10 Juli 2013

Kereta Bogowonto

#Semua Umur

Musim liburan plus musim pendaftaran sekolah bikin Jogja makin luar biasa. Padet, macet dan susah cari tiket.

Tiket pesawat Jogja - Banjarmasin sampai beberapa hari ke depan habis. Jadinya aku putusin ke Jakarta dulu, sekalian ajak staf lokalku yang baru pelatihan biar tahu kantor pusat perusahaan tempat dia bekerja. Ngiras-ngirus siapa tau pengen nonton monas juga.

Cari penerbangan Jogja - Jakarta tiketnya edun suredun juga. 900 ribu per orang jelas bikin tekor udah lewat dari budget akomodasi kantor yang semestinya tidak pake acara ke Jakarta.

Alternatifnya pindah ke kereta api walau ternyata sama mantap surantapnya. Kereta Argo yang biasanya 250 ribuan kemarin dipatok harga 490 ribu. Kereta kelas satwa 380 ribu dari sebelumnya 200 ribuan. 

Pilihan jatuh ke kereta ekonomi AC Bogowonto yang dulu cuma 120 ribu sekarang pasang tarif 280 ribu. Males repot, beli tiketnya di website PT KAI. Praktis dan yang paling penting bisa ngutang modal kartu kredit. 

Keretanya jarang berhenti. Waktu tempuh yang tercantum di tiket hampir sama dengan kelas Argo yaitu 8 jam. Perjalanan kali ini malah lebih cepat dari jadwal. Berangkat dari Jogja pukul 07.35 semestinya nyampe Pasar Senen 15.55. Ini jam 3 lewat dikit sudah sampai.

Gara-garanya AC mati waktu masuk stasiun Cikampek. Mungkin menghindari komplen penumpang yang kepanasan, kereta mendadak ngebut habis. Nanya ke petugas restorasi, jawabnya, "genset pembangkit mati kehabisan solar, pak..."

"Kok bisa..?"
#Dodol...




Namun secara umum keretanya asik, bersih, bebas asap rokok dan tidak sumpek seperti kereta ekonomi jadul yang dulu jadi langgananku. Sepadan lah dengan tarifnya, orang dulu kalo ke Jakarta cukup keluar duit 38 ribu pake kereta Progo. Naik Gayabaru Malam malah cuma 21 ribu biarpun tak jarang musti gelar koran di depan toilet dan tiap menit dilangkahin pedagang asongan.

Pedagang baru masuk sejak stasiun Kroya. Itupun cuma sebentar orang berhentinya tak sampai 5 menit. Begitu kereta berjalan, pedagang pun turun dan suasana kembali damai. 

Kalo dulu suka enek sama pengamen. Baru satu rombongan pindah ke gerbong sebelah, sudah nongol lagi gerombolan berikutnya. Lebih empet lagi kalo ketemu grup ngamen legendaris berlabel ewer-ewer yang pasukannya full banci dengan lagu kebanggaan yang tak jua berubah, "aku tak mau jikalau aku dimadu ooowhhh..."

Lagunya ga masalah, tapi syair akhirnya yang mengerikan. "Si om cakep kalo kasih duit. Kalo ga kasih, ike sentil bijinya..."
#Amit-amit dah...


Intinya
Kereta ekonomi AC Bogowonto bisa jadi alternatif transportasi cepat dan relatif nyaman untuk pelancong Jogja - Jakarta. Tapi kalo boleh usul, harganya turunin ke kisaran 100 ribuan lagi. Naikin 5 ribu gapapa lah tapi tambah fasilitas colokan listrik di setiap bangku dan wifi.
#Semoga...


67 comments:

  1. Larang sularang deneng siki yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. puasa aja ngomong slarang

      Hapus
    2. Kiye khusus wong Cilacap ya .. he he

      Hapus
    3. nah kiyeh pelanggane teka..

      Hapus
    4. pelanggan ewer ewer ya..?
      *ngandel...

      Hapus
    5. Kemarin aku ke surabaya naik ekonomi AC ..udah bagus juga, cuma ACnya pake yg split hehehe..ga tau ngembat dari hotel mana dah..

      Eniwei, colokan listriknya juga ada ...aman deh buat ngapain2...

      Hapus
    6. tiper percobaan kali
      yang sekarang udah pake ac central kok. cuman repot ga bisa diatur dari masing-masing tempat duduk kaya di bis

      Hapus
  2. Tak sentil bijine..kikikikikikikikik...

    Kok mahal yo om tiket sekarang? tp semoga fasilitas tambahan yang anda minta segera terealisasi. amienn. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. biyen mung limang ewu ya Kang

      Hapus
    2. malah gratis jaman sepur banjar kroya...

      Hapus
  3. Wahwah. Mantabh harganya Kang. Tapi beneran bisa jadi alternatip malo mau jalan-jalan ke Jogja ya. Semoga doa untuk colokan dan wifi didengar sama yang mbaurekso. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyaman om, penumpang pas bangku ga unyel unyelan. repotnya kudu pake ktp segala. malah lebih ketat ketimbang pesawat. check in bandara masih bisa 1 ktp untuk check in segerombolan. ini jian dicek satu satu beneran nama di tiket kudu pas sama ktp

      Hapus
  4. kasih colokan lstrik biar bisa ol terus ya...hheeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar bisa bawa kulkas... :D

      di kereta eksekutif sudah ada kok colokan listrik tiap bangku

      Hapus
    2. pindah omah wae sisan..heheee

      Hapus
    3. pindah ke kereta maksudnya..?

      Hapus
  5. Mendingan numpak Bis bae lah .... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gerobak mesin istilahe

      Hapus
    2. ga betah kalo naek bis. pegel pinggang ga bisa jalan-jalan

      Hapus
    3. Masa pinggangnya bisa jalan-jalan Kang ? xixixix......

      Hapus
    4. pinggangnya keren kok haha

      Hapus
  6. Tambah colokan listrik, wifi, sisan LCD tiap bangku, tiket bisa ngutang, wah mesti sing eksekutif kalah kang .. he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih dari itu juga bisa
      ga perlu pake bayar malah

      *asal ganti nama jadi isnaeni yudhoyono...

      Hapus
    2. Ya wis, tak dukung dadi RI 1, angger semua gratis.

      Hapus
    3. ri2 nya sudah ada kan
      tuh riri khayan...

      Hapus
  7. tarifnya mahal amat ... ini karena mau lebaran atau memang tarifnya udah naik mas?
    nostalgia ewer-ewer itu takkan lekang oleh waktu ya mas ... ha.ha.ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga tau juga om
      jarang naik kereta jadi ga pernah ngikutin beritanya

      Hapus
  8. Wah gila ya transport sekarang. Bagi yang kerap bepergian aja kaget apalagi yang jarang.
    Btw selamat menikmati liburannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sering jalan sih cuma jarang pake kereta
      nunggu ada kereta jogja banjarmasin dulu, om
      heheh

      Hapus
  9. jadi agak newbie dengan yg namanya kereta. soalnya gak pernah naik kereta. intinya ya denger cerita elo aja bror!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kasihan emang orang kalimantan
      ini ke jakarta naik kereta sebenarnya juga demi staf yang dari tamiang biar ngerti rasanya naik kereta api

      Hapus
  10. Kalau kereta ada colokan listri dan Wi Fi di setiap gerbongnya keren juga ya Kang, nambah 5 ribu oke punya untuk tiketnnya.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren buat kita pak
      kata bos kai, ke laut aje lo haha

      Hapus
  11. haha....usulin juga colokan listriknya pake blutut aja biar g usah bawa colokan segala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jangan
      orang kita banyak yang gaptek. tar disambungin dikiranya buat kirim gambar...

      Hapus
  12. Jadi ingat tahun 70-an, naik kereta api kelas ekonomi Purbaya ke Surabaya, tiket cum 2.600 dapat makan gratis tur enak (gak seperti menu di eksekutif sekarang, dagingnya alot), keretanya bersih, gak ada penumpang yang klesetan. Kapan ya bisa kayak dulu lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. purbaya purwokerto surabaya ya?
      kalo itu aku pernah ngalamin naik waktu mau ke malang. dari purwokerto pagi padahal kebiasaan bangun siang. mau naik kudu lari lari nguber gerbong...

      Hapus
  13. Bogowonto...adik ipar saya tiap beberapa minggu sekali mudik ke Jogja pakai itu, murah meriah katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu awal keluar katanya cuma 120 rbu tarifnya. kalo itu emang beneran murah. kalo 280 kaya sekarang, waduh bu... dapat meriahnya doang

      Hapus
  14. Tiket keretanya habis karena liburan sekolah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. liburan dan daftar sekolah banyak yang menuju jogja makanya rada repot...

      Hapus
  15. kereta jarak jauh sekarang sudah kayak kereta ekse mas, bukan ekse yang lain lho yaaa...
    ac pedagang asongan ra holeh melbu, jarak tempuhe cepet soale stasiun tertentu sing di mandeki...
    tapi tempat duduke pancet gak kooyo bisnis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ekonomi yang non ac seperti logawa atau sritanjung apa udah kayak gitu juga om..?

      Hapus
    2. jeng sri,logawa,pasundan,gaya baru,kertajaya sudah ace semua mas,tarif jg naik.cm warna gerbongnya masih kuning

      Hapus
    3. ooo gitu ya...?
      baguslah berarti yang masih unyel unyelan cuma kereta komuter doang ya..?

      Hapus
    4. komuter sama KRD masih uyel uyelan , favoritku kuwi mas

      Hapus
    5. tapi kan udah mendingan
      ga kaya dulu ada yang bawa wedus segala haha

      Hapus
  16. biasane nok stasiun akeh sing nungging nungging gowo poto, saiki kok gak onok mas? opo goro goro posoan iki yooooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo poso nunggingnya di kasur semua
      ibadah katanya...

      Hapus
    2. emane mas, gak ono sing nok stasiun

      Hapus
    3. do golek mesjid soale om...

      Hapus
  17. tikenya mahal amir mas, padahal lebaranya masih 3 mingguan lebih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jogja emang gitu tiap musim liburan. apalagi sekarang barengan musim daftar anak sekolah plus menjelang lebaran pula...

      Hapus
  18. Eduuuun tiketnyaaa.....
    ga suka naik kereta, sukanya naik bis...
    :)
    ga ada sensasi geronjalannya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbok sekali kali dicoba relnya dibikin gerenjulan, om... :D

      Hapus
  19. butul siki masih eksis pak bancine sing nyanyi ewer ewer. mbokan rika kangen ngko tak sampekan,hihihihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha akhirnya ada anggota ewer ewer muncul...

      Hapus
  20. Pas bancine ngamen sampeyan ngasih gak kang???..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending kasih timbang disentil...

      Hapus
  21. endang palupi13 Juli 2013 15.15

    inilah asli product jawa wis njaluk murah tambah colokan dan wifi juga........hhhh (btw koyo aku wae)

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga minta kan sah bu
      dikasih sukur ga dikasih awasss...

      Hapus
  22. Iyaaaa kemarin syok beli tiket Bogowonto jadi 200 lebih, perasaan pas kapan itu 165 :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu malah 120 kok un
      eh tapi dulu yang gajah wong ding

      Hapus
  23. siki gajah wong regane wis 170 jogja-pasar senen, angger pasar senen-jogja malah 220... Jian kreta ekonomi be wis larang pisan, sing ora ndwe duit akeh ora usah pada lungan, nang umah baen, angrem...

    BalasHapus
  24. Naik kr bogowonto dikasih makan gratis ga heheee

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena