25 Agustus 2013

Balik Ke Jogja

#Bimbingan Orang Tua

Indahnya Mudik #10

Tak terasa sudah dua minggu lebih meninggalkan Jogja. Katanya sih pulang kampung. Walau kenyataannya malah mondar-mandir menikmati masa-masa mudik lebaran yang buat orang lain sudah basi.

Mengingat menimbang dan memperhatikan bekal menipis, Citra sudah seminggu bolos sekolah dan supirnya juga mulai leklok, ibue Ncip memutuskan untuk menutup even mudik tahun ini.

Dengan segera koper masuk bagasi. Hasil bumi dan jajanan kampung tak mau ketinggalan. Tak cuma gula atau beras anyar panen saja, krema pakan jangkrik pun diangkut buat dibikin pecel katanya.

Sampai di Jogja disambut halaman rumah yang rada berantakan oleh rumput. Begitu buka pintu rumah, suguhannya kabel proyektor putus diembat tikus. Efeknya, keinginan segera istirahat musti ditunda dulu.




Mau ga mau semua bagian dicek. Dari kolong sampai atap rumah diinspeksi. Slang gas sampai saluran air diperiksa. Alhamdulillah tak ada masalah selain kabel itu doang.

Baru saja tarik nafas lega, ibue Ncip laporan mesin cuci tidak bisa dipake. Buruan cek error yang tertera. Karena indikasinya saluran masuk air tidak berfungsi, aku bongkar tuh pipa dan slang saluran air sampai ke filternya.

Ternyata ga ada masalah di pengairan. Panggil tukang service sudah sore gini mana mau. Akhirnya pake ajian pamungkas, kirim fatihah ke Macgyver sambil pasang plang service mesin cuci terima bongkar tidak terima pasang...




Sudah diacak-acak semua, baru ketauan kalo biangkeroknya si monyong juga. Kabel dari sensor air ke arah katup masuk putus. Sialnya si tikus gigit kabelnya di tempat yang susah dijangkau kecuali mesin dibongkar total. Untung sudah terlatih kerja di tempat sempit tanpa melihat. Modal satu tangan sambil tiduran di kolong mesin cuci, beres deh masalahnya.

Wes ah...


Intinya
Kembali menjalani hari-hari normal
Melupakan euforia ramadhan dan lebaran




48 comments:

  1. Selamat kemabali ke rumah Kang, semoga perjalanan liburan bersama keluarga dapat membuat suasana yang baru dan semakin dekat dengan anak-anak dan keluarga.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balik Mudik kembali ke hutan jadi monyet ya mas?

      Hapus
    2. besok kamis baru balik hutan, pak..
      ikut..?

      Hapus
    3. malam ini habis habisan atuh nya'?mumpang mumpung lah...

      Hapus
    4. ya nggak dihabisin atuh
      sisain dikit buat besok :D

      Hapus
  2. ceritanya si monyong lagi pesta pora di rumah, karna ditinggal mudik penghuninya ya om?

    Kalo di toko saya cuma makan kulit kabel doang. Herannya apa ga kesetrum tuch monyongnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. simonyong mah punya arde tauuuu...wkwkwk

      Hapus
    2. mang lembu juga punya arde tapi kenapa ardenya malah sok nyetrum..?

      Hapus
  3. Pak Raw memang seorang bapak yang mumpuni ya...semua pekerjaan bisa diselesaikan, mungkin cuma satu saja pekerjaan yang nggak bisa beliau lakukan, yaitu melahirkan...

    BalasHapus
  4. buat pengalaman besok kalau mau klayapan lagi, musti dipasangi kertas pengumuman disetiap pojok, sampe ke kolong begini bunyinya "WAHAI TIKUS YANG BUDIMAN, ANE MO KLAYAPAN RADA LAMA...KALAU MAU NYAPLUKIN KABEL MENDINGAN CAPLUKIN KABEL RUMAH TETANGGA".(trims atas kerjasamanya)....begituh kang!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tikusnya mungkin belum dikasih THR kang jd agak senewen ama yg punya rumah..heheee

      Hapus
    2. ga ah besok mau nyetok kondom banyak banyak biar tikusnya ga beranak lagi dan segera punah...

      Hapus
  5. Sambutan yang luar biasa dari penghuni rumah. Serasa ada spanduk WELCOME BACK!

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mah spanduk kambek maning yang paling nyebelin
      dasar si monyong...

      Hapus
  6. jadi setelah dari yogya akan kembali lagi ke kalimantan selatan?
    ditunggu kiprah berikutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bali makaryo, persediaan wis menipis...hehhee

      Hapus
    2. bukan tipis lagi
      sudah bablas, haha

      Hapus
  7. besuk2x kalau mudik tikusnya diberi makan dulu kang biar kagak makan kabel...hehheee
    eh itu bekalnya banyak banget, samapai berapa karung tuch berasnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal waktu mau pergi udah aku bilangin
      pada main ke rumah tetangga gih, banyak kue lebaran

      Hapus
  8. met balik kenyataan ya Kang.... :)
    maaf lahir bathin yaaa....

    BalasHapus
  9. lain kali kalo mudik sewa kucing yang sigap dan hobi nangkep tikus mas, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaya ga tau jaman sekarang
      kucing malah takut sama tikus...

      Hapus
  10. Tikusnya yo butuh refreshing itu mas, bebas totalitas tanpa batas ngacak2 rumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah koyo iklan yo..?
      tunjukan aksimu...

      Hapus
  11. ganas banget tuh si monyong? kebanyakan disambit panci kali mas...jadi mutan...hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mah lagi kepengen digetok panci, mih...

      Hapus
  12. kie yen bali ajiane di tokna, aji mumpung...... mumpung ana, angkut manaaang!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ajian kawunganten...
      mangkat suwung bali kaboten...

      Hapus
  13. aku juga sebel tuh...gara gara beberapa kali kabel telpon putus dimakan tikus. lha heraaan.... kok tikusnya gak kesetrum waktu gigit kabel ya???
    kan gak kabel telpon aja yang suka digigit

    oh tikusss...semoga dirimu suatu hari nanti kesetrum!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan gitu dong...
      kalo liat elsa, yang kesetrum malah aku nih... :D

      Hapus
    2. elsa suka bunga matahari yah?

      Hapus
    3. aku mah suka bunga deposito, mang...

      Hapus
  14. barang bawaan nya banyak juga ya mas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar berasa beneran pulang kampung, neng...

      Hapus
  15. Saya malah ngakak baca tulisan ini "Untung sudah terlatih kerja di tempat sempit tanpa melihat. Modal satu tangan sambil tiduran di kolong mesin cuci, beres deh masalahnya.", rasanya gimanaaaaaa gitu..

    BalasHapus
  16. pas pulang mudik rumput yang paling bikin bete....ngored ngoreeedd...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasihin aja ke tetangga atuh
      katanya lebih hijau

      Hapus
    2. harusnya bawa mbeknya encit, :D

      Hapus
    3. padahal yang suka rumput tetangga malah bapaknya ncit
      haha

      Hapus
  17. Sisain yaaaaah Oleh oleh nyaaaaaa........

    BalasHapus
  18. suami serbabisa niiih kayaknyaaa.....
    membuat istri puas lahir bathin..
    :P

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena