18 Oktober 2013

Citarasa Indonesia

#Semua Umur

Kuda kepang makan beling...
Selamat datang di Citilink...

Itu jawabanku waktu teman bilang aku katrok, suka nulis pake bahasa Banyumasan tanpa terjemahan plus tak peduli yang komen pake bahasa apa tetap aku jawab secara ngapak...

Biarin aja dibilang egois...
Dengan budaya impor saja kita tak merasa canggung. Nyaman saja kita ngomong pake bahasa Inggris, Arab atau China. Apa salah seminggu sekali mencoba membumi secara penuh bikin jurnal dan balas komentar masuk dengan bahasa ibu daerahku sendiri..?

Isi jurnalnya sih ga terlalu penting karena harapanku sebatas menambah koleksi tulisan ngapak di ranah global agar orang tau bahwa bahasa ini belumlah punah dari muka bumi.

Keinginan melestarikan kearifan lokal ini kulakukan setelah berkaca pada mereka yang menyadari keunggulan lokal untuk keperluan branding. Ketika tren pakaian berbau impor naik daun, aku dikejutkan dengan melesatnya produk yang Indonesia banget macam Joger Bali atau Dagadu Jogja

Strategi lokalisasi ini bahkan membuat anomali pada merk impor, misalnya Mc Donald. Dimana lagi ada McD jualan nasi ayam kalo bukan di Indonesia..? 

Trus, kenapa dalam chatting itu aku contohkan Citilink..?

Kita semua tahu Citilink lahir dari kegerahan Garuda menghadapi serangan Lion Air yang menggerogoti pasar low cost carrier. Perlu jalan di tempat selama 10 tahun sebelum akhirnya Citilink mulai bisa mengembangkan sayapnya. Salah satu strateginya adalah dengan menciptakan branding baru yang menyajikan citarasa lokal.




Sempat kaget campur haru campur bingung campur lucu saat pertama naik Citilink disambut pramugari dengan cara berpantun.

Makan ketupat lauknya ikan...
Pesawat mau berangkat, hape harap dimatikan...

Mengangkat budaya secara sederhana, namun memiliki kesan yang mendalam. Bahkan mungkin bakal lebih menarik bila penumpang turut berpantun saat bicara dengan awak kabin.

Jarinya lentik bagai penari
Di hari raya memakai topi...
Mbak yang cantik mohon kemari
Bolehkah saya memesan kopi..?

Indonesia yang indah...

Dan kemarin aku nemu yang asik di yutub. Ada fashion show dalam penerbangan Citilink dalam rangka Hari Batik Nasional. Yang penasaran dan internetnya kuat buffering bisa lihat video di bawah. Pendek aja ga sampe 2 menit kok.


video


Cuma ada satu kata dariku, menarik..!

Masih berminat bilang budaya lokal itu kampungan..?


Aku bilang
Naik pesawat ke Jogjakarta
Disambut senyuman sang pramugari...
Terserah orang mau bilang apa
Dari sononya aku kampungan sekali...

Pramugari bilang
Terbelalak mata liat si Atun
Cantik jelita bak putri Solo...
Mari kita komen berpantun
Kalo engga, gua hapus looo...!!!


105 comments:

  1. jambu kluthuk, buah mengkudu
    saya sudah ngantuk mau tidur dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jambu kluthuk namanya buah
      Saya juga ngantuk, tidur juga ah

      Hapus
    2. jambu klutuk dari bengkulu
      masih ngantuk, alarm bunyi mulu...

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    4. si kasep mainan ingus
      komen pak asep aku hapus...

      Hapus
    5. naik pesawat tidak pamit
      masak cuman kuat dua menit

      Hapus
    6. tuku kutang nang pasar wage
      inyong numpang koment nang kene

      Hapus
    7. lunga matun gremat gremet
      gawe pantun deneng mumet...

      Hapus
  2. Kang Rawin dikejar mak lampir
    Saya yakin yang mau komen mikir

    wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. mak lampir dilempar sepatu
      sekali-kali komen mikir, biar otak tidak beku

      Hapus
    2. biar tidak beku harus di palu
      sementara saya tidak komen dulu

      Hapus
    3. beli sepatu ke semarang
      tak yang mau dulu, mending komen sekarang

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dis...
      buah sukun buah kedondong
      komennya berpantun dong....

      Hapus
    2. buah sukun rasanya manis
      mas rawins jadi sadis

      Hapus
    3. anak gadis baunya amis
      biar sadis yang penting manis

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli sukun baunya prengus
      komennya ga pake pantun, mohon maaf aku hapus...

      Hapus
    2. Ke pangkalan pasir beli paku dan karpus
      Untuk benerin rumah emak di daerah Cidodol;.
      Komen bagus jangan di hapus
      Di hapus lagi aku timpuk dodol !

      Hapus
    3. Beli nasi masukin kardus
      Komen ini ga bakal dihapus...

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyolong mangga ditangkep pulisi
      sudah tiga yang diskualifikasi...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. si kasep belom mandi
      pak asep kena lagi...

      Hapus
    4. Oneng dikali liat pelangi
      komen dihapus ya komen lagi

      Hapus
    5. ke kota beli palu
      ane suka gaya lu..

      Hapus
  6. Manjat pohon pepaya
    liat mangga jadi kecantol
    dan cuma di Indonesia
    pepsi dan kola kalah sama teh botol
    ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepatu Butut Punya Saya
      Beli di Pasar bareng Syahrini

      Edisi Jumat Sangat Berjaya
      Selalu Ada Gambar cewek di siini

      Hapus
    2. makan sop buntut dialas kain,

      sepatunya butut
      kok dibanggain...

      Wakakakaka......kkk

      Hapus
    3. tukang sop buntut bikin kecantol
      biar pas asep butut, yang penting punya botol...

      Hapus
    4. biarpun jarang mandi
      yang penting punya ubi

      Hapus
    5. ada ubi ada talas
      ada ubi segede gelas

      Hapus
    6. Ada ubi ada gelas
      Kopinya mana..?

      Hapus
    7. ada ubi ada gelas..
      punya ubi gak punya beras...:(

      Hapus
  7. good morning
    selamat pagi
    gigi kuning
    g pernah sikat gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. good morning selamat pagi
      biar gigi kuning yang penting seksi...

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh siapa ya?

      Hapus
    5. Si Omen makan buncis
      Itu komen urusan yang nulis

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. beli duren ke citepus
      biar kata keren tetep gua hapus...

      Hapus
    3. Ikan Patin Ikan Paus
      Paus di Laut Dari Kemaren

      Sungguh prihatin komen dihapus
      Biar dihapus tetap aja keren

      Hapus
    4. Yang cakep namanya rawin
      Kan pak Asep yang ngajarin...

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. bambu apus tinggi sekali
      komen dihapus sampe dua kali

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Beli Gorden Sambil Melamun
      Liat penjual sambil Berdiri

      Baru Tau kalau Komennya Harus Pake Pantun
      Ya sudahlah Tak Hapus sendiri

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pramugari

      Hapus
    6. Komen ini tidak jadi ditulis karena sudah dicium sama Pramugari

      Hapus
    7. makan kolak biji salak
      saya jadi koplak

      Hapus
    8. Jalan-jalan bersama kakak
      Ditengah jalan lihat kepompong
      Aku tertawa terbahak-bahak
      Melihat mas agus giginya ompong... karena makan kolak biji salak, terus gak bagi bagi .... padahal kolak biji salak beneran... hakhakhak

      Hapus
    9. Pak Asep makan salak
      Om Agus orangnya galak
      Mang Yono kaya sasalak

      Hapus
  10. Jumat datang hati lega
    Besoknya Sabtu trus Minggu,
    Pengen banget rutin nulis bahasa jawa
    Apalah daya gak sekonsisten dirimu

    *halah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli arang ke pasar baru
      biar jarang yang penting mau...

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pohon duren di pinggir kali
      komen keren dihapus sendiri...

      Hapus
    2. nyolong duren disosor pitik
      emang keren, tapi salah ngetik...

      *seru booooyyy....

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Titik titik si titik titik
      Yang ngetik disosor pitik

      Hapus
  12. jalan-jalan ke lapangan
    sandal kayu namanya bakiak

    biarpun orang kampungan, yang penting duitnya banyak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake bakiak jalan ke kali
      duit banyak, jarang ganti oli :(

      Hapus
    2. surat kabar datang tiap pagi

      sabar bang, sebulan lagi....

      *lanjuuuut...

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. siapa suruh beol di kali
      saya suka komen yang berbau ganti oli.


      Hapus
    5. beli Oli warnanya bersih , Kemanapun ak pergi , bayangmu kok ngikutin muluuu sih.

      Hapus
    6. Ganti oli sama bu Siti
      Jangan menyangkali kalo diberitai...

      Hapus
  13. jalan2 ke pasar membeli dondong
    dondong dimakan duren di bedong
    pak rawin jelek kaya gerandong,kalo dulu mirip si kingkong.

    wkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwk PISSSSS PAK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak gerandong , makan belalang , Kamu kalo ngomong biasa aja dong , Masa membekas dihati gak ilang - ilang

      hehehe PISSSSS Anonim

      Hapus
    2. Beli kedondong sama gerandong
      Mendingan kingkong timbang bau bokong

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen boker pergi ke kali
      Sampean kena diskualifikasi

      Hapus
  15. buah duku dimakan maling
    dasar city ling
    biar kampungan
    tapi garuda punya cing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke sawah naik kebo
      Garuda itu mahal bo...

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan jalan ke tanjungduren
      Sekalian singgah ke durentiga
      Komennya sungguh keren
      Tapi sayang dihapus juga

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus sendiri karena kehabisan pantun!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si peang anak pak Slamet
      Ini orang sudah mumet..

      Hapus
  18. komar makan manggis...
    komentar ini telah dihapus oleh penulis...

    wkwkkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli onta dimasukin kardus
      Ga pake lama ontanya mati
      Tak apa komen dihapus
      Asalkan jangan sampai ke hati

      Hapus
  19. Jalan-jalan ke Balik Papan
    Jangan lupa membeli ikan teri dan lalapan
    Biar mati di balik papan
    asalkan dapat pramugari delapan......


    yang mau pramugari cung....

    pramugari citilink memang cantik - cantik dan muda - muda ...saya juga kalau ke balik papan pilih siti aja ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan jalan ke balikpapan
      Jangan lupa membeli mi
      Kalo dapat pramugari delapan
      Aku sumbang akar pasak bumi

      Hapus
  20. Ke pasar membeli buah.
    Buahnya buah belimbing.
    Penumpang selamat berpisah.
    Terima kasih telah terbang bersama Citilink...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indah berseri awak Citilink
      Urusan pramugari mah kumaha uing...

      Hapus
  21. menari seperti goyang itik
    malah ditampol pake kedondong..
    mbak pramugari yg cantik
    minta nomor hape-nya dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik pesawat ke Jakarta
      Habis itu naik kopaja
      Tak ada nomor pun tak apa
      Aku minta hapenya saja

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    4. Pergi ke kebun bareng pak tani
      Melihat-lihat tanaman kobis
      Baru disini bisa begini
      Komen seleb dibabat habis..

      Hapus
  23. kalau gak berpantun bakal dihapus
    kalau gak mau dihapus, harus berpantun
    saya jadi takut komen dihapus
    karena saya ga bisa berpantun
    (ini bukan pantun, beneran.....menunggu eksekusi...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si Atun temen si Mamat
      Ini pantun ajaib amat..?

      Hapus
  24. Ayam berkokok di atas Batu
    Minta Rokoknya Satu...

    #ga-nyambung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaka sembung bawa golok
      Mau lu gua bacok..?

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pisau tajam jatuh di kali
      Biar kejam yang penting hepi...

      Hapus
  26. Pak Rawins pergi kondangan
    Mengenakan kain warna ungu
    Biar kata orang kampungan
    Batik Indonesia tetap pilihanku

    Gimana tuh pantun saya, Mas. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake bikini jongkok di kali
      Pantun ini nasionalis sekali

      Hapus
  27. Iwak asin sego tiwul
    blogke rawins koyok kawul hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iwak peyeeeeek...
      Iwak peyeeeek...

      Hapus
  28. Buat Pantun sambil ngelap ingus
    ingusnya banyak sekali
    komen terahir dari kang rawins harus di hapus
    karena tdk ada pantun sama sekali

    BalasHapus
  29. baru tau mas kalau ada pantun di citilink

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena