23 Agustus 2013

Buaya Keroncong

#Semua Umur

Indahnya Mudik #8

Namanya Panji Sumirang...

Beliau salah satu mbahnya Citra yang lumayan unik. Seniman yang suka menyebut dirinya sebagai buaya keroncong. Orang lain mungkin menganggap negatif penggunaan istilah buaya. Namun kalo ingat buaya termasuk hewan yang paling setia terhadap pasangan, aku bisa memahami bahwa buaya keroncong tepat untuk beliau yang merasa hidup matinya hanya untuk keroncong.

Mbah Panji seniman sejati yang tak pernah memikirkan materi atau popularitas. Selalu siap ngamen tanpa bayaran asalkan untuk keroncong. Yang dimaksud ngamen ini bukan seperti pengamen jalanan, melainkan nyamperin siapa saja yang mau belajar keroncong.

Aku ingat dulu beliau pernah mampir ke rumah minta uang 5 ribu perak buat ongkos ke Jakarta. Aku pikir itu cuma basa basi doang. Tapi ketika aku sodorin uang 100 ribu, beliau menolak dan keukeuh minta 5 ribu.

Pakdhe Panji memang selalu minta secukupnya tak mau melebih-lebihkan. Uang 5 ribu itu buat ongkos sampai ke Banjar nengokin murid-muridnya berlatih. Lalu minta ongkos lagi sampai ke keronconger Ciamis. Begitu dan begitu seterusnya sehingga uang 5 ribu tadi beneran bisa mengantar beliau sampai ke Jakarta.

Orangnya tak mau terikat. Oleh PO Harum Ciamis beliau sempat dikasih rumah segala macam biar tidak kemana-mana, tapi tetap saja kabur. Beliau melatih di ITB dan beberapa kantor kementrian di Jakarta, namun enggan menetap dan memilih ngamen mengukur jalanan dengan biolanya.

Benar-benar totalitas seni yang sulit dicari di jaman serba duit seperti sekarang ini. Beruntung keluarganya bisa memahami dan mau menerima hidup apa adanya walaupun peluang meraih materi lumayan banyak.




Namun itu dulu...
Sekarang kondisi penglihatan dan pendengarannya sudah kurang memungkinkan lagi. Terpuruklah beliau di padepokannya di daerah Ciloning Kecamatan Gandrungmangu sekitar 5 kilometer sebelah timur Sidareja. Kalopun ngamen, cari tujuan yang tak terlalu jauh sekedar menyalurkan kerinduan saja.

Satu hal yang perlu disayangkan, anak-anaknya tak ada yang meneruskan hidup di jalur musik. Pelipur laranya hanya satu cucunya yang rada mau pegang biola walaupun kelihatan ogah-ogahan. 

Tak cuma main musik saja. Bikin alat musik beliau juga lihai. Dari biola mungil sampai gitar bass ukuran jumbo dibikin sendiri dengan peralatan sederhana di belakang rumahnya. Sayangnya jarang jadi komoditi karena suka dikasihkan begitu saja ke setiap orang yang datang. Beliau memang antusias banget kalo dengar ada yang minat dengan keroncong.

Sebenarnya...
Aku punya bakat untuk melanjutkan jiwa seninya.
Namun beliau bilang aku tidak cocok jadi seniman apalagi seniwati.
Pantesnya jadi seniwen...


Intinya
Kuharap ada yang mewarisi keahlian mbah Panji sebelum tutup usia nanti. Sangat disayangkan bila kepiawaian beliau lenyap begitu saja hanya karena keroncong tak lagi mendapat tempat di hati anak sekarang...


*maap
telat mulu balasin komeng
masih mudik ondeway poreper


106 comments:

  1. saya kira tadi buaya keroncong itu buaya yang kelaperan mas, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah sudah saya pantengin sejak semalam. Gagal Pertamax deh

      Hapus
    2. walaupun gagal pertamax tapi masih bisa bonceng kok

      Hapus
    3. aku juga mau bonceng biar kebagihan

      Hapus
    4. kalau yang mbonceng saya, pasti nggak pada keberatan..

      Hapus
    5. bole bonceng. Sekalian bawa beras ya 1 karung.
      kuat nda

      Hapus
    6. ini pada ngomongin apa..?
      malah kuda kudaan...

      Hapus
  2. Sesama Buaya Saling memuji. Ya kan mas Rawins?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh juga ,asal jangan main serobot lahan makanan buaya

      Hapus
    2. T-rex itu yang banyak giginya ya

      Hapus
    3. nggak cuma t-rex yang banyak giginya

      Hapus
    4. kalau yang sedikit giginya kakak tua... hadeuuuh

      Hapus
    5. Kakak Tua hinggap di jendela

      Hapus
  3. Baru tahu Kang kalo buaya itu salah satu makhluk paling setia soalnya lebih terkenal istilah buaya darat.
    Terharu baca cerita beliau, kalo soal keroncong, cuma bisa dan suka (pake banget) mendengarkan lagunya aja Kang. Salut buat eyang Pandji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Buaya Darat ki piye mas Rawins?
      Siapa saja yang masuk jenis Buaya Darat ya.
      jangan Jangan sayah ya

      Hapus
    2. buaya yang makannya di darat, apa hayo?

      Hapus
    3. Yang jelas bukam sayah donk

      Hapus
    4. itu cerita dari pawang buaya om, literatur resminya aku sendiri belom nemu. buaya darat itu cuma salah kaprah saja keknya

      Hapus
  4. jadi trenyuh bacanya, semangat juang dan keikhlasan yang istimewa akhirnya antiklimaks dengan tidak adanya penerus dari keturunannnya. Semoga beliau sehat wal'afiat.
    jangan senewen mas, kan ada citra dan cipta yang menghibur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut terharu dengan melihat hal yang sama Kang

      Hapus
    2. kata Pak Ci, kalau galau ke pantaiy saja

      Hapus
    3. kalo begitu mari kita ke pantai
      pantai asuhan saja gimana..?

      Hapus
  5. nguri2x kabudayan jawi, itu harus dilestarikan...
    hayoo kang pasti kamu bisa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawaaanya senewen terus ya

      Hapus
    2. Kang Raw nguri-uri tower kok Mbak Iis...

      Hapus
    3. senewen itu apa mas? saya kok g thu artinya

      Hapus
    4. keroncong itu bukan budaya jawa bu. yang sudah diadaptasi ke jawa namanya langgam. sementara kroncong itu sendiri katanya berasal dari portugis...

      Hapus
  6. jarang-jarang ada orang minta 5 ribu di kasih 100 menolak malah yang ada minta 100 di kasih 5 rinu menolak itu banyak. he...he..., semoga beliau panjang umur mas.

    BalasHapus
  7. hahaha kirain buaya kelaparan

    BalasHapus
  8. buaya apa ?? buaya buntung ya kayak lagunya inul

    BalasHapus
  9. konsistensi pilihan hidup yang luar biasa ...
    Nek pakdhe Panji Buaya Keroncong, mas Rawin buaya apa mas ... *kaboorr ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. buaya darat lah masa sungai sih..? :(

      Hapus
  10. orang sekarang lebih senang keroncongan daripada keroncong mas. heheheh

    mudah2 an masih banyak diluar sana yang punya hati yang mulia yang sama dengan mbah panji

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah resiko dari kemajuan jaman kali om
      sesuatu yang pernah ngetop bakal tenggelam ditelan jaman

      Hapus
  11. dapet satu lagi kata yang menarik buaya keroncongan , hehehhe ya memang sedikit agak negatif

    BalasHapus
  12. salutkepada buaya keroncong(m'bah Panji Sumirang), salut pada keluarganya, salut pada admin blog ini, yang silaturahmi kerumahnya dan mengenalkan beliau pada kami,...seniman sejati banget pasti ngga ada duanya...kalau seniman yang seniwen dan pengen jadi presiden ada kang....hihihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya salut sama komen kang ci.. jempol deh

      Hapus
    2. hihihi...saya salut sama kreatifitas Mang Yono komen kayak gitu...

      Hapus
    3. Saya salut bisa ketawa di sini hiheiheiheihee

      Hapus
    4. saya dong...ngga salut sama siapa-siapa.

      Hapus
    5. sok atuh mang lembu tonjolin lagi semangat kebangsaan dan kebudayaannya. siapa tau suatu saat bisa jadi presiden seni yang ga senewen

      Hapus
  13. Nama tokoh ini sudah lama saya kenal dan dengar, namun baru melalui blog ini saya melihat sosok beliau lebih dekat dengan kemasan cerita yang menarik. Semoga beliau selalu dalam keadaan sehat dan tetap berkarya.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah kenal dengan beliau juga tho..?
      sering tampil di jakarta memang kalo urusan keroncong

      Hapus
  14. nah ini dia generasi terdahulu yang jadi dambaan saya.
    dambaan karena beliau mengerti dan menghayati seni apa adanya, tanpa doktrin yang ambisius. saluut wis pokoke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga nyangka penggemar metal pun mau peduli dengan keroncong
      mangcaps lik...

      Hapus
  15. wah kereen nih, jarang2 ada yang idealis kayak gini di zaman sekarang...
    salut jg bwt keluarganya...
    *mudah2an ncip mau melanjutkan cita s mbah

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal aku minat belajar biola
      kesannya elegan bener...
      sayang ga pernah sempet, hehe

      Hapus
  16. Panji Sumirang, asmane kayak tarian khas Bali ya...

    Ternyata di keluarga Pak Raw mengalir darah seni yang cukup kental. Salut buat beliau yang mengabdikan hidupnya untuk keroncong. Saya nggak begitu akrab dengan keroncong, taunya cuma beberapa patah lagu dari Gesang, tapi kalau disuruh mendengarkan musik keroncong, saya malah lebih menikmati barisan lirik-liriknya dan maknanya...yang biasanya dalam banget. Keroncong menurut saya merupakan jenis musik yang susah dipelajari, mau menirukan cengkoknya saja susahnya ngujubilah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mbak.. keroncong lagu yang susah di tiru kayaknya... maksudnya cengkoknya... ndak seperti dangdutan ya

      Hapus
    2. iya Mang, lebih enak cengkok pohon jambu air ya...eh cangkok maksudnya

      Hapus
    3. dangdut kalo yang asli juga susah kali
      beda dengan dangdut sekarang yang pentingnya goyang doang vocalnya ga tau kemana..

      Hapus
  17. Mas Rawins bikin senewen terus makanya dianggap gak py bakat seni :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada Mbak, seniningan namanya...#pisss Pak Raw

      Hapus
    2. kalo senewen tar dikomplen temen temen blog
      suer...

      Hapus
  18. mudah mudahan dikeluarga buaya keroncong eh mbah Panji Sumirang ada jiwa penerusnya...
    katasayah mah mendingan mas Rawins banting setir ke keroncong saja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka keroncong kalo dengerin doang mah...

      Hapus
  19. Sepertinya lagu keroncong asik juga yaa ... :D Jadi pengen denger musik keroncong nih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah lagi keroncongan perut, om...

      Hapus
  20. Kok iso sering ketemu orang-orang unik ki jimate opo om???
    *inget Budi Ubrux...

    BalasHapus
    Balasan
    1. amal ibadah kali, om
      hahaha

      Hapus
    2. Amal ibadah ben malam jumat...??? *oles obat...

      Hapus
  21. wah mantap unik unik hahaha

    BalasHapus
  22. gandrungmangu cilacap ya mas?
    baru dengAr cerita mbah panji,,,,

    ayo mas ,,pasti pean bisa menuruskan bakat beliau

    BalasHapus
  23. saya suka keroncong, apalagi keroncong protokolnya bondan dan fade to black. keren. dua tradisi bermusik yg apik

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ga sengaja jadi suka
      soalnya dulu bapak di rumah tiap hari nyetelnya keroncong

      Hapus
  24. asyiknya kalau terbiasa hidup sederhana, tak ada susahnya. Moga2 si mbah selalu bahagia hatinya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. seniman memang banyak yang ga neko neko kok hidupnya

      Hapus
  25. kalo gt sy maulah jd penerus buaya keroncong .

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaudah daftar gih
      tapi jangan pake capcay ya blognya

      Hapus
  26. ternyta namanya buaya banyak versi ya sob.. palagi nih si buaya bisa nyanyi keroncong lagi.. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tar deh aku bahas tentang perbuayaan..

      Hapus
  27. Di tetangga sebelah rumah, hampir tiap malam minggu berkumpulan para keronconger yang mengalunkan musik syahdu sampai tengah malam. Sayangnya pemain musiknya sepuh-sepuh itupun meraka berasal dari daerah berjauhan. Mungkin karena cinta mereka pada seni keroncong. Sama halnya dengan Mbah Panji, sepertinya regenerasinya sudah nggak ada. Anak jaman sekarang malah seneng musik galau dan asolole josss.
    ---
    pasti heboh kalo sampean jadi seniwati

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah kenyataannya pak
      padahal menurutku keroncong itu asik adem mendayu dayu
      sayang anak sekarang lebih suka musik gedubragan

      Hapus
  28. pak Panji gambaran khas seniman banget ya..
    aku suka musik keroncong.... keroncong moritsko aku dendangkan #nyanyi2 ala Sundari Sukoco

    BalasHapus
    Balasan
    1. keroncong kenanganku malah sepasang mata bola dan rindu lukisan :D

      Hapus
  29. Pemuda jaman sekarang lebih suka metallica mas ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mustinya metalica nyobain nyanyi keroncong ya..?

      Hapus
  30. Hmmm sayang ga ada penerusnya...

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena