis foto intip atau mengintip. Kamera HP atau jens poket yang didudukan di atas pangkuan dengan arah tembakan sekenanya. Bagi yang sudah berpengalaman pasti bisa mengarahkan lensa kameranya agar FOCUS. CUma saya nda yakin aja, Sebab bunyi Shutter atau tombol pelepas rana nya berbunyi "CETRET" atau "KLIK" cukup nyaring sehingga objyek akan mendengar kita memotonya diam diam

      Lebih Jelasnya mari kita tanyakan kepada mas Rawins.
      Bagaimana teknik foto gambar betis dan 2 cewek di atas. Kalau ini memang foto hasil jepretan mas Rawins. Soalnya tidak ada "Foto by Mas Rawins". Tidak ada keterangan fotonya (caption)

      Hapus
    3. sebelum njepret, suara creeknya sudah dibuat silent tuh

      Hapus
    4. haha pak asep inih...
      Abisnya dikomplen mulu kalo dikasih label. Makanya aku bikin low res tanpa label. Lapak sebelah yang pake hi res saja yang ditandain...

      Hapus
  3. Si Ibu-Ibu pasti langsung jatuh cinta sama sampean Kang.
    Salah paham dikira lagi diprospek..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha biasane kondketur trans jogja pake seragam plus topi kuning ijo
      kemaren pake seragam batik. ada sih logo trans jogja di batiknya, cuman aku ga begitu nggateke.,..

      Hapus
    2. Sudah sampai Jogja berasa sudah deket ya Mas Raw?
      Sudah kebayang ketemu sama anak anak. Bu Ncip dilupain
      Terlaluh

      Hapus
    3. yang kangen ke ibue kan anakku pak
      hahah

      Hapus
  4. aslinya mah bukan ibu2 yg pake batik,tp itu cewek yg pahanya keliatan...:D
    atas nama toleransi ceritanya melenceng dikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo itu sih bukan cuma bikin aku bangkit berdiri dari tempat duduk doang, lik...

      Hapus
    2. terutama jempolnya... :D

      Hapus
  5. Kalau menurut aku Toleransi itu budaya Indonesia yang keren banget. saling menghargai, menghormati yang tua. Damailah Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan serius banget mas...tulisannya lho lucu..
      tepok tungkak

      Hapus
    2. mas bayu hebat, baca judulnya sudah bisa komentar... *aplos(an)*

      Hapus
    3. kaya lagu dangdut wae...

      paijo ngombe oplosan dorongane roti...
      huwooo huwooo....

      Hapus
    4. MEmanG Kondekturnya tidak berseragam ya
      Jadi wajar aja kalau salah disapa. Maksudnya dikira penumpang juga sama seperti kita Eh tidak taunya beliau ini BOS atau kondekturnya.

      Ini juga sering saya alami saat belanja di pasar tradisional. Saat saya mampir ke sebuah toko di pasar itu, Saya meliat liat barang yang digantung. Maksudnya kalau cocok, baru saya panggil pelayan toko untuk detail harganya

      Tiba tiba ada seorang ibu ibu juga mengambil produk barang yang digantung. Ibu ini langsung bertanya kepada saya. "Yang ini harganya berapa pak?"
      Saya senyum saja. "Maaf bu, saya juga pembeli sama seperti Ibu.. Penjualnya ada di sebelah sana bu ". Ibu itu langsung bilang maaf

      Hapus
    5. mbak uswah : ahh aku baca sampe akhir kok mbak..hehehe

      Hapus
    6. wuaah, saya juga sering Om...
      dikira penjual barang lah
      dikira operator musik saat workshop lah
      dikira tukang cuci saat kondangan lah
      yaweslah... semua memang kembali ke tampang...

      Hapus
    7. hahaha
      berarti yang ngumpul disini memang tampang pasaran semua ya
      aseeek...

      Hapus
    8. Jiakakakakakk... coba nanya2 dulu kek sebelunya, wkwkwkk

      Hapus
  6. hehehe..sama halnya saat saya pertama naik kereta KRD..ada nenek-nenek berdiri, atas nama toleransi nenek tersebut saya paksa duduk yang saya tempati...beliau tidak mau, dan setelah turun stasiun berikutnya baru tau kalau itu seorang pengemis......
    tepok dengkul....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo begitu kita memang sama sama masuk golongan manusia beriman, om...
      *beriman tipis...

      Hapus
    2. walah alasan semua.. ngaku aja deh yang ditawari duduk cuma cewek cakep aja...

      #ndelik belakang kursi

      Hapus
    3. kalo yg cakep nawarinnya dipangku, om...
      *sampluk panci

      Hapus
  7. HAHAHAA... emansisapi :p

    itu aminnya ga banget deh, suamiku juga perokok berat soalnya, tapi karna aku lagi hamil gantian dia yg harus toleransi, biasanya aku juga ikutan ngerokok #eh *atas nama toleransi*

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh rokoke mesti cuiliiiiiiik yo mbak, mergane nek gede beluke ngebull
      mesti cilik thooooooooo

      Hapus
    2. sing pasti dudu knalpot nuw..

      Hapus
    3. nek senalvot jelas kegeden...
      hehehehe

      Hapus
    4. waduh malah bahas rokok dan dirokok
      bikin kemlecer tau...

      *yg jelas rokok yang tembakonya diluar, om...

      Hapus
    5. aku durung mudeng lho maksude apa ya kang Rawins sing bikin kemlecer .. he he

      Hapus
    6. ah elah..kenalpot kalau di sedot kan keluar olie nya thoooo

      Hapus
  8. nyoh iki fotone mas, tolong deloken kurang piye ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap si om punya railway sendiri
      tancaaaap...

      Hapus
    2. eh ada capcayne ya mas? tak bereskan deh.
      itu nama adik saya mas rachmad bachtiar.
      pinjem jeneng

      Hapus
    3. mondol ah masih ada capjaenya tuh...

      Hapus
  9. Balasan
    1. tapi kan tidak nampak muka.lik...

      Hapus
    2. sengaja ra diketona soale brengosan ya kang Rawins ..?

      Hapus
    3. hahaha biarkan imajinasi masing masing yang bercerita...

      Hapus
  10. Jadi kondektur trans jogja yg disuruh duduk ???? #SumpahNgakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakan kasian, om
      yang lain duduk masa ada perempuan berdiri :D

      Hapus
  11. toleransi memang perlu mas eko, tapi jangan lupa juga joko tole nya, hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya si tole harus pake blangkon...

      Hapus
    2. blangkone motif batik apa ya..?

      Hapus
    3. parang kecebur got... :D

      Hapus
  12. begitu dech..kalau mata sasarannya selalu terfokus ke lain jenis yang bernama wanita.....jadinya ya salah praduga tak yak bersalah...... pasti herankan..kondektur kok wanita ya....biasanya wanita itu kan...istri kondektur...nah kalo wanitanya jadi kondektur..lalu yang jadi istri kondektur siapa dong :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia yang aku juga bingung
      kenapa kondektur cewek ga punya istri...

      Hapus
    2. lha emang mau diaduin..?

      Hapus
  13. kondekture nek njagong, mbok ya ora papa Kang?
    kepriwe sih Rika?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah kan sudah aku tawani untuk duduk, lik...
      *nduduk sumur...

      Hapus
    2. ngadeg terus marakke "gringgingen" makane njagong sik, kan terminal giwangan sik adoh Kang zach..

      Hapus
    3. lik zach dilawan...
      wong beliau naik becak saja, tukang becaknya disuruh duduk manis ga boleh nggenjot. makane aku mikir kalo naik delman, jangan jangan beliau yang gantiin kudanya...

      Hapus
    4. hahahaha... maklumlah... hobi lamanya Om Zach..

      Hapus
    5. masa sih...
      hobi kok gantiin kuda..?

      Hapus
  14. Saya salah seorang perokok Mas Rawins, tapi dengan atas nama toleransi, setiap dalam kendaraan, dalam ruangan, atau tempat umum yang banyak orangnya saya tidak merokok, iso ngempet mas, malah kalau ada yang ngrokok dalam bis, rasane pingin "napuki" lambene Mas, hehehehe...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sekelilingku pun banyak perokok berat, om
      tapi banyak juga yang bisa menahan diri untuk stop ngebul saat berada di kendaraan umum. tapi ga tau juga ding, isi kepala masing masing orang beda beda sih...

      Hapus
  15. hahaha...salah nawar ya lik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. roti, om...
      roti tawar...
      *merk soptek

      Hapus
  16. hahahaha, kesuwen le neng paran, nganti kondektur karo direktur ra iso mbedakkan, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenyataan kok
      baru kemaren aku ngerti nek kru trans jogja ada seragam batik segala...

      Hapus
  17. knalpot mobil bisa pindah ke mulut sebagian penumpang, apa pada seneng ngemut knalpot ya kang ... he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalo itu sapisial knalpote om agus... :D

      Hapus
    2. kenalpot kalau disedot keluar olie nya atau santannya kan ?

      Hapus
  18. Nyahahaha

    niat baik berakhir awkward XD

    aku jg baru tau deh ada kondektur ibuk-ibuk haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga cuma kondektur, sopir pun mulai banyak...

      Hapus
  19. Tp beneran loh sampeyan in itoleransi tenanan... kl saya sudah pura2 tidur, h-heee...

    Ngemeng2 pulang kampung yg paling disenengi ketemu anak, atau ibune anak2? ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak anak dan enak enak, om...

      Hapus
  20. hanya karena toleransi sampai kondektur disuruh duduk dan penumpang yang berdiri, keren.
    kalau begitu atas nama toleransi om besok2 tolong dong ya fotoin ibu kondekturnya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah ya maap
      namanya juga ga ngerti, om...

      Hapus
  21. ha nek sing duwe pupu kuwi batikan juga ga? ngko gek kondektur liyanee... :)

    BalasHapus
  22. memang mase wonge apikan kok.....nggak apa sekali waktu nggantiin kondektur

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali kali, bu
      biasane gantiin sopir soale... :D

      Hapus
  23. nikmat nya naek angkutan umum ya itu.. :D

    kalo kata iklan, ga ada lo ga rame..m

    BalasHapus
  24. Memang harus ada tindakan yang berani Dalam sebuah angkutan Umum misalnya, pihak yang tidak merokok selalu mengalah jika ada satu aja penumpang yang merokok. Asapnya yang ngepuk membuat batuk penumpang lain Namun jarang ada yang menegur.

    Saya ada pengalaman saat naik Mikrolet M-19 jurusan Kranji - Cililitan kalau nda salah. Dalam mIkrolet itu ada satu penumpang yang merokok. Semua penumpang di dalamnya merasa kebauan asap rokok. Ada seorang perwira (kalau nda salah ya- ada pangkatnya di kemeja polisi beliau). Pak Polisi ini menegur baik baik pemuda perokok itu agar mematikannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya "NGEPUL"
      heran saya salah terus dalam mengetik kalimat.
      Saking semangatnya menulis komen

      Hapus
    2. ya begitulah pak..
      masih banyak saudara saudara kita yang kurang punya perasaan. coba kalo semua orang kaya pak asep...

      *kayaknya bu asep yg bingung...

      Hapus
  25. hahah sepertinya tuh kaki bencong yang dipoto heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha emang ga tau kalo itu foto kakinya si mamang, om..?

      Hapus
  26. Woahaha...jebule...mas..mas, terlalu toleransi sih, kondekturr malah disuruh duduk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya maap...
      suer ga ngerti, om...

      Hapus
  27. buahahahahahahaha.. aku pasti udah ketawa ngakak mas kalo ada di sebelahmu waktu nyuruh kondektur duduk... wakakakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. untungnya ga ada yang motret wajahku saat itu, om..
      bisa jadi meme keknya... :D

      Hapus
  28. biasanya kondektur bawa anduk kecil mas..

    tuh knalpot dimulut opo yo gak panas to

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kan kalo kondektur angkot, haha...
      sekarang sopir dan kondektur pakenya jas

      Hapus
  29. Disatu sisi meminta toleransi tapi disisi lain tidak memberikan toleransi, disatu sisi memberikan toleransi tapi disisi lain tidak mendapatkan toleransi. #mumet
    Kondektur aja lah yang toleransi, saya mah wogah. saya lebih seneng menghormati. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kangen masa masa jadi hansip ya
      senengnya hormat komandan :D

      Hapus
  30. kondektur bus kog di modus-in om? bwahahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. maunya sih modusin elu, mils...
      haha

      Hapus
  31. oalaaah?? itu kondektur toh?

    Om, tadi aku ngintip blognya Om Rawins yang foto. Foto-fotonya lucu-lucu. si ncip dan si ncit nya lucu-lucu.... unyu-unyu...

    BalasHapus
  32. wkwkwkwk..... kasian amat dicap kondektur :D

    btw travel di kalimantan menyenangkan pak haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok kondektur kalimantan sih..?
      jogja, om... jogja...

      Hapus
  33. pernah naik bis jendela dibuka lebar tapi orang itu malah jaketan kaya kedinginan, aneh kenapa jendelanya dibuka kalau kedinginan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha itu dia yang suka susah untuk dimengerti

      Hapus
  34. hauahahhahahahhaha....

    *paha pahaaa....
    [slah pokus]

    BalasHapus
    Balasan
    1. halah...
      kayaknya ada yang kelainan ini... :D

      Hapus
    2. yg kebayang ayam goreng KFC mas..:P

      Hapus
  35. toleransi...?
    masih ada yaa....

    itu kok kondekturnya pake bawa-bawa helm mas....
    curiga saya, jangan2 salah fokus kameranya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. habisnya ada yang lebih menarik untuk difoto ketimbang kondekturnya, hehe

      Hapus
  36. mudah-mudahan dalemnya juga mulus tuh ya!!hehehe

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena