03 September 2013

Bangun Tidur

#Bimbingan Orang Tua

bangun tidur kuterus mandi...
tidak lupa menggosok gigi...

Seremonial pagi yang ditanamkan sejak kecil, namun sudah mulai lenyap ditelan jaman. Buktinya si Ncip kalo disuruh melanjutkan lagu, "bangun tidur kuterus...?"
"makaaaaan...." begitu jawabannya.

Itupun tidak kompak walau sama-sama ditanyakan ke anak-anak. Karena sepupunya yang di kampung bakal protes dan tereak, "manciiiing...."

Agak parah mungkin yang aku baca di web berita pagi ini. Bangun tidur terus mati. Sudah tahu tidur dengan istri orang, bangunnya pake acara kesiangan.


Aku sendiri sendiri punya rutinitas yang melenceng dari pakem. Biar habis subuh baru tidur, tiap jam 6 atau 7 musti bangun buka laptop untuk cek kondisi jaringan dan server. Kalo semua dalam posisi aman, langsung tarik selimut melanjutkan mimpi.

Bila ada masalah, kemungkinannya jadi dua macam. Pertama langsung mandi, pake seragam sarapan, baru cabut. Ini terjadi bila gangguannya mengharuskan aku ketemu orang-orang kantoran.

Tipe kedua, ga pake mandi langsung ambil peralatan tempur dan siap-siap mandi keringat. Setelah kerjaan beres baru puas-puasin mandi.


Wacana bangun tidur ini sempat memunculkan anekdot berbau rasial. Sebuah tebak-tebakan yang berbunyi, "kenapa cewek Sunda lebih banyak yang cakep daripada cewek Jawa..?"

Katanya, "cewek Jawa bangun tidur yang dicari sapu, kalo cewek Sunda nyari cermin..."
Halah...

Ada pula petuah lama yang mengatakan, "kalo mau tahu cewek itu cakep beneran apa engga, lihatlah pas dia bangun tidur."

Aku justru kurang sependapat dengan yang itu. Masa mau ambil keputusan jadian apa engga musti bertamu subuh-subuh. Ga ditangkep hansip saja sudah untung. Lagian menurutku, cewek terlihat cakep apa engga lebih penting sebelum tidur daripada bangun tidur.
#Sambit panci...

Bagaimana bangun tidur anda...?


Intinya
Apapun rutinitas pagiku, asalkan masih rutin bangun berarti kehidupanku masih dalam kategori normal...



89 comments:

  1. bangun tidur ku terus masak, nyuci baju, siapkan sarapan buat suami, mandiin anak, nyuapi, sarapan, ngeblog............dan jeng jeng, seseorang petugas mengetuk pintu...
    "permisi..."
    "iya, ada apa?"
    "ini, undangan untuk ikut pemilihan gubernur besok pagi, mohon tanda tangan..."
    gandrik........saya malah nggak tau kalau Riau juga pemilihan gubernur......cagub dan cawagubnya saja nggak ngerti.....dari mana mereka tau data saya+suami, padahal ktp saya masih jogja, sedang e ktp pun belum punya..................dari management perusahaan kah? mbuh lah...mungkin saya akan golput, nggak kenal, nggak ngerti, bahkan saya nggak tau kalau pilkada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. numpang pertamax biar terkenal dan populer. ^_^

      Hapus
    2. hehehe...
      semoga barokah mbak..top banget

      Hapus
    3. wah itu penyelewengan, bu...
      daftar pemilih itu berdasarkan ktp, bukan tempat tinggal. ga tau kalo sekarang ketentuannya beda. apa mungkin sudah bikin ktp musiman, bu...

      Hapus
    4. KTP musiman pun kami nggak punya, dulu di Jambi memang punya KTP musiman, tapi sejak 3 tahun di sini sama sekali kami nggak pernah bikin, bahkan berurusan dengan bagiankependudukan pun enggak...

      Hapus
    5. di luar jawa penduduk masih jarang kali ya
      makanya pendatang tak terdaftar belum jadi masalah ga kaya di jogja. apalagi jakarta sampe di razia segala.

      jadi inget kalo habis lebaran ke jakarta naik kereta ekonomi, di stasiun pasti ada razia ktp. pake ditanya ini itu segala dikiranya mau cari kerja disana. padahal iya...

      Hapus
    6. mungkin kasusnya beda kalau kami tinggal di luar komplek karyawan Pak...seperti dulu di Jambi, kami beberapa kali disuruh untuk segera bikin KTP sementara (atau KTP musiman ya???), tapi di sini tidak, karyawan2 yang tinggal di mess bertahun-tahun pun juga tidak harus ber KTP sini. mungkin setelah sekian tahun ingin menetap atau beli kendaraan plat BM, baru bikin KTP sini.

      Hapus
    7. ga ngerti juga sih aturan tentang ktp. cuma denger-denger beberapa tahun lalu kan diberlakukan ktp nasional yang katanya ga perlu bikin ktp disana sini.

      tapi mbuh gimana.
      pak lurah cilembu mungkin bisa terangin...

      Hapus
    8. nggak kenal calon gubernurnya, yang pentik kaosnya di terima hehe

      Hapus
    9. haha si mamang mulai
      kirain ga kenal gapapa asal tar kebagian proyeknya

      Hapus
  2. bangun tidur ku terus bikin postingan heheh...
    setuju banget kang, yang penting masih bisa bangun, dengan normal tentunya :D
    biar badan habis karena kerja, yg penting semangat kita tidaaakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat kerja menyala terus ya, om..?
      mentang mentang tanggal muda, hehe

      Hapus
  3. Bersyukur masih diberi kesempatan bangun di pagi hari :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal aku lebih sering bangun kesiangan...

      Hapus
  4. Bangun tidur biasanya saya langsung buka kulkas
    Sikat brownies sama segelas SUSU coklat.
    Keren kan. Bau jigong tapi tetap okehhhhhhhhhhhh

    hueeeeeeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Asep kayak BULE, sarapannya roti dan susu-----BULEpotan brownies---hehehe

      Hapus
    2. aku ga bisa makan kalo baru bangun
      musti minum air putih dulu segelas, tunggu beberapa saat baru perut siap tempur. ga tau kenapa tuh...

      Hapus
    3. Ada yang eror di usus perutnya mas Rawins
      cuma periksa ke Bengkel

      Hapus
    4. kebiasaan dari kecil kali pak. setiap mau tidur selalu siapin air putih. jadi begitu bangun, pasti minum dulu

      Hapus
  5. bangun tidur ku terus umbah-umbah, hore...........
    bangun tidur kan jam 03.45 WIB langsung candak kumbahan nyunyu, baru mandi berangkat ke tasiun.
    laporan selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. suami teladan...
      kalo aku cewek, bakalan tak pelet dikau, om
      hahaha hoeeeks...

      Hapus
    2. mas agus sudah terpelet mbak nia kang

      Hapus
    3. emang mbak nia suka melet melet yo..?

      Hapus
    4. baik saya maupun istri saya saling melet, atau adu mulut..huh......

      Hapus
    5. Adu mulut maksudnya ciuman gitu?
      wah biki rusuh jomblowan jomblowati tuh

      Hapus
    6. haha pak asep emang keren...
      kalo begitu tatap muka artinya jedotan dong..?

      Hapus
  6. baru tidur setelah subuh kemudian jam tujuh sudah bangun lagi, tidurnya berapa jam mas, memang nggak ada yang protes ya mas hehe.... kasihan ibuke si Ncip

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo kalo di rumah beda lagi jadwalnya
      asal anak anak sudah tidur pasti buruan nyusul. dan pagi pagi sebelum subuh sudah bangun lagi...
      *nambah

      Hapus
    2. kramas e kapan ?iso lemes dengkule

      Hapus
    3. kramas itu ya sambil mandi om
      masa sambil makan..?

      Hapus
  7. bangun tidur ku buka HP, cek whatsapp dan notif lainnya :-p

    BalasHapus
  8. bangun tidur, minum segelas air, kalo istri masih tidur langsung ditiduri eh dibanguni maksudnya......hahahhahaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kebiasaan kita sama dong
      bangun tidur minum air putih dulu sebelum yang lain lain

      Hapus
  9. memang bener kok mas, orang cakep juga kalo lagi tidur sih jelek hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mah kalo liat orang tidur suka kesian, bukan malah keliatan jelek..malah seneng liatin orang tidur...

      */asal ga tidur selamanya

      Hapus
    2. Betul malah bisa tidur sambil tersenyum

      Hapus
    3. nah lho...
      mana yang bener berarti..?

      Hapus
  10. Hihi dari tidur topiknya jd panjang gini.. bangun tidur biasanya ceria atau sedih arena mengingat beban msalah yg hanya bs terlupakan saat tidur wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. jurnal ngaco ya begini pak buku...
      bisa ngacir kemana mana ga jelas juntrungannya

      Hapus
  11. kalau bangun tidur masih ada yg bangun berarti amaan, dan kehidupanku berarti masih normaal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yang bangun tuh artinya masih ada orang lain melek gitu..?

      Hapus
  12. setelah membaca dari a sampe z, aku bisa menyimpulkan bahwa ternyata cermin bisa membuat wanita lebih cakep, bagaimana cara kerja dan SOP-nya, hanya wanita itulah yang tahu......atau ada juga yang merasa tahu......

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha itu rahasia wanita pak
      buat kaum kita kayaknya susah untuk memahami

      Hapus
  13. aku nggak tidur tadi malem mas, jadi aku nggak tahu bangun tidurnya kapan, haha

    BalasHapus
  14. saya bangun tidur pasti pagi hari.
    jawaban sopan kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. beliau bobo siang pun bangunnya pagi kok...

      Hapus
    2. macet kan di jalan kang... kalau ditempat tidur ya ndak macet lah

      Hapus
    3. kalo macet di tempat tidur, itu namanya vaginoplasti mang...

      Hapus
  15. Kalau saya bangun pagi selalu mengucap syukur karena masih diberikan nafas kehidupan dan bisa bangun pagi lagi seperti biasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini yang bener
      tak pernah lepas dari berdoa kan, pak..?

      Hapus
    2. kalau saya bangun tidur terus ngantri di jamban... hadeuuh

      Hapus
    3. kenapa ga siapin kantong keresek tiap mau tidur..?
      haha

      Hapus
  16. Bangung tidur tidur lagi...kata mbah surip. cukup sampai disini komentnya, kalau masalah gadis atau cewek cakep maaf aku belum cukup umur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masih kurang buruan beli lagi om
      tar keburu habis loh, hehe

      Hapus
  17. "ayah bangun tidurnya kaya artis"...itu yang sering terdengar setiap bangun tidur....
    (maksudnya....artiskan banyak kerja malem, jadi bangunnya siang....gituh maksud si ibu mah...)
    #seolah-olah metallica

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang artis apa yang kerjanya malem mulu..?
      wonder woman atau etty omen..?

      Hapus
    2. kalong berarti artis ya kang

      Hapus
  18. Ih, sapa bilang cewek sunda bangun tidur cari cermin. Aku bangun tidur selalu cari sendal trus cari wc buat pipis

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha si euceu...
      namanya juga anekdot. ga selamanya benar tapi rame diperbincangan...

      Hapus
    2. yang bener cewek sunda bangun tidur terus nyanyi di kamar mandi...

      Hapus
    3. masa sih..?
      aplut yutub atuh mang

      Hapus
  19. bangun tidur ambil handuk terus buka laptop dan buat postingan, buat status di fb... baru tidur lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya antri di jamban
      buka laptopnya sambil antri kah..?

      Hapus
  20. Balasan
    1. asal mau tidurnya merem melek..

      Hapus
  21. Pipisnya sambil bawa cermin keciil..

    BalasHapus
  22. tak punya rutinitas pasti, kebiasaan berubah-ubah, yang paling sering bangun tidur terus ke kamar mandi he.he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak lupa menggosok gigi kan..?

      Hapus
  23. Kalau saya setelah bangun tidur, cuci muka dan gosok gigi, sholat, bantuin ortu masak :D Dah getu aja :D

    BalasHapus
  24. kenapa cewek sunda kenayakan janda kl cewek jawa takut jd janda?! silahkan anda jawab !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih..?
      aku malah ga punya datanya

      Hapus
  25. aku seperti halnya kebanyakan orang sunda mas, ngaca...
    *siul2 kalem..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa aku ga jadi orang sunda ya..?
      *biar rajin ngaca

      Hapus
    2. kasian kaca nya..
      lha jadi orang jawa aja kacanya ditempelin depan mata*lirik PP..

      Hapus
    3. da sayang atuh tar liat orang sunda jadi kelihatan burem :D

      Hapus
    4. gak kuapok apa ma yg dulu2...masih lirik2 juga...
      *ngaciiir

      Hapus
  26. Kalo saya sudah bersyukur banget masih dikasih waktu untuk bangun lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. plus masih ada yang ikutan bangun
      betul..?

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena