13 September 2013

Perempuan di Kiri

#Bimbingan Orang Tua

Kemajemukan pola pikir manusia memang selalu menghasilkan wacana menarik untuk dibahas. Salah satunya hasil obrolan dengan teman yang begitu sensitif dengan istilah kanan dan kiri. Pendapat yang baik dalam banyak hal, namun kebablasan dalam beberapa kasus.

Ngomongin itu, aku jadi ingat obrolan beberapa tahun lalu dengan seorang aktifis LSM perempuan di Jogja.

Waktu itu lagi di Malioboro cari tempat parkir. Melaju pelan banget karena ada ibu-ibu menuntun anaknya. Takut terserempet aku bilang gini, "anaknya jangan di sebelah kanan dong, bu..."

Si ibunya cuek, eh temen di sebelah yang kemudian bicara panjang lebar tentang tata krama Indonesia katanya tidak adil buat cewek. Cuma urusan jalan kaki saja, perempuan musti di sebelah kiri laki-laki. Padahal kiri itu identik dengan hal yang kurang baik.
#Ah elah...

Aku bilang cowok di sebelah kanan itu merupakan bentuk penghargaan laki-laki kepada perempuan, temanku belum juga bisa terima. Dia malah menunjuk dua orang bule di halaman benteng Vredebrug. "Lihat contoh orang yang sudah berpikir modern. Cewek di sebelah kanan tak dipermasalahkan..."

Aku jawab, "elu aja otaknya pendek. Cowok bule jalan di sebelah kiri itu karena kebawa kebiasaan di negaranya. Di sana mobil pake setir kiri, non..."

Malah manyun
"Jangan suka belokin pembicaraan dong. Apa urusannya jalan kaki sama setir mobil..."

Tarik nafas panjang dulu, lalu coba terangin pelan-pelan. "Di Indonesia Raya, kendaraan itu musti pake lajur kiri. Makanya, anak-anak atau cewek sebaiknya berjalan di sebelah kiri orang tua atau cowoknya. Maksudnya, andai kata amit-amit ada mobil nyelonong ke trotoar, mereka berada di posisi yang lebih aman. Jadi bukan sekedar kanan kiri dalam arti konotasi. Mau kanan mau kiri bebas saja, tapi laki-laki sebaiknya ambil posisi yang dekat jalur kendaraan. Getoooh..."
#Hening...

Repot juga punya teman aktifis gender
Untungnya belom kawin dia, eh nikah ding...
Kalo sudah, mungkin tak cuma bahas kanan kiri doang. 
Bisa melebar kemana-mana sampai ke posisi atas bawah segala...


Intinya
Berfilosofi itu bagus. 
Namun sebaiknya tidak kebablasan sampai melupakan logika dan realita di depan mata...
*kayaknya sih gitu...


75 comments:

  1. madu di tangan kiri racun di tangan kanan bukan mas eheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya sih memang betul begitu mas, contohnya kalau pengen punya anak cewek naiknya harus dari sebelah kiri, terus kalau pengen punya anak cowok naiknya harus sebelah kanan... hehehe ndak nyambung ...

      Hapus
    2. wah Mamang bahasan-nya semakin luas ya...

      Hapus
    3. beneran apa hoax tuh, mang...
      kalo naiknya dari atas atau bawah, gimana tar jadinya..?
      hiks...

      Hapus
    4. kalau naiknya sebelah kiri itu gimana mang lak nyerempet doang, yang benar kan depan belakang, eh....

      Hapus
    5. disawang wae malah apik dadine

      Hapus
    6. wah yang gelar tiker disini udah rame
      si mamang malah ga tanggung jawab nih

      Hapus
  2. duh, jadi ingat pernah diseberangkan jalan sama seseorang...saya digandengnya di sebelah kiri...giliran sampai di lajur yang berlawanan, saya dipindahnya di sebelah kanan

    sampai kebiasaan inipunsaya bawa ke anak saya, kalau nyeberang jalan selalu saya gandeng di sebelah kiri saya, biar aman tentunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semestinya emang begitu bu. apalagi kalo anaknya suka pecicilan kaya ncit dan ncip. udah digandeng pun suka maksa lepas maunya lari lari sendiri. padahal suka selanang selonong ga liat kiri kanan...

      Hapus
    2. nah ini baru bener, sepakat untuk kedua mempelai, eh kedua sahabat saya ini

      Hapus
    3. luwih bahaya lagi kalo sewedhok

      Hapus
    4. mempelai sewedok tuh gimana sih..?

      Hapus
  3. wah, itu memang adat dari negeri kita mas,
    kan bermanfaat juga,
    kodratnya laki yang lindungin perempuan,

    salam kenal
    ajibondhankottama.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, om...
      walau kenyataannya banyak laki laki yang numpang hidup di ketek perempuan

      Hapus
    2. #njedhug.. terhenyak

      kira-kira ada contoh samplenya nggak, kang?

      Hapus
    3. biasanya yang berambut tebal

      Hapus
    4. coba aja jalan-jalan ke daerah pengekspor tkw
      banyak suami suami yang ongkang kaki nunggu kiriman dari istrinya

      Hapus
    5. wah blognya udah domain .com
      boleh tau caranya gk ya ?? hehe,,.

      Hapus
    6. ketik aja di kotak pencarian di atas
      seting domain com di blogger

      Hapus
  4. Jane ki ngrembug anak di kiri atau perempuan di kiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pemicunya anak, bu...
      tapi berhubung temen itu aktifis gender, ga tau kenapa malah ceramah tentang perempuan di kiri...

      Hapus
    2. gender ki sak jane mek menange dewe

      Hapus
    3. gender-uwo nah itu baru nakutin...hehehe

      Hapus
    4. gender-uwo berarti kakaknya gender-lik ya..?

      Hapus
  5. baru tau loh mas filosofi mlaku nang jalan raya? pantesan kalo jalan2 di gandengnya sebelah kiri....

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya kalo digandeng di belakang, tar dikira truk.. :D

      Hapus
  6. Gak ngerti maksud-e pak, keduwuran omongane..

    sing pasti sih kalau makan itu pakai tangan kanan, kalau makan pakai tangan kiri itu kayak cara makan setan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal ga cerita tentang panjat pinang...

      maksudnya temenku itu berasumsi kalo kiri itu kurang baik, makanya komplen dibilang cewek kalo jalan sama cowok semestinya di sebelah kiri. padahal ini bukan tentang itu, melainkan tentang keamanan doang...

      Hapus
  7. Wujud perlindungan eaa lek..

    BalasHapus
  8. waw sampe kesana ya mikirnya.. hmm.. saya sepakat aja dg logika sederhananya yg tadi, kalo di sebelah kiri berarti yg kena motor nyelonong ya yang lebih deket ke jalan...

    mungkin belajar filosofi bisa bikin orang banyak pikiran juga mungkin ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. logika dan filsafat sama sama diperlukan, dek
      yang penting seimbang jangan berat sebelah...

      Hapus
  9. kalau depan belakang gimana jadinya ya? kan asik

    BalasHapus
    Balasan
    1. depan belakang nggak asik, soale make bemper

      Hapus
    2. Kalau depannya tempbok, nanti mukanya bengep Kang !

      Hapus
    3. harap maklum
      om agus kan sukanya sepur sepuran...

      Hapus
  10. ikut nyimak aja sob,,,
    besok bahas atas bawah atau maju mundur??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung ceritanya
      kalo nanam bibit padi berarti dari atas ke bawah tapi sambil mundur

      Hapus
  11. Begitu itu aktivis gender ... suka kebablasan, aneh dan gak logis. Sy sependapat sama semua yang dibilang mas Rawin di tulisan ini ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya pola pikir mereka itu baik. cuma kadang kebablasan saja. kalo sudah bilang kebablasan, apapun itu pasti kurang baik, bu...

      Hapus
  12. kalo jalan berduaan perempuan semua, gimana kang?

    masih berlaku sistem lajur kanan lajur kiri nggak?wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dua duanya cewek cakep, bilang aku aja biar tak temenin
      tapi aku ditengah ya...

      Hapus
  13. setuju, setuju, dan setuju ama kang raw. soalnya aku pernah ketir-ketir hampir menyerempet anak kecil gara2 ada ibu nggandeng anaknya di sebelah kanan. si anak, meskipun digandeng, tiba2 melompat ke sisi kanan (arah jalan raya). otomatis saja aku dan beberapa pengendara di dekatku langsung terkejut dan ngerem mendadak.. eeh si ibu langsung ngomel2 nyalahin kami. ada satu pengendara yg nggak terima ingin ngegampar tuh ibu tp untungnya dicegah ama orang2. bweuhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu yang sering dilakukan anak-anak. ditaruh di kiri saja kadang lompat ke kanan, apalagi di kanan.

      Hapus
  14. kira-kira di Indonesia lebih banyak belokan ke kanan atau ke kiri mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih banyak yang suka ke atas dan ke bawah, om...

      Hapus
  15. masalah gandeng anak atau pasangan di sebelah kiri itu menurutku penting banget. Terutama sama anak ya

    di rumahku dulu, kaya tradisi gitu lho Kang....orang gak yang muda gak yang tua, kaya turun termurun gitu, gandeng anak di sebelah kanan sambil jalan sante kaya jalan itu pekarangan rumah aja. Gitu ya kalau misalnya amit2 ada yang nyerempet, sekampung langsung ngeroyok. Padahal itu jalanan emang sempit, eh warganya...ya begitu itu....amit2 deh! untung udah pindah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kok keren amat tuh warga kampungnya
      emang tinggal di komplek perumahan bonek ya..?

      Hapus
  16. saya pun seperti itu pak.. kalau gandeng adek saya , adek saya selalu di simpan di kiri.. biar gak ke srepet kendaraan yang ugal-galan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarpun cowok di kanan, ya jangan pake kesrempet lah... :D

      Hapus
  17. beneran saya suka jengkel kalau liat ada orang tua yang nuntut anaknya salah, bagusnya lain kali jangan dibilangin kang, tapi diserempet dikit doang nyerempetnya jangan sampe luka babak belur....abis gituh baru dibilangin nuntun anak itu harus pada posisi dilindungi....paham re'

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak usah capek-capek teori, langsung prakteknya ya Pak Ci...kejam deh...

      Hapus
    2. Mas Lembu... gua suka gaya loe... #sok betawi

      Hapus
    3. si mamang mah emang suka disrempet
      buktinya kemaren pas aku disana. ada ibu-ibu yang terkesima liat mang lembu di pinggir jalan sampe hampir nyebur selokan...

      Hapus
  18. Kalau di atas berarti di gendong ya Kang ?

    BalasHapus
  19. Kalau saya masih memegang erat kebiasaan itu. Bahkan ketika anak saya sudah besar dan saya menikah dengan ibuknya juga sudah lama, tapi tiap kali jalan bareng, saya selalunya yang di paling kanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga banyak orang yang sepemikiran dengan pak mars ya...

      Hapus
  20. Suamisaya concern sekali dengan hal ini. Dan itu diajarkan di anak-anak. Sulung saya sudah menerapkan juga kebiasaan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jangan jangan cuma temen aku doang yang pemikirannya sesat tuh
      heheh...

      Hapus
  21. kalo bicara sama aktifis gender itu mang kadang nyebelin ya kang...bahkan kadang mereka kemakan kata2nya sendiri, eh masih juga ngotot n ga mau kalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. idealis itu bagus asalkan tidak kebablasan. repot kalo udah ketemu temen yang begitu. ngeyelan dan susah menerima pendapat yang berbeda

      Hapus
  22. megawati sempat dipasang di kanan gambar garuda malah

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena beliau tak suka burung kali... :D

      Hapus
  23. repot juga ya kalau ada yang idealisme nya sampai akut begitu dah salah tidak mau ngalah lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga salah sih, om
      hanya sedikit kepleset dalam persepsi. selebihnya, sik asik aja kok

      Hapus
  24. Betul mas, itu seharusnya pelajaran yg diajarin di sekolah, kalo bawa anak2 utamanya, jangan ditaro disebelah kanan, kalo kepepet angkot nyasar ato ojek mabok kan bahaya... sayngnya masyarakat blm ngerti soal itu, padahal hal tsb merupakan pelajaran sosial yang mendasar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak hanya di jalan sebenarnya
      di tempat tidur pun kalo masih nyampur, anak-anak tidak di taruh di pinggir. tar masuk kolong, hehe...

      Hapus
    2. masalahnya kaasurku gak ada kolongnya...:D

      Hapus
  25. sy kalo jalan di samping suami gak pernah kepikiran lg di sebalah kiri atau kanan, ya? pokoknya jalan ya jalan aja. Malah kadang sering ditinggal krn jalan sy lebih lama hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mah kebiasaan ibu ibu kali
      kalo jalan didepan toko suka lambat banget :D

      Hapus
  26. Kalo soal jabat tangan... kenapa harus tangan kanan ya? lha wong tangan kiri jg ciptaan-Nya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. aslinya jabat tangan itu pake dua tangan, bang
      sejak jaman romawi berubah jadi satu tangan. kenapa tangan kanan, karena romawi menganut lalu lintas lajur kiri. kalo pake tangan kiri repot musti pindah jalur dulu...
      *mungkin... :D

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena