30 Oktober 2013

Logika Terbalik

#Bimbingan Orang Tua

Nonton orang cekcok di depan mess malah bingung sendiri. Semua merasa benar dengan argumentasi masing-masing walau menurutku logikanya dibolak-balik.

Pemutarbalikan logika memang sudah mewabah di segala lapisan usia. Lihat saja anak sekarang, kalo dilarang malah kaya disuruh. 

Dikasih tahu jangan corat-coret meja, besoknya sudah ada tulisan, "meja ini jangan dicoret-coret..."


Buka contekan dikit...
Logika berasal dari kata Yunani λόγος (logos) yang berarti hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. Logika merupakan ilmu pengetahuan dimana obyek materialnya adalah berpikir dan obyek formalnya adalah penalaran yang ditinjau dari segi ketepatannya.

Dalam upaya memaparkan pikiran serta pendapat, tak jarang kita mencoba membantah pikiran yang lain dengan menunjukkan kesesatan penalarannya.

Aku contohkan dulu waktu nasehatin si Adi agar mau bangun pagi. Sebagaimana umumnya anak sekarang, segala macam nasehat hanya akan memancing satu kata, mengapa..?

Merasa ngomong dengan balita, aku coba bikin cerita. 
"Dulu ayah pernah bangun pagi terus jalan-jalan, eh nemu uang, mas..."
"Tapi itu kan punya orang, yah..."
"Maksudnya gini. Dengan bangun pagi, kita bisa dapat rejeki lebih banyak. Andaikata ayah bangun siang, uangnya keburu dipungut orang lain, kan..?"

Jagoanku terdiam aku kira sudah mampu mencerna inti ucapanku
Ga taunya malah bikin perlawanan dengan logika terbaliknya
Adi bilang ga mau, aku pun tanya kenapa..?

"Bagusan rejekinya orang bangun siang, ayah..."
"Kok bisa..?"
"Orang yang duitnya jatuh, bangunnya lebih pagi dari ayah kan..?"
#ngelus dengkul...


Kisah lain waktu mudik lebaran beberapa tahun lalu. Di jalan sempat ketemu mantan ibue Ncip yang baru pulang dari sawah. Dalam perjalanan selanjutnya, aku kepikiran ngeledek ibue yang lebih betah di Jogja ketimbang di kampung ngurus sawah.

Aku bilang, "coba pikir, apa jadinya kalo dulu ibu jadi kawin sama dia...?"
Jawabannya telak, "dia jadi orang Jogja, ayah jadi tukang macul di kampung..."
#tepok jidat...

Dah ah...
Bentar lagi dijemput travel
Sampai jumpa besok pagi di Jogjakarta...


NB
Mohon maaf...
Sampai dua minggu kedepan aku mungkin kurang aktif balas komen...

42 comments:

  1. semoga dengkulnya makin mulus setelah dielus-elus selama dua minggu kedepan,
    kalo sekarang..semua bisa dibolak-balik semudah membalikkan telapak tangan, bukan cuma logika saja...orang salah dibalik jadi benar, orang benar dibalik jadi salah, begini salah bgitu benar...... akupun jadi ikut kebolak balik :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi bingung ya pak Har..?!

      Ini mas Eko mesti sedang dielus-elus ibue. Lama ga bales komeng. Setuju Pak Har?

      Hapus
    2. namanya manusia normal ya butuh elusan dong.. :D

      Hapus
  2. postingan kali ini pas banget dengan pikiranku yang akhir-akhir ini sedang terbalik.
    terimakasih pencerahannya ya kang.
    saya sudah polow blognya sejak lama loh....polbek dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. kirim ubi dulu sekarung tar aku kasih polibek...

      Hapus
  3. waaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhh, selamat mudik Pak Raw.....semoga perjalanannya lancar dan selamat sampai tujuan, tanpa delay...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudik ya mas Raw? Jangan lupa dibawa anak magangnya
      eh salah sabun mandi nya

      Hapus
    2. met ketemu ibue...met hepi-hepi :-p

      delay sejam pasti serasa setahun, hihihi

      Hapus
    3. ga pake delay
      paling paling repot nidurin anak-anak... :D

      Hapus
  4. haha jadi inget anakku pas tak suruh beresin buku-bukunya. dia bilang, saya dijewer aja, umi yang beresin buku... *_*

    BalasHapus
  5. bentar lagi ganti oli nih....uhuy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaaaaaaaaaaaaaakakakkakakaa
      waakakakakakakakakaka

      Nunggu kabar ada dedek baru

      Hapus
  6. Kalo punya bakat Memutar balik logika gitu biasanya punya bakat jadi politisi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya pengacara juga cocok...

      Hapus
  7. Senengnya bisa kumpul keluarga :D

    BalasHapus
  8. hahaha ati-ati pulang ke yogya Kang

    BalasHapus
  9. asik. tepok dada karena setiap hari dia ngeles melulu. adi adi...

    BalasHapus
  10. Kata orang kalau bangun kesiangan, rezeki di patok Ayam
    nah ayam siapa tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayam saya dong,kan rejekinya di kasihkan saya

      Hapus
    2. wah, berarti rezekinya dalam bentuk beras atau gabah dong yah...? artinya, kalo ngarep rezekinya berbentuk emas berlian boleh bangun siang dong Yah?
      qiqiqiqiqi...

      Hapus
    3. Tepat sekali Mba Lina

      Tepat sekali bang Agus Setya nan Ganteng

      Hapus
  11. asiiiiiiiiiiiiiiiiiiiik ganti olieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti Sabun Mandi ditinggal dulu

      Hapus
  12. tuh ahli yunani sekarang. memang lengkap koq teman saya yang satu ini.

    BalasHapus
  13. Smpah ngakak baca postingan ini, anak nya pinter banget mas bikin balikan nya hahaha. Anak2 sekarang jauh lebih cerdas :-) jadi inget ponakan di gresik, kalo di nasehatin selalu punya jawaban yg bikin geli dan tawa hahah

    BalasHapus
  14. share juga dong mas cerita-cerita di Jogjakarta nya, jangan lupa bakpianya, hehehh

    BalasHapus
  15. nitip bakpiane mas, dikirim via sms atau email :D

    semoga selamat sampai tujuan mas :D

    BalasHapus
  16. anak-anak sekarang pintar banget mas cuma pintarnya untuk cari jalan ngeles

    BalasHapus
  17. anake rika bener banget kang,tangi esuk-esuk anu esih ngantuk dadi ya ora krasa dompete tiba :-P

    BalasHapus
  18. mudik oh mudik... jadi pengen mudik.. :D

    BalasHapus
  19. kya kya kya...
    happy nice dayss ommmm^^

    BalasHapus
  20. Judulnya keren isinya tdk jelas artikel tak bermutu. Kl mau jadi blogger pinterin dulu otaknya biar tulisannya bermanfat. Cuma org bloon yg mau baca artikel begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha sampeyan juga ikut mbaca...kayak saya....wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. ya....
      sama kita kan wkwkwkwkwkwkwk

      asli pak anonim pinter nglawake koh

      Hapus
  21. manusia terlalu pintar, sehingga sangat mudah bagi manusia untuk menerbalikan logika

    BalasHapus
  22. aaaassssyyyyeeeeekkkk
    akhirnya mudik juga

    BalasHapus
  23. Asyik....... bisa lempengin dengkul tuh.......

    BalasHapus
  24. asik.... tariiiiiiiiik mang....

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena