30 Mei 2013

Anak Susah Makan

#Bimbingan Orang Tua

Jaman banyak berubah...

Waktu aku kecil dulu...
Yang namanya berebut makanan dengan saudara kayaknya jadi menu sehari-hari. Nasi yang sudah dijatah sejak diangkat dari tungku saja masih dicoba-coba ngakalin walau secomot. Dan cerita selanjutnya tak pernah berganti. Orang tua yang akhirnya mengalah agar anak-anaknya tidak merasa kurang makan lagi.

Saat ini...
Di rumah makanan tak pernah kekurangan walau tidak berlebihan. Jajanan di luaran juga melimpah. Namun entah kenapa anak-anak malah susah makan. Jajan hanya ribut waktu mintanya, begitu dibeli lebih banyak diacak-acak doang.

Dari cekok kampung mbah dukun Piyungan sampai cekokan Kerkop seberang Purawisata yang tenar tidak ada efek. Suplemen penambah nafsu makan pabrikan dapat beli di apotik juga sama saja. Kalo saja google bisa ngomong, mungkin sudah teriak cape kebanyakan disuruh cari cara ngatasi anak susah makan.

Sampai usia hampir 3 tahun ini Citra hanya mengkonsumsi susu saja. Untungnya sekarang mau diselingi Dancow tidak seperti sebelumnya cuma doyan Pediasure doang padahal sekaleng habis dalam dua hari. Masih bayi saja sudah bikin mumet di anggaran bulanan.




Si Ncip yang dulu gembul pun mulai berulah. Kalo disuapin memang iya mangapnya masih saja lebar. Tapi kalo tidak diawasi, dia suka menyelinap ke kolong meja atau cari tempat sampah untuk ngelepeh. Ini yang bikin ibunya kecele. Sudah berbangga hati nasi sepiring habis diembat si Ncip, begitu nyapu ruangan baru ketauan nasinya pindah doang ke balik pintu.

Wis mbuhlah dengan mereka
Sing penting sehat...


Intinya
Jaman sekarang anak susah makan kayaknya menjadi kasus umum. Tapi bikin aku jadi mikir. Apakah caraku cari rejeki kurang barokah, sampai anak-anak pun tak begitu suka mengkomsumsinya..?


55 comments:

  1. jaman sekarang kie wis kakean cemilan Kang, mulai teko cilot sampe yang berbau luar negeri yang semuanya bukan kategori "makan". Karena rasane kie luwih enak soko maem pada umumnya, kebanayakan anak milih ngemil ato cukup minum susu saja.
    Beda kan dengan jaman kecil dulu yang jenis makanan terbatas ? bahkan untuk sekedar beli krupuk saja dulu susah. Makane jalan satu-satunya ya diisi dengan nasi dan lauk yang disediakan di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makan singkong dah enak..hehehe

      Hapus
    2. Iya betul. Makan Ubi Cilembu yang dicampur mayones, keju, coklat dan selai strawbery juga bisa jadi pilihan. Anak anak pasti suka makan. Trust me. It works

      Hapus
    3. jaman memang berubah lebih menyenangkan seharusnya dimana anak anak tak lagi merasa kurang makan. tapi entahlah kenapa malah jadi terkesan mereka kurang menghargai makanan ya..?

      Hapus
  2. Anak susah makan orangtua pusing. Anaknya dipaksa-paksa makan.
    Nanti giliran si anak lagi doyan makan, orangtua pusing juga. Disuruh diet biar gak kegendutan.
    Jadi orangtua memang selalu pusing ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. roda dunia kan berputar teh
      waktu masih anak anak kerjaannya nyusahin orang tua
      makanya setelah tua disusahin sama anak :D

      Hapus
  3. " Tapi bikin aku jadi mikir. Apakah caraku cari rejeki kurang barokah, sampai anak-anak pun tak begitu suka mengkomsumsinya..? "

    Inilah hebatnya Pak Rawins, saya dan mungkin orang lain gak pernah kepikiran seperti itu. Pasti semuanya bakalan mikir kalau anak susah makan ya biasa aja, namanya juga anak..

    bla.. bla.. bla.. bla.. bla..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gausah dibahas terlalu jauh
      orang cuma pikiran lewat sepintas doang kok hehe

      Hapus
  4. Apakah caraku cari rejeki kurang barokah, sampai anak-anak pun tak begitu suka mengkomsumsinya..?

    >> masyaalloh pak. semoga bukan karena itu ya :)
    *pukpuk bue yg kebagian tugas nyapu extra*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ga tau deh...
      perasaan sekarang ga bisa sabet kanan kiri kaya dulu lagi murni makan gaji. apa karena kebanyakan nyolong waktu kerja buat ngeblog kali ya..?

      Hapus
  5. Anak saya, Ayis, susah makan ketika masih konsumsi ASI. Setelah disapih, tepat usia 2 tahun, Ayis doyan makan. Konsumsi susu, baik bubuk atau cair, juga mau. Dari berbagai mavcam merk susu dia mau. tapi yang paling bertahan lama adalah Dancow dan kemudian Frisian Flag 123 sampe sekarang.
    #masih kecil anak susah makan, orang tua bingung.
    sudah besar anak ngabis-abisin makanan, orang tua juga bingung.
    #hadeuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarpun ngabis ngabisin tapi kalo beneran dimakan kan gapapa bu
      daripada bela beli ini itu tapi diacak acak doang rasanya jadi gimana gitu ya..?

      Hapus
  6. weh...isi kenal tho karo cekokan nang kerkop..kulon THR.. yo wes.. sing mlenthing..halah.. sing penting sehat. lek.. bocah..bocah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih pakan manuk ketoknya lebih sehat yo om..?
      hahah

      Hapus
  7. anak sekarang kebanyakan mikir main Mas ketimbang makan.
    lain dengan zaman dulu, mau makan aja susah..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. perasaan dulu juga banyak mikir main, om...
      disuruh cari kayu bakar atau angon kambing suka mikir macam cara gimana biar bisa mangkir

      Hapus
  8. sing penting sehat. bener Kang. kaya Rika kan sehat senajan panganan nang alas bergizi dan berdaki ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyalah sakig bergizinya sampe rontok semua daki...

      Hapus
  9. saran saya sich..berikan saja ASI kalo masih bisa diberi ASI, daripada diberikan susu bubuk yang kebanyakan dari susu sapi..,
    karena susu bubuk dan sejenisnya itu mengandung zat hewani yang bisa berpengaruh terhadap kejiwaan sang anak....jadi waspadalah :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. citra memang stop asi di umur 7 bulan karena kesundul adiknya, pak
      jadinya mau ga mau ya lari ke susu sapi

      Hapus
    2. yyang nyundul kan bapak-e, bukan nCip.

      Hapus
  10. ajarkan anak tentang rasa lapar, ketika jamnya makan kemudian dia menolak makan, jangan langsung diberikan susu sehingga akhirnya anak kenyang dan tambah malas makan..kalo anak saya susah makan, ya udah saya biarin aja..ada waktunya nanti dia mengenali rasa laparnya dan akhirnya minta makan sendiri..terus saja disiplin seperti itu, mudah2an si anak jadi mau makan.. *ibu 3 anak yg pernah dan sedang punya anak yg susah makan dan picky eater..huaaaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah repotnya si ncit itu tahan bener sama yang namanya lapar. tapi kalo minum dia kuatnya minta ampun...

      Hapus
  11. Balasan
    1. bukan anake tapi putune bu le yem non...

      Hapus
  12. yang penting bapae masih doyan makan kan ?
    soale yang nyari duitnya kudu sehaat..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia masalahnya
      mikir anak ga mau makan kadang kebawa ga enak makan juga...

      Hapus
  13. nanti kalau sudah banyak aktifitasnya juga selera mknnya balik lg
    susu kayaknya bikin nambah gak nafsu makan krn sudah kenyang
    yg penting sehat pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah masuk paud malah jadi langsing
      aktifitas bertambah sementara minum susunya berkurang padahal makannya tetap saja susah

      Hapus
  14. iya ya, anak sekarang itu pada susah makan ...
    yang penting sehat wis ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma itu doang cara menghibur dirinya om :D

      Hapus
  15. he eh, jaman dulu susah buat makan, jaman sekarang susah ngasi makan... :P

    Alhamdulillah Fira makannya lahap, walaupun dari sisi postur gak semontok anak yang minum sufor tanpa banyak makan. Ya, dibandingin anak-anak tetangga Fira gak semontok mereka, padahal nafsu makan Fira lebih banyak berkali lipat, cuman memang sama sekali gak minum sufor, ASI plus makan saja, namun alhamdulillah aktifnya luar biasa :p

    Saya gak tauk apa ini berdampak ke nafsu makan atau tidak, yang jelan ini yang saya lakukan ke Fira. Pertama sejak MPASI hingga sekarang saya gak pake gula dan garam di makanan Fira, kalopun pake yang sangat sedikit sekali. Kedua saya pake metode BLW sejak MPASI, apa itu BLW googling aja ya, intinya memberi makanan padat yang dimodofikasi sejak dini, terutama sayur dan buah. Ketiga saya kenalkan air putih lebih banyak sejak dia suka minum dengan gelas, hasilnya dia suka minum air putih, sebanding dengan ASI bahkan lebih. dan dari hasil penelitian yang saya tahu kesukaan minum air putih cenderung membuat anak suka sayur dan buah. dan keempat dan ini juga sepertinya jadi point penting, upayakan tidak mengenalkan jajanan (yang kebanyakan kaya msg) ke anak, kalopun anak meminta atau tergoda teman emang musti pinter2 cari celah mengalihkan perhatian, yang jelas bikin 'jajan' dan 'jajajan (terutama yg gak sehat dan kaya msg) itu gak menarik. sekali si anak mekan chiki dan semakin sering, biasanya lama-lama gak begitu suka makanan rumahan, karena faktor banyak rasa yang cenderung enak akan mengalahkan rasa masakan rumah, apalagi buat anak-anak, itulah mengapa disarankan sejak MPASI anak sebaiknya tidak merasakan gula dan garam, sehingga terbiasa merasakan rasa asli dari masakan. Alhamdulillah sejauh ini (18 bulan) Fira belum tergoda jajanan, jadi kalo banyak anak2 temen suka bawa jajanan kalo pas ada acara tertentu, Fira biasanya doyannya arem-arem doang, karena berasa nasi+lauk. Tapi gak tauk entar ya, karena semakin gede semakin banyak godaannya, dan tantangan saya untuk bisa meredamnya semaksimal mungkin :)

    semoga semakin nambah ya mbak makannya, salam kenal dari dedek Fira :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentang jajan, si ncit malah ga terlalu dibandingkan anak anak tetangga. dia beli jajan bukan karena mau dimakan tapi karena liat temannya beli. setelah dibeli tetap saja diacak acak doang dan tidak dimakan. ga tau deh harus gimana lagi

      Hapus
    2. Pak oyen, setuju banget. anak saya juga saya terapkan metode kaya gitu. sekarang tentu sufor karena udah 3 tahun.
      nggak jajan, selain karena di dalam komplek penjual keliling dilarang masuk, biasanya saya buatkan sendiri. kalau mau jajan ya ke foodcourt, itupun adanya cuma toko bakery sama makanan pokok (nasi dsb) doang.

      Hapus
    3. kalo ncit ncip sih aman dari tukang dagang keliling. kayaknya mereka tak pernah menganggap kalo itu adalah jajanan. yang dimaksud jajan sama mereka tuh kalo masuk indomart doang. efek dulu ada indomart di sebelah rumah kali...

      Hapus
  16. Intinya yg paling bawah perlu di koreksi lagi mas...hahahhaa
    Becanda kok..... emang sekarang anak suka jajan dari pada makan nasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya memang itu kok
      kayaknya aku perlu instropeksi diri lebih dalam

      Hapus
  17. berarti bukan aku saja yang punya masalah seperti ini, tapi semua bisa teratasi setelah anak-anak melihat aku makannya lahap, sepertinya mereka ndak mau kalah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. anakku juga seneng kalo liat bapaknya makan lahap. seneng ngasih makanan dia ke piring bapaknya, maksudnya.. :D

      Hapus
  18. stress ya mas kalau anak susah makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibunya kali yang stres abis
      aku yang cuma dengar ceritanya saja sudah ikutan mumet
      hehe

      Hapus
  19. eh, sama tuh Pak dengan Zaki, suka nglepeh...tapi kalau urusan makan, semuanya mau, walaupun dalam porsi kecil...lebih dikit dari anak2 lain...

    kadang jajanan yang mengandung micin/msg juga bikin anak jadi susah makan nasi, maunnya yang micinan terus. jadi bisa diakali dengan bikin jajanan sendiri, tentu yang tanpa msg-------ngandel, ibue citra pasti ga sempat. tapi memang butuh ketelatenan kalau bikin jajan sendiri. tapi insha ALLOH, selain sehat, juga terjamin kebersihannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibue kalo masak ga pernah pake msg kok
      yang kerepotan malah aku, bu...
      kalo harus makan di warung jadi ga pernah bisa banyak
      suka mual makan yang pake msg

      Hapus
  20. Kebalikan sama anakku Mas, kalo makan dan minum malah dari bayi suka, dan nggak usah disuruh hehehh:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bersyukurlah, om
      ga perlu mumet seperti ibue ncip, hehe...

      Hapus
  21. wah salah masuk nih....
    aku blom bekawin jadi lum da anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. keluar lagi juga boleh
      ga bayar kok

      Hapus
  22. wah ternyata si ncit pinter ngibulin ibunya, makanan dilepeh dibelakang pintu...
    kasih susu aja, ama makanan kecil mesti doyan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. si ncip yang suka ngelepeh
      kalo ncit mah diacak acak doang

      Hapus
  23. Sy gak tau brp byk Ncit minum susu sehari, tp bs jadi kekenyangan susu. Coba kurangin susunya. Kalo dia ngambek, gak usah dikasih. Nanti dia mau makan.

    Sy juga pernah posting di sini

    http://www.kekenaima.com/2012/03/gerakan-tutup-mulut-gambar-di-ambil.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ga tau si ncit sih
      dia itu anaknya tahan lapar. ga tau ada apa di perutnya...

      Hapus
  24. Aku suka dengan gaya centilanmu kang dalam kalimat penutupnya.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo begitu besok gausah bikin jurnal lengkap ya, pak
      langsung ke penutup saja :D

      Hapus
  25. pake minyak ikan salmon juga bisa untuk menambah nafsu makan anak2

    BalasHapus
  26. Anak ku jg gk doyan makan..cuma minum aSI thok..usia13 bln..ppis e kuning bgt
    Stres saya nya..pngen ngis2 nang prapatan tpi kok ora pantes
    Jianndd rasane..pedhot atiku..liat anak gk makan babar blasss..

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena