30 September 2013

Sepeda Baru

#Bimbingan Orang Tua

Pusing anak-anak rebutan sepeda mulu, ibue putusin beli sepeda satu lagi buat si Ncip.

Tapi dasar Citra...
Tau adiknya mau dibelikan sepeda, si Ncit komplen ke ibue. Dikasih nasehat kalo dia sudah punya sepeda masih saja ngeyel, "Sepeda Tita buat De Encip aja, ibu..."

Tau si Ncit pinter nego atau adiknya kebetulan lagi berbaik hati. Nurut aja si Ncip ga pake komplen ketika mbaknya yang sibuk milih mainan. Sampe rumah, barulah keributan pecah. 

Dapat laporan gitu dari ibue, aku nelpon ke si Ncit mencoba kasih pengertian. "Sepeda barunya kasihin Dede, mbak. Kan Dede lagi ulang tahun..."

"Engga ah. De Ncip pulang taunnya besok ajah. Sekarang Tita dulu..."
"Lho, mbak kan ulang taunnya sudah kemarin..."
"Tita mau pulang taun lagi, ayah..."
"Mbak ulang taunnya masih lama. Besok pengin apa ayah beliin deh..."
"De Ncip aja yang pulang taunnya lama..."
"Mbak katanya anak manut, ga boleh gitu dong..."
"Anak manut dulu yang pulang taun, ayah..."




Kalo sudah keukeuh begini, ga bakalan bisa menang ngelawan tuh anak. Timbang rame, aku minta telponnya dikasihin ke Ncip. 

"Dede pake sepeda mbak dulu, ya..."
"Engga mau... Sepeda aku, ayah..."
"Heee, Dede anak pinter apa nakal..?"
"Nakal ajah..."
#Gubrak gedubrak gumbreeeng...

Disambung teriakan, jeritan dan tangisan diselingi suara ibue entah bagaimana ekspresinya...
Aku pun terdiam, menutup telepon lalu garuk-garuk kepala...


Intinya
Selamat Ulang tahun, Cipta...
Walau tak pernah dirayakan, namun selalu meriah tanpa kehadiran ayah
Kapan aku bisa selalu di tengah-tengah mereka ya..?

Quote of the day
Buah sukun jatuh tak jauh dari gendheng pancen makgrombyang bunyinya - Kancanya Pacul



81 comments:

  1. Ikutin mengaminkan dan mengucapakan selamat ulang tahun Cipta......

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak jadi anak nakal di amin i , hayooo

      Hapus
    2. Aku ga begitu peduli anak mau jadi baik atau nakal
      Mereka lebih aku arahkan belajar jujur dan mengerti bahwa setiap pilihan itu harus dipertanggungjawabkan, itu saja...

      Hapus
    3. Apapun namanya untuk anak, kita harus mengaminkan, Amiiin bukan berarti setuju anak kita akan menjadi nakal, namun kita bisa membarikan suatu kebebasan untuk dia tumbuh dan berkembang tetap dalam pengawasan orang tua. Toh nantinya mereka akan menemukan titik jenuh dan sardar dengan apa yang selama ini mereka perbuat.

      Hapus
    4. Betul banget apa kata pak Indra
      Kayaknya hampir semua orang berpikiran buat anak apa sih yang engga. Hanya saja perbedaan latar belakang orang tua membuat definisi dan batasa baik ini berbeda tiap orangnya.

      Payahnya yang jatuh kepadaku, anak menjadi nakal pun baik asalkan dilakukan secara bertanggungjawab. Karena yang aku lihat mendidik anak menjadi nurut itu mudah, namun bertanggungjawab atas nurutnya itu yang susah.

      Misalnya anak temen yang nurut aja disuruh masuk SMA padahal anak maunya ke SMK. Ketika orang tua nanya kenapa nilainya jelek. Si anak cuma jawab, orang ga minat ke SMA...

      Niat yang baik awal yang baik pula namun berakhir kurang baik karena anak tidak diajari bertanggungjawab...

      Sekedar contoh...

      Hapus
  2. "eeeeeeehhh Dede, selamat ulang tahun...yang nurut sama Ibu ya...Dede kan anak hebat, anak hebat kan bisa bantuin Ibu, pinter diajak kerja sama, dan sayang-sayang sama Mbak."

    Ncip...Bunda Zaki doakan, semoga tumbuh jadi anak sehat, soleh, patuh Ayah-Ibu dan cerdas...aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin,,,nah ini baru bener

      Hapus
    2. Secara konsep memang begitu, om
      Buat ibue Zaki, terima kasih ya...

      Hapus
    3. konsep kan harus di praktikkan, atau praktik yang berulang-ulang jadi teori ya ? hehehe

      Hapus
    4. Itu sih sama juga metode ilmiah kali kang Agus....... he,, he,, he,,,

      Hapus
    5. Saat masih diatas kertas, kita memang harus bikin konsep sebagus mungkin
      Namun pada saat eksekusi, situasi di lapangan musti dikompromikan juga.

      Sayangnya aku dibesarkan di lapangan. Ini sebabnya kenapa aku jarang bicara konsep dan lebih suka membicarakan hasil kompromi antara konsep dan fakta yang ada..

      Hapus
    6. top banget nih mas rawins...konsep yang di laksanaken di lapangan. jadinya beda banget

      Hapus
    7. Sekedar pengen bicara kenyataan, om
      Kalo nulis ucapannya Mario Teguh terus, bisa bikin lupa kalo hidup itu tak seindah konsep...

      Hapus
  3. sabar ya pak..
    ucapin selamat pulang taun aja dan tiup lilin sendiri di sana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga pernah ada acara tiup lilin, om
      Numpang lewat doang harinya :D

      Hapus
  4. padahal ayahnya ulang tahunnya tiap hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap hari pula harus makan makan

      Hapus
    2. Asal pulangnya jangan setiap tahun

      Hapus
    3. kalau kelamaan, nanti anak-anak manggilnya bukan ayah atau bapak lagi loh Kang. jadi Om.... he,, he,, he,,, piss ah......

      Hapus
    4. Hush...
      Tar ada yang ngambek loh, pak :D

      Hapus
  5. Selamat ulang tahun Ncip.. terus tumbuh jadi anak yang soleh dan pintar yaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bilang gitu ke anaknya, paling dijawab nakal ajah...
      Anak pinteeer... :D

      Hapus
  6. selamat ulang tahun cipta,,,,,,,


    nyuwun sukune mas,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau disundul juga kaya duren gak..?

      Hapus
  7. Selamat ulang tahun, Ncip.
    Daripada kadonya nanti buat rebutan, Om nda usah ngasih aja ya? hihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, om
      Kadonya buat bapaknya saja biar gak rebutan

      Hapus
    2. Kalau di tengah hutan naik sepeda nanti bisa nyusruk loh......

      Hapus
    3. Asal yang bagus gapapa. Tar dijual buat beli beras, hehe

      Hapus
  8. buah sukun memang mulus dan alus, lunyu pinter ngeles, hehehe
    top lah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngeles matematika apa basa indonesia om..?

      Hapus
    2. hehheee....ngeles sepeda baru

      Hapus
    3. Satu lagi kang Agus, kalau kang Rains ambil les bahasa Dayak juga tuh. Besok ajarin aku ya kang kalau ketemu. Asyik,,,,,,,

      Hapus
    4. hanyuruweh dan iwek itu yang saya pal pak indra, hehehe

      Hapus
    5. Sambil nyanyi dong...
      Iwek peyeeeek iwek peyek sego jagung...

      Hapus
  9. selamat ulang tahun ncip..semoga tambah pnter dan selalu diberikan kesehatan...aammiin.
    anak-anak yg cerdas, pada suka barang baru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga kaya bapaknya ya..?
      Anak anak udah lama ga juga bikin yang baru :D

      Hapus
  10. gubrak, rela jadi anak nakal ajah yah si Dede Ncip, heheheh

    selamat milad Dede Ncip, semoga makin pinter, jgn jadi anak nakal doong Dek ;)
    jadi anak shaleh dan berbakti ajah yaah, Amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha namanya juga anak kecil
      Usia 2 tahun memang masa pembentukan ego. Wajar kalo keakuannya menonjol...

      Hapus
  11. Selamat ulang taun, Ncip....

    Beliin sepedanya seorang satu atuh, kang, biar nggak berantem...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiah si eteh...
      Pan udah dibilang itu beli satu lagi..

      Hapus
  12. Walah Kang, Selamat ulang tahun Ncip. Mugi sehat terus dan semakin pinter ya Nak.. :)

    BalasHapus
  13. selamat ulang tahun Ncip... kakinya gemesin, mak ginuk ginuk gitu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok kakine sih
      Bapakne kali yang gemesin..?

      Hapus
  14. Hahaha... kebayang deh rasanya waktu mendengar jawaban anak-anak yg pinter itu.
    Langsung nyanyi lagu... If a man could be two places at one time I'll be with you....

    Met milat Ncip... Gantian ya sepedanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besok minta hadiah pintu kemana sajanya dora emon kali ya..?

      Hapus
  15. Selamat Ulang tahun, Cipta panjang umur,sehat selalu dan jadi anak yang pintar dan taat kepada agama,orang tua serta negara :)

    BalasHapus
  16. selamat ultah ncip,,
    minta ke ayah jangan cuma sepeda aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal jangan minta ibu, ajah...

      Hapus
  17. Selamat ulang tahun Cipta, semakin berkembang bersama kasih sayang Ayah Ibu dan Mbak Tita.
    Wah calon negosiator ulung nih mbak Tita.
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga tau tuh, bapaknya kalah mulu... :D

      Hapus
  18. Hihi... lucu-lucu ya anaknya... Pintar negosiasi juga, hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedanya anak sekarang dengan dulu

      Hapus
  19. selamat ulang tahun ya buat Ncip ganteng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gini, bapaknya juga mau dong ulang taun..?

      Hapus
  20. seruu banget mas..:)

    BalasHapus
  21. met ulta ya dede...
    tante doakan semoga menjadi anak yang sholehah dan selalu dibanggakan... amiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu dibanggakan dong, sama bapaknya...

      Hapus
  22. Selamat ulang tahun Ncip,...

    kata sayah mah mas biar dua duanya di belikan sepeda baru lagi aja hehehe

    BalasHapus
  23. perasaan baru kemaren ulang taun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ulang taune tiap hari kok.. :D

      Hapus
    2. Jiahhh koq tiap hari Mas, Ultahnya...

      Hapus
    3. Ga tau tuh si neng tia
      Pengen ditraktir mulu kali... :D

      Hapus
  24. hallo ncip, lain kali minta ultahnya tiap hari sama ayah ya...xixiix..
    barakalloh nak, sampe kaget nih si tante, udah bisa maen sepedahan lagi..padahal dl inget aja waktu bapakmu grasak grusuk mau mudik dapet kabar ncip mau lahir hehehhe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita memang sering tak menyadari kalo waktu berjalan begitu cepat. Perasaan baru kemarin bikin tuh anak, tau tau udah bisa komplen minta adek lagi...

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena