07 Oktober 2013

Safety Flag

#Semua Umur

Ada yang nanya, foto mobil di jurnal Bendera itu beneran apa engga..?

Mobil pake bendera tinggi menjulang begitu memang jarang ada di jalanan umum. Bendera keselamatan lebih banyak dipake di area terbatas macam di tambang. Dimana aturan berkendara lebih ketat ketimbang di jalan raya.

Untuk bisa nyupir di area tambang, SIM dari kepolisian saja tak cukup. Sekedar masuk tambang orang perlu kartu ijin khusus yang dinamakan Mine Permit. Agar boleh bawa kendaraan perlu ditambah satu ijin lagi bernama SIMPER. Mirip SIM yang mencantumkan hak akses dan jenis kendaraan yang diijinkan.

SIMPER ini berlaku satu tahun. Sekali melakukan pelanggaran akan dilubangi kartunya. Bila terjadi kecelakaan, lubangnya langsung tiga biji. Apabila dalam satu tahun ada 6 lubang, ijinnya akan dicabut dan untuk mengajukan lagi butuh waktu 3 bulan peninjauan.

Ketatnya aturan berkendara ini berkaitan dengan tingginya resiko kerja. Mau maju atau mundur harus tekan klakson dua kali biarpun cuma geser satu meter. Rute selalu berubah-ubah termasuk pemakaian lajur yang tak selalu ambil sisi kiri jalan. Salah baca rambu bisa fatal. Apalagi jarak pandang seringkali terbatas terhalang debu tebal.




Safety flag termasuk salah satu ketentuan keselamatan selain lampu rotator. Kendaraan kecil kadang tak terlihat oleh operator alat berat. Makanya dibantu dengan bendera berwarna menyolok bertiang tinggi agar pengemudi kendaraan raksasa bisa melihat ada kendaraan kecil di depannya.

Sudah pake aturan ketat pun masih saja ada yang ugal-ugalan mengejar ritase agar penghasilannya banyak. Mulai berkurang setelah operator cewek dibanyakin. Mereka lebih santai dan hati-hati bawa kendaraan. Plus perhitungannya bukan ritase lagi, melainkan hour meter.




Sayang turunnya angka kecelakaan itu berbanding terbalik dengan angka keributan karyawan cowok. Ada saja orang hutan berantem berebut perhatian makhluk manis turun dari excavator
Kalo yang ini no komeng deh...


Intinya
Penyebab kematian harus dicegah walau mati itu sendiri tak bisa ditolak...

Quote of the day
Tak ada yang berharap, namun bisa jadi sandaran hidup orang lain - Tukang Gali Kubur


127 comments:

  1. sejak kapan Rika jadi ahli kubur mengubur Kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau pesen, lik..?
      Buat kapan biar aku masukin jadwal kerja...
      *cari supidol buat lingkarin kalender

      Hapus
    2. Mas Zach : Wah, memangnya Bang Hajinya kemana? Kok tiba-tiba Rika jadi penggali kubur?

      Mamas: Aku pesen satu lubang buat dua orang. Ntar kita main catru disana. Ok?

      Hapus
    3. Buat temen, pesen dua gratis satu deh...

      Hapus
    4. Beuh, mulai genit sama pak Asep..

      Hapus
    5. Kang Asep bukannya makhluk abadi?

      Hapus
    6. katanya kalendarnya sudah di pipisin luntur

      Hapus
    7. di cet lagi kalau luntur..

      Hapus
    8. Cinta mang Ruddy ke pak Asep dah luntur..?

      Hapus
    9. pasti ngecat-nya pakai kapur ya...kehujanan sekali langsung luntur...xixixi

      Hapus
    10. Namanya cinta sabun mandi, kena air ya ilang bu... :D

      Hapus
    11. Kenapa pak Asep, ni...

      Hapus
  2. ASYEEEEEEEEEEkkkkkkkkkkkkk ada gambar anak magang lagi
    heiheiee. Seger seger kalau liat artikelnya mas Rawins
    Huasyeeeeeeek. Banyak gambar cewek cakep cantik and sekseh hiheiheiheiee
    Lanjutkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Operator alat berat itu, pak.
      Mau nyoba adu nyali sama mereka..?

      Hapus
    2. Bagus itu, mereka pasti gak bakalan cari ribet kalo kukunya patah! Keren!

      Hapus
    3. Tapi tetap menangis saat hatinya patah...

      Hapus
    4. Wajahnya meuini bikin beunta..

      Hapus
    5. cocok buat yang mau ganti oli di tempat kerja

      Hapus
    6. kira-kira per mili liternya brapa ya kalau ganti oli?

      Hapus
    7. Adu nyali kalah saya mas Rawins.
      Kalau ada yang lain boleh?

      Hapus
    8. Ikutan uji nyali di acara dunia lain..?
      Tar mang Lembu yang datang gangguin gimana..?

      Hapus
    9. Mang Lembunya taruh aja di bak belakang...

      Hapus
    10. Iket pake karet ya, hehehe

      Hapus
  3. dan aturan dibuat untuk mencegah datangnya kematian atau paling tidak dapat menunda, penundaan selama-lamanya kalau bisa ya mas
    la sekarang yang taat peraturanpun malah jadi korban

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga di jalan, om. Kita waspada orang lain meleng tetap saja bisa celaka. Hiburan satu satunya ya cuma kata, mati itu kan takdir yang tak bisa ditolak :D

      Hapus
  4. itu mobil caterpillar ya pak?

    foto cewek yg paling kanan itu salah pose pak, keliatan lemak di perutnyaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ga lagi motret foto model wooy...
      Itu karyawan lagi antri mau absen
      Ga sambil ngupil juga untung, hehe

      Hapus
    2. Dedaunan Hijau7 Oktober 2013 11.31

      heheheh mas 21inch kok teliti banget lihatnya

      Hapus
    3. iya pak soalnya emang sering liat gambar kendaraan tambang seperti itu pak..

      Hapus
    4. Maksudnya teliti kalo liat cewek...
      Hahaha

      Hapus
    5. ibu-ibu juga teliti----teliti sebelum membeli.

      # tapi setahu saya caterpillar itu kan merk ya, kaya komatsu gituuuuh...

      Hapus
    6. Betul bu...
      Ulet bulu itu merk mobilnya. Tipenya sih macem macem misalkan HD930..

      Hapus
    7. disana pake ulat bulu atau korea punya pak?

      Hapus
    8. Campur bawur, om...
      Truk Rusia juga ada...

      Hapus
  5. Rudy Arra : Wah kayaknya aku gak bakalan diijinin bawa kendaraan di tambang, soalnya bawa diri sendiri ajah masih suka nabrak hati wanita.

    Rawins : "Banyak nabrak hati wanita kok masih jomblo ajah? #ngemut sendal

    Rudy Arra : Soalnya bingung mau pilih yang mana!

    *Percakapanpun berakhir*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo begitu, tak perlu nyopir di tambang
      Ke warung saja beli tambang plastik buat gantung diri, heheh

      *percakapan pun berakhir pula

      Hapus
    2. Yeee nyuruh gantung diri, biar laku ya jasa gali kuburnyah?

      *Kapan berakhirnya sih?*

      Hapus
    3. maka kedua pria itu pun memutuskan untuk bermain catur di galian.

      *bersambung*

      Hapus
    4. Asas manfaat
      Peluang jadi duit, sayang dong dilewatkan begitu saja...

      Hapus
    5. jangan gangguin kang Rudy...bahasa JOMBLOwan emang suka ngibur diri sendiri...buuuwahahaaaaaaa.

      Hapus
    6. lari dari sini. kolom nggak jelas.

      Hapus
    7. tolong di jalasin Bang..

      Hapus
    8. Brondong kita itu lagi galaw ya, dah ga dilirik sama tante bebek..?

      Hapus
    9. "ehh, Taannn...sini lho..ada yang ngrasani..."

      *ngeloyor ke kolom berikutnya

      Hapus
    10. Ibu ibu senengnya gitu deh
      Padahal kalo lagi ngumpul sesama ibu suka ngegosip juga, hehe

      Hapus
  6. Balasan
    1. Sepeda motor ya ga boleh masuk tambang lah
      Pengin ngemut debu..?

      Hapus
    2. tapi saya ko' malah pernah ngimpi offroad pake sepeda di tambangnya tuh kang....gimana coba?

      Hapus
    3. Selain mimpi basah mah ga usah dibahas...

      Hapus
    4. mimpi Mang Lembu udah melanggar batas...tilang aja !

      * mimpi nilang Mang Lembu

      Hapus
    5. Kalo yang nilang macam briptu eka sih ga masalah
      Bisa tiap hari minta ditilang...

      Hapus
  7. Kalau operatornya cantik-cantik seperti ini, para pekernya jadi semangat untuk kerja ya Kang, tapi gak tahan kalau dengan suhu panasnya di lokasi tambang.


    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk kabin dump truck kan adem...

      Hapus
  8. mobil no. 1 adalah impian bini, tapi pengen yang warnanya ijo...gbr. no 2...impianku untuk bisnis dan ngirim ubi ke seluruh pelosok negeri....
    gbr. yang no. 3....saya pilih yang pake kacamata ah....dua duanya ya kang.!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pilih ubinya aja deh ...

      Hapus
    2. padahal saya nggak nyobloos.

      Hapus
    3. saya nggak milih juga nggak nyoblos.

      Hapus
    4. Nyoblos yang pake kaca mata..?
      Test nya ngedorong buldoser dulu...

      Hapus
    5. dengan tekad yang membaja...tebang buldozer mah...tak jabanin dah.

      #kebeletbanget kesannya kan?

      Hapus
    6. Mang, nanti habis ngirim ubi...tanggung jawab sama dinas PU ya, jalannya rusak...betulin tuh

      Hapus
    7. Udah siap siap dia bu
      Tunjukin KTP doang udah beres perkara. Nama di KTPnya kan Lembu Yudhoyono...

      Hapus
  9. Hahahaha. Semboyan tukang gali kuburnya kereeeen...
    Ga komen soal operator ceweknya ah.
    Btw dulu pernah lihat juga tiang tinggi di mobil pas ke kebon sawit. Debunya dahsyat juga sih Kang meskipun kendaraan ga segede tambang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah nikmatnya hidup di pedalaman
      Musim kering debunya minta ampun, musim hujan mandi lumpur di kubangan :D

      Hapus
  10. mbak tit tita memang pinter mas cip cipta memang cerdas kabeh koyok bapake..
    iki komen ijolan lho ya...
    ojo protes

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak protes. tapi bertanya-tanya sambil bingung.

      Hapus
    2. hehehe..saya kabalik komennya mas, ada di jurnal satunya, dari pada tak hapus tanggung ah

      Hapus
    3. mas Agus...komentator kreatip

      Hapus
    4. bukan komentator bola kan...

      Hapus
    5. Om Agus lagi mumet ketoknya
      *jebrettt...

      Hapus
  11. safety,,,, keamanan lebih penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Safety dulu baru security, neng...

      Hapus
  12. resiko kecelakaannya lebih hangat dari pada di perminyakan boss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal yang hangat hangat itu asik...

      Hapus
    2. hangat? duduk di samping kompor nggoreng peyek dari 1,5 jam tadi, asyik nggak Pak?

      * ngelurusin punggung...krek krek

      Hapus
    3. Lebih asik nongkrong di depan pawon, bu
      bisa sambil bakar ubi...

      Hapus
  13. Wih, dapet wawasan baru kehidupan di tambang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan dong main ke tambang..?

      Hapus
  14. Ngeri juga ya mas kalau lihat truk besar yang menghantam mobil kecil dibawahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan ngeri lagi, pak
      Kadang ngejerit pun ga sempat tau tau sudah di alam sana...

      Hapus
  15. operator cakep - cakep ...ckckckc... aturan benderanya di ganti saja sama cewek suruh berdiri di mobil ... pasti deh kelihatan terus hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. supirnya jd gak konsen dong :D

      Hapus
    2. Supirnya pakai kaca mata kuda kang ! xixixixixi.........

      Hapus
    3. kaca mata renang juga boleh.

      Hapus
    4. Maksud mang yono
      Kalo ceweknya pegang bendera, trus ada yang berdiri...

      Hapus
  16. sengertiku lah nang tambang nganggo jalur kanan,nu truk sing gede kan setire nang kiri.
    jebule lajure bisa berubah ya lik.


    liliku salah satu supir truk gede sing kaya nang gambar nduwur,rika kenal ora?
    jenenge Mohamad sarno dari kawunganten cilacap

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya nggak kenal Bang..hehe

      Hapus
    2. Jalan tambang selalu pindah pindah mengikuti galian atau pit. Penggunaan lajur juga tak tentu bisa kanan bisa kiri. Ketentuan ini mengikuti aturan untuk kendaraan bermuatan tak boleh belok terlalu tajam atau melewati jalan yang kemiringannya lebih dari 5 derajat. Makanya bisa jalan seratus meter di kanan, lalu pindah ke kiri tar ke kanan lagi... :D

      Hapus
  17. sebagai orang lapangan juga... setujua banget kakak... hehe :D

    BalasHapus
  18. kalau di situ SIMPER ya Pak, kalau di sini KIMPER...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung perusahaannya, bu. Di sini yang pake istilah KIMPER juga ada. Maksudnya sama cuma beda di singkatan awalnya doang. Surat dan Kartu...

      Hapus
  19. itu yang cewek2 kok gak ada benderanya kang? bukanya lebih bahaya kalo mengendarainya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung medannya, masuk area terbatas apa engga...

      Hapus
  20. wah ribet dan super ketat ya aturan mainya, kayak mau nglamar anak pak lurah aja. hehehe

    tapi aku malah suka ngomentari baris paling akhir itu lho. karena memang ditarik tarik kemedan magnit hawa yang tak terelakkan. apa lagi kalau lama jadi tarzaaaaaanm wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resikonya melebihi ngisengin anak lurah kali, pak...
      Kalo soal hawa sih sudah tak perlu dipertanyakan lagi, hehe...

      Hapus
  21. Inti dan quotenya selalu bikin saya ngakak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dooh gawat
      Mau tak ilangin kok lupa mulu sih..?

      Hapus
  22. weladalah... baru sekarang saya liat yang asyoi-asyoi disini..

    sing sering-sering yo Kang.. gawe tombo ngantuk, soale aku kalau BW bengi jeh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini banyak yang asoy kok
      Apalagi kalo malem, kuntilanak aja pada pake tank top.. :D

      Hapus
    2. pantes lek ibuke Ncip ketar-ketir dirumah

      Hapus
    3. Yang penting yang disini tidak, om :D

      Hapus
  23. Quote of the day
    Tak ada yang berharap, namun bisa jadi sandaran hidup orang lain - Tukang Gali Kubur

    >> sekali lagi aku dibikin nyengir lebar membaca endingnya...... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baguslah kalo nyengir, tuh tetangga ada yang bilang merinding :D

      Hapus
  24. haiyah, sama kaya mas-ku, kalo bawa mobil diluar area tambang masih suka teken klakson bekali-kali mau maju/mundur aja ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha udah kebiasaan...
      Aku aja kalo mau nyupir mesti kelilingin mobil dulu

      Hapus
  25. whaaattt?ternyata aturannya serumit itu..kirain kemarin itu cm gaya2an doang..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayah...
      Buat apa gagayaan di sini. Kegencet truk HD baru nyaho tar...

      Hapus
  26. soal quote tukang gali kuburnya, semacam selalu ada dua sisi atas sebuah kejadian ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya
      Tidak ada yang sia sia di dunia ini...

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena