10 Februari 2013

Penangkal Petir


#Semua Umur

Menurut data BMKG, Kalimantan Tengah memang memiliki intensitas petir yang tinggi. Tak heran bila kerjaanku juga banyak direcokin oleh fenomena alam tersebut. 

Bukan cuma tower internet, jaringan listrik juga sering terganggu. Makanya tiap kali hujan turun, tidur nyenyak hanyalah mimpi yang tak nyata. Asal dengar suara petir trus listrik atau internet mati, langsung mikir alat mana yang meledak. Tak peduli hujan deras tengah malam tetap harus ke lapangan.

Usul upgrade penangkal petir pake yang sistem electrostatic ga disetujui. Disuruh pake yang biasa tapi dibanyakin dan groundingnya diperdalam. Makanya jadi ribet di pengerjaan. Kalo penangkal petir aktif cukup satu unit untuk radius 150 meter, pake yang biasa bisa 20 biji harus dipasang.

Selesai proyek, sudah rada mendingan walau tidak bisa jamin 100% peralatan aman. Kecuali kasusnya kaya kemarin, memang beneran bikin bete.

Ada pejabat yang bisa jadi bos hanya dengan modal saudaraan sama big bos doang, ngomel-ngomel. "Katanya sudah pasang penangkal, kenapa listrik masih mati juga...?"

"Matinya kenapa dulu, bos..?"
"Katanya kesamber lagi..."
"Barusan mana ada petir..?"
"Orang elektrik yang bilang..."

Orang itu didebat juga percuma
Diterangin teknis mana ngerti. Timbang repot aku samperin aja temen bagian elektrik.

"Barusan lu laporan apa sama si kemoceng..?"
"Siapa yang laporan orang dia nanya kenapa listrik mati..."
"Lu bilang matinya kesamber petir ya..?"
"Kok petir sih. Orang kabelnya kesamber excavator lewat..."
"Ah elah..."
#Thread closed


Intinya
Keterbatasan manusia menghadapi kuasa alam. Paling bisa dilakukan cuma mikirin cara mengurangi dampak kerusakan dan gimana caranya biar gangguan cepat diatasi. Fenomena alam diperdebatkan sama aja bego berjamaah dong..?

Makanya jadi kepikiran kalo selama ini salah langkah. Mungkin tak cuma MacGyver yang kudu aku kirimin Fatihah. Tapi Thor juga, biar diwarisin palu petirnya...






56 comments:

  1. *ngikik...
    salam petir buat si bos.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. *nginep mesti....pertamax terus

      Hapus
    2. hush jangan bilang-bilang ya...

      Hapus
    3. ah biasanya jg mojok ampe mlm..:P

      Hapus
    4. ah elah malah dibocorin di depan umum...
      tar rada maleman ya, lagi tanggung...

      Hapus
    5. Eh eh eh...Mas Raw sama Teh Ayu mau ngapain??? mau nyusun resep bikin tower batangan ya?

      Hapus
    6. Mas Reo juga ngapain. kayak obat nyamuk lho nanti..munyer

      Hapus
  2. Balasan
    1. petromaxnya kesamber petir euy

      Hapus
    2. malah seterang wajahmu dong..?

      Hapus
    3. kmrn di tempatnya k"rudy petromaknya keinjek mas Reo:D

      Hapus
    4. wajahku selembut rembulan mas, gak kyk petromax...

      Hapus
    5. kaya evi tamala dong...?

      *dirimu bagaikan dirigdig...
      eh rembulan ding

      Hapus
    6. Beneran deh, aku penasaran banget sama wajahnya Teh Ayu, pasti cakep banget.

      Hapus
    7. saya juga penasaran sama yang cowoq di kolom ini. pasti kembar tiga ya?

      Hapus
    8. kenapa kang rawins malah meninggalkanku..?

      #merana...

      Hapus
    9. pada ngeributin apa sih..?

      Hapus
    10. anggap aja cakep lah...
      hiks...

      Hapus
  3. cetar membahana tuh Mas si Bos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah om...
      jadinya melupakan kata profesionalisme

      Hapus
  4. Balasan
    1. ngebeg bae sih genah...

      Hapus
    2. kon main kethek ogleng baen.

      btw mas gambar pacul duwe blog ora ya? tekgoleti angel pisan.

      Hapus
    3. juragan pacul apa baen nduwe, lik...

      Hapus
  5. melu nongkrong nangkene lik.....
    belajar ilmune thor.....sapa ngerti dadi bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin...
      mesti bisa lah wong besok pulang kampun bawa duit sekarung..

      Hapus
    2. mas reo dan mas rawin pada bali bae, ben desane dadi maju.
      mengko ndarani Air Supply Masuk Desa.

      Hapus
    3. tuh udah pada ngantri yang pesen batu kubur, lik..

      mang rudy & lik zach...
      sekalian aja pesen 2 biardapat payung...

      Hapus
  6. iya, selain baca fatihah. Si torn (dewa petir) juga harus di kasih kompromi, suruh adepin aja tu si kemoceng. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha kayaknya ngacir semua tuh kalo ketemu kemoceng...
      *daripada beresiko budeg kronis...

      Hapus
  7. udah jadi gundala puta petir aja,
    import palunya si Thor ntar kena bea barang mewah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gitu mending ngembat palupi aja ya..?

      Hapus
  8. kemampuan manusia terbatas mas, baru soal petir saja sudah kalang awan ga karuan hehe...

    wah itu palu buat mecahin batu mas:}

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kang. Selain untuk mecahin batu, bisa juga buat mecahin galau.

      Hapus
    2. palu buat nampang doang, biar dibilang kuat. padahal gemetaran tuh megang palu

      Hapus
    3. lagian ada excavator, ngapain juga pake palu...

      Hapus
  9. Kalo si Boss kesamber petir, asik kali ya?!

    BalasHapus
  10. bosse disetrum bae Kang, wani apa ora?

    BalasHapus
  11. Salam buat ThOr Mas......

    Bose kakean cangkem.. #Upppst

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga boleh ketemu thor
      katanya suruh jadi sun go kong biar ketemu dewa petir..

      Hapus
  12. kalo ga gitu bukan bos jenengnya lik..
    #tukang garap sawah..kali ye...haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tukang garap sawah lebih parah, ngga ngomel lagi punya anak buah kaya kang rawins...langsung dipacul.

      #maburr

      Hapus
    2. hahaha jadi pengen macul
      *yang di rumah...

      Hapus
  13. jadi bos karena sodaraan sama bigbos..wah nyindir saya ini mah euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo sodaranya bos tho.?
      bagi gaji yang gede dong...

      Hapus
  14. kalo sama Thor, palunya aja atau plus kegantengannya kang?

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena