28 November 2013

Juru Banu

#Semua Umur

Om Budy Sinichi nanya lokasi foto-foto di blog sebelah. Mengingat di situ aku khususkan untuk galeri foto, jawabnya di sini saja deh...


Daerah itu namanya Juru Banu. Masuk kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur dan merupakan lokasi favorit untuk teman-teman di unit kerja pelabuhan yang gemar mancing.

Desa yang terletak di tepi sungai Sirau itu terisolir dari daerah sekitarnya oleh rawa-rawa. Wajar bila Juru Banu tidak dihuni oleh suku Dayak melainkan suku Banjar yang masuk ke pedalaman melalui jalur sungai.

Sungai merupakan sumber penghidupan masyarakat. Dari sekedar mandi cuci kakus sampai mengais rejeki tak bisa lepas dari air. Rumah-rumah warga pun dibangun di atas panggung dan sebagian lagi merupakan rumah terapung. 

Sarana transportasi utama di sana menggunakan perahu. Warga kelas menengah ke bawah pakainya sampan kayuh. Diatasnya itu masih pake jukung kayu tapi sudah bermesin. Kalo ada speedboat terparkir di depan rumah, berarti masuk golongan kaya.

Mancing

Mata pencaharian penduduk kebanyakan mencari ikan, dari sekedar mancing, menjala atau pun pasang jaring. Sebagian lagi berdagang baik itu buka warung permanen maupun dagang keliling menggunakan perahu. 

Tukang jualan sayur biasanya pake sampan kecil. 
Yang kelas mini market pake perahu besar dengan isi dagangan komplit.

Mandi

Warung gado-gado atau bakso terapung pun ada. 
Kalo mau jajan tinggal teriakin saat perahunya lewat. Kita mau bersantap di pinggir sungai atau naik ke perahu sekalian ikut jalan-jalan menyusuri sungai pun boleh. Pokoknya berasa naik kapal pesiar dah...

Mini Market Terapung

Karena terisolasi dari daerah sekitar, kemudian dibangun jembatan kayu ulin sepanjang hampir satu kilometer. Ini yang terlihat keren di mata pendatang seperti aku. Suasananya apalagi di sore hari begitu eksotis dan asik banget buat hunting foto atau sekedar nongkrong setelah jenuh seharian liatin tumpukan batu bara.

Jembatan Panjang

Pokoknya susah diungkapkan dengan kata-kata
Lihat saja fotonya, siapa tahu jadi ada gambaran kondisi di sana. Tapi maaf aku pakenya resolusi rendah biar tidak terlalu berat.

Yang penasaran dengan gambar hi res, silakan mampir ke Fotoku saja...

Semoga ini bisa menjawab pertanyaan Om Budy...
Terima kasih...
Sama-sama...

107 comments:

  1. saya sudah mampir ke lapak sebelah Om. dan corat-coret disana.

    enak ya bisa makan nasi pecel keliling sungai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia...
      disini pecel bukan makanan rakyat

      Hapus
    2. kalau begitu sayah mau jualan pecel disana ah... gak ada saingan kan?

      Hapus
    3. coba aja, mang
      siapa tau jadi peluang. tar aku jadi pelanggan tetap deh..
      *asal boleh ngutang...

      Hapus
    4. asyeeeeeeeeeeek ada gambar cewek cakep n manis di Gambar yang pertama
      Kalau mampir dimari tidak melihat gambar cewek cakep manis n bohay, bukan Blog Mas Rawins namanya

      Hapus
    5. haha untung pak asep belum ke lapak sebelah...

      Hapus
    6. bukak lapak sebelah ah... bukak sikit jooss

      Hapus
    7. rumput tetangga memang lebih hijau... hahahaha

      Hapus
    8. tapi mata tetangga juga lebih hijau
      *kalo liat duit

      Hapus
    9. Suka dengan gaya foto model jurnalisnya kang.

      Hapus
    10. waduh gayanya kayak gimana itu pak..?

      Hapus
  2. foto-fotonya keren, mas... asik tuh naek perahu nyusurin sungai dan bisa nyari makanan pula... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan nyari makanan tapi emang makan di warung berjalan eh terapung di atas sungai...

      Hapus
    2. memangnya gak ada warung apung ya , maksudnya jualan di perahu... kan praktis hehehe

      Hapus
    3. emang jualannya pake perahu mang. keliling dari kampung ke kampung menyusuri sungai...

      Hapus
    4. jadi mamang yang ada di kali

      Hapus
  3. emang keren bray, seger dimata, jadi pengen liat aselinya, beda ya sama batakan, hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya masuk hutan dong, jangan di kota mulu :D

      Hapus
    2. saya mau dong di ajak - ajak

      Hapus
    3. tuh ikutan lik zach aja banyak duit...

      Hapus
  4. Salam kenal Mas Rawins, ijin simak artikel nya yah
    Wow Keren Mas cerita di daerah juru banu yang masih alami
    Terima kasih atas share nya salam sukses Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. salaman dulu dong.. cup kening .... hehehe

      Hapus
    2. spesial mang lembu itu mah..

      Hapus
  5. Jika tak keberatan saling follow blog Mas Rawins
    agar saling erhubung bila kita update posts oke Mas salam sejahtera

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan aja kalo mau follow
      ga perlu minta ijin, bro...

      Hapus
    2. silahkan di pilih - dipilih.... sayang anak... sayang anak... hehehe

      Hapus
    3. Awas mas yang punya blognya galak.......

      Hapus
    4. emangnya anjrit..?
      hehe

      Hapus
  6. kalau saya pribadi lebih tertarik dengan jembatan kayu itu, soalnya panjangnya sampai 1km. sementara untuk yang makan di perahu saya takut soalnya tidak bisa berenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih ga bisa renang..?
      belajar dong, minimal gaya batu, heheh...

      Hapus
    2. kalau gaya batu sudah bisa bahkan pengalaman itu, pengennya sih belajar renang tapi sudah terlanjur kena virus programming jadi tidak ada waktu untuk belajar renang.

      Hapus
    3. apalagi programmer
      musti banyak gerak badan biar ga duduk mulu

      Hapus
  7. Jangan2 kawasan ini jg yg diambil buat lokasi syuting...iklan Rcti okeh ya lik... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang rcti bukan di sini, om...
      itu di lok baintan banjarmasin...

      Hapus
    2. yang RCTI adanya di Kebon Jeruk. Adol jeruk

      Hapus
    3. Indosiar di daanmogot atuh eheheh

      Hapus
    4. kalo mang yono di pagaden

      Hapus
  8. selamat Pagi Sob...wah foto yang terakhir paling saya suka Sob...penasaran bagaimana rasanya ya kalau bisa berada di Jembatan Panjang itu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya sama saja dengan di jembatan biasa kok
      cuman cape aja musti jalan jauh :D

      Hapus
  9. jembatan kayu ulinnya tu memang keren mas
    disana masih ada tradisi kek di sungai musi pelembang ya, maksutnya jualan keliling dengan perahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalimantan kan katanya pulau seribu sungai. Masih banyak daerah yang tak punya prasarana transportasi darat

      Hapus
    2. karena faktor alam ya klo gitu

      btw itu aku perhatikan orang yang mandi disungai jadi inget jaman biyen, senengange manggul bedil blusukan neng kampung karo nginceng wong ados. njuk gayene karo ngeker ngeker manuk kae. neng nak seng ados lengah kekere diarahke neng kali, hehehe, gayeng tenan jaman semono..

      sak iki wonge seng tak keker dadi lurah wedok, nak tak critani nguyu kemekelen kae, hahahaha

      Hapus
    3. ya ketawalah wong ngintipnya pake kekeran bedil
      coba jaman sekarang ngintip pake kamera trus diaplut ke pesbuk
      pasti digetok panci, pak...
      heheh

      Hapus
    4. haha, iya dia nantangin, katanya coba sekarang klo berani nginceng, mengko rak malah ta bukake mblondor wkwkwkwkw, ehch salah tak getok panci ding, hehe ,

      Hapus
    5. lhah udah tua baru berani nantangin ya
      hehehe

      Hapus
  10. Jalur transportasi utama melalui sungai tak ada hambatan 'perbaikan jalan'
    Foto alam dan kegiatan humanisnya keren2 mas. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah ada jembatan panjang, sudah ada perubahan di masyarakatnya. Mereka mulai punya sepeda motor...

      Hapus
  11. wah asik juga ni mas, kalau makan bakso sambil keliling kampung, jadi serasa makin gimana gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarak antar kampung kan lumayan jauh, om
      bisa jalan jalan ke kampung lain ngikut tukang gado gado
      status mereka kalo bis mungkin AKAP, heheh

      Hapus
  12. Saya juga udah mampir di sana, sambil nanyain no pe-nya yg cewek... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya ga mau kalo nope
      gope aja baru mikir mikir :D

      Hapus
  13. wah keren tuk keliling pakai perahu, maun nungging juga tinggal gampang .. air nya tersedia... yang keren lagi poto paling atas... itu yang keberapa mas? heehhe

    BalasHapus
  14. asyik begini lokasi hunting fotonya..., masih banyak burung2 liar ya...
    sambil hunting foto sambil mancing, pulangnya bakar ikan...nikmatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. repotnya kalo aku hunting foto, para snipper suka ngikut
      makanya nyebelin burung mau dipotret malah ditembak...

      Hapus
  15. Yang mandi itu keren mas fotonya...
    oya lapak sebelah yang mana kok nggak di undang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan udah ada link nya diatas, bu...
      tinggal klik doang...
      *tar dikasih foto yang mandi hi res :D

      Hapus
  16. Mas rawin bisa mendayung gak ? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali mendayung 2 gadis terlewati heheeh

      Hapus
    2. yang bener
      sekali mendayung 2 hari pegelnya ga sembuh

      Hapus
  17. sepertinya suasana bising ibukota luluh di telan suasana itu ya om .....natural banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semuanya hilang lenyap pokoknya
      bikin males balik ke kota

      Hapus
  18. Aku suka foto jembatan itu, kayak pemandangan di luar negeri

    *berasa pernah ke luar negeri aja, keluar kecamatan aja jarang...*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha
      tapi bener juga. pedalaman kalimantan udah bukan indonesia raya kali
      pembangunan katrok kaya ga diurus pemerintah...

      Hapus
    2. wong puteri indonesia juga adanya dari sana lho ya

      Hapus
    3. kalau begitu pemerintahannya pindah ke Kalimantan saja ya mas... biar maju... jalan.... grak...

      Hapus
  19. wah seneng bisa jalan-jalan kesana,sambil foto-foto,,,,,keren mas Rawin,,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yang jadi modelnya calon istri mudanya kang.... hehehe

      Hapus
  20. Ma..ma.. mauuu kesanaa..
    Ikannya banyak ga om?

    Nah, tukang sayur yang jualan di atas perahu/sampan kecil, jadi inget iklannya RCTI waktu dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan banyak lagi
      orang disini jadi makanan pokok, hehehe

      Hapus
  21. asli keren banget itu lokasi sama foto2 mas rawin disebelah, jadi kayak berasa dimana.. disana ada penginapan juga ga mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. adalah kalo di kota
      di situ sih musti nginep di rumah penduduk kali, om

      Hapus
  22. melihat gaya2 rumahnya serta jalan dari kayu yang dipakai untuk berjalan di atas rawa...mengingatkan saya pada putussibau euy...kepengen balik lagi....nemuin mantan....*blentrang...istri ngamuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah... ditengok lagi aja kang siapa tau mawar bodasna teu acan aya nu metik eheheh

      Hapus
    2. hahaha mantap
      udah pernah minum air sana kali, jadi kepikiran terus...

      *mapay jalan satapak...

      Hapus
  23. Kalinya terlihat kurang bagus mas kalo dari penglihatan saya disini. Tapi kok ada yang mandi o.O
    tapi enak tuh, mini market berjalan hehehe. tempatnya juga asri sepertinya. nice post!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus engga bagus tergantung masing masing orang, om...
      wong nyatanya orang sana mandi cuci kakus disitu heheh

      Hapus
  24. indahnya....

    kemana saja saya kok sampai ketinggalan banyak episode kayak gini...huh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayah juga sama ketinggalan KK

      Hapus
    2. gampang nyusul pake kereta...

      Hapus
  25. wow! itu air sungainya masih ting-ting :D

    mesti banyak ikan gede.

    BalasHapus
  26. wow saya fokus sama foto yang ada mbak mbak mandi...
    penasaran...
    :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas fotonya tidak di posting di sini tih, jadi koleksi pribadi. ha,, ha,, ha,,,,

      Hapus
    2. hahaha pak indra tau aja nih...

      Hapus
  27. Aroma posting nuansa yang berbeda nih Kang, sambil menyelam minum air. Asal jangan kembung aja. He,,, he,, he,,,,,

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. menyesuaikan peribahasa
      sekali merengkuh dayung
      dua tiga hari pegelnya belum ilang...

      Hapus
  28. heem mas keren banget deh kalo jalan2 berdua disono....
    :D
    tapi anak2 dikemanain yah?

    BalasHapus
  29. asli keren bangets... jadi keingat daerah sepanjang mahakam di samarinda sono. mirip. *ngebayangin ada anaconda melintas hiiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya hampir sama lah
      ciri khas kalimantan keknya...

      Hapus
  30. broo, boleh ijin copas sedikit artikel nya!

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena