16 Juli 2013

Kilas Balik

#Bimbingan Orang Tua

Iseng ngobok-obok 9GAG nemu foto kaya di sebelah

Aku pikir mantap juga bikin foto siaran ulang gitu. Berpose dengan orang, gaya dan sukur-sukur pakaian dan tempat yang sama dengan foto kenangan lampau. Foto kilas balik yang keren sekaligus asik buat lucu-lucuan.

Tapi ternyata tidak semudah itu
Tahu sendirilah jaman dulu foto termasuk barang mahal. Bisa foto paling-paling kalo ada kegiatan di sekolah atau nebeng saudara yang hajatan. Film satu rol cuma isi 36 tentu sayang buat dihambur-hamburkan.

Aku ngubek-ubek hardisk cari foto masa kecil bersama ortu atau saudara ga nemu. Perasaan aku sempat scan koleksi foto jadul. Yang ada hanya foto-foto bareng teman sekolah. Bikin foto ini rada repot buat ngumpulin teman yang sekarang sudah bertebaran entah kemana.

Ada sih satu foto di arsip eks multiply yang sempat aku simpan sebelum dibumi hanguskan. Foto waktu aku masih berumur 7 bulan dulu. Cuma masalahnya, kalo sekarang kudu berpose begitu aku takut mendadak ngetop. Nih fotonya...




Coba browsing, ternyata sudah banyak yang bikin foto semacam itu.  Aku comot beberapa untuk contoh...








Asik kan..?
Ada yang sudah bikin foto kek gini kah..?



Intinya
Manusia memang tak pernah bisa lepas dari masa lalunya dan berharap dunia bisa kembali berputar balik. Tak salah kalo orang Jawa bilang, future always the past...



106 comments:

  1. Ntar before afternya kupajang di goplus lah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan di gomin ya Mbak

      Hapus
    2. Sekalian aja pajang di mol, kasih label diskon

      Hapus
    3. hehehe kayak barang dagangan

      Hapus
    4. Ga jadi dipajang lah...
      Ntar pada kagum refot...

      Hapus
    5. ogah tar tambah penggemar :D

      Hapus
    6. yang ada bukan penggemar, tapi polisi patroli wkwkwk

      Hapus
    7. aman kalo dari polisi mah
      soalnya anggota densus 69...

      Hapus
  2. aduh...jadi haru gini ya.
    harus ngomong apa coba?
    di rumah banyak poto jadul, nggak sempat scan scan, udah pada rusak, padahal sayang banget...historisnya itu lho...
    melihat potret diri waktu kecil, bisa jadi cermin dalam membesarkan anak

    saya suka yang ibu sama anaknya...bikin haru bener.

    eh lah, rika ta? kirain nCip...hehehe

    *tapi poto yang terakhir....enggakkkkk bangeeettt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya iya banget Mbak? itu paling natural loh.

      Hapus
    2. Iyo bu
      Aku sempat scan foto foto lama tapi kemana yah? Kalo ilang bisa kacaw dunia persilatan

      Foto terakhir jangan dibahas
      Tar digetok lik zach masa lalunya diungkap disini

      Hapus
    3. menghayati banget lho itu

      Hapus
    4. kok apal, om
      pengalaman pribadi yo..?

      Hapus
  3. itu foto 1996 ada Rika, Kang?
    Kalo ada, berarti 1966 mungkin ya?? (pertanyaan polos)

    BalasHapus
  4. dulu waktu bayi Rika ngganteng ya?
    kenapa dengan sekarang, coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus ikhlas gantengnya dilungsurin ke ncip

      Hapus
    2. sampean kok apikan mas

      Hapus
    3. apikan itu berpahala, om...

      Hapus
  5. Ngakak isuk-isuk Kang.

    Btw sampean mirip Ncip ya. Tapi kok ya kasihan Ncip kalo gedenya jadi.. *disambit batu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngakak baca komennya mas Dani ...

      Hapus
    2. Tapi kan unsur dari ibue juga pengaruh coy
      Santai saja...

      Hapus
  6. hehehee...7 bulannya kaya N'cip yah...

    yang paling bawah tuh yang lagi nyantai dipantai yang bikin ngakak mah....kayanya nikmat banget deh ih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto paling bawah aku ga tau detilnya mang. Coba tanya lik zach sebagai pelaku utamanya

      Hapus
  7. foto kayak umur 7 bulannya nunggu kalau udah 7 dasawarsa mas, bakalan lebih heboh ... hi.hi.hi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moh ah
      Tar cari foto jaman anak anak saja sapa tau ketemu

      Hapus
  8. pengen cari foto d masa lalu, pasti mukanya jadul abis..
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru jadulnya itu yang bernilai historis...

      Hapus
  9. hehehe, aku yo kelangan foto cilikanku mas, mergane omahe sering kebanjiran fotone mboh neng ndia wae,
    sing suwal abang kok ikrik bereng kuwi gatel to ncen lagi on kilnik

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbalek cilik neh ae
      trus foto ulang...

      Hapus
  10. aaaaa aku pengen bikin juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok bikin trus aplut yo...

      Hapus
    2. pengen kaya yang terakhir nya ahahaha :D

      Hapus
    3. mantap tuh
      dijamin bakalan ngetop...

      Hapus
  11. 1996 - 2013 hahaha... nemu aja sampeyan

    Aku abaikan foto-foto dibawahnya bapake ncip... nggilani kabeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga sengaja, mas...
      minat bikin gak..?

      Hapus
  12. foto seng natural cuman foto seng paling ndukur dewe, haha

    ojok ditiru mas fotone

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru lagi pengen bikin foto kayak gitu, om
      ketoknya asik...

      Hapus
    2. mesti kaya foto terakhir ya?

      Hapus
    3. maunya sih
      sayang ga ada foto waktu kecilnya...

      Hapus
  13. foto sing ngingsor dewek sing nganggo clana abang fotone pak rawins jaman cilik karo jaman tuane,hahahahahahahahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pelanggaran hak cipta kui...
      jangan suka mengakui punya orang dong..

      Hapus
  14. itu diancuk banget yang foto sambil pegang-pegang konti....
    :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga tau, om
      dapat nemu di google

      Hapus
  15. ngomongin scan poto jadul, saya sdh 3 kali scan koleksi poto2 eliiikk. 2 kali scan sbelumnya udah ilang bareng si lapi-nya. Untungnya kondisi si poto2 masih bisa di scan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku bosen kelangan data gara gara hardisk rusak
      makanya banyak simpan file di email
      eh paswotnya lupa...

      Hapus
  16. Aku pernah misahin foto jadul, tapi jung2nya masuk gudang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplut lah
      sekarang jaman cloud computing kok

      Hapus
  17. wakakakakak bisa aja nihh :D
    hemmm mikir bikin foto apa :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa aja asal jangan lagi ngebom di wc...

      Hapus
  18. Masya Allah yang paling bawah ituh..... #tutupidung

    BalasHapus
  19. geuleeeeuuuh eta mang kumis...
    jamuran jigana...*gogodeg...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayu : ketauan pisan...cuman pokus merhatiin yang ituhnyah...ih

      Hapus
    2. penggemar kumis dia...
      si amang berkumis gak..?

      Hapus
    3. mang Hui: eta coba mnei teu kobe deuih muka na nya kang hihihi...

      mas'e: nggak lah, si doi mulussss...:P

      Hapus
    4. emang tau si amang lembu mulus..?
      pitenah ah...

      Hapus
    5. ish lain si mang hui....si doi..:D

      Hapus
  20. Syukurlah aku masih punya banyak foto waktu masih kecil, terimakasih mengingatkan aku harus scan semua foto itu, mengenai model fotonya kreatif sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. buruan scan dan simpen di tempat aman
      100 tahun lagi jadi barang mahal itu

      Hapus
  21. Ouwh, jadul banget hehehe :-D

    BalasHapus
  22. Gokilll! Foto2nya lucu bangett! Tapi yang bayi 7 bulan itu, jangan sampe ditiru posenya yo mas..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. punyanya itu doang
      trus gimana dong..?

      Hapus
  23. Ketone rika, njajal pose kaya pas 7 wulan isih pantes koh .. ha ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikandani takut ngetop, lik...

      Hapus
  24. Wkwkwkkw, yang terakhir.haduuhhhh, pengen pose kyok gitu aq.heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneran ya..?
      jangan lupa aplut

      Hapus
  25. Bener juga sih.. Jaman dulu, foto itu mewah.. Kalau sekarang, malah bisa bikin satu folder penuh isinya dengan foto2 alay kita.... Hahaha

    Btw, astagaaa... Yang terakhir itu, ngakaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak.... Waktu kecil mungkin wajar suka garuk2in kemaluan di luar rumah.. Nah ini udah gede masih kayak gitu... Hahaha.. :D

    LoL

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu itu kan masih banyak tengu merajalela
      haha...

      Hapus
  26. Rika pas cilik jebule nggemeske ya...pingin tak jiwit..heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. nek saiki antemi wae, Mbak.

      Hapus
    2. hahhaaaaaa.........bandem sandal yo pak

      Hapus
    3. sekarang lebih nggemesin lagi kan..?
      *pengin ngantem...

      Hapus
  27. rasah kesuen..sing ngisar dhewe.. jaman cuilik kenek tengu..wajar gatel di kukur.. lha sebelah wis guedhi..ngunu..masak kena tengu.. piye jal

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah nah kui kan
      yang kenal tengu berarti memang makhluk jadul haha

      Hapus
  28. foto khas anak keicl jaman dulu telungkup di meja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang ada kebanggaan kali kalo anak dah bisa telungkup

      Hapus
  29. Celana meraaaah bwahahahahaa....

    BalasHapus
  30. foto yang terakhir, konyol banget kaya beserta ekspresi'a, hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang motret aja yang iseng banget

      Hapus
  31. foto terakhir yg ngobok-obok itu kereen pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok atuh cobain kalo keren...

      Hapus
    2. Udah biasaa kalii pak..

      hahaha..

      Hapus
    3. mana atuh foto buktinya
      aplut dong..

      Hapus
  32. foto yang terakhir bener2 kocak dah, bikin ngakak gak brenti2 nih wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hush berenti dong
      tar setres baru nyaho loh...

      Hapus
  33. foto yang terakhir bener2 bikin LOL dah ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu namanya pose falling in lol...

      Hapus
  34. hahaha aduh pak yang terakhir itu lho .. potonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok atuh kalo mau ikutan
      siapa tau jadi tenar...

      Hapus
  35. ahahahaha... boleh tu pose bayinya doang yang ga ada afternya..
    ide bagus buat referensi album.. entar aku bikin poto gituan :D , mesti nyebar undangan dulu buat temu kangen (reuni) ah elah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. foto gituan tuh foto gimana..?

      Hapus
  36. betul-betul. tapi baru tau bahasa jawa keren!

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena