12 Juli 2013

Pilek Sebelah

#Bimbingan Orang Tua

Cuaca masih saja tidak menentu...

Ncit dan Ncip yang terbiasa mandi hujan, renang di selokan dekat sawah, bermain tanah ataupun ngemut kerikil tanpa perlu berlanjut sakit, kali ini mulai terpengaruh juga. Perubahan cuaca yang drastis dari panas ke hujan ke panas lagi dst akhirnya menurunkan daya tahan tubuh mereka.

Temperatur yang terlalu panas membuat AC pun ikut kerja keras menyala siang malam. Anak-anak jadi lebih sering menjarah kulkas cari minuman dingin atau bermain air di kamar mandi. Malas pake baju dan pilih tidur di lantai yang adem. Efeknya satu persatu mereka mulai pilek.

Aku ikut kebagian jatah saat akan ke Jakarta kemarin. Tapi pilekku kali ini rada aneh. Yang meler cuma satu lubang hidung saja sementara yang satunya engga. Biarpun masih ada lubang cadangan untuk bernafas normal, tetap saja rasanya ga enak terutama kalo cuaca lagi dingin atau kena udara AC. 

Untung ada stok obat flu di kulkas. Tapi obatnya aku minum separo-separo doang. Kan pileknya juga cuma sebelah hidung. Kalo diminum satu tablet utuh takutnya overdosis.

Namun sampai aku ke Jakarta, belum sembuh juga tuh hidung malah ketambahan sedikit sakit kepala. Sebelum nyampe kantor aku mampir dulu ke Indomart beli obat flu merk lain. Takutnya merk yang kemarin obatnya bego nyamperinnya ke sebelah hidung yang sehat bukannya yang pilek.

Obat yang baru ini ternyata manjur walau agak katrok. Hidungku memang tidak lagi meler, tapi kenapa sakit kepalaku malah jadi bertambah. Padahal di bungkusnya tertulis mengobati sakit kepala juga.

Penasaran aku baca ulang indikasinya. Memang bener sekalian mengobati sakit kepala. Tapi ada yang kelewat ga kebaca kemarin. 




Semprul ah...
Baru mudeng kalo obat sakit kepala itu efek sampingnya bikin sakit kepala juga...


Intinya
Kalo sakit mending ke dokter deh
Jangan tiru gaya pengobatan sebagaimana tercantum di atas...


71 comments:

  1. Betul Kang, kalau sakit lebih baik ke dokter untuk mendapatkan obat serta konsul kesehatan dengan benar. Agar kita tidak hawatie nantinya.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih bagus lagi kalo dokternya cantik
      bikin cepet sehat... :D

      Hapus
    2. sakit kepala langsung ilang soale peredaran darah lancar mas, padang

      Hapus
    3. cuma kepala yang lain jadi mumet ketoknya, om.. :D

      Hapus
  2. kadang beberapa obat ada yang bisa menyebabkan sakit kepala luar biasa, saya pernah mengalaminya mas karena tidak cocok salah satu obat padahal itu obat resep dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya begitu bu
      wong yang diobati cuma sakit sedikit, efek sampingnya sakit banyak
      tekor dong :D

      Hapus
  3. Aku juga sakit... :(
    Tepar nih aku...

    BalasHapus
  4. Cari obat yang pinter kang, kalau perlu yang sudah S2 biar gak nyasar kalau mengobati satu hidung yang tersumbat .. he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. enakan di kampung
      minta air putih ke kyai udah beres hehe

      Hapus
    2. hehhee....air putih diwadahi aqua sing wis di do'ain ya..

      Hapus
    3. hahaha ternyata banyak penggemar dukun disini..

      Hapus
  5. aku kalo nggak dipaksa mertua pasti ogah minum obat, ke dokter juga (dokter gak lebih baik dari dukun) jadi ndonga aja banyakin

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya kudu nyobain klinik tongkang, om
      haha

      Hapus
  6. waaah, bner2 gak beres tuw obat...
    maunya biar sakit kepalanya hilang, malah ada efek sampingnya...
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah aku, om...
      sudah jelas pabriknya nulis gitu
      ga pake baca langsung main embat

      Hapus
  7. Hahaaaha. Sakit itu obat. Masa mengobati sakit kepala efek sampingnya sakit kepala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi kaya main judi gitu, om...
      usaha pengen kaya malah jadi kere :D

      Hapus
  8. wakakakaka :D

    parah bener tuh obat,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ga bisa disalahkan orang sudah dicantumkan efek sampingnya
      salah aku saja ga mau baca teliti sebelum membeli

      Hapus
  9. Hahahaha... ternyata obat utk sakit kepala juga bisa menyebabkan sakit kepala juga to?
    Makasih infonya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah lho...
      berarti banyak yang ga mau baca indikasi langsung sruput saja...

      Hapus
  10. hahhahhaha,,,,,,,,
    sakitnya berefek jga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus pulang kali biar sembuh...
      obat di rumah paling cespleng soalnya...

      Hapus
  11. Kalo pilek sebelah biasanya kalo tidur miring, kalo yang rapet kanan, miringnya ke kiri dan sebaliknya, bila sakit berlanjut hubungi dokter...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini mah ga pake rapet, om...
      cuma meler terus gitu njijiki tenan...
      masa irung kudu dikasih pempers..?

      Hapus
  12. kalo pilak sebelah obatnya digundul sisan ya Kang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gundul sebelah yo rapopo

      Hapus
    2. akhirnya ada yang ngaku kalo pilaken..
      haha

      Hapus
  13. jajal di gowo numpak montor muluk pethuk pramugari langsung waras kuwi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah yang melernya bisa pindah lokasi tar, om...

      Hapus
  14. Cara paling mujarab sebenarnya cukup dengan tidur, tidur dan tidur kayak lagunya Mbah Surip.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin iya
      tapi gimana bisa tidur kalo hidung ngucur gitu..?

      Hapus
  15. kalo pilek obatnya minum es teler om, wkwk

    BalasHapus
  16. lha aku kalo lagi pusing beli obat warung yang gope udah sembuh ahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di rumah malah jarang beli obat
      sama ibue suka dibikinin teh pake jahe mentah dibakar kasih gula batu dikit

      Hapus
  17. kalau anak yang pileknya suka kasian...
    baru liat pak obat sakit kepala yang bisa menyebabkan sakit kepala... :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneran kan kalo beli obat jarang yang mau baca indikasinya..

      Hapus
  18. minum obatnya separuh tapi pisangnya satu lirang...heheeeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. gausah pake pisang
      langsung kremus aja anggep permen...

      Hapus
  19. hahaha pekok, sebut merk baen kuwe lah ngesuk ra tak tukune :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. mampir indomart lah
      wacani kabeh obate masa ora ketemua...

      Hapus
  20. obat sakit kepala tapi efeknya juga sakit kepala? bingung ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu namanya pengen jatuh malah ketimpa tetangga...

      Hapus
  21. Kalau pilek sebelah namanya apa ya.
    Kalau sakit kepala sebelah kan migren

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin namanya migoreng pak :)

      Hapus
    2. asal jangan pilek dibawah
      tar dibilang gara gara miyabi..

      Hapus
  22. obat apa itu? kok bikin sakit kpala juga?

    BalasHapus
  23. Ncip agak kurusan ya Kang ?

    BalasHapus
  24. pilek nya ga niat amat cuman sebelah, tanggung gitu om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiahelah malah ngedoain pilek semua
      hhaha

      Hapus
  25. eh...obat apa ya yang kayak gitu? aneh bener. apa sejenis paracetamol gitu?

    kadang ke dokter juga serba salah Pak...apalagi kalau dokternya masih muda banget. beberapa bulan lalu ayah e demam, pusing, pilek, batuk, mual, pegal-pegal badannya, meriang pokoknya....eeeehhh obat yang dikasih ada 7 macam.
    paracetamol untuk deman
    obat sirup untuk batuk
    kapsul putih untuk pilek
    obat hijau besar untuk mual
    amoxicilin untuk antibiotik
    vitamin B komplek
    vitamin C
    nah...belum minum obat sudah eneg duluan, akhirnya cuma diminum 1 macam yaitu paracetamolnya doang, 2 hari kemudian sudah bisa berangkat kerja lagi....aneh kan...saya jadi penasaran, apa memang seperti itu aturan di kedokteran....? baru kali itu kami ngalamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbok dikomplen minta obat yang all in gitu
      sekali minum semua penyakit kabur
      yang penting merk nya jangan bagion...

      Hapus
    2. Menerapkan tehnik marketing untuk menarik konsumen...
      Beli Satu Bonusnya Banyak...

      Hapus
    3. bisa jadi om
      dokter juga kadang ga independen dalam membuat resep
      temen yang dokter pernah cerita kalo mereka dapat komisi dari apotik atau distributor obat kalo pasien diarahkan ke apotik tersebut atau pake obat itu...

      Hapus
  26. Tos dulu deh, idungku juga mampet sebelah, parahnya sambil ngucur juga, jadi harus bawah tisu kemenong-menong.

    *hachihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaah ini dia
      jangan jangan virusnya kiriman dari ciamis...

      Hapus
  27. endang palupi12 Juli 2013 15.40

    dirimu ki emang kadang guaya kang, jatahe kerjo no alas koq yo jadi dokter makane ora mari malah tambah sakit......wkkkkk, moga lekas sembuh mas bro!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari yang praktis bu
      kalo ke dokter kudu ngantri segala, nek mampir indomat kan bentar beres

      Hapus
  28. lah, aku malah baru tahu ada obat sakit kepala efek sampingnya sakit kepala ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha itu buktinya tak skrinsut...

      Hapus
  29. ahaha.. katrok emang.. obat sakit kepala efek sampingnya sakit kepala juga -__- .

    BalasHapus
    Balasan
    1. obat kalo ga nyamtumin efek samping malah perlu dipertanyakan kebenaran indikasinya...

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena