20 Juli 2013

Cita-Cita

#Bimbingan Orang Tua

Laporan pandangan mata terkini dari ibue tentang anak-anak, si mbak sudah mau minum susu pake gelas lagi kalo di sekolahan dan si dede mulai ga bisa lepas dari tabletnya.

Dua hal yang wajar dari anak-anak namun sebenarnya sesuatu yang sedikit terpeleset dari keinginan.

Dari awal aku tak ingin anak-anak minum pake dot. Cita-cita yang sempat tercapai. Sejak berhenti nenen Citra sudah minum pake gelas. Sayangnya takdir bicara lain dan ibue perlu menitipkan si Ncit ke mbahnya dulu.

Aku tak bisa komplen saat jemput ke tempat mbahnya si Ncit sudah kenal dot. Bagaimanapun juga aku harus sadar simbah pasti repot ngurus 5 cucu yang semuanya masih balita. Apalagi sepupu-sepupu yang diurus mbahnya semuanya ngedot.


Sama halnya dengan kasus si Ncip. Sejak awal aku pengen anak-anak aktif di luar ruangan dan tidak terlalu akrab dengan gadget. Tapi aku musti memahami kalo kerjaan perempuan di rumah itu tidak ada habisnya. Saat aku cuti saja sering kerepotan ngurus dua anak bandel itu, apalagi saat ibue sendiri.

Kadang aku bilang ke ibue untuk banyak-banyak salurin bakat anak di alam bebas. Lepas mereka di alun-alun atau di selokan biar banyak bergerak. Tapi aku musti bilang apa ketika ibue jawab, "kalo tiap hari ngasuh ke sawah, tar jadi gosong dong. Istri kan wajib tetap cantik untuk nyenengin suami..."
#Terharu...

Aku juga punya andil bikin repot ibue yang ternyata alternatif pemecahan masalahnya dengan cara kenalin anak ke gadget. Lagian jaman sudah berubah katanya makin modern. Rasanya tak terlalu salah bila anak ikut mencicipi teknologi.

Tapi mbokyao jangan terlalu keranjingan, nak...
Sekedar tidur kelonin tablet sih masih wajar lah
Namun bagaimana kalo sudah sampai kaya begini..?





Tunggu ayah pulang ya, nak...
Kita jalan-jalan ke Merapi lagi nanti...


Intinya
Seringkali kita punya tujuan hidup yang sekuat tenaga kita upayakan, namun terkadang harus kita relakan itu tak tercapai hanya karena situasinya berubah. Itu sebabnya kenapa aku tak mau terlalu idealis...


82 comments:

  1. Rika kayane kelalen karo ndesane dhewek asline ya Kang. sing dipikirna Merapi, Malioboro, apa maning kae, Pesanggrahan apa apa kae. dudu Rawa Bendungan, Teluk Penyu, utawa Srandil. Oalahh Kang, Rika pancen produk migran! Kakehen ketemu jin karo macan malah dadine kaya kuwe. huhh! ora bala jan pokoke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai saja lik...
      masih untung ngajogjakarto hadiningrat ga jadi memisahkan diri. jadinya masih kepenak kalo mau jalan jalan ke srandil gausah bikin passport. lebaran pulang kampung, lik..?

      Hapus
    2. saya pulang ke baturaden :p *ora takon*.

      Hapus
    3. bali Kang Insya Allah nek duwe duwit mengko. H-1 ndeyan.

      Hapus
    4. seeplah
      tar kalo sempat jalan ke cilacap tak hubungi

      Hapus
    5. dihubungi thok, ra pethuk ya podo wae...

      Hapus
    6. minimal sudah mencoba menjalin silaturahmi, bu...

      Hapus
    7. nek salah di tip ex om...

      Hapus
  2. tp jyan kerjoane ibue kuwi abot,repot sampek ngepot...
    Lha wong aku ditakoni cita2 tak jawab ra nduwe,

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu ada lah, om
      keinginan pribadi tentang anak-anak dan keluarga.
      nek gak punya gelem busung po..?
      haha

      Hapus
    2. haha main samber aja

      Hapus
    3. maksude gak punya spesifik, mbesok gede dadi opo aku gak weruh, sing penting menjalani urip ae

      Hapus
    4. menjalani hidup apa adanya itu bikin adem kepala om
      biarlan saja semuanya mengalir ga usah neko neko
      walaupun neko neko itu keren :D

      Hapus
  3. saya paham betul situasi ibu e...titik

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibu ibu memang selalu kompak untuk urusan begini
      hehe...

      Hapus
  4. wah koyoke aku perlu meguru nang sampean kek.. kapan muleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. meguru opo..?
      bukane kewalik, om..?

      Hapus
    2. teko neng jombang yo september hehehe

      Hapus
    3. emang lagi nendi, om..?

      Hapus
  5. Jiyah, ampe dibawa mandi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarinlah
      sudah jamannya kali, naz...

      Hapus
  6. e e sambil gituan mah kalo abegeh udah biasa... internetan + smsn + telpon" sambil ndodok..... nikmat tau..
    tapi kalo sampe bawa tablet , bawa letop bawa tipi belum pernah :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. tar aku bayangin dulu kalo jongkok sambil bawa tipi apa kulkas...
      pengalamanmu luar biasa juga miz...

      Hapus
    2. Sekalian tempat parkirane mas ...

      Hapus
    3. haha repot kalo tukang parkirnya ikut ke wc juga tar

      Hapus
  7. ntar itu gadget ikut mandi juga deh..., taruh dulu dong dek

    BalasHapus
    Balasan
    1. rada repot, bu..
      perlu penataran p4 dulu besok kalo aku cuti

      Hapus
  8. Nanti kalo Udah gede pasti jadi blogger. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha tar malah ngaco kaya bapaknya

      Hapus
  9. betul sekali, wanita apalagi ibu kalau soal kerjaan tidak ada habisnya. selalu super sibuk. gadget memang bikin kecanduan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga cuma gadget lho Mas...duit juga bikin kecanduan...hahaha

      Hapus
    2. hahaha telak bener jawabannya
      nyerah deh kalo sudah begini

      Hapus
  10. Hahahaha.. Luar biasa tuh dedenya keranjingan tabletx :-D

    BalasHapus
  11. menurut saya hidup idealis itu ada baiknya. tetapi dalam penerapannya harus ditempatkan pada saat dan waktu yang tepat. gak harus idealis terus dalam setiap aspek menjalankan hidup. (itu menurut gue lho bro!)

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitu lebih tepat, om...
      idealis boleh, tapi harus inget bahwa orang lain juga punya kebebasan pendapat

      Hapus
  12. keren dik,,,,,
    cebok sndiri/ibue nie?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cebok sendiri lah
      *pake tablet

      Hapus
  13. Haha..kalo ndak gitu
    Bukan Rawin Jr..namanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. perasaan waktu kecil aku ga gitu gitu amat... :D

      Hapus
  14. endang palupi20 Juli 2013 14.16

    bapake biyen kayakue mbokan, "ngeyel" dadi saiki yen anake sik ngeyel aja kaget ya kang.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaman dulu mana ada tablet gituan
      paling-paling puyer

      Hapus
  15. anak nya mirip bang rawin ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. la iyalah..namanya juga anaknya mas Rawins :-)

      Hapus
    2. mirip apanya dulu..?

      Hapus
  16. Asyik lihat si kecil tidur dengan barang kesukaannya.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik tapi tar kena ompol, pak...

      Hapus
  17. kalo istri jadi gosong bisa tetap tampil cantik kok, tergantung cara suaminya memandang saja..., kata ada pepatah yang mengatakan Gosong is Beautifullllll..... iya kan....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara dan dari sudut mana memandangnya ya Mas Har, iya Mas, gosong2 kereta api, biar gosong banyak yang menanti, untuk numpang pergi naik kereta api

      Hapus
    2. untuk kebanyakan orang indonesia kayaknya ga ada deh istilah gosong is beautiful haha...

      ini om boku malah parah
      istri banyak yang numpang tar repot dong haha

      Hapus
  18. salah ndeprok ora nang nggone yah? :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu yang namanya sudah sundul malah jinjit...

      Hapus
  19. Anake wes ketagihan tablet ya mas?? Turu, maring kamar mandi gawane tablet ... hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mandi tabletnya nggak dibawa kok om...

      Hapus
    2. tar kalo cuti aku bawa ke alam terbuka lagi
      siapa tahu bisa sejenak melupakan gadgetnya

      Hapus
  20. Anak sekarang ya Mas, emang dah canggih2 kemana2 bawaanya tablet, padahal zaman Boku dulu, bawaanya cuman pecut nggo angon kebo Mas, hehehehh...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak anak sebenarnya seneng bermain dengan mbek di pinggir sawah, cuma yang ngasuhnya saja yang ga sempat, om...

      Hapus
  21. awas tablet'e nyemplung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan nyemplung lagi
      malah suka dimandiin segala :(

      Hapus
  22. Hua...Jangan dilepasin ke selokan donk..tatiannn
    :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa om
      biar akrab dengan alam

      Hapus
  23. haduuh bapaaaaak... itu anak keranjingan apa kebelet main game.... \;d

    BalasHapus
    Balasan
    1. keranjingan main game sambil kebelet eek haha

      Hapus
  24. hehhee....wis keranjingan main game kuwi mesti sampai gak kenal tempat

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak cepet bali yo, wis arep bokdo...tuku klambi anyar yo..heheee *kata ncip

      Hapus
    2. ah elah jaman sekarang mana ada anak mikir baju baru buat lebaran. wong tiap bulan mesti beli baju. emangnya anak jadul kaya kita haha..

      Hapus
  25. Sekarang suka diprotes anak Kang kalo pegang gadget pas ada dia. Suka bilang nononono! Hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka ngomentarin anak main gadget yo makane dibales haha

      Hapus
  26. Masih kecil dah mainan tablet.. besarnya bisa nyiptain tablet sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat mereka besar nanti, tablet sudah ga musim

      Hapus
  27. ga papa mas, diarahkan saja... atau dicarikan gadget yg tahan air ya? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadi kepikiran tabletnya dilaminating dulu :D

      Hapus
  28. Hahaha anak jaman sekarang keren ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu dong, lha Shudai anak jaman kapan?

      Hapus
    2. anak jadul juga kali haha

      Hapus
  29. jadi sekarang ngerti ya mas, pekerjaan istri dirumah banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari dulu juga udah ngerti kok bu
      cuman suka cuek ajah, hehe

      Hapus
  30. senasib mas, tab penuuuh sama blepotan minyak dr gorengan, gara2 dimainin 2 balita tobaaaaat.....! parahnya padahal udah dikasih pinjem satu2 tp masih rebutan ujung2nya tab dilemparin kmn2...*nangis deh emaknya...

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena