01 Februari 2013

Gemar Menggambar


#Bimbingan Orang Tua

Punya otak bebal memang bikin susah. Kalo sudah nemu kerjaan yang bersifat perencanaan, ga bisa mengalir kaya nulis jurnal ngaco. Itu sebabnya kenapa aku suka diledekin temen-temen, "IT kok ga bisa lepas dari buku tulis dan whiteboard..."

Jujur aku lebih suka nyatet di buku. Sehingga setiap ada perubahan cukup dicoret dan revisi ditulis di sebelahnya. Ini bermanfaat ketika suatu waktu butuh penelusuran jejak. Tinggal lihat tulisan-tulisan yang dicoret, bisa ketahuan perubahan apa saja yang pernah terjadi.

Beda dengan catatan di word atau excel misalnya. Aku sering kelupaan mengedit total tanpa kasih catatan perubahan. Sehingga saat dibutuhkan rekam jejak kerjaan lama, ketemunya mumet doang. Kelebihan lain dari buku adalah bebas ketergantungan listrik. Lebih mobile ketimbang laptop.

Kalo papan tulis beda lagi...
Otakku terlalu kecil untuk bisa memikirkan semua kerjaan. Makanya kalo mau bikin sesuatu, selalu aku tulis atau gambar desain kasarnya di whiteboard. Dipantengin berlama-lama sambil diurutkan kebutuhan bahan dan alat di masing-masing poin secara bertahap. Kalo buntu, tinggalin dulu tar diliatin lagi sampai daftarnya aku anggap lengkap.

Ga masalah dibilang katrok juga. Yang jelas cara seperti itu jadi pemecahan masalahku sejak jaman dahulu kala. Mungkin ini bawaan orok, karena sejak kecil aku memang suka nggambar atau corat-coret ngaco tapi ga bisa kalo melukis.


Beberapa kali nemu masalah tetap tak menyurutkan hobi itu. Seperti jaman STM pernah ditangkep polisi karena nyoret-nyoret tembok di depan Polres pake cat semprot.

Waktu SMP pernah disuruh berdiri didepan kelas karena buku paket dapat pinjam ke perpus aku gambarin love u bu guru. Sebenarnya bukan salah-salah aku banget. Harusnya bu guru bilang dong kalo maunya aku tulis hate you. Jangan main setrap gitu dong...

SD pun pernah digetok guru matematika masih gara-gara gambar. Ini juga gurunya yang oon. Orang nyuruh aku maju nggambar segitiga sama kaki. Begitu kapurnya aku jepit pake jari kaki buat nggambar di papan tulis, malah dikasih jurus penghapus melayang. Aku kan ga mungkin menggambar pake kaki kalo perintahnya, "bikin gambar segitiga sama tangan ya, nak..."

Tapi sudahlah
Itu masa lalu. Yang penting banyak gunanya di masa sekarang...


Intinya
Otak rada soak bukan alasan untuk mengurangi efektifitas kerja. Hal jadul dan ga umum pun boleh dilakukan asal tujuan tercapai dengan baik dan benar. Tapi ya engga semua kerjaan selalu aku bikin gambarnya dulu. Contohnya dulu waktu mau bikin Ncit dan Ncip...




132 comments:

  1. Ncit sama Ncip diajarin bikin segitiga sama kaki nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum...
      baru sampai gambar bola bundet...

      Hapus
    2. sikile rika cluthak ya kang

      Hapus
    3. mengikuti perintah, lik...

      Hapus
    4. hieiee kalau gambar menggambar saya jadi ingat waktu masih kecil dulu meman suka sama gambar gunung dan matahari lengkap sama sawah sawahnya. Hiehiheiee, Memori bangeds. Rasanya kalau sudah gambar gung dan sawah rasanya sudah keren

      Hapus
    5. kenapa harus gunungnya dua..?
      kenapa ada yang bersinar di tengah gunung..?
      dan kenapa gambar itu begitu universal untuk anak anak dimana pun berada...?

      Hapus
    6. Kalau gunungnya cuma satu bukan Gunung nanti.
      Bukit

      Hapus
    7. bisa sambil nyanyi dong pak...
      bukit berbulu...

      Hapus
    8. judulnya gemar menggambar tapi kok nyerempet bikin Ncit dan Ncip, apakah itu dibikin menyerupa proses membuat segitiga sama kaki...eits maksudnya segitiga sama tangan :)

      Hapus
    9. bikinnya emang rumit pak...
      ga cukup rumus pitagoras doang
      sampe rumus pitapurnamasari juga dipake...

      Hapus
  2. wah padahal baru SMP sudah bilang love you sama bu guru? bu gurune cantik ya kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga bilang kok. cuma nulis di buku doang
      gurunya aja kurang kerjaan pake ngumpulin buku sebelum ulangan...

      Hapus
  3. Balasan
    1. satu lagi biar pas poligami...

      Hapus
    2. Polibek...isinya kumpulan jus kuning!

      Hapus
    3. Jus kuning yang ada dimana tuh.
      Yang ngambang ngambang itu kah?

      Hapus
    4. tau ah si mamang tuh...

      Hapus
    5. Idiiih...aku juga tau dari orang tambang kok. -__-"

      Hapus
  4. dikira arep nendang gurune rika kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaman siki esih ana penghapus melayang ora, yo..?

      Hapus
    2. deg-degan. ujarku pak anoman

      Hapus
    3. hush ngawur
      beliau piyantun cipari sing gagah dewek koh...

      Hapus
    4. Cipari itu deket cilacap to mas...hihi

      Hapus
    5. Cipari itu temennya Cikopi ya Mas?

      Hapus
    6. cipari itu deketnya cigatel..

      Hapus
    7. Sebelah mananya cinafsu sama cingeres?

      Hapus
    8. ah elah pak asep...
      itu beneran nama daerah kok...

      Hapus
    9. kalian pada ngomongin apa sih?

      Hapus
  5. aku masih ingat saat ku masih kecil, 1 buku penuh dengan coretan dalam 1 hari.gambarnya bolah bundet (benang kusut) kakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ini dia yang ngajarin si ncit...

      Hapus
    2. kalian harus masuk sanggar.
      sanggar pesawat

      Hapus
    3. kaya preman saja sanggar...?

      Hapus
    4. Sangaaaaaar!

      Masih musim ajah kepleset!

      Hapus
    5. Lewat depan gang mas Rawins, lalu belok kiri ada kedai Bubur Ayam, nah belok satu pertigaan lagi. Nanti ketempu empang. Nah boleh langsung nyebur

      Hapus
    6. jangan sekarang pak
      aku barusan selese mandi...

      Hapus
    7. Pake saos kepiting kemaren pasti.

      #masih penasaran

      Hapus
    8. pake saos mang rudy najis tralala atuh...

      Hapus
    9. bukan lik
      kayaknya sih kaos...

      Hapus
  6. kalau melihat apa yang dirimu kerjakan.. download aplikasi mindmap aja... lumayan membantu loh..

    Walaupun diriku juga prefer kertas.. tapi kalau lagi ga bawa kertas dan butuh ngonsepin sesuatu aku pake mindmap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mindmap yo om..?
      tar aku liat liat dulu deh...

      Hapus
  7. Segitiga sama kaki... Gambar segitiga pake kaki..
    Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga anak kecil...

      Hapus
    2. hahaha lucu banget..

      Hapus
    3. Segitiga sama sisi ama sama sama?

      Hapus
    4. itu mah kalo terima kasih pak...

      Hapus
    5. Kalau gitu Segitiga sama sama

      Hapus
    6. Segitiga sama-sama itu pasti bentuknya sama semua, bahkan yang sama pun kalah sama. sama kan?

      Hapus
    7. saya masuk kolom ini langsung stress

      Hapus
    8. berarti masih normal lik..

      Hapus
  8. Rika STM ngendi si Kang? aja-aja sing potone dipasang nag tiang listrik kuwe Rika biyen ya

    BalasHapus
  9. ealah beneran mas misuaku jg lbh suka corat coret di kertas ato WB ketimbang di lepi...mangkanya di ruang tamu bukannya pajangan apaa gitu ini mah whitebroard yang penuh coretan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kenapa banyak yang disama samain..?

      Hapus
    2. pak asep kan emang beda...

      Hapus
  10. wkwkwk.... baguss... jangan takut2 menarik garis ya nak... *Pak Tino mode on*

    BalasHapus
    Balasan
    1. tino sidin sih semuanya juga bagus...

      Hapus
  11. Hihi....saya baru tahu ternyata sampeyan ki lucu mas ...:P

    Saya juga suka nyatet banyak hal di buku mas, misalnya kapan tanggal beli beras atau beli gas...hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaelah ibu ibu emang super teliti kalo udah ngurus catetan dapur...

      Hapus
    2. Catatan tagihan. Bayar listrik, PLN, SPP anak anak. Tagihan Kartu Kredit, Kartu Iuran RT, Iuran PANCI

      Hapus
    3. wah si bapak suka ngintip catetan ibunya ya..?

      Hapus
    4. Dia mah catatnya di HP. Jarang baru notes sama pulpen.
      Paperless gitu loooooooooooooooooooooooh

      Hapus
    5. oooh kirim kiriman cateta pake blutut ya..?

      Hapus
  12. Saya senyum2 sendiri mas, segitiga sama kaki, iya juga yah hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. senyum senyum sendiri atau senyum senyum rame rame

      Hapus
    2. bagaimana kalo kita bertiga saja...

      Hapus
    3. Kalo aku dateng, jadi kwartet dong ya?

      Hapus
    4. kalo udah berempat yang kelima setan
      mana dong lik zach..?

      Hapus
    5. empat kayak roda mikrolet.
      enyong jadi jurinya deh.

      Hapus
    6. ooo malah milih jadi ban serep...

      Hapus
  13. Menggambar dan mencatat bagian dari menata ide
    Kalau kami emak2 banyakan catatan belanja

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi struknya suka lebih panjang dari catatan kebutuhannya ya..?
      hehe

      Hapus
  14. kalau nulis di kertas seringnya malah keliyengan sendiri,
    habis nulis nyimpannya entah di mana, jadi berantakan ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan pake kertas cuwilan dong
      pake buku jadinya ga kemana mana...

      Hapus
  15. Di poto ini kok Mas Raw ganteng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulus ya whiteboardnya..?

      Hapus
    2. Itu pasti nggambarnya pas malem jum'at, makanya gambar dua gunung dengan matahari berbulu ditengah-tengahnya.

      Hapus
    3. ada burung nyamperin juga...

      Hapus
    4. yang penting rasanya bung...
      *prenjak...

      Hapus
  16. untung guru matematikanya bukan mamang, kalu kejadian...wahwis tak gantung kaki diatas kepala dibawah siswa buandel ke'gini mah.

    tapi emang gituh kali kebanyakan orang utan ..ups?! orang yang kerjanya banyak dihutan maksude', lebih pinter pake bahasa alam, menjelaskan atau dijelaskan baru ngerti kalau coretmoret dikertas atau ditanah.
    jadi intinya bukan karena hobi2 teuing ah ceuk sayah mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. pan udah sayah bilang, mang
      kalo otak sayah mah rada bebal. atau beubeul yah..?
      masih untung gurunya ga dipilok juga...

      Hapus
    2. Coba kalo gurunya dipilok, pasti cerita ini akan lebih fenomenal. Pak Anonimpun pasti datang.

      Hapus
    3. kayaknya analisa si bebek salah
      bukan label dewasa yang manggil si anoman
      tapi kudu bakar kemenyan

      Hapus
    4. katanya pak anoman mau berkunjung. hoi.. hoi.. jangan pada saru

      Hapus
  17. Jadi inget masa sekolah dulu yang sering corat-coret di pinggir jalan.

    BalasHapus
  18. Untung aja ga disuruh bikin segitiga sama ketek ya hehhehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentar...
      ketek tuh bukannya monyet..?

      Hapus
    2. Monyetnya sudah digondol Gendruwo

      Hapus
    3. genderewo suka bubur monyet ya..?

      Hapus
    4. Hayoooo...lagi ngomongin aku yaaa???

      Hapus
  19. aku malah dulu sering nggambar di lantai pakai kapur, jadi kalau orang lewat harus melompat-pompat

    BalasHapus
  20. soal gambar menggambar, paling mumet kalo udah di suruh gambar design jaringan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ga bakat jadi sapidermen dong..?

      Hapus
  21. dikau cerdas bgt kang tentang segitiga sama kaki itu, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayah...
      ini menghibur apa menghina sih..?

      Hapus
  22. Yen gambar segitiga sama sisi piye mas........(ojo bayangke lg flu lho!!)hhhhhh

    BalasHapus
  23. kalimat yang ini: "Beda dengan catatan di word atau excel misalnya. Aku sering kelupaan mengedit total tanpa kasih catatan perubahan. Sehingga saat dibutuhkan rekam jejak kerjaan lama, ketemunya mumet doang. Kelebihan lain dari buku adalah bebas ketergantungan listrik. Lebih mobile ketimbang laptop."
    ngena banget ...itu juga dialami oleh ayah saya...yang yaa namanya orang tua....lebih mudah memahami catatan buku :)

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena