10 April 2013

Mendeteksi Makhluk Ghaib


#Dewasa

Hidup di tengah hutan dan berkutat dengan kehidupan malamnya kadang tak bisa lepas dari hal-hal yang jauh dari logika. Percaya atau tidak tak perlu diperdebatkan dan lebih baik test drive langsung ke lapangan.

Namun dari sekian banyak kasus yang mengakibatkan korban, aku bisa bilang tidak ada satupun yang mati atau luka karena digigit setan. Yakin bener 99,99% karena panik. Ngacir tanpa melihat situasi sekeliling lalu nyium pohon dengan manisnya. Padahal seringkali yang ditakutkan ternyata bukan hantu, melainkan bayangan pohon atau serangga hutan.

Sebenarnya keberadaan makhluk ghaib itu bisa dideteksi tanpa harus jadi paranormal. Maksudnya kita bisa ngecek dulu itu beneran dia atau bukan. Sakitnya jidat yang benjol akan lebih sakit setelah tahu kalo itu cuma babi hutan lewat.

Gejala yang sering terasa biasanya suara aneh, bayangan tertangkap di sudut mata, rasa dingin yang berbeda atau merasa seperti ada yang memperhatikan. 

Bila merasa ada yang ga beres semacam itu, berusahalah tetap tenang. Ambil nafas dalam-dalam biasanya cukup membantu. Kunci utama ada di tahap ini. Fokuskan pikiran jangan sampai melayang kemana-mana. Buang jauh-jauh segala bayangan tentang hantu, genderuwo, kuntilanak perawan, pocong datang bulan apalagi suster ngesot. 

Dalam banyak hal kita seringkali lebih terpengaruh oleh "katanya" daripada "nyatanya." Karena pernah dengar orang bilang di suatu tempat ada hantunya, nyampe kesitu saja belum kita sudah ketakutan duluan. Efeknya jadi berhalusinasi atau minimal sebagian pikiran sudah lepas dari badan. Cuma kucing lewat, otak dia membacanya sebagai macan. Dan yang bikin kacaw, segenap jiwa raga dia meyakini kalo itu nyata.

Kalo sudah bisa mengendalikan diri, jangan langsung menoleh ke arah sasaran. Menunduk lalu pelan-pelan memutar mata ke sumber suara atau lokasi dimana bayangan tadi tertangkap. Menoleh langsung hanya akan membuat kita menebar gosip, "ada bayangan hitam tinggi besar begitu aku tengok langsung menghilang..."

Begitu juga saat merasakan dingin yang tiba-tiba. Perlahan arahkan pandangan ke sumber dingin itu atau rasakan bagian mana yang terasa kedinginan. Jangan sampai langsung kabur ketika tubuh bagian bawah mendadak dingin sementara bagian atas tetap hangat. Siapa tahu itu cuma kolor putus dan celana melorot tanpa sadar.

Setelah pengujian secara panca indera mendapatkan hasil positif, lanjutkan ke tahap berikutnya menggunakan perasaan. Coba pejamkan mata sambil merasakan tanda-tanda dari sensor alami tubuh berjudul bulu kuduk. Kalo ternyata adem ayem, berarti bukan makhluk halus. Samperin saja siapa tahu cuma macan lapar lagi ngintip pilih-pilih calon mangsa.




Sebaliknya kalo bulu kuduk pada berdiri, perlu kehati-hatian lebih dalam bertindak. Buat yang religius boleh berdoa terlebih dulu sesuai keyakinan masing-masing. Kalo aku sih kapok maksa berdoa dalam kondisi seperti itu. Pernah aku masih a'a u'u ga nyampe-nyampe, yang di sono malah baca duluan dengan lancar dan lebih fasih.

Ini kan pelecehan namanya. Kalo biasanya orang yang ketakutan baca doa biar setannya pergi, ini malah dia yang berdoa. Berarti malah si setan yang ketakutan lalu berdoa biar aku buruan kabur sambil teriak, "panaaasss..."

Berkaitan dengan pengalaman itu, aku punya trik tersendiri untuk mengatasinya. 

Masih tetap pada posisi tenang, putar pandangan ke sekeliling dan perhatikan mana jalan, mana pohon dan sebagainya. Setelah itu, mantapkan pijakan kaki dengan posisi setengah kuda-kuda, tarik nafas dalam-dalam, tahan di perut, kemudian lepaskan sekuatnya dalam posisi langkah seribu sambil teriak, "maammmiiiiiii....!!!"

Ket.
Usahakan jangan pingsan sebelum sampai tujuan
#Gampang kan..?



Intinya
Tak perlu jadi paranormal ini mudah dipelajari. Aku dulu cuma dikasih tahu sekali sudah langsung pinter. Buktinya semua tahapan yang diuraikan diatas bisa aku praktekan dengan cepat kurang dari satu detik sampai ke posisi pingsan karena nubruk pohon...

Ohya satu lagi...
Hindari nonton film horor. Mau horor asing atau lokal sama-sama berefek negatif walau kasusnya beda. Aku kalo habis nonton horor Hollywood, mau ke kamar mandi saja rasanya was-was. Kalo horor Indonesia, bawaannya malah pengen ke kamar mandi mulu...
#Lebih bikin wass...


80 comments:

  1. wew

    bantu saya dengan berkomentar di sini Riev-Bapo
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang gua pikirin..?

      Hapus
    2. hahaha dihajar tanpa basa basi..

      Hapus
    3. lik,makluk halus datang kiyeh :D

      Hapus
    4. makhluk halus sama makhluk mulus sama nggak sih?

      Hapus
    5. halus dalam bahasa banjar artinya kecil
      jadi makhluk halus itu semacam tuyul...

      Hapus
    6. Riev-Bapo...kamu memang hebaaaaat...(pake gaianya NOAH)

      Hapus
  2. bener... dingin dingin gimana gitu.. berarti jarak udah dekat sekitar 1m (kata buku)

    nahh.. aku seneng kok nonton pilem horor, jerit jerit tapi seneng ahaha.. seru pilemnya kan cuma pilem meskipun bikin berhalusinasi dan was was emang jadi gak berani tiidur sndrian, pengenya sama mama terus. mau pipis juga minta di anter.. tapi kalo udah bangun tidur kan lupa lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dirasakan dulu dinginnya keras apa dingin empuk
      dingin keras siap siap aja kejeduk kulkas
      kalo dingin empuk, berarti deket ama...

      Hapus
    2. nyambung
      ...dekat ama,mama nya anak2 hahaha

      Hapus
    3. enyong nek manggil biyunge dengan sebutan mama pantes ora ya?

      Hapus
    4. lha katanya mau tiru lik reo
      manggilnya mami...

      Hapus
  3. tipsnya sekarang sedang coba diaplikasikan di rumah di mana si Teteh asisten yang biasa bantu-bantu minta pulang jam 4 pagi buta karena ketakutan katanya. Huehehe. InsyaAllah ga ada apa-apa ternyata. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga si teteh bisa sukses, om...

      *pingsannya...

      Hapus
  4. Kalau ketakutan gitu dan tidak tenang bisa celaka sendiri ya mas, oops padahal aku juga penakut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya bu yang penting tenang dulu biar ga celaka
      tidak sulit kok
      cuma ga tau ya kenapa aku belum bisa juga...

      Hapus
  5. Atau barangkali mereka juga perlu metode kayak gini buat ngedeteksi kita, om? Bhahaha, pas udah kedeteksi, malah treakan mereka yg lebih kenceng, "manusiaaaaa....!"

    horor indonesia? Horor sexy itu, mah! :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya aku kasian saja sama setan
      dia santai santai saja ga ngapa-ngapain tapi suka digosipin dan dijadikan kambing hitam oleh manusia. manusia atas perintah otak sendiri nyolek cewek sexy, begitu ketangkep polisi bilang khilaf diganggu setan...

      Hapus
    2. pengalaman pribadi,mesti...

      Hapus
    3. iya jaman diganggu rika biyen...

      Hapus
  6. endang palupi10 April 2013 13.22

    mas fotomu sik kayu kui lho koq medeni sik entuk endi, yen sik bawah itu jian apik tenan opo sik motret hantu?! hhhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang diatas foto di depan barak, bu...
      kalo foto yang bawah, judule sampeyan semprullll...

      Hapus
  7. kalau dari pengalaman pribadi sih, lebih baik lari aja sob... kagak pake ancer ancer deh... males mikirinnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang diuraikan diatas kan teorinya, om..
      kenyataan di lapangan sih seringnya beda sama teori

      Hapus
  8. hahaha bener tuh yang terakhir.
    yang 'sedih'nya kalo pas lagi parno2nya, hantunya nongol di depan... "kikikikik..." trus kitanya, "ssstt...jangan berisik dulu. lu denger gak suara2 aneh tadi?" XP

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha penggemar horor indonesia yah..?

      Hapus
  9. wuiih ane ngeceng potonya bekron sunset apa sunrise tuuh :D

    BalasHapus
  10. yaoloh
    cuma mau bilang kabur ja smpe muter2 ga keruan
    :ngakak abis ane baca trit ente gan
    sampe diliatin orang sebusway

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga bikin cerita
      kalo ga dipanjangin namanya jadi status dong

      Hapus
  11. ngeri juga mas kalau bisa mndeteksi gitu , hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. daripada ketipu daun pisang dengan dampak benjol, om...

      Hapus
  12. Hahahaha kolor putus :)))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah elah kolornya yang dibahas :D

      Hapus
  13. Jangan sampai.. jangan sampaiiii ketemu makhluk gaib.
    Walau dulu rumah di sekitar kuburan yang ada dimana-mana, walau dulu sering ke kuburan cm mau sok sibuk nyari makhluk gaib. Tapi sekarang noo... dah pernah trauma *deghh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pernah diisengin ya..?
      ceritain dong biar rame...

      Hapus
    2. ga pernah diisengi sih *Naudzubillahimindzalik*
      cuma pernah aja waktu ngekos kuliah dulu di ibu kota aceh, kaya ketemu Almh. Mama gitu waktu mau tidur, seperti mimpi tapi saya yakin waktu itu belum benar2 tidur dan saya yakin lagi kalau itu bukan almh. mama *yakin klo orang yng sudah meninggal sudah ada t4nya soalnya*. apalagi dia ngomong sambil ngajak mo megang tangan gt, wedew.. sampai akhirnya sadar, badan dah penuh peluh dan panas banget. hahahaha.. ayoo.. apakah itu menurut Mas Rawins?

      Hapus
    3. susah kalo ngomongin soal beginian karena tiap orang keyakinannya beda
      kalo percaya orang meninggal sudah ada tempatnya, berarti itu bukan mamanya dong. bisa cuma halusinasi bisa juga ada makhluk dimensi lain yang nyelonong dan kebetulan mirip. orang pada waktu lapar, lelah atau dalam posisi setengah tidur, getaran frekuensinya bergeser dari normal. kalo mendekati frekuensi dimensi lain, dmpaknya bisa interfrensi seperti itu

      Hapus
  14. hahahahaha horor indonesia nya jaman skrg bawaan nya pengen ke kamar mandi terus, kalo horor jaman dulu gmn mas? yang maen suzzana.. ihhhh hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah lucu ketebelan bedak...
      haha

      Hapus
  15. Kalau saya orangnya gak penakut Mas,,,udah biasa jalan gelap-gelap tanpa diterangi lampu penerangan,selain itu untuk nonton film horor memang gak hobi karena banyak gak masuk akalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap itu pak
      resepnya apa bisa jagoan begitu..?

      Hapus
    2. Resepnya cuma bahwa kita manusia lebih tinggi derajatnya dari mahkluk apapun itu.Jadi dimana pun itu pastilah gak bisa atau tidak mungkin yang namanya makhluk gaib langsung muncul didepan kita kan.

      Selain itu berdoa dalam hati pasti hati tenang :)

      Hapus
    3. ya memang aku belum pernah dengar ada orang mati dimakan setan. pada ngebayangin wujudnya gini gitu kayaknya cuma kepengaruh sama film doang...

      Hapus
  16. paling aman memang trik lari sambil teriak gitu ya...
    tapi boro2 ah..pasti aku langsung kaku nggak bisa gerak

    BalasHapus
  17. tetep jurus andalan Laser ......langkah seribu

    BalasHapus
    Balasan
    1. esih teyeng mlayu Rika?

      Hapus
    2. pacul kan anggota orkes mlayu...

      Hapus
  18. Hahaha, benar tak perlu jd paranormal tuk mendeteksi makhluk gaib.... Kita bisa rasakan sendiri melalui panca Indra

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pake pancasila bisa gak, om..?

      Hapus
  19. tips nya jitu...tapi lebih keren lagi suami saya apabila on call, malam2 di ruang server sendirian di lantai 4, di tengah mill yang sepi. kalau mulai "semriwing aneh" dia langsung datengi tu yang aneh, kemudian disenteri... cuek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata istrinya yang lagi kangen, hihie

      Hapus
    2. mending lah ruangannya di lantai 4 berarti bangunannya permanen keren
      disini ruangan server saja di rumah panggung kayu
      semriwing dari luar lebih terasa lagi

      trus kalo kangen gimana lik..?

      Hapus
  20. makanya jangan kebanyakan nonton filem horor Indonesia mas ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamar mandinnya jadi tak berair

      Hapus
    2. yang berair baknya...

      Hapus
  21. betul banget bagi yang pernah tinggal di tengah hutan, kami tahun 2008 juga tinggal di tengah hutan di jambi...keadaannya persis yang Pak Raw tuliskan, kalau saya lebih sering nangis ketakutan kala suami kerja shift malam...tinggal di bedeng kayu yang tiap keluar rumah bisa lihat monyet bergelantungan...babi berkeliaran...

    kalau ingat......

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru tuh Mbak.
      ceritain dong

      Hapus
    2. iya ceritaian aja pasti seru
      apalagi kisah tentang ibu eh maminya zaki lagi jadi jane
      ikut bergelantungan, hehe...

      Hapus
    3. insha Alloh...tapi kalo request Pak Raw...hora ilok, ntar orang pada tau...

      Hapus
    4. hihihi nulisnya di buku aja atuh kalo begitu
      tapi ati ati tar kecampur sama catetan utang haha

      Hapus
  22. ogah ah mendeteksi hal2 spt itu... bikin serem aja nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bukan ogah. ogah temennya ableh kan

      Hapus
    2. betul kata lik zach tuh bu
      yang serem bukan pak ogah
      tapi pak raden...

      Hapus
    3. bukan, tapi embul...temen barunya unyillll

      Hapus
    4. aku kok malah ga tau yang namanya embul sih..?

      Hapus
  23. medine wedi maring hutan Kang. wedi kesasar karo wedi maring rajane medi.
    ngandel.

    BalasHapus
  24. wahaha.. bahas hantu2, kalau di hutan saya takutnya nyasar sama di bantai hewan buas hahaha..pisss om rawins

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang...
      tuh binatang juga keterlaluan. suka keluyuran malem ga takut hantu apa..?

      Hapus
  25. "Yang di sono" itu memang ada yang fasih koq :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman pribadi ya, bu..?

      Hapus
  26. gampang menghadapi situasi seperti ini mah atuh, injek bumi tiga kali sambil sebut nama kang zach 3 kali...beres

    BalasHapus
    Balasan
    1. abis itu langsung pada datang tuh pasukan tuyul...

      Hapus
  27. hahahhahahha
    dari sekian panjang yg ane baca,
    cuma atu yg ane terapkan, "bawaannya pengen ke kamar mandi".

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena