26 Juli 2013

Baju Lebaran

#Semua Umur

Beberapa hari sinyal hape hilang dari peredaran. Pengen nelpon ke rumah musti muterin kompleks dulu atau manjat pohon. Dan begitu sinyal muncul, belum juga mencet nomor keburu ada sms dari ibue, "THR kapan dibagi, yah..?"

Ini nih yang namanya sms of the week...
Aku bales saja, "duitnya masih dijemur belum kering, lagian lebarannya ga lewat Jogja..."


Baju lebaran...
Ritual tambahan yang tak masuk dalam tata urutan upacara keagamaan namun seringkali menjadi yang utama. Apalagi setelah kaum kapitalis begitu jeli memanfaatkan momen lebaran untuk menjejalkan paham konsumerisme. Tak heran kalo banyak ibu-ibu yang terseret euforianya dijebak kata diskon. 

Tidak ada yang salah karena aku cari duit juga buat mereka. Cuma salut saja, kok mau-maunya beli baju buat anak pada saat rame begini. Emang bener toko-toko pajang diskon gede-gedean. Tapi pernah ngecek engga harga yang dipajang sebelum musim lebaran berapa..?

Aku bilang begitu, soalnya pernah kerja di toko baju. Kalo mau pajang diskon 50% harganya dinaikin dulu 2 kali lipat lebih. Memang ada yang diskonnya beneran tanpa di mark up dulu. Namun seringnya itu barang ga laku yang stoknya numpuk di gudang kelamaan.


Anak sekarang tiap kali bapaknya gajian juga dibelikan baju. Ini berbeda dengan jaman bapaknya kecil dulu. Baju baru ya harus nunggu lebaran. Malah kalo baju sekolah sudah mulai rusak, dibeliinnya pakaian merah putih. Makanya dulu berlebaran pake baju pramuka atau seragam SD adalah hal yang lumrah.

Anak sekarang kalo dengar cerita itu mungkin akan bilang, "miris..."

Tapi kenyataannya tidak...
Kebahagiaan anak-anak jadul akan baju lebaran jauh lebih besar ketimbang anak sekarang. Aku ingat betapa semangatnya dulu berpuasa hanya karena dijanjikan selembar baju berbahan tetoron yang tipis dan celana kolor berlabel segitiga biru.

Begitu nyampe di tangan, pagi sore siang malam diliatin atau diusap-usap dengan mata berbinar-binar berharap lebaran segera tiba. Jaman dulu baju lebaran pakenya ya harus lebaran. Sebelum masanya, sekedar mencoba pun tak berani aku lakukan. 

Masa-masa mengharukan...
Yang tak kan pernah bisa dirasakan lagi apalagi oleh anak sekarang...


Intinya
Masa lalu mungkin tidak enak. Namun sangat indah karena begitu banyak kebahagiaan yang bisa dibangkitkan hanya dengan sesuatu yang teramat sederhana...



129 comments:

  1. wah ceritanya mirip jaman aku kecil, kalau mau beli baju baru nunggu lebaran, kalau sdh dibelikan sampai di keloni turu...hehehhee.
    lebaran senang banget, pakai baju baru muter ke tetangga berharap dapat angpo...hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertamaxku buat baju baru aja ya..hehheee

      Hapus
    2. kalo traweh pada panas-panasan sama temen. kalo ada yang belum dibelikan baju, habis-habisan dicengin temen sampai ada yang nangis. hehe masa lalu...

      Hapus
    3. saya dulu juga pernah seperti itu, rasanya pengen nangis tiap diejek belum dibelikan baju baru.

      Hapus
    4. kirain anak-anak di kampungku doang...

      Hapus
    5. itulah hebatnya mas Rw mas Rt nya kemana ya ?

      Hapus
    6. udah mudik duluan, om...

      Hapus
    7. saya ketinggalan mudik dong

      Hapus
    8. santai mang...
      aku saja sering lebaran di hutan ga majalah...

      Hapus
  2. seperti aku, lebaran itu ya pasti beli baju hahaha :D padahal bukan itu yaa yang di maksud tapi kita seharus nya berfikir lagi makna dari hari raya lebaran itu, aku juga ga tau tren nya si baju baru di hari lebaran ini, aku sih ngikut-ngikut aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebaran jaman sekarang mah baju sudah ga lagi penting. anak-anak tak lagi semangat puasanya kalo cuma dijanjiin baju baru...

      Hapus
    2. tapi jadi semangat puasa kalau dijanjiin smartphone...

      Hapus
    3. haha jaman sudah berubah
      tapi terima tablet mahal pun, mereka tidak terlihat sebahagia kita dulu dapat baju. bentar aja dibanting hiks..

      Hapus
    4. bapaknya malah nangis, cicilan belum kelar gadget sudah masuk kobokan

      Hapus
    5. halah mbok jangan suka buka kartu tho, om...

      Hapus
    6. hahah saya jadi kena skak ster sama mas agus s..

      Hapus
    7. om agus itu memang berbakat jadi cenayang, mang...

      Hapus
  3. Kang, saya nggak ada THR, malah sekarang saatnya memikirkan THR ke anak buah. begitulah hidup kan, menggelinding dan berubah-ubah visi dalam hidup. pokoknya selagi hati tenteram, lebaran pun akan nikmat meski tanpa THR dan baju baru kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh, saya ralat penggunaan frase "anak buah". tidak ada anak buah dalam lingkungan saya. adanya "rekan kerja".

      Hapus
    2. sudah semestinya buat yang tua-tua tidak lagi menanti pembagian thr melainkan bagi-bagi thr. itu salah satu bukti hidup mulai sukses dibidang ekonomi...

      Hapus
    3. yang muda-muda mengharap dibagi THR...mau dong

      Hapus
    4. setuju lah..
      aku masih muda kok...

      Hapus
    5. Aku kebagian THR dari mas Roni juga kan..?

      Hapus
    6. kalau sudah bapak bapak pasti punya anak buah lah........
      rekan kerja itu kan halusnya saja, hehehe..
      begitulah..........

      Hapus
    7. Ikut ngantri aja sama yang muda-muda.... biar kelihatan awet muda.

      Hapus
    8. kok jadi banyak yang antri gini...?
      baris yang rapi wooy... luruskan shaf...

      Hapus
    9. saya ngantri paling belakang juga ndak apa lah

      Hapus
    10. nomor antrian sudah habis...
      besok lagi ajah...

      Hapus
  4. hihihi..aku ga beli baju lebaran..
    ga ada THR
    No THR, lebaran akan selalu di lewati dengan senyuman :D

    Poto kuwii, gayane, pake syal pula Mnatebs :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga dapat thr tapi bagi bagi thr itu lebih mantap, coy...

      Hapus
    2. itulah hebatnya bapak bapak,

      Hapus
    3. maunya jadi ibu ibu, om..?

      Hapus
    4. mendingan jadi yang muda biar dibagi THR..

      Hapus
    5. tapi tau nih lik zach kapan bagi baginya

      Hapus
  5. Aku juga ga ribet beli apapun..
    Cuma ribet beli hantaran buat ke sana ke mari..
    THR wis ntek buat beli hantaran..:D

    Citra makin cantik ...!
    Ga sia-sia pas ngidam mikirin bebek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh kenapa aku ga dikirimin parcelnya..?
      tapi jangan konguan ya...

      Hapus
    2. Dikirimin tagihan aja deh..

      Hapus
    3. haha tar balik lagi bahas ngemut beras

      Hapus
    4. kong guan palsu lha isinya krupuk jee, nek gak ngono marning

      Hapus
    5. wah ada korban juga ternyata...

      Hapus
    6. hahah bila segelnya rusak jangan diterima mas hehe

      Hapus
    7. kalo cari cewek juga kudu cek segel, mang..?

      Hapus
  6. saya dengar2 memang begitu kalo toko adakan promo diskon besar2an, tapi harga barangnya sudah dinaikin terlebih dahulu, jaman sekarang sudah susah mencari orang yang berdagang dengan jujur....,
    baju baru buat lebaran saat ini sudah bukan ritual yang selalu dinantikan dengan air mata haru, seperti waktu tempo doeloe.....karena sekarang bisa setiap saat minta beli baju baru...tergantung hapenya dapat signal atau nggak.....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenyataannya begitu, pak...
      yang ada harga setelah diskon itu lebih tinggi dari harga normal sebelum lebaran. yang beneran lebih murah, kalo bukan stok lama biasanya memang dari pabriknya lagi ada promo

      Hapus
  7. Aku nggak pernah dibesarkan dengan baju Lebaran. Karena baju Lebaran bukan isu penting di keluargaku. Yang penting Lebaran itu kumpul dengan keluarga. Kalo nggak kumpul sama keluarga, itu namanya bukan Lebaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalo yang begini, berarti bu dokter tidak masuk kategori manusia jadul hehe...

      Hapus
    2. saya juga ndak pernah dibelikan baju lebaran.. * biar ndak dibilang manusia jadul hehehe..

      Hapus
    3. kita kan seumuran...
      yang tua disini tuh cuma lik zach sama mang lembu kok

      Hapus
  8. baju lebaran bagi saya artinya sangat istimewa waktu kecil dulu. ya gimana lagi, beli baju setahun cuma sekali, pun nunggu saat lebaran. entah nggak tau kalau suami saya, sepertinya tidak, tapi zaki sengaja saya terapkan metode yang sama, biar bisa lebih menghargai pemberian orang tua, beli baju sekali atau dua kali setahun. tapi mbah e yang tak mau diajak kerja sama [maaf pak-bu], tiap beberapa bulan sekali dikirimi baju, baik dari mertua maupun orang tua saya, terutama kalau habis bepergian. nggak pernah ke mana-mana, tapi zaki punya baju dari sydney, singapur, bali, lombok, ancol, anyer...

    sekali lagi, wujud sayang embah lebih berasa dari orang tuanya sendiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha itu sih dimana-mana, bu...
      makanya anak-anak pilih bertahan di jogja dengan resiko ibue kerepotan ngurus mereka sendirian. tinggal di kampung memang ada yang bantuin ngurus anak, tapi kasih sayang mbahnya yang berlebihan bikin anak makin susah diatur. kalo dibilangin rada keras dikit, lari ke mbahnya. kalo sudah gitu ga bakalan bisa ngomong apa-apa mentok di kata, anak itu kan potokopianmu...

      Hapus
    2. nasib nasib, lha anak saya juga sudah mulai di manja sama mbah mbah nya, semoga saja masih bisa di luk sama orang tuane

      Hapus
    3. misah wae om misah...
      aku dulu juga maksa ngontrak satu kamar padahal rumah ortu lega.

      *kompordotcom

      Hapus
    4. anak saya juga sama di manjain sama mbah - mbahnya dan saya langsung misah dari rumah orang tua, tapi tetep saja masih... la wong Rumahnya misah cuma hadap - hadapa sama mertua hehehe

      Hapus
    5. kenapa ga sekalian transmigrasi, mang
      biar aman nyaman terkendali tapi repot haha

      Hapus
  9. oooh sangat mengharukan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut merasakan beli baju setahun sekali tho..?

      Hapus
    2. Yang beli sih ibunya anak-anak pak..
      cuman saya yg cekot-cekot mikirin duitnyaa..

      Hapus
    3. kasih obat merang aja mas, di amer arang-arang

      Hapus
    4. untung ibue ncip ga pernah minta duit tambahan

      *tapi tahu-tahu tagihan kartu kredit bengkak..

      Hapus
    5. hahah kirain ibunya ncip kerja juga .. haha ndak taunya ada tagihanya kartunya

      Hapus
    6. kasian kalo sampe kerja, mang...
      urus kerjaan di rumah juga sudah cape banget kayaknya...

      Hapus
  10. Balasan
    1. badagelen, alias ngengek atos

      Hapus
    2. mbuh,,sida apa ora ya kang..ngenteni petinggi rapat ndisit lah..

      Hapus
    3. kamituwo ne gak di jak?

      Hapus
    4. depag pesta lagi bagi bagi kue 9m dengan dalih sidang isbat haha

      Hapus
  11. iya dulu hanya dapat baju baru kalo lebaran tiba, sekarang lebaran atau enggak kalau kepengen baju ya beli aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bedanya dulu dan sekarang
      tapi rasanya baju baru tetap indahan dulu kan..?

      Hapus
  12. saya juga seperti mas Rw, di belikan baju seneng banget. Jadi menjaga pemberian tidak meremehkan pemberian walaupun masih kalah dari milik orang lain, yang penting baju baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sempat ngalamin beli baju sebulan sekali juga tho..?
      gitu kok ngaku muda haha

      Hapus
  13. Lupa gimana masa kecil dulu. kayaknya malah dipaksa sama ortu untuk pergi ke toko baju, padahal akunya biasa aja.
    sekarang pun ga begitu mengikuti ritme baju lebaran. sudah tiga lebaran ini pake baju yang masih bagus, ga beli yang baru. sampe ibu mertua pun heran.
    cuma untuk seragam kantor pancen kudu sing kualitas apik,,soale ketemu karo customer yo kudu rapi..ngutip istilah "dari mata turun ke hati". begono

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh begitu tho ceritanya, weleh weleh

      Hapus
    2. tiap bulan beli baju ngapain lebaran beli lagi
      repot unyel unyelan di mol :D

      Hapus
  14. Gak kepikiran buat beli baju baru. . . wis ora mangsan nang kene ... hahaha siki nek bada pada tuku motor anyar ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, bada motor anyar..
      lebaran kelar habis itu di gadek

      Hapus
    2. mas nazar ternyata seisme sama di neng tia
      kalo om agus sepemikiran sama aku
      *mantap...

      Hapus
    3. abegeh emang pikiriannya gitu #ikutan mantav

      Hapus
    4. kalo gitu aku ikut tia aja deh.. :D

      Hapus
  15. sekarang aja beli baju baru pas lebaran doang..

    ncit, sepatunya bagus tuh *_* .

    BalasHapus
    Balasan
    1. bohong, lu...
      atau maksudnya beli baju yang terus digadein..?

      Hapus
    2. baju di gadeein -- ide bagus tuh :D

      Hapus
    3. jiaaah mau jual kancut juga dia

      Hapus
  16. masa kecil ane dulu juga kayak gitu.. pas udah di beliin baju baru ama emak puasanya tambah semangat.. hihi jadi pengen balik lagi ke masa anak2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha emang bisa..?
      kalo bisa ajak ajak aku yah..

      Hapus
  17. ane juga heran kalo pas lebaran namanya bahan yang nempel mulai dari ujung kepala mpk ujung kaki bau toko semua. padahal di pakenya cuma beberapa jam keliling nyari angpo ama makan2.. hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi mending bau toko lah ketimbang bau menyan semua :D

      Hapus
  18. Kebahagian anak-anak pada saat di hari raya, mereka senang pakai baju baru dengan atribut yang baru. Keliling kampung dan celanannya piih yang banyak kantongnya. Gaya ratu putrimu keren Kang, siapa yang ngajarin ?

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma sayangnya lebaran jaman sekarang sudah beda. dulu sampe beberapa hari masih saja rame orang keliling kampung silaturahmi. sekarang selewat dhuhur sudah mulai mikir jalan jalan ke tempat wisata.
      peluang bagus buat pak indra tuh...

      Hapus
  19. dulu jaman dengerin cerita Ibu yang melas itu, rasanya miris tenan....
    eh sekarang ngalamin.... dibanding anak, jamanku dulu....miris tenan...hahahahaha...melasz

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja tidak lagi terjadi apa yang kita rasakan dulu ke anak anak kita...

      Hapus
  20. Hahaha lucu tulisannya, jadi inget masa-masa waktu dulu. Sepakat! Kangen pas masa kecil :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja mengecil lagi, om... :D

      Hapus
  21. Berarti kalau udah dipake, nanti mas beli baju lebaran lagi gak buat anaknya? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga perlu lah
      toh baju lebaran sudah tidak ada kesan mendalam buat anak sekarang...

      Hapus
  22. Nggak kepikiran mas beli baju lebaran ., malah sekarang mikir beli.n baju buat adek2.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi buat lebaran juga kan sama adeknya..?

      Hapus
    2. gapapalah setaun sekali...

      Hapus
  23. itu ncit ya.. uda gede..

    hem.. anak jaman sekarang nih pak kalo gak di beliin baju lebaran pasti pada ngambek.. beda banget sama ku dulu.. paling di beliin baju itu buat solat id aja (baju muslim serba putih) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih ngambek..?
      perasaan anak sekarang ngambeknya kalo ga dibeliin tablet..

      Hapus
    2. tergantung anaknya juga pak :D ..
      itu yang udah di kenalin sama gadget pak ... wkwkwkwk

      Hapus
    3. dikenalin sih engga
      tapi senengnya ngrebut mainan bapaknya hehe

      Hapus
  24. Jika masuk mall saat ini... beuuuhhhh... ramainya minta ampun.
    Mau beli baju aja susah banget karena desak-desakan dg pengunjung yang lain.
    Mau cobain baju... kudu rela antri lama banget.
    Sudah gitu... mau bayar... antri lagiiii...
    Bener2 gak nyaman belanja saat2 spt ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. belanjanya habis lebaran saja bu kalo begitu... :D

      Hapus
  25. segitiga biru.. berarti kanthongan gandum ya om..wkk.wkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah mesti pernah ngalami
      liat kolor ada tulisane berat bersih 25kg...

      Hapus
  26. itulah dunia yang di sebut fana. segala sesuatu walaupun itu tentang keagamaan selalu bisa menjadi bagian ajang bisnis bagi mereka yg menekuninya. yah, ikutan aja deh meriahnya hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya yang jeli itu kaum kapitalis
      sementara golongan kita tetap saja menjadi obyek pengerukan isi kantong hehe

      Hapus
  27. ealah serius lbaran pke bju pramuka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana lagi atuh, ceu...
      jaman susah baju sekolah udah rusak, sekalian saja baju lebarannya yang bisa buat sekolah. tapi ya ga pake dasi sama topi waktu lebarannya. apalagi bawa tali dan pisau.. :D

      Hapus
  28. citraaa lucunyaaaaaaa
    selamat berbuka puasa mas eko

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah elah jam segini mah udah mau saur kali..? :D

      Hapus
  29. Jaman kecil dulu sangat seneng dapat baju lebaran karena beli baju baru ya hanya pas lebaran... terkadang malah abis lebaran baru bisa dapat baju baru hasil ngumpulin angpo... :) Jaman tlah berubah, Sekarang lebaran gak pake baju baru pun seneng asal bisa kumpul bareng keluarga... *Ratapan_diperantauan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah jarang bisa kumpul kalo lebaran. cutiku selalu nyleneh ga seperti karyawan lainnya. boro-boro lebaran, om. istri melahirkan saja ga bisa pulang karena belum masuk masa cuti...

      Hapus
  30. Setuju.... Jaman dulu memang lebih indah dibanding sekarang... Apalagi egoisme orang2 jaman sekarang... Ampyuuun deh ampyuuuun....

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kerasa sih...
      habis shalat ied, cuma satu dua tetangga yang disamperin. tapi warga pesbuk disapa semua hehe

      Hapus
  31. Maturnuwun Kang. Jadi inget saya sama adek diajak bapak ke bazar malem cari baju murah buat lebaran karena beliau mampunya ya itu, tapi bahagianya itu kerasa sampai jauuuh setelah jalan-jalan ke bazarnya. Sampai hari ini Kang. *mewek*

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbedaan visi antara anak dan orang tua kan sudah jamak, om
      orang tua suka mikir apa yang terbaik buat anak, anak malah mikirnya bukan. begitu juga sebaliknya. dikiranya baju yang bikin seneng, padahal anaknya lebih seneng jalan jalannya...

      Hapus
  32. ahhh masa lebaran pake baju pramuka atau baju SD? hahahaha....tampil beda sendiri dong yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaman dulu umum yang begitu, mi
      namanya juga jaman ga enak

      Hapus
  33. soal beli baju lebaran sudah di bahas diatas sama rekan - rekan...

    saya mau ngomentari potonya aja ...

    mas, gimana sih caranya bikin anak perempuan hehehe.... # Semua umur

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm gimana yah..?
      kudu sambil nungging keknya :D

      Hapus
  34. wiih... ayune, Mbak Tita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wedok kok
      kalo lanang kan gagah...
      *kaya bapaknya

      Hapus
  35. Ora kepikiran malah tuku klambi nek arep lebaran, biasane regane pada mundak nek lebaran tah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bisa malah jualan saja, lik...

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena