10 Juli 2013

Kenyang Sebelum Makan

#Bimbingan Orang Tua

Masa-masa di rumah yang semestinya diisi acara makan enak banyak-banyak kini semakin sulit aku manfaatkan sebagai ajang penggemukan badan. Bobot badanku tak juga beranjak dari angka 55 kilo, padahal waktu awal masuk hutan dulu ada di angka 68.

Anak-anak makin bandel jadi biang keroknya. Makan di resto keren pun seringkali tidak bisa dinikmati dengan indah. Ada-ada saja tingkah iseng si Ncit dan Ncip yang bikin aku dan ibue lebih sibuk ngurus mereka ketimbang menyuapkan sendok ke mulut.

Tak boleh meleng sedikit, sate bisa berubah jadi sop kambing rasa kobokan. Lemon tea tak cuma pake jeruk, tapi ketambahan kecap campur tisu. Dan kayaknya cuma si Ncip satu-satunya chef yang punya sajian sapisial es kelapa muda saos tiram.
#Waregh...

Kalo Ncit memang sudah tak suka naik meja kayak dulu. Tapi begitu lihat si Ncip mulai berulah, isengnya gampang kumat lagi. Biar bisa iseng, ada-ada saja cara mereka mengalihkan perhatian. Minta cuci tangan di wastafel lah, mau pipis lah, dll dll

Makanya kalo aku mau nyuapin makanan trus mereka ngelihatin dengan sorot mata bernada khusus, celingukan memeriksa segala sesuatunya adalah hal wajib. Kadang tak ada yang aneh dengan makanannya. Tapi setelah makanan pindah ke perut mereka cengar-cengir, berarti ada sesuatu. Biasanya si Ncit yang aku interogasi dan ga pake susah dia buka kartu, "tadi dede kobok minum ayah..."
#Ah elah...




Diakalin ibue masak-masak sendiri di rumah pun tidak lagi efektif. Ditinggal sebentar, kompor sudah dimatiin si Ncip. Kadang kompor aman sampai lauk lezat terhidang di depan mata. Eh, begitu buka magic jar mau ambil nasi, yang aku temukan cuma rendaman beras gara-gara tombol penanak nasinya dipencet-pencet si Ncit.

Mau ngambek tak pernah bisa keluar. Selalu saja luluh oleh cengar-cengir polos mereka. Yang sering terjadi aku dan ibue malah ikutan nyengir kuda persis monyet nemu pisang.

Lebih tak bisa ngambek lagi kalo ibue sudah bilang, "dasar anak ayah, sifat iseng diturun-turunin ke anak..."
#Menahan nafas...


Emang iya sih...
Jaman kecil aku iseng banget. Dulu kan ga ada anak cowok tidur di rumah. Asal rada gede dikit pasti tidurnya di masjid. Anak yang tidur duluan, pasti deh selalu jadi korban keisengan teman-teman yang lain termasuk aku. 

Telapak tangan yang tidur dikasih jelaga dari semprong teplok lalu hidungnya dikitik-kitik pake rumput. Biarpun ga sampai bangun, tapi digituin hidungnya pasti lah terus mengusap-usap muka. Sering si korban ga nyadar sampai pagi kalo mukanya belepotan jelaga dan jadi bahan ketawaan teman.
#Masa-masa indah...




Tapi gantian kok...
Aku pun pernah jadi korban keisengan teman. Ceritanya waktu itu selepas isya ada yang ngajakin gerilya mumpung musim rambutan. 

Jaman dulu kan sering ada hantu di pohon aren yang suka nyawur orang lewat pake pasir. Lagi asik jalan bergerombol, tahu-tahu terdengar suara pasir berjatuhan mengenai semak-semak. Otomatis semuanya berlarian tunggang langgang sambil teriak, "hantuuuu..."

Masih sibuk mengerahkan ajian langkah seribu, tiba-tiba teman di depanku teriak, "tolong kopeahku jatuh..."

Namanya genk dengan solidaritas tinggi, dengar ada yang bilang kopeah jatuh plus mataku melihat benda kehitaman di jalanan remang-remang dibawah sinar bulan, dengan sigap aku sambar pake gaya kunyuk menangkap buah.

Begitu kepegang, aku langsung berhenti berlari melupakan soal hantu tadi merasakan kopeah yang kayaknya aneh. Apalagi setelah teman yang tadi teriak juga berhenti lari malah ngakak-ngakak sambil duduk di jalan nepuk-nepuk perut.

Buruan kopeah lengket itu aku cium dan spontan teriak, "Kupluke ninimu ampeg..!!!"
Malem-malem ngembat telor kebo...
#Semprulll...

Ealah sudah ah...
Dah ngacir kemana-mana ini jurnal



Intinya
Entahlah kenapa aku tak pernah bisa marah dengan tingkah anak-anak. Bawaannya malah nyengir terus walaupun perut sering mendadak kenyang sebelum makan. Atau mungkin aku malah bangga dengan keisengan mereka. Minimal aku makin yakin kalo Ncit dan Ncip memang anak ayah yang sebenar-benarnya...



135 comments:

  1. Iya, mirip Bapaknya ... hahahaha :D

    *Gubrak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketimbang mirip tetangga
      hahah...

      Hapus
    2. cipta rambutnya juga agak kriwel ya :)

      Hapus
    3. engga, rambut si ncip lurus kok

      Hapus
    4. nggak mirip. bapake elek

      Hapus
    5. bapaknya kriwel juga
      rambut keteknya...

      Hapus
    6. bapake kan pinter anake juga pinter, kacang ra ninggalno lanjaran lah

      Hapus
    7. yang ada malah lanjaran nyamperin kacang mulu...

      Hapus
    8. mau dibungkus apa makan disini?

      Hapus
    9. kacange sopo sing ape di bungkus? kacange dewe ra entek entek jee

      Hapus
    10. malah irit om
      mbok diiderke neng pasar timbang mubazir...

      Hapus
  2. ramadhan yg pnh barokah bknya diisi tausyah mlh nulis yg tdk jelas spt ini. ank itu amanah dari alloh swt hrs dididik yg bener krn cm doa anak yg bisa menyelamatkanmu dr api neraka. anak jahil spt bpknya mlh dibanggain. naudzubillah segera tobat manfaatkan ramadhan sebaik2nya. mmg tdk ingin msk surga kmu ya? siap2 saja menyesal di akherat nanti
    yakin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bacanya gak rampung ya? Liat Judul, gambar langsung comment ...
      dibaca dulu bang .... :)

      Hapus
    2. haha biarin aja lah, om...

      Hapus
    3. pak anoman...
      kalo semua dibikin seragam ya ga bakalan rame dong dunia. lagian aku orangnya ga panasan. mentang mentang puasa, kudu ikutan puasa.

      berani tampil beda itu keren, pak...
      orang lain rajaban kita muludan.. *sampluk bedug

      kalo beneran pak anoman beneran pengen masuk surga, coba baca kuiknot di sidebar sebelah kanan atas ya...

      thanks...

      Hapus
    4. yuk ramadhan saling berjabat tangan dan berjabat hati

      Hapus
    5. pake cium cium gak, lik..?

      Hapus
    6. kalau bisa mas rawin nyipok pak anonim aja biar akur

      Hapus
    7. mending nyipok asmirandah pokoknya...
      *ngeyel...

      Hapus
    8. Asal jangan bebek dah..
      Bisa2 bebek kena tetanus..

      Hapus
    9. tetanus mah kalo nyipok metro mini kali..?

      Hapus
    10. Kok ketoke kerep banget blogmu ada komen begini si om wkwkwkwkwk

      Hapus
    11. Wkwkwkwkwk... Pak Anoman suruh berangkat duluan ke Surga ae... *Siapin baigon..

      Hapus
    12. tau...
      disadap teroris kali
      atau penggemar terselubung

      Hapus
  3. Eh, nict sama ncip itu kembar ya om? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga om beda setahun...

      Hapus
    2. tepatnya 14 bulan 10 hari lik...

      Hapus
    3. apik mas, akeh anak tambah barokah

      Hapus
    4. tapi percetakane tambah bubrah haha

      Hapus
    5. tambah percetakan kang ... ha ha ha

      Hapus
    6. waduh mbok oline kurang... :D

      Hapus
    7. ojo sampek entek oline mas, bahaya nek torsi gede rpm duwur

      Hapus
  4. Semua ada masanya.
    Jika sekarang kenyang sebelum makan, maka beberapa puluh tahun lagi anak2 kita akan membawakan makanan hasil masakannya pada kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin pak amiiin...
      semoga ijabah doanya

      eh, tapi ga lagi teraniaya kan..?
      *sampluk panci

      Hapus
  5. Bener banget Kang, sama anak gak bisa langsung marah. Tapi kalo dipikir-pikir mah enak juga bisa dapet rasa selain yang dipesen. Hihihihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha dibilangin juga
      saking enaknya sampe kenyang duluan sebelum makan...

      Hapus
  6. wah nirun bapakne sing seneng iseng ya ...
    Ra papa kang, malah kreatif, mbangane mung meneng bae. Tapi pancen kudu terus diawasi. Nek jarene wong Jawa, umur semono lagi remusuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah rusuhnya pol
      apalagi merasa ada temen kompakan. rumah ga sampe rubuh saja sudah untung...haha

      Hapus
    2. ana fase2ne kang, siki lagi seneng-senenge ngratil, apa-apa diotak-atik, mengko ilang dewek. Nyong malah seneng nek ana bocah sing kaya kuwe mbangane sing menengan

      Hapus
    3. ngapak ngapak?

      *nyong mlongo

      Hapus
    4. pancen kaya kuwe, lik...
      bocah tah mending bandel timbang cileren. soal kesel gole ngurus sih resiko. jere jer basuki mawa bea. pengin anak pinter kudu gelem mumet.

      kaya mumete maya, haha...

      Hapus
    5. Betul2 ... mbak maya jangan lebar2 mlongonya, ntar kemasukan kecoa .. he he

      Hapus
    6. daripada kemasukan yang laen...? :D

      Hapus
  7. hehe..kadang emang suka mumet juga ya kang ngadepin sikap anak anak,tp ya namanya juga anak2..kita yang mesti ikut "aturan" dia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang ngikutin cara mereka juga asyik lho Pak...malah kadang ada pelajaran yang terselip di dalamnya, yang kadang kita melakukan kesalahan, anak-anak yang mengkoreksi dengan kepolosan mereka.

      Hapus
    2. menghadapi anak sekarang sepertinya memang harus begitu. sudah bukan masanya lagi kita memposisikan diri sebagai orang tua. maksa begitu anak malah jadi tertutup. maunya kita jadi teman mereka biar mau ngobrol. dan ternyata memang asik kok berteman dengan anak anak...

      Hapus
  8. Ketemu lagi oom, lama gak baca cerita njenengan, dunia jadi anyep.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ora mblaketaket babarblas

      Hapus
    2. habis bertapa dimana tho, pak dhe..?
      kok ga mblaketaket kaya lik zach..?

      Hapus
    3. terpaksa meguru, belajar pajak.

      Hapus
    4. mau mengikuti jejak jayus kah..?
      haha...

      Hapus
  9. ngandel lah nek nurun bapake ... ha.ha.ha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti arien agree gak nurun bapakne dong
      anaknya kreatif bapaknya gak mblaketaket blash...

      Hapus
  10. keren lah pokoknya si dobel nCi...

    cerita tentang magic jar...
    nemu maianan di atas nasi bukan hal yang naeh bagi kami...dan endingnya...masak nasi ulang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi ulang apa nasi ulam?

      Hapus
    2. haha kirain anakku doang yang begitu
      syukurlah kalo ada temen :D

      nasi isi ulang kali, lik...

      Hapus
    3. nasi kuning saja mbak Khusna

      Hapus
    4. hush jangan bahas kuning kuning mulu
      trauma...

      Hapus
  11. ya itulah sosok seorang bapak senakal, sejahil apapun anaknya gak bisa marah..
    kalo anaknya bisa nyulap sate jadi sup ntar besar mungkin bisa jadi chef lho.. hehe

    salam Ramadhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. walikumsalam lhah..?

      gimana yah namanya juga ke anak
      tiap mau ngambek suka inget waktu bikinnya...

      Hapus
  12. eheehehe,,,,,
    cengar cengir kayak monyet nemu pisang,,,,,


    hahaahaha,,,,,
    *ngakak om

    BalasHapus
    Balasan
    1. tar aku bayangin maya nemu pisang kaya apa ya bentuknya..?

      kakakakkkkk

      Hapus
  13. anak2 kreatif he..he.., itu pada bisa bikin muka jail ya ke ayahnya yg lagi makan..
    he..he..ngikik2 bayangin wajah mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga komen panjang ah ada lik zach...
      paling-paling tar kembali ke letop, "anak ayah... " :D

      Hapus
  14. ncit + ncip keren, bisa membuat bapaknya kenyang sebelum makan, heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren sih...
      bisa bikin diet bapaknya sukses...

      Hapus
    2. Pantesan bapak ibunya langsing...anaknya begitu sih...mendukung program diet...

      Hapus
    3. daripada bapaknya bulet anak istrinya ceking..?

      Hapus
    4. Cari anak ah, kali bisa bikin langsing...

      Hapus
    5. coba cari di kolong...

      Hapus
  15. aku ndelok sampean nggawe kocomoto ireng eleng tukang las pinggir omah mas,

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah emang profesi asline tukang las om
      cuma sok gengsi saja untuk mengakui didepan umum... :D

      Hapus
    2. Aku malah eling tukang pijet ... wkwkwkwk

      Hapus
    3. jiahelah...
      untung bukan tukang ebeg

      Hapus
    4. tukang elit kuwi...
      tukang menek wet juwet yo ono sing nggawe kocomoto ireng

      Hapus
    5. opo yo ora salah pilih sing mentah..?

      Hapus
  16. Dirumah walaupun gak ada yang merusuh soal makanan dan masakan tapi beberapa kali aku menemukan nasi masih berupa rendaman beras :-D kadang aku lupa menkan tombol cooknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo begitu ibunya yang dodol dong..?
      haha...

      Hapus
  17. lucu ... :D
    bisa kembar gitu ya sama bapaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wong bapaknya juga lucu imut dan unyu beginih.. :D

      Hapus
  18. iseng banget ya.. memang semarah-marahnya kita.. kalau liat anak nyengir-nyengir bahagia kalah tuh rasa marahnya

    BalasHapus
  19. makanya kalo kami mau makan enak di rumah terus mesti ngajak anak2, maka tak ajak juga yang lainnya kayak mbahnya, ato omnya ato tantenya biar ada yg megangin pas qt makan.. *eh

    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dia masalahnya
      keluarga di kampung semua ga ada yang mau ngalah ikut ke jogja :D

      Hapus
  20. ya bukan anak ayah sebenar-benarnya dong.... lalu saham ibu ditaroh dimana? ya mereka anak2 ayah separoh-parohnya, hehehehe... *ngelantur*

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya ding maap...
      tar percetakanya ngambek kalo ga disebut
      *eh bukannya isi diluar tanggung jawab percetakan..?

      Hapus
  21. Kalau aku, kebiasaan kenyang sebelum makan itu krn kebanyakan minum, mas..
    Kalau tentang anak2, kita emang suka gak berdaya ngeliat anak2 lucu macam anak mas raw.

    Eh mas'e... Happy puasa yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh jangan kebanyakan minum om
      tar mabok lu hahah

      Hapus
  22. Buah jatuh tak jauh dari pohonnya..... yang ngakak tuh kopeah jatuh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti mamang juga pernah ngalami ya .. wkwkwk

      Hapus
    2. yang terkesan biasanya punya pengalaman serupa :D

      Hapus
  23. Dedaunan hijau10 Juli 2013 13.17

    dinikmati saja mas, besok kalo gede juga berubah dg sendirinya
    besok kalo dah gede jadi kangen masa2 jahil putrane itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pastilah
      minimal akan berubah jadi gede ya..? :D

      Hapus
  24. anak jatoh ngga jauh dari ibunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kecuali ibunya pergi ke arab...

      Hapus
    2. Waduh....... bapaknya mau kemana ?

      Hapus
  25. Om kok kamu kurus sih
    Aku sirik

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus banyak banyak makan ati, un...

      Hapus
  26. Namanya juga anak anak. Hehehe

    BalasHapus
  27. nyong urung maca sing kiye,miki nembe maca sing judule marhaban ya kapitalism

    tek comot lebokna pesbuk men pada maca wargane lah....
    suwun lik,sepurane ora bisa sue2 nu ol nang warnet....hemat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebokna rekening sisal ya ora papa, lik...

      Hapus
  28. hhahaaaa.....namanya anak2x ya kayak gitu, pokok'e harus extra sabar aja kang...
    tapi s ncp itu kreatf kog...maksdunya kreatif ngerjain bapak ibunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah elah...
      semoga besok anakmu begitu biar bisa merasakan keindahannya :D

      Hapus
  29. buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, wah ayahnya mungkin lebih iseng lagi ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ayahnya sih jangan tanya
      haha

      Hapus
  30. Melatih kesabaran ya Kang, hm..... ngelus dada deh.....xixixixi

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. rajin ngelus dada kalo di rumah pak
      *dada ibue...

      Hapus
  31. buah jatuh tak akan jauh dari pohonnya

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena