20 Agustus 2013

Ke Cilembu

#Bimbingan Orang Tua

Indahnya Mudik #6

Acara tanpa acara dalam rangka mudik kali ini niatnya menjelajah Bandung selatan. Namun begitu keluar tol Buah Batu menuju selatan langsung disambut jalanan rusak. Mencoba cari alternatif lewat Majalaya, kondisinya bahkan lebih parah ketimbang jalanan Cilacap.

Baru balik kanan ganti tujuan ke Lembang, dari radio terdengar info kalo Cieumbeuleuit ke atas macet total. Jadilah belok ke timur menuju Cirebon. Karena sudah hampir malam, dekat alun-alun Sumedang aku putuskan cari penginepan.

Paginya kontak Mang Lembu mau nanya kondisi jalan alternatif ke arah timur kali aja beliau tau. Eh, malah dikasihnya rute ke Cilembu disertai ancaman wajib mampir. 

Ga ada niatan mampir-mampir tentunya persiapan oleh-oleh pun tak ada. Tengak tengok sepanjang jalan cari oleh-oleh adanya ubi Cilembu mulu. Ibue Ncip aku minta beli barang sekilo, malah nanya, "mang Lembu suka ubi apa engga..?"

Wis ah...
Lupakan oleh-oleh aku ngacir ke sana modal GPS tradisional alias nanya orang di jalan. Jebul mumetnya sama dengan pake GPS nya Defy waktu mudik kemarin. Nanya alamat pak Hadi malah ditunjukinnya rumah Haji Hadi yang di Lebak Jawa

Seperti biasa kalo nanya alamat terus mentok ga jelas, nama anak-anak biasanya jadi jurus ampuh. Ketika aku bilang Geo dan Troy, baru dapat jawaban benar, "Oooh, itu mah mas Adi. Juragan ubi yang dari Bekasi kan..?"




Aku cuma manggut-manggut ga jelas mencoba memahami kalo si Mamang tetua blogger bahenol nerkom, di kampungnya malah dipanggil Mas. Lik Zach bisa garuk-garuk pantat kalo tahu dirinya ternyata yang paling tua...
*sodorin pantat panci...

Faktanya si mamang bukan cuma masih muda. Ini bisa aku lihat saat main ke Pangjujugan, obyek wisata di desa Cilembu yang ada fasilitas outbond. Mang Lembu tak mau kalah dengan si Ncit dan Ncip. Anak-anak main ayunan, perosotan sampai ucang angge pun, si mamang ikutan nimbrung. Untungnya anak-anak sudah ga nenen lagi...
*ngemut sandal...




Namun beliau bisnisman ulung. Saat ngobrol tentang dunia usaha, semangatnya berapi-api bak pejuang 45. Ide-idenya begitu cerdas tanpa mau menghalalkan segala cara. Sudut pandangnya jauh kedepan dan wawasannya seluas kebun ubi yang terhampar di lereng gunung. Tapi ga tau daun ubi yang menghijau ikut go green di matanya apa enggak..?
*sampluk pacul...




Mang ubi juga sosok teladan di keluarga. Seorang ayah kebapakan yang bisa menjadi panutan dari caranya meramu kelembutan kasih sayang dan ketegasan dalam mendidik anak. Aku bisa lihat kok seperti apa anak istrinya begitu menghormati dan menyayangi beliau sepenuh hati. Hanya satu komplen dari bi Lembu yang sempat aku dengar, "ngerokok mulu susah berenti..."



Aku cuma bisa komen, "gausah dirokok aja atuh, bi..."
*siapin tutup panci...


Dan satu lagi...
Mang Lembu sangat peduli dengan potensi budaya lokal. Waktu nongkrong di alun-alun Tanjungsari, beliau sempat nunjukin bagaimana anak didiknya unjuk gigi. 




Tapi untuk yang ini, aku enggan komen. 
Kop lebok ah, haha...
*kabuuur...


Intinya
Mang Lembu dan keluarganya itu teramat menyenangkan, ramah, baik hati, tidak sombong dan gemar nanam ubi. Andai saja kemarin tidak harus buru-buru ke Banjar jemput keponakan baru, mungkin aku nginep disana sampe sediusirnya... :D



156 comments:

  1. Mantap ulasan kopdar dengan Kang Cilembu, kapan ya aku bisa kopdar sama kang Rawin ?.......

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhahahahhaa bisa dibayangkan jika Mas Rawins dan Kang Lembu kopdaran. Bukannya main "pedang" tapi yang jelas pesta pora cemilan Ubi CIlembu

      Hapus
    2. nah ubi cilembu kalau dibakar...asyik tuh kayaknya Kang

      Hapus
    3. hahahaha foto "Dua sejoli yang sedang dimabuk UBI" di hapus ya. Hahahaahahahhaahhaaa

      Hapus
    4. udah diobrolin kemarin
      desa cilembu punya tempat asik buat kumpul kumpul. adem sejuk dan kayaknya bisa dapat diskon abis abisan. plus bisa bakar bakaran ubi, gratis...

      Hapus
  2. Seru Kang jalan-jalane sampean. Sama kaya komen pertamax. Kapan ya bisa ketemu njenengan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai saja om
      biasanya kalo direncana malah ga jadi. ga pake rencana, tau tau njedul ketemu...

      Hapus
  3. Hihihi seneng ya? kaya ketemu temen lama .. :)

    BalasHapus
  4. jiah-elaa....muja muji....padahal mah mau bilang kalau dioleh2i ubi cilembunya cuman dikit...ngaku hayo ngaku.
    laporan ke kang zach ah :
    pas baru dateng, beliau langsung cerita : telponan sama kang zach kalau ternyata suaranya ditelpon ngga mecing sama tampangnya yang rok n roll...aku mbayangin kang zach kan penyanyi rok metal jago gitaran dan nyanyi...dus klw tampang dan suara ngga mecing gituh...emang bisa merdu gituh kalau kang zach nyanyi coba?

    tengkyu banget udah sudi mampir ke cilembu...maafkan kalau sambutannya ngga semeriah obrolan kita di blog, kaya ngimpi basah kang rawins bisa kesini, yang pasti ada sesuatu yang berkesan dan makjleb banget dari cara pandangnya terutama didunia per blog-an.

    ditunggu kabar kambing etawa nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah selalu membayangkan suara Pak Ci seperti suara Pak Dahlan Iskan, entah...tapi sepertinya begitu...

      Hapus
    2. om lembu... ini di daerah mana tah?
      *kali2 kalo deketan bisa dihibahi ubi*

      Hapus
    3. pasti mimpi basahnya kesampaian sesudah ketemu kang hadi....
      #nyari handuk

      Hapus
    4. KK..ho'oh mirip-mirip gituh kali y...mendingan pak Dahlan suaranya rada merdu sedikit.

      Ceu Ayu : sukabumi..blah sono dikit ceu

      bang har:...stok handuk hotelnya masih banyak kan?

      Hapus
    5. kalo kang rawin mau usaha kambing etawa, jangan-jangan nggak nongol susu etawanya, soale kewalahan sama si Ncit

      Hapus
    6. masak sih suara mas zach tidak merdu ?

      Hapus
    7. hihi...
      cilembu di sukabumi mah moal jadi om:P

      Hapus
    8. mas zach- nya belum kesini ya... pintu rumahnya di kunci terus.... teriak dimana nih sayah...

      Hapus
    9. saya hadiir.
      mau nyela dua orang di atas yang sekarang mendadak jadi kompak. kompak banget buat ngatain saya tua. biarin dah, ntar kalo ketemu mereka, bakalan saya ajak foto bareng. biar ketaua bahwa kita bertiga sama-sama tua. sekalian dah remuknya.

      Hapus
    10. Hadir.
      Hahhahahaha Kang Lembu dan Mas Rawins. Cam dua sejoli sedang dimabuk asrama eh asmara. Jangan jangan pada bikin Skandal

      Hapus
    11. selama kolom komentarnya masih digembok, kita sepakat memboykot kang zach...kita kecup basah rame-rame yu!!

      Hapus
    12. nah sono pada kecup basah Pak Zach rame-rame, tinggal saya ambil kamera dan "jepret"...hahaha

      Hapus
    13. kalo sudah ngalor ngidul begini, musti jawab gimana jal..?

      Hapus
    14. ck ck silet dijadiin cemilan

      Hapus
    15. ddaripada ngemil silit..?
      haha

      Hapus
    16. heheh ngemil kecil ya ... kalau yang besar ngemol

      Hapus
  5. Sip-sippp. Aq minta ubi juga boleh gk? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mau berapa kilo mas.... sekilo 12 ribu mas

      Hapus
    2. rugi bandar atuh, mang...
      dari juragannya udah 15 ribu mateng

      Hapus
  6. nah, ini maksudnya Pak Raw ngiming-ngimingi kta semua, betul?

    sudah saya duga, Pak Ci seperti yang digambarkan Pak Raw...mudi, semangat, inovatif dan berjiwa leadership yang handal...keren deh pokoknya. sukses selalu buat Pak Cilembu....!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. tumben pada muji-muji....ada apa coba?

      #tunggu dibawah saya bakal ada yang sirik nih...;o)

      Hapus
    2. saya sirik ...
      soalya kalo saya muji-muji entar dikira hombreng

      Hapus
    3. kang pak ies senada dengan saya, saya tidak mau mengetokkan muji mujinya entar saya dapat cipok basah lagi, dan emangnya saya maho...

      Hapus
    4. saya juga ndak mau ikut muji - muji ... emang saya cowok apaan coba breww

      Hapus
    5. saya mau nyela aja dah.
      kenapa tiba-tiba mereka jadi mesra begitu coba?
      ada apa coba?

      Hapus
    6. Ini sih bukannya "Jeruk sama Jeruk".
      Tapi lebih tepatnya "Ubi Sama Ubi"

      Hapus
    7. bukan, ubi sama kambing etawa...

      Hapus
    8. ini sebenarnya pada memuji apa menghibur sih..?

      Hapus
  7. Luar biasa ya kang cilembu. Harus diconto sama yang muda-muda nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahkan nama cilembu sudah membahana di seantero nusantara, Ubi Cilembu

      Hapus
    2. ubi nya kang hadi memang luar biasa, eh...maho ya saya....

      Hapus
    3. diconto bagi yang muda, seperti saya tentunya ...betul tidak

      Hapus
    4. kan udah dari jaman jepang dibilangin kita musti nyonto tetua kita mang lembu dan lik zach...

      Hapus
  8. naha nggak laporan sama neneng cantik atuh kang?
    eh tapiii... aku nya di sukabumi ketang hihihihiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. euleuh - euleuh geuning urang suka bumi...

      Hapus
    2. kemaren padahal lewat gedebage, neng...

      mendingan sukabumi daripada sukaubi, mang haha

      Hapus
    3. muhunkang Yoho, asli sukabumi nyingcet, caket ujung genteng:D

      yang suka ubi, sukabau nya kang xixiixix
      aku pindah ke sariwangi om, udah gak di uber lagi:D

      Hapus
    4. caket padepokan mak erot atuh nya
      haha

      Hapus
  9. ternyata kang hadi super ngetop banget ya....semua kenal juragan ubi dari bekasi...kok bekasi...dekat rumah keluarga-ku kalo begitu,
    awet muda....benar-benar semangat muda, sampe ikutan masin perosotan begitu,,,lupa umur atau ingat umur ya...., satu lagi...kang hadi ikutan merokok ya..asapnya pasti ngebul mirip sepur....,
    selamat bermesraan dengan kang hadi ya, aku nitip ubi satu kontainer yaaa....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan mirip sepur bang, tapi sepur yang mirip saya.....
      #dont try at home

      Hapus
    2. berjiwa muda bermental makelar

      Hapus
    3. katanya dapur mah musti terus ngebul...

      Hapus
  10. seneng nya kopdar sama mang Cilembu,.. ? berpelukan ,cipika cipiki..

    ternyata Mang Cilembu punya kepribadian gitu ea di balik kacamata hitam nya.. hmmm. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kepribadian ganda maksudnya kah mbak ....
      #kabuurrr sambal bawa handuk

      Hapus
    2. kang Cilembu bisa Alih Rupa mbak... kada muda kadang tuwa... kadang seperti poto anak didiknya diatas hehehe.... #ikut kabuuuur

      Hapus
    3. siang namanya hadi
      kalo malem jadi hada :D

      Hapus
  11. Balasan
    1. hehehee...tapi rohnya kemarin itu ikut kumpul disini juga ko'kang.

      Hapus
    2. vokal saya ya hadir di situ kan?

      Hapus
    3. iya
      tega bener masa ozzy osbourne dibilang suaranya cempreng..?

      Hapus
  12. nanti saya datang lagi, kalo udah rapat, nih mau berangkat. payah kan saya!?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rapat terus rapat terus kapan ngobrolnya ,hehehe
      maho lagi kan saya

      Hapus
    2. aku juga mau datang...tunggu saja tanggal mainnya di bioskop kesayangan anda....kalau sakit berlanjut hubungi dokter....

      #handuk handuk handuk...siapa mau beli handuk

      Hapus
    3. blog handuk...ups?! bang har, mulai sekarang minta dipanggil "BANG HANDUK" nyaingin budi anduk kalee...

      Hapus
    4. komplit deh disini, Juragan Ubi ada, Juragan handuk Juga ada......

      Hapus
    5. jadi Mas Hary sekarang punya gelar baru?

      Hapus
    6. jadi inget
      ketinggalan handuk di hotel sumedang
      padahal bagus tuh hasil ngembat di hotel bandung

      Hapus
    7. eh
      kok malah buka kartu sih..?

      Hapus
  13. wah asyik dong mas rawins bisa jalan jalan ke tempat mas cilembu... di sangoni ubi pirang karong mas.. hehehe.

    mas cilebu guanteng kan mas aslinya.. beda sama foto2 nya di blogger.. hahahaha.. ngesuk saya juga mau main ke tempat mas cilembu ah... hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan lupa bawa karung ya mas

      Hapus
    2. nah itu dia masalahnya
      kemarin lupa ga bawa karung
      cuma bawa sarung

      *sarung karet pula...

      Hapus
    3. Sarungnya dipake ya mas Rawins.
      Jangan diangkat sarungnya. HOROR ntar

      Hapus
    4. mana ada istilah angkat sarung..?
      ada juga angkat tangan, angkat kaki...

      Hapus
    5. Kalau sarung ala Ubi Style itu diangkat
      Belum tau dia

      Hapus
    6. haha kalau sarung karet nanti malah ditiup anaknya kang Cilembu.. dikira balon - balonan eheh

      Hapus
    7. emang sarung apaan pake karet..?
      sarung ubi..?

      Hapus
  14. kang hadi dan mas eko memang panutan blogger muda seperti saya. enerjik semangat dan juga pinter.
    untung ya...citra sama cipta sudah tidak nenen...coba kalau nenen ibue pasti kang hadi ikutan deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah ikutan nenen... kan udah punya roko mas..

      Hapus
    2. wah ini sih kudu ganti label jadi dewasa :D

      Hapus
    3. Blogger remaja : Bang Zachflazz

      Hapus
    4. kalo pak asep abege ya..?

      Hapus
    5. ih jadi malu deh
      *mlorotin celana*

      Hapus
  15. Wah asyik ya.. Gimana caranya copdaran gitu biar sekalian dapat oleh2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga susah kok. datang saja ke cilembu bawa truk...

      Hapus
  16. memang sangat mengesankan kalau kopdar, apalagi samapi dikasih oleh2x,,,

    tapi sayang ubi cilembunya gak sampai ke saya..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. datengin aja kediaman beliau di Banguntapan Mbak, siapa tau kecipratan ubi...

      Hapus
    2. Kalau Ubi nya segede kelapa muda, bisa bonyok kena cipratan UBI

      Hapus
    3. masih banyak tuh ubinya
      dapat beli 10 kilo di cadas pangeran
      rencananya buat oleh oleh mang lembu tapi ga jadi dikasihin...

      Hapus
  17. jangan-jangan juragan ubi di oleh-olehi ubi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga jadi, om
      keburu diceramahin mana ubi asli mana yang kw...

      Hapus
    2. dipilih, mana yang masih bisa ditanam mana yang sudah expire :)

      Hapus
    3. yang expired mah kayaknya ubi si mamang, om
      haha

      Hapus
  18. Ke cilembu paling enak makan ibu cilembunya kang, hehe

    kopdaran asyik tuh kang, jadi pengen kopdaran nih :D

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. Tergantung mau apa dulu. Mau dikasih Ubi mau lah.
      Kalau mau e ek piye mas?

      Hapus
    2. kalo abis makan ubi kan kentut mulu
      bau eek, pak...

      Hapus
    3. haha kemaren di mobil jadi balapan kentut

      Hapus
  20. itu foto terakhir agak gimana gitu ngeliatnya, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya jangan diliat
      dinikmatin saja, haha

      Hapus
  21. hadeuhh seru yah kompdar , jadi ngiri, apa lagi kalo lebih banyak yang kumpul2 nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kalau banyak wanita nya....bakal plarak plirik bapak-bapak itu....saya ngga termasuk loh ya.

      Hapus
    2. kenapa atuh kemaren ga bilang
      kalo ngomong aku sampeur waktu lewat tasik...

      Hapus
    3. wah wah kalau "bos Besar" tau bisa perang Badar nih Mas Rawins
      Pinter manjat
      Pinter koleksi foto cewek seksi
      Pinter merayu

      Hapus
    4. namanya juga masih normal atuh pak...

      Hapus
  22. ooooooooooooooooooh ada yang kopdar eung.. ternyata sesudah lihat poto aslinya kang Ci lebih muda dari poto profilnya.... tapi saya lebih muda loooh hehehe... Jadi pengen ke Cilembu Jadinya hadeuuuh, setelah lihat potonya... tapi lihat poto yang paling bawah , hadeuuh takut... takut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hati-hati Mang, ntar dikeroyok mereka di gang sempit, kalau naik Trans Jakarta, pulangnya jangan malem-malem...

      Hapus
    2. kemaren kalo ke arah lembang ga macet, kayaknya malah nyampe pagaden, mang. bukannya ke cilembu...

      Hapus
    3. hahah .. jadi takut jadinya lewat gang sempit hehehe...

      tapi di pagaden ndak ada ubi mas heheeh

      Hapus
  23. Kalau dilihat dari fotonya mas masih mudah ya,asik benar ya bisa foto bersama keluarga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang masih muda kok, walau dianggap jadi tetua...

      Hapus
  24. seneng banget yah kalau bisa Kopi darat, spt itu. semoga kapan2 aku bisa juga kopi darat sama temen2, seperti mas rawins dan si mamang cilembu nu ayeuna nggantiin Messi cenah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hari ini aku mau lewat sidareja, lik
      kemana musti mampir dan apa suguhannya nih hahah...

      Hapus
  25. Wah bisa kopdar nih, Pak hadi orangnya terkenal. Aku sempat nanya warung ubi celembu di daerahku, ternyata dia kenal juga sama pah Hadi. Juragan ubi dari Bekasi !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat.

      Kalau Juragan Tower sama Cewek cantik, tentu Mas Rawins

      Hapus
    2. gimana ngga kenal, wong sekampung, udah gituh kampungnya cuman seupret...kenal lah.(padahal mau bilang tentu kenal...saya kan ganteng)...halaaaa

      Hapus
    3. ya iyalah
      biarpun cilembu dianggap kota, siapa yang ga kenal sama pak lurahnya.. :D

      Hapus
    4. pak asep jadi selirnya

      Hapus
  26. baiklah, jadi kang Zach emang tua ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seumuran sama kang pacul jeh

      Hapus
    2. katanya sih enakan yang tua
      lebih cepet masuk surga...

      Hapus
    3. Jadi Mas Rawins sudah tua ya

      Hapus
  27. Balasan
    1. Untung bukan Mas Rawins yang pose gitu
      bisa horor kabeh

      Hapus
    2. takut pak asep jadi betah dimari... haha

      Hapus
  28. Brarti, kalau saya bisa kopdar sama MAs Cilembu..perlu nyiapin truck utk mbantuin ngangkut hasil Ubinya. Ta bawa pulang dengan semangat 45 pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. habis tu, dibagi-bagi ke kita-kita...

      Hapus
    2. kalo bawa truk malah dikasih duit loh...
      mayan ongkos angkut perkilo sampai bumiayu serebu perak. bisa angkut satu ton, itung sendiri saja...

      Hapus
  29. jadi selama ini kalian ... oh oh oh. :D ..
    jadi pengen kumpul bareng semuanya kapeka haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang lengkap tuh
      harusnya oh yes oohyess ooohyesss...

      Hapus
  30. pak pinay sejarahnya cilebu gak ???? kenpaa namnya cilembu tapi ygterkenalnya ubi gak kebo , kan lembu tu kebo .. terus bapak beli ubi cilembu donk ya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang itu langsung ke penguasa cilembu saja di alamat desacilembu.blogspot.com...

      Hapus
  31. wah kalo liat mang lembu di atas selalu ceria penuh dengan senyuman..
    encip kayaknya lengket banget ya sama mang lembu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ncip kan suka minum susu sapi
      lengket sama mang lembu mungkin karena aromanya kaya sapi kali..?

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena