11 Februari 2013

Macul


#Semua Umur

Nyambung cerita di jurnal Penangkap Petir kemarin.

Menghindari kabel kesamber alat berat lagi, aku pikir lebih baik kabel-kabel itu ditanam dalam tanah. Sepertinya itu solusi yang lebih baik daripada ribut antar bagian saling menyalahkan setiap ada kejadian. Tak perlu pedulikan omongan orang, "IT kok macul..?"

Karena bukan petani dan biasanya cuma maculin sawah yang seuprit, aku tidak perintahkan teman-teman macul pake gaya gali kubur. Asal kabel aman, kedalaman 10 atau 20 cm dah cukup.

Belum juga berganti hari, sudah ada yang laporan kalo kabelnya pada nongol kena hujan. Air mengalir terlalu deras menghanyutkan tanah urukan. 

Mau macul lagi, pegelnya saja belum ilang. Akhirnya ambil inisiatif pinjam wheel loader pada jam istirahat. 

Emang asik bisa gali sampai satu meter tanpa harus macul lagi. Sayang terlalu gembira bisa berada di zona nyaman sampai melupakan sesuatu. 

Habis ngatur kabel sepanjang galian, baru inget kalo jam istirahat sudah habis dan alat beratnya sudah ngacir kembali ke lokasi kerja. Gimana nguruknya lagi coba..? Nungguin loader sampai istirahat berikutnya, bisa dimarahin banyak orang yang ga bisa kerja terhambat galian.



Kisah selanjutnya...
Aku cuma bisa bernyanyi meriyang...

Cangkul cangkul yang dalam...
Menanam cangkul di kebun kita...
#Mondol...


Intinya
Kita memang suka lengah saat nemu satu kebahagiaan. Namun tak semestinya kita kecewa saat kelengahan itu berakhir ga enak. Udah biasa kali kalo habis enak suka pegel atau sebaliknya habis perih terus enak.
Manusiawi banget...



80 comments:

  1. Yup,benar banget,tetap semangat maculnya ya...#Lho????
    hehehehe salam kenal...,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau nyobain kah..?
      salam pacul...

      Hapus
    2. Soal pacul memacul saya ada pengalaman dikit. Waktu ada kerja bakti di komplek semuanya turun macul jalanan yang akan diaspal. Saya nda biasa megang pacul ikut berpartisipasi. Lecel lecet di jemari dan juga telapak tangan. Dasar nda pengalaman pegang pacul. Kalau pegang yang lain iya

      Hapus
    3. tidak perlu pada merendah gitu
      macul itu sebenarnya ga sulit kok
      apalagi kalo nyuruh tukang...

      Hapus
    4. bener juga ya. Wah nda nyangka komen mas Rawins begitu cerdas dan membahana

      Hapus
    5. Naah, kali ini aku setuju dengan Mas Raw. Apalagi kalo tukangnya gak minta bayaran.

      Hapus
    6. kalo mau gratis minta galiin kubur aja...

      Hapus
    7. Manggil mas Rawins gitu misalnya

      Hapus
    8. bolehlah...
      tar nisannya pesen om reo...

      Hapus
  2. Bener banget tuh .... nyaman keasyikan pasti kaget ketika menemukan kendala baru ... Saya pernah mengalami samai bertemu resiko paling buruk karena lengah. Semoga gak menemukan lagi he he.
    Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maunya sih gitu om...
      tapi udah bawaan orok kali, kalo lagi seneng suka lupa hal-hal kecil yang sebenarnya ga bisa disepelekan...

      Hapus
  3. Balasan
    1. mondol itu artinya brondong...

      Hapus
    2. perlu dibantu ngiklanin gak..?
      siapa mau mondol gratis...???

      Hapus
    3. Ih, kayaknya aku dikerjain deh. Ini lagi Mas Zach bukannya bantuin aku, malah berkomplot sama Mas Raw. Tega ih.

      Siapapuuun...tolong dong jawab, apa sih artinya "Mondol"?

      Hapus
    4. ah elah...
      dibilangin brondong ga percaya

      Hapus
    5. aku juga pengen nanya tuh, mondol apaan sih?

      Hapus
    6. udah udah mondolnya habis...

      Hapus
  4. nek suwe ora macul pancen perih.....semmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang landep gole ngasah...

      *nyoh wungkal...

      Hapus
    2. Mas GambarPacul, Mondol artinya apa sih?

      Hapus
    3. pacul tuh brondong juga makanya mondol...

      Hapus
  5. telapak tangannya tidak sasanggaleun Kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga pak...
      *ngaku aja deh kalo di kampung suka macul

      Hapus
    2. Kang Pepep, terang hartosna "mondol" teu?

      Hapus
    3. mondol = simono keur modol,

      meuni asa kumaksa mah ateuh kang..wahahahaa

      Hapus
    4. wah si mang lembu mah memaksakan kesempatan dalam keslempitan...
      bilangin tah si brondong kita, mang...
      mondol kitu...

      Hapus
  6. lemahe-lemah apa si Kang, rupane koh nggegirisi temen. wis mutant kabeh kuwe mesti uwong2 sing nang kono

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanah gambut lik
      batubara muda...

      Hapus
    2. masih penasaran juga...
      asal jangan keliru mondot. kalo yang itu mah jorok...

      Hapus
  7. jagungnya ada gak mas? :) eh gak saemua cowo bisa macul loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. cowo yang ngga bisa macul, menandakan tidak punya kekuatan lebih m'ba..
      #senyum kalm

      Hapus
    2. duh ga kebayang kalo cowo ga bisa macul...
      *gimana istrinya ya..?

      Hapus
  8. dengan teknologi, semua beres,
    say good bye to Pacul..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah pacul itu bukan sebuah teknologi..?

      Hapus
  9. kuti saja lagunya roma berakit rakit dahulu
    berenang renang ketepian.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah elah...
      bang haji punya lagu cangkul mondol gak biar pas nendang...

      Hapus
  10. Pose maculnya keren abiss bung,
    topinya pake MSA Top guard ZN-89.1 ANSI (kayaknya)
    Sepatunya pake Cheetah (kayaknya juga)
    Cuman sayang bukan kacamata safety ZN-87.1 dan gak pake sarung tangan karet. hehehehe

    *Sudah lama gak pake APD kyk gitu, kangen memang, walaupun kalau sudah memakai rasanya sebel juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hadeuh jadi malu neh
      kepergok hse patrol rupanya...
      jangan bolongin mine permit ane gan...

      Hapus
    2. Ini bukan hse patrol kok, cuman pernah tau aja :)

      Hapus
    3. kirain pekerja tambang juga..?

      Hapus
  11. hehehe.... ada hikmah dibalik nyeri punggung sehabis macul...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bener ada pegel dibalik pacul...

      Hapus
    2. asal bukan king kong mang...

      Hapus
  12. kalau urusan nyangkul..gw ahlinya (iklan arman gigi)

    ....kuwalat sama tukang macul itu namanya kang.

    puas teh teuing!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah gak lagilagi macul sendiri...
      *maculin tetangga ajah...

      Hapus
  13. Bekerja dalam bidang IT apa kontraktor sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dua duanya kang...disebutnya "aitikon"

      Hapus
    2. bidang macul, om...
      subkonnya mang lembu...

      Hapus
  14. awas mas ntar kepacul loh ,, hehehe lgi macul jg bisa ngexsis yah hehe
    mampir balik diblog saya iia mas :D (kalo berkenan sih) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai fatwa wal maculun minal iman...

      Hapus
  15. macul emang enang Bang, pegel tapi sehat :D
    Saya sekali 3 minggu biasanya macul di kebun bareng bapak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah salah dosis tuh om
      seharusnya seminggu 3 kali...

      Hapus
  16. huahhahahah...
    beresin cangkulan , pulangnya ngesot:P

    BalasHapus
    Balasan
    1. ealah, ane bukan suster neng...

      Hapus
  17. Balasan
    1. kenapa..?
      mau pesen galian singset ya..?

      Hapus
  18. Macul itu emang aktifitas fisik yg sangat sangat sangat melelahkan ya Pak, pernah sok2an bantuin anak2 cowok macul buat bikin tanam di depan kelas waktu SMU dulu, eyampun pegelnya msh inget smp sekarang *lebay* hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pake paculnya thor kali
      bisa pegelnya tahan lama...

      Hapus
  19. wah jadi udah ahli dong om maculnya. bisa macul buat gali kuburan sendiri bwahahahaa *kabuuurrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau pesen gak mil..?
      pesen dua bonus payung dah...

      Hapus
  20. hahaha, saya loh juga ngrasain badan keju linu akibat macul parit yg ga seberapa minggu2 kemarin itu om. Sebenarnya itu cuma masalah kebiasaan, karena nggak biasa macul-badan pun juga ga biasa nrima kerjaan rodok aboot...itu saya macul sendiri juga karena terpaksa-miris aja liat parit fungsinya jadi tempat samapah. banyak sampahnya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah suatu waktu butuh tukang pacul bisa kontak neh...
      haha jangan ding. mendingan disuruh ngulek aja deh...

      Hapus
  21. cangkul..cangkul..cangkul yang dalam, hehehehe
    jadi inget desa saya waktu masih giat2nya kerja bakti, mencangkul jadi pekerjaan tiapminggu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha kenapa kalo kerja bakti identik dengan pacul ya..?

      Hapus
  22. dirimu mengerjakan dari A sampai Z nih kelihatannya di kantor itu ya... hebat deh... karyawan teladan nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal masih berkaitan sama kerjaan pokok aku suka kerjain sendiri om. nunggu bantuan orang lain suka kelamaan...

      Hapus
  23. haha... jadi ahli macul dong sekarang??? :) *tertawa diatas pegel orang*

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa aja dah yang penting halal...

      Hapus
  24. janjane pas ngono kui nganggo capil mas, ben tambah kereeeeen.........hhhhh

    BalasHapus
  25. Perlengkapan perabotannya banyak banget tuh Kang.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    BalasHapus
  26. hahahaha. *numpang ketawa aja mas*

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena