15 Juli 2013

Tidurku

#Bimbingan Orang Tua

Kenyang bener malam ini
Habis makan sore langsung ketiduran bangun dah jam 6 pagi.

Dan bicara soal tidur, aku sendiri suka merasa aneh dengan kebiasaanku. Orang bilang aku kuat begadang. 

Di kerjaan sering aku tidur cuma satu dua jam sehari. Kalo ada emergency, kadang bisa 2 atau 3 hari melek terus tanpa keluhan. Kalo nguap-nguap dikit wajar lah. Namun sampai drop sih belum pernah karena memang harus dihindari mengingat pekerjaanku masuk kategori high risk yang butuh konsentrasi.

Kebiasaan ini nurun ke Citra. Sejak bayi sudah kelihatan bakat kuat meleknya. Asal ada sesuatu yang menurut dia asik, jam tidur ala bayi bisa bablas ga diikutin. Makanya menyenangkan sekali kalo begadang atau harus nyupir sepanjang hari ada si Ncit. Ada teman ngobrol sementara ibue dan adiknya merem.

Di lain sisi, ibue bilang aku kalo tidur kaya gedebok pisang. Begitu merem patung saja kalah anteng. Ga peduli tetangga sebelah sudah tampil sekseh kode minta jatah. Dicolak-colek juga lebih banyak cueknya dan tetap mengikuti jalan hidup sebagai bangsawan. Bangsa sing tangine awan...

Makanya bila ada yang penting, biasanya ibue nyuruh si Ncit atau Ncip. Di tangan dan kaki mereka berdua, dewa tidur ga bakalan mampu bertahan. Awalnya sih iya cuma peluk cium dan bisik mesra nyuruh bangun. Tapi lama-lama bisa kemoceng masuk lubang hidung atau lonjak-lonjak di atas perut.

Kalo yang ini nurun ke Cipta. Tuh anak beneran jago tidur yang disiplin. Tak peduli tempat dan situasi, jamnya tidur ya tidur. Makanya rada repot kalo diajak kemana-mana bertepatan dengan jadwal dia merem. Dipaksa-paksa melek sebentar lagi sampai rumah ga bakalan bisa.




Si Ncip tak perlu mikir tempat. Orang lagi main ayunan juga tau-tau merem tanpa berubah posisi. Lagi jalan-jalan pun sama. Sesaat aku masih lihat dia lari-lari bareng mbaknya di alun-alun. Beberapa waktu kemudian aku temukan dia merem bersandar di pohon atau tiang listrik.

Digoyang-goyang atau diteriakin ga akan ngaruh. Paling buka mata dikit trus merem lagi. Kerennya, tidur sambil berdiri pun ga pake roboh tuh anak. Mungkin karena dia cowok kali. Jadinya pepatah "tidurku digigit nyamuk" dalam bahasa Jawa tak pernah ada dalam hidupnya...


Intinya
Itulah sebabnya kenapa aku lebih betah di rumah ketimbang di hutan. Tidurku lebih teratur. Selalu ada ibue yang mampu menidurkan aku sepulas-pulasnya dan ada anak-anak untuk program pembangunannya. Eh, ibue juga pinter ding walaupun lebih fokus ke proyek pembangunan si ganteng dari gua hantu...


106 comments:

  1. Balasan
    1. habis subuh tidur lagi, ntar bangun lesu lho...

      Hapus
    2. lesu ya tidur lagi lah
      haha

      Hapus
    3. nggelar kardus ngisor wit ringin

      Hapus
    4. tar ditangkep satpol pp ah...

      Hapus
    5. mayan dapat buka gratis to mas, mosok gak di openi karo pol pp

      Hapus
    6. bonusi kemplang hehe

      Hapus
  2. Rnake tidurnya itu sing dipotoooo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. si ncip sih jangan tanya, om...

      Hapus
  3. bangun Kang..
    bangunn! shalat shubuuuh!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. dah bangun bang... tapi tidur lagi... hehehe

      Hapus
    2. bangun tidur tidur lagi bangun lagi tidur lagi...
      mbah surip dong..?

      Hapus
  4. fotonya di oyot pohon beringin.
    kesannya gendruwo lagi mbopong anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketoknya sih angket wit ringine

      Hapus
    2. gendruwo modern ya kang... dah bisa ngeblog juga gendruwonya hehehe

      Hapus
    3. biar genderwo yang penting ganteng...

      Hapus
    4. sapa yang ngelarang..?

      Hapus
    5. durung ono sing ngelarang, bekne ono dukun liwat genderuwone di lebokno botol

      Hapus
    6. kasihin si bebek gih
      penggemar botol dia..

      Hapus
  5. jan jan e ngono aku pingin belajar neng anak sampean sing turu ngadek, mben aku iso turu ngadek nok sepur, angger isuk ngadek terus ra iso turu

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pernah ngalamin gitu waktu masih gabung di sar dulu
      saking capenya kalo pelatihan, baris sambil tidur itu bukan hal aneh

      Hapus
    2. pengen iso tapi angel, mesti ambruk sikile

      Hapus
    3. kalo ambruk mah tidur beneran
      kasusku itu bisa dibilang sleep paralysis
      otak tidur tapi badan engga. makanya ga sampe jatuh

      Hapus
    4. semacam maksa tidur gitu mas saking pegel e

      Hapus
    5. bukannya maksa, tapi malah ga nyadar om

      Hapus
  6. jam kerja memang susah dikendalikan. ayah e yang kerja tak terikat jam, kadang sehari bisa 18 jam di pabrik, di rumah sekejap saja, balik lagi ke mill. yang lihat saja sudah capek, pikir saya...

    tapi memang benar, ayah e kadang sehari cuma tidur 2-3 jam, dan tetep bisa menjalankan aktivitas seperti biasa. tapi pernah juga sih drop waktu itu ketika berminggu-minggu kerja hampir 24 jam di mill.

    semoga puasa ini pada sehat ya, nggak drop....silakan pada begadang!!!


    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kerjaan kayak gitu itu asik bu. selalu ada tantangan dan ga monoton kaya di kantor. aku orangnya bosenan soalnya. gabisa dikasih kerjaan yang monoton.

      kalo cape berat, kadang ngliyep barang 5 atau 10 menit sudah cukup kok. sering aku gitu pas break di lapangan, nyender tembok merem dah...

      Hapus
    2. sayange trus dadi kebiasaan, nganti siki nyong isih angel ngubah kebiasaan begadang, biasane bengi mung melek dewekan. Wis ping akeh, saking kesele bisa turu sore, tapi bengi tetep tangi trus angel turu maning

      Hapus
    3. itu tandanya harus segera memberdayakan fungsi dari selimut
      *selimut hidup haha

      Hapus
    4. ada orang nanya masa ga dijawab..?
      aku cuma memberitai lho ya, jangan suka menyangkali dong..

      Hapus
    5. ya wes aku nunggingi orang lagi nungging wes

      Hapus
    6. hahaha mang lembu banget

      Hapus
  7. Ngliat fotonya dah kayak jadi bapak beneran nih... mudah2an si encip nggak dikasih kopi panas bapaknya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. emangnya kemaren bapak boongan..?

      Hapus
  8. kuat begadang sekaligus kuat tidur ... pas itu mas ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma ga imbang, om
      di hutan 10 minggu di rumah cuma 2 minggu. maunya sih dibalik :D

      Hapus
  9. ga baik tuh begadang ...
    nanti siang di bikin malam, malam di bikin siang ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah keren kan...
      bisa jadi bulan yang senantiasa menerangi malam haha

      Hapus
    2. ati ati nek telat bulane, dadi maneh

      Hapus
    3. makanya jangan sampe telat nyabut...

      Hapus
    4. lho pada ngomongin apa toh ?

      Hapus
    5. haha aku juga bingung...

      Hapus
  10. Jan-jane aku ra percaya nek rika nangomah turune bisa teratur, mbok biasane malah begadang bareng bojone .. ha ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga lah...
      bentar aja dah cukup abis itu pules sampe pagi :D

      Hapus
    2. semalem suntuk, emange wayangan po..?

      Hapus
    3. oh iya ya, sing penting langsung ngorok

      Hapus
    4. justru itu yang bikin repot
      aku ga ngorok..

      Hapus
    5. gak ngorok kalau pas bangun

      Hapus
    6. ga ngorok suer
      cuma nglinduran doang...

      Hapus
  11. mantep banget anaknya ada yang bisa bobo sangat disiplinnya ada pula yang suka bablas, lawan banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan katanya tuhan menciptakan manusia berbeda beda untuk saling melengkapi..

      Hapus
  12. enak tuh bangun tidur langsung buka puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah nek tangine jam 10 awan ?

      Hapus
    2. turu meneh sampe jam 10 malem

      Hapus
    3. yo apik kuwi enak pisan, hehe

      Hapus
    4. turu neh ben enak pindho...

      Hapus
  13. bangun tidur, tidur lagi, bangun lagi tidur lagi ^_^

    BalasHapus
  14. asik banget gaya tidur ci ncip ya...bener anak gaul....bahaya kalau udah remaja, pas ngapelin pacarnya, pas dateng jadwal tidurnya...bisa ditangkep hansip tuh...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo liat gelagatnya dari kecil sih, bukan dia yang ngapel, mang
      malah cewek cewek yang nyamperin hehe

      Hapus
    2. buwah....tapi iya juga...bisa jadi, bapaknya kan punya banyak jangjawokan...turunin jangjawokan yang paling jetu mang.

      Hapus
    3. bukan jangjawokan, mang
      bapaknya punya yang bewokan...

      Hapus
  15. memang ya buah tidak jauh jatuh dari pohonnya :D
    Ncit masih kecil kuat begadang pak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah ada buah yang ga jatuh jatuh nempel terus tuh...

      Hapus
    2. ulangan terus kapan bagi raportnya..?

      Hapus
  16. he he he sepertinya sama dengan saya dimanapun bisa tidur, kalau ngantuk bisa dipastikan jam 9 pagi kalau melek malam dan jam 9 malam kalau melek seharian gak tidur. dan tidur cukup 1 atau 2 jam akan segar kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kerjaan lagi overdosis, aku malah cukup 5 apa 10 menit doang buat nyegerin badan...

      Hapus
  17. banyak tidur banyak rejeki mas...*eh..

    BalasHapus
  18. klo tidur ga bangun2, gampang.. guyur aja pake air comberan.. dijamin, pasti bakalan bangun dan ngamuk2.. wkwkwkkk...

    btw, capcaynya udah tak ilangin tuh, tak ganti nasi goreng.. mie goreng.. bakwan goreng.. tergantung pesanan... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hush masa ga bangun bangun
      itu mah tidur selamanya haha

      Hapus
  19. enak banget ya si Ncip, bisa tidur dimana aja

    BalasHapus
  20. Tidur emang asik tapi jangan sampe jarang tidur, bisa drop kesehatan tubuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. resiko kerjaan om, gimana lagi...

      Hapus
  21. setidaknya Ncit dan Ncip kebagian sifat bapaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah berarti mereka ngaku sama bapaknya...

      Hapus
  22. awas kalo ada yang bangun pas tidur.....

    BalasHapus
  23. Itu nggak tidur berhari2 apa nggak kelelahan mas?
    Doppingnya apaan tuh? :D
    Ah, kalo saya sih nggak kuat begadang.
    Mungkin awalnya sih niatnya mau begadang, tapi biasanya tetep aja ketiduran :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuntutan profesi om
      ga doping dopingan yang penting dibantu olah raga aja

      Hapus
  24. Waduh, aq pingin tuh om kayak si Ncip.. gak usah repot mikir kasur.hwa

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarin lah cowok inih tidur dimanapun ga masalah

      Hapus
  25. jadi ngantuk...ikut ngegelar karpet n tidur disini ah

    BalasHapus
  26. waduh bang rawin kuat begadang 2-3 hari melek? cocok jadi mahasiswa desain nih kayaknya yang doyan begadang hwhwh. jaga kesehatan bang rawin, tidur yang cukup kalo sempat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha boro boro mahasiswa, stm aja ga lulus...

      Hapus
  27. asyik banget bisa tidur di kursi tanpa leher membelok.. saya biasanya sakit leher jika tidur seperti Ncip tuh Mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku aja ga bisa tidur kaya gitu
      kalo ngliyep di lapangan musti cari koran atau apa buat gelaran...

      Hapus
  28. lama banget tidurnya mas dari sore sampai pagi

    BalasHapus
  29. ahaha.. lucu men :D ...
    tidur dengan tertib hebat ncip.. keren, :D alamak dah.
    aku aja kalo di kelas ga bisa tidur, walaupun ngantuk sengantuk- ngantuknya ya masih bisa merem melek gak pulas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. merem melek..?
      emang ngapain di kelas..?

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena