26 September 2013

Terjebak Motivasi

#Bimbingan Orang Tua

Ada teman yang punya kebiasaan bagus setiap pagi. Rajin sekali dia mengawali hari dengan kata mutiara di pesbuk. Dan kemarin aku ikut komentar, "pagimu selalu indah ya, bro..?"

Sempat berbalas pantun sampai aku tahu kalo dia penggemar berat sesuatu yang berbau motivasi. Koleksi buku-buku semacam itu katanya memenuhi rak buku. Calon orang sukses, pikirku...

Namun ketika aku tanya kenapa kalo malam statusnya galaw, jawaban dia pindah ke chat. "Itu kondisiku sebenarnya yang selalu hidup dalam kegagalan. Banyak beli buku atau nonton video motivasi cuma bisa menghibur diri doang..."
#waduuuh...

Manusiawi...
Manusia memang butuh motivasi biar terpacu. Namun semestinya tidak berlebihan agar tak terjebak dalam kubangan motivasi yang justru bikin orang tak mampu bergerak.

Pemahaman pribadi tentang itu aku samakan dengan lampu mobil. Motivasi adalah lampu jauh yang musti diganti dengan lampu dekat saat aku berpapasan dengan kendaraan lain. Saat otak lagi adem, pandangan lapang, aku gunakan lampu jauhnya. Begitu berpapasan dengan masalah, fokusnya aku pindahkan ke depan jempol kaki. 

Selalu melihat jauh ke depan membuat kerikil kecil di ujung sepatu lepas dari perhatian. Padahal kerikil lebih sering bikin orang tersandung ketimbang yang besar semacam kerbau misalnya.

Baca cerita orang besar, yang nyantol di otakku kebanyakan kisah suksesnya saja. Perjuangan meraihnya tak banyak meninggalkan kesan. Sewaktu buku masih di depan mata, semangatku bisa melompat setinggi bintang. Namun langsung merosot ke titik terendah begitu melihat hambatan di awal langkah.

Makanya aku kurangi bacaan semacam itu dan lebih suka beli buku-buku teknik. Mau sukses mau engga sebodo amat yang penting aku menguasai ketrampilan yang jadi jalan rejekiku saat ini. Jalan hidup orang beda-beda, tak mungkin ada kesuksesan yang sama.

Hanya kita yang tahu kondisi dan kebutuhan diri. Sehingga motivasi dari diri sendiri menurutku lebih efektif. Seperti aku yang tak terlalu terpaku apa kata kitab kamasutra, setahun bisa nongol 2 bayi...


Intinya
Motivasi itu perlu. Namun jangan terlalu sibuk sampai lupa melangkah. Bonyok di hasil akhir bukanlah aib. Tapi gagal di proses, itu namanya konyol...

Quote of The Day
You can't win if you not play a game - atlet gaple

73 comments:

  1. yeyeye, duduk manis dulu baru baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi jangan pipis di sini ya...

      Hapus
    2. nanti nek ketok saya gimana ?
      pink kan ?ada renda ?

      Hapus
    3. banjiiiiiirrr.. bannjiiiiirr...

      Hapus
  2. buku motivasi yang pernah saya beli dan baca adalah "The Power Of Kepepet" karya Jaya Setiabudi...

    pernah juga membaca buku-buku motivasi lain, tapi nggak masuk blas, malah bikin saya bingung...saking oon-nya otak saya, saya kadang bingung mencerna kalimat-kalimat tokoh-tokoh motivator yang suka tampil di TV, jadi daripada puyeng, skip aja ganti lihat yang lain...

    # halah ngeles...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sih rada mudeng dengan omongan mereka. tapi kalo dipikir lebih jauh, kenapa kaya cerita tentang putri salju dan pangeran ya..?

      Hapus
  3. Alhamdulillaah sudah mulai menyadarinya Kang dan baca blog ini salah satu upaya buat pindahin fokus ke jempol kaki. Kalo kebanyakan baca statusnya MT emang rasanya hidup ini indah-indah aja dan gak gerak-gerak.
    Eh ato emang akunya yang gagal paham ya. *halah malah komen ngglambyar*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku masih suka kok dengan kata mutiara. Tapi tak terlalu banyak karena yang aku rasakan malah bikin pikiran melayang layang ga napak tanah, heheh

      Hapus
    2. bahasa sundanya hiber
      kalo basa inggris hibernasi

      Hapus
  4. motivasi hanya meambah semangat kita, tapi tdk lantas terbuai dengn motivasi tersebut, harus selalu optimis dengan kerja kita....

    BalasHapus
    Balasan
    1. terbuai kata-kata memabukkan ya Mbak

      Hapus
    2. Makanya aku bilang membacanya harus sambil melangkah. Baca doang tapi jalan di tempat ya cuma semangatnya saja yang bertambah tanpa meraih hasil. Dan aku lihat banyak teman yang begitu...

      Hapus
  5. buku2 roman aku sukanya mas :) buat refreshing

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku refreshingnya ngeblog, bu
      ngirit, heheh

      Hapus
    2. saya malah hanya suka baca komik

      Hapus
  6. saya baru baca judulnya doang, lagi pengen ng'tes tampilan baru yeuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngapain ngeluh-ngeluh mulu...udah tau tukang gagal...cape deh....hehehehe
      mendingan kaya sayah..biar wajahku babak belur, tapi tetep ceria dalam mringis kesakitan....hadeuh

      Hapus
    2. semoga cepet pulih kegantengannya ya Pak Ci...

      # dapat ubi sekarung

      Hapus
    3. Coba dibanyakin amal bagi bagi ubi, dijamin cepet ganteng
      Tanya ibue Zaki sok...

      Hapus
  7. aku suka dengan kata ini Jalan hidup orang beda-beda, tak mungkin ada kesuksesan yang sama."

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau suka...pegangin jempol adminnya dong...!!

      Hapus
    2. biasanya kalau kelamaan pakai sepatu safety, jempolnya bau lho Pak Ci...

      Hapus
    3. biar bau, aromanya yang mahal mahal loh...
      *aroma kebo, sapi..

      Hapus
  8. tapi kenapa ya masih ada orang yg mengatur orang lain bahwa kamu itu sukses di bidang yangs ama persis denganya

    BalasHapus
  9. hanya diri sendiri yang tahu sejauh mana mampu berlari,,,,,,




    moga sukses buat semuanya

    BalasHapus
  10. semakin banyak tahu maka semakin banyak yg tidak bisa dilaksanakan dan diamalkan....
    jadi sedikitlah tahu tp penuh penjiwaan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak tau banyak galau, sedikit tau sedikit galau
      kalo gitu mending ga tau sekalian aja ya, om..?

      Hapus
  11. kalo saya sih gak perlu baca-baca buku motivasi (*gak mudeng), yang penting bersemangat, kerja keras, jangan putus asa, lakukan yang terbaik, dan yang paling penting adalah Disiplin. ^_^

    BalasHapus
  12. gak usah dimotifasi kalo dasarnya kenteng pasti subuh-subuh sudah di sawah, tapi kalo males dimotifasi mario teguh juga bangunnya siang terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaya aku dong...
      semangat baca motivasi sampe hampir subuh, jadinya kesiangan bangun mulu :D

      Hapus
  13. iya pak jalan orang mah beda-beda..
    sing penting kita harus berani memulainya.. iya to pak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku sih gitu
      melangkah dulu biar kenal kondisi lapangan, baru cari suplemen pendorong...

      Hapus
  14. lah nek aku nu nyleneh ya ra urusan motipasi,sing penting mlaku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga mlaku, apanya yang penting, om..?

      Hapus
  15. Motivasi itulah yang sering dicari banyak orang zaman sekarang ini kalau dilihat dari facebook semua pada mengeluh butuh semangat dan saran buat atasi semua masalah yang mungkin terbeban dari kehidupannya sehari-hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekedar pelepas penat sebenarnya ga masalah. makanya aku bilang jangan sampai terlalu sibuk mencari motivasi tapi lupa untuk mulai melangkah. manusia akan selalu lekat dengan masalah kok. jadi tak perlu melarikan diri dong...

      Hapus
  16. suka motivator yg dia sendiri beneran sukses
    yg bekerja bukan hy dr memotivasi orang lain
    tetapi habis baca motivasi harusnya terus aksi
    lebih seneng baca status motivasi atau nasehat
    dr pd statusnya galau atau mencak2 gak karuan,
    kaya buang sampah di depan orang (gak sopan bgt)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sering misuh misuh di blog, berarti gak suka ya..?
      maap hiks...

      Hapus
    2. kalau di blog suka ya baca gak suka ya gak baca
      kalau di fesbuk lempar apa aja juga kebaca orang di beranda
      dimaafkan ..hehehe

      Hapus
    3. pemaap inih, besok misuh misuh lagi aaah...
      *ga baca tapi tahu lagi misuh ya..?

      Hapus
  17. Motivasi itu perlu. Namun jangan terlalu sibuk sampai lupa melangkah

    Setuju ...
    Dan asal tau saja ... "Para Motivator" itu ... menangguk banyak rupiah dari komoditi kata-kata yang banyak dibutuhkan oleh sementara orang ...
    hiburan sesaat ... teriak-teriak ... super ... semangat pagi ... na na nu nu ...
    keluar dari ruang session ... plonga-plongo lagi ...

    Hidup ternyata tidak semudah apa kata sang motivator zuper itu ... hehehe

    salam saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. atau mereka jadi motivator karena memang tak punya kemampuan lain selain merangkai kata kali ya, om..?

      eh tapi untuk bisa seperti itu juga pastinya butuh perjuangan panjang ya...?

      Hapus
  18. Suka banget sama perumpamaan tentang lampunya =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gitu diganti lampu sein aja deh, biar merem melek mulu kerjaannya... :D

      Hapus
  19. Balasan
    1. # di korea banyak orang kreatif deh...

      Hapus
    2. salah satunya beliau juragan panci..

      Hapus
  20. saya ga suka baca motivasi
    tapi saya suka berpantun dan berpuisi
    karena disitu ada kelegaan hati
    dan semangat datang terinspirasi
    bahwa masing-masing diri
    berbeda cara dapat sukses rejeki
    dan terpenting yakin yang apa yang teringini
    pasti dapat tergenggam rapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka sekali sama komen mbak Anisayu .. keren kata2nya.
      Oya sikap mas Rawins tepat. Ada orang yg hobi ngoleksi buku motivasi tp gak bisa menerapkannya

      Hapus
    2. menurutku motivasi paling baik memang dari diri sendiri kok. belajar dari pengalaman orang lain boleh, tapi sebagai bahan pertimbangan saja dengan keputusan tetap dari diri kita.

      kayaknya sih gitu...

      Hapus
  21. motvasi memang sangat diperlukan biar kerja tambah kerja.. biar hidup tambah hidup... biar umur tambah umur... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang lebih bikin semangat mah emotisasi kali, mang :D

      Hapus
  22. lagi melalui masa2 sulit juga nih om,
    tapi aku mah lebih seneng baca novel aja daripada buku motivasi, nggak ngaruh soalnya hehhe... atau mending baca buku masakan, lebih menghibur, tapi jelas, bikin kantong tambah bolong, karena tiada hari tanpa memasak:D*curhattt....

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah aku juga mau punya istri yang suka baca buku masakan
      biar rada keren lah perbaikan gizi terus

      Hapus
    2. dengan restoran dimana2, kayaknya hari gini punya istri gak bisa masak pun gak maslah deh, yg penting punya duit xixixi, kalo sy mah, lain ceritanya... pengehmatan...:D

      Hapus
    3. hemat itu masak enak trus habis dimakan
      ga kaya di rumah masak dikit pun sering nyisa, anak anak ga mau makan...

      Hapus
  23. saya tidak pernah baca buku motivasi, ora mudeng.
    tapi kalau melangkah selalu gagal, karena perencanaan kurang matang.
    atau istilahnya setengah-setengah.
    wes itu thok masalahe, aslinya juga bisa menyelesaikan masalah dasar itu, tapi saya males mas,
    wes embuh lah males mas..
    hehehehe mumets

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan kaya aku, om
      selalu sibuk mikirin kerikil di ujung jempol makanya ga nyampe nyampe...

      Hapus
  24. Habis makan apa, Kang? Kok bijak bener hari ini... Mario teguh mah lewat dah

    BalasHapus
  25. motivasi sih enaknya datang dari dalam diri sendiri. dari dada. atau dari jantung tepatnya.

    BalasHapus
  26. Wah kitab Kamasutra yg mana nih? Hebat.. setahun bisa 2 biji....

    BalasHapus
  27. Quote of The Day
    You can't win if you not play a game - atlet gaple

    Paling seneng baca qoutenya.... Motivasisasi tanpa manipulasional...*Nyari kertu gaple

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gaple mania juga rupanya
      tar malem tak tunggu di pos ronda ya...

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena