02 Agustus 2013

Kurang Kerjaan

#Dewasa

Kurang kerjaan..?
Kayaknya lik Zach yang akan bersorak gembira mendengar kalimat itu. Namun ku akui memang begitulah adanya...

Aku seringkali malas mikirin hal besar yang menyangkut hajat hidup orang banyak seperti politik ekonomi dan sejenisnya. Tapi kadang suka mengutak-atik hal sepele yang mungkin tak berguna bagi kemanusiaan, seperti misalnya fenomena alam...

Contoh kasus yang sejak lama mengusik pikiranku di waktu senggang adalah atmosfir. Seperti kita tahu, makin tinggi posisi dari permukaan laut semakin dingin suhunya. Padahal sesuai logika, makin ke atas itu makin mendekati matahari sebagai sumber panas.

Trus waktu SD...
Di pelajaran IPA ada penjelasan tentang udara panas akan naik dan udara dingin bergerak turun. Dasar teori ini dalam prakteknya dibuktikan dengan balon udara yang bisa mengapung setelah diisi udara panas.

Pertanyaannya kembali ke pernyataan pertama tadi. Kenapa di atmosfir, udara panas justru di permukaan bumi dan yang dingin malah diatas..? Mengapa tidak nyambung dengan teori balon udara tadi..?

Menurutku ini unik...
Beda dengan fenomena lain yang sama anehnya tapi tak sampai menganjal pikiran. Misalnya, saat kedinginan secara teori manusia akan menghangatkan diri dengan membungkus tubuh pakai selimut atau pakaian tebal. Kenyataannya setiap pulang cuti aku malah suka melakukan hal sebaliknya saat mencari kehangatan...
#sampluk panci...

Kira-kira begitu kegiatanku membuang-buang energi untuk hal tak berguna

Tapi suer
Itu asik buatku
#ketimbang ngalamun saru...


Intinya
Begitulah contoh kasus dari kekurangkerjaanku. Dan aku terlalu goblok tak mau menutup masalah dengan kata kuasa Tuhan atau wallahu'alam...


56 comments:

  1. ye ye ye ....belum baca, tunggu dulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, atmosphere...bukan blogsphere.
      saat zaki tanya, "bunda, sampai mana sih langitnya? kok di rumah uti (mbah) ada langit, di rumah aki juga ada langit? kan kita kalau naik pesawat, bisa di dalam awan..."
      pertanyaan yang keduanya kurang nyambung, tapi menggelitik.

      nah, kalau sudah hal kayak gini, musti mau belajar lagi, sebenarnya bukan belajar nya, tapi berfikirnya, setelah berfikir baru belajar ...baru mencari cara gimana menyampaikan...

      cara menyampaikan yang susah....

      Hapus
    2. memang susah jadi Mbak Khusna koq.
      enakan jadi Kang Pacul.
      ehh, kebalik ya?

      Hapus
    3. kalau kebalik nanti repot mas

      Hapus
    4. minimal itu modal bagus buat zaki
      dari rasa ingin tahu itu bisa dipupuk biar rajin mencari jawaban. tak perlu takut jadi nyleneh, mempertanyakan sesuatu yang sudah dianggap baku. toh semua ilmuwan besar bahkan nabi saja sering dibilang orang gila diawal menyampaikan ajarannya

      Hapus
  2. kali ini ikutan belajar IPA disini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya pelajaran PKK, Mbak.
      Kang Raw ini akan memasak nasi di atas tower.

      Hapus
    2. kalo bulan puasa gini yang pantes jadi guru cuma lik zach
      tausyahnya bikin adem...

      Hapus
  3. jadi ceritanya balon mendekati matahari untuk mencari kehangatan?
    kenapa yang sering diceritakan soal kehanganatan itu rembulan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal malam kan dingin

      Hapus
    2. itu karena terinspirasi lagu dangdut
      dirimu bagaikan rembulan huwoo huwooo

      Hapus
  4. saiki musim bediding kang, dadine ademee poll...*ora nyambung ben wae

    BalasHapus
    Balasan
    1. usume randu kembang, asem mladaki, pelem kembang

      Hapus
    2. lha kuwi sing marak'e adem tenan, sampai ndemok banyu we wegah kog..hehee

      Hapus
    3. kayak di kutub utara ya mbak

      Hapus
    4. kalo di sini lagi musim anjing kawin
      saling berkaitan ya..?

      Hapus
  5. lek jare pepatah semakin tinggi derajat orang, semakin tinggi angin yang menerpa, dadi wong sukses iku sering masuk angin heheheh..

    ngene lho kamsute pepatah maeng.. pepatahe kui wes gowo kebenaran di alam ini. buktine, lek layangan tambah munggah tambah kuat mumbule.. soale angine akeh.

    lha kenopo nang ndukur kok adem padahal onok matahari. yo podo ae, knopo banyu ndukure thok sing panas lek wes nyelem kok adem... eh tanya kenopo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wong nek sering nok ndukur terus kuwi artine wong golek signal

      Hapus
    2. berarti yang gemar kentut itu salah satu ciri orang sukses ya..?

      memang banyak bahan pertanyaan yang sulit dijawab dengan teori yang ada. namun itu bukan suatu kesalahan karena semua memang bertahap.

      mau berpikir secara logika tetap lebih baik ketimbang menganggap sesuatu yang belum diketaui sebagai klenik, kerjaan setan atau malah dihentikan dengan kata kuasa tuhan...

      Hapus
  6. ngalamun saru itu yo enak lho mas, karena hanya Tuhan dan kita yang tau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu identik dengan persahabatan yang sama dengan kita pipis di celana. karena hanya kita yang bisa merasakan kehangatannya...

      Hapus
  7. sepertinya yang dibahas bukan pelajaran Fisika tapi pelajaran biologis, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tutup hidung ah, masih belum tau gituan sih

      Hapus
    2. ilmu kanuragan ...hehee

      Hapus
    3. nek salah kedaden iso gendeng

      Hapus
    4. sengaja dibahas
      karena yang suka mampir kemari semuanya warga dunia persilatan...

      Hapus
  8. lha jan jane iki aku yo kurang kerjoan, isuk isuk wes nggelar kerdus ngenteni sing parkir kok gak onok onok...mbuh lah aku dewe yo mumet ,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha nggone panas kog dadine ora do gelem parkit kang...mending mlaku wae...hehee

      Hapus
    2. kalo panas itu mendingan masuk kulkas...

      Hapus
  9. Ciee yg udah mau pulaang..

    langsung hajaar aja pak ntar pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak pake di panasi dulu, ah nanti pistonnya licet kabeh, malah oversize nanti, kemana coba ? masak suruh ngemut celeng

      Hapus
    2. masih lama, om
      setel kendo saja lah...

      Hapus
  10. Blog rawin's adalah blog faporit saya, apalagi saat menyampaikan kisah seru di bartim yg notabebe adalah kampung saya. Terus nyeloteh kang Rawin, salam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo orang bartim yah..?
      kalo mau informasi bartim mendingan pantengin blognya bung penho...

      Hapus
  11. memang kurang kerjaan... hem yang terakhir ngangetin pake apa ?? ngaku pak :D

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. Kyak wewe aja gentayangan..:)

      Hapus
    2. lagi penasaran kali, hehe

      Hapus
  13. Mas Rawins jago panjat2an ya Mas..?

    BalasHapus
  14. gara2 liat gambarnya, ra nyambung
    malah otakku yang ngga nyambung..
    apa hubungannya gambar dengan buka baju saat cuti..coba?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan bahas atmosfir atuh mang
      makanya pasang foto alat ukur cuaca
      mau pasang foto mang lembu cari kehangatan
      tar dikomplen sama lik zach...

      Hapus
  15. hahaha mempelajarinya cuma buang2 energi? gak juga ah.
    Menurut saya bermanfaat jadi bisa membuat postingan seperti ini. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih..?
      yasudah besok dilanjut saja kurang kerjaannya :D

      Hapus
  16. Harus ngulang pelajaran lagi nih ....

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali kali kan perlu refresing pak...

      Hapus
  17. iya setuju, kurang kerjaannya bermanfaat ko, saya nyimak blognya ini ^^

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena