08 Februari 2013

Absen


#Semua Umur

Beberapa hari bete mulu gara-gara si bos terus saja ngeributin mesin absen. Padahal dari jaman Jepang aku dah ngomong, absen sidik jari ga cocok dipake ditambang. Di Jakarta yang bersih juga kadang perlu 2 atau 3 kali nempelin jari baru kebaca. Di sini cari jari bebas debu atau oli itu susah kecuali milik staf kantor.

Lebih betenya lagi, aku juga harus ikutan absen. Padahal ga pernah keluar hutan selain masa cuti. Biar ga mondar-mandir, server sengaja tidak aku pasang di kantor. Tapi minta satu ruangan di mess persis di sebelah kamar tidur. Jadinya praktis ga harus mandi pagi-pagi banget buat ke kantor yang jaraknya sekitar 300 meter dari mess.

Ribet soal absen ini, aku malah inget waktu masih kerja di Jogja dulu. Emang ga ada mesin absen atau kudu tanda tangan. Namun tiap pagi dan sore kudu setor muka lewat skype ke bos di Jakarta. Praktis tapi bikin ga berkutik.

Pernah sekali waktu datang kesiangan. Maklum lah hari jumat. Malemnya abis lembur lumayan banyak trus paginya nambah senam dan kerja bakti.

Begitu buka skype, si bos nanya duluan, "jam segini baru datang, lo..?"
"Maap lupa ga aktipin skype. Abis beres-beres galeri, bos.."
"Tumben rajin banget..?"
"Kan bos katanya mau kesini."
"Ooo, berarti kalo aku ga ke Jogja, galerimu ga disapu yo..?"

Moodiaaarrrr salah ngomong... 
Polos, jujur apa culun ya..?

Tapi sudah telanjur nyeplos mau gimana lagi 
Sebelum bikin repot, langsung aku kirim data macam-macam biar lupa soal insiden itu. Trus sorenya, aku lihat skype bos kok masih aktif juga. Daripada penasaran, buruan aku tanya, "ga jadi ke Jogja ya, bos..?"

Lha kok jawabnya, "nyesel yo tadi pagi bersih-bersih..?"

Halah...
Kok masih inget yow..?


65 comments:

  1. mesin absen sama panskad sama ga sih lik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apaan sih panskad..?

      *panci saya kasep deh kali...

      Hapus
    2. bukan pasukan angkatan darat ya?

      Hapus
    3. Ga tau tuh Mas Reo. Apaan ya?

      Hapus
    4. bahasanya terlalu teknis...

      Hapus
    5. Kasep itu artinya Ganteng ya.
      Eh bener loh mas Rawins - Mas Johan Budi (Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi). Kemiripannya sangat tinggi

      Liat mas Johan Budi di TV serasa liat mas Rawins
      Kembaran apa ya

      Hapus
    6. bagai pinang dibelah kampak...
      makanya ancur hasilnya

      Hapus
  2. Lha si bos nya kok masih ingat ya? padahal dah coba diselingi dengan macam2 data dll tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga bos, yang uasem ya...orang yang berharap lupa azh.
      #cling...menghilang

      Hapus
    2. namanya bos kurang kerjaan...

      Hapus
    3. bosnya kan mbak-mbak. biasanya suka ingetan. kalo bapak2 kan nggak.

      Hapus
    4. justru kalo bapak bapak lebih suka inget sama mbak mbak

      Hapus
    5. aku kan belum bapak bapak...

      Hapus
  3. Balasan
    1. uhun ceu..
      matak dah pengen pulang kampung ngurus embe...

      Hapus
    2. Tuh kan, Kang Raw nya malah galau deui.

      Hapus
    3. biasa lah
      sindrom menjelang cuti...

      Hapus
    4. kumaha atuh...jadi ga resign nya?

      Hapus
    5. teuing ah
      makin ga jelas nasib anak buah...

      Hapus
  4. jawab aja, gak nyesel bos. Cuman gue eneg aja liat wajah bos..bruakakakaka #saran_gokil

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pernah di kerjaan yang sebelumnya
      malah dapat surat cinta besoknya disuruh libur panjang...

      Hapus
    2. bosnya harus didandanin ondel-ondel

      Hapus
    3. Makanya, nyari Bos itu yang mirip Asmirandah.

      Hapus
    4. bisa ngantor terus ga mau pulang tar...

      Hapus
    5. Kalau siang kerja dan kalau kalam dikerjain itu apa ya mas Rawins?

      Hapus
    6. wah aku malah belum ngerti pak
      ajarin dong...

      Hapus
  5. Beuh, hebat bener ya ngabsennya pake skype :)))
    Kreatif tu bos :)))
    Soal absen sidik jari, di kantor aja yang bersih (bank) kadang2 mesti nempelin beberapa kali baru kebaca sidik jarinya x_x

    BalasHapus
    Balasan
    1. tah urang sunda tah..pake "beuh" sagala
      bari jeung kasep deui c aa teh euy

      Hapus
    2. absen sidik jari juga masih bisa diakalin orang penanganan teknisnya kita yang urus. ketik aja sendiri sebulan sekali gabungin ke databasenya. asal jangan diambil tengah bulan aja tar ketauan udah ada data sampai akhir bulan...

      kasep teh maksudnya kasepak kuda ya, mang..?

      Hapus
    3. kasep tu singkatan kang asep mungkin

      Hapus
    4. berarti kalo bisep itu bibi asep..?

      Hapus
    5. Kalau Bosep = bos asep. Meleng dikit jadi Bokep

      Hapus
    6. wah kalo itu sih ane juga doyan, pak...

      Hapus
  6. masih pake jempol dan skype?!ketinggalan deh ih...saya disini mesin absennya, cipika cipiki tiap pagi sama bini dan wajib ngbisikan "selamat pagi sayang"
    ...kalau lupa, bisa seharian cemberut...sambil ngdumel.."huh..udah ngga sayang lagi yah?!"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu dirumah, soal post firebug nya.

      Hapus
    2. kalo di rumah mah beda lagi. ga cukup absen setor jempol doang. kudu setor yang laen...

      Hapus
    3. haha... boleh juga absennya cipika cipiki. layak diterapkan

      Hapus
    4. absen gitu mah kaya minum obat
      sehari 3 kali...

      Hapus
  7. hahaha.. ingatan bosnya tajem ye bro.
    Emang bener tuh absen jari di jakarta aja kadang susah kebacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang tuh jakarta. susah kotanya

      Hapus
    2. jakarta kan lebih kejam dari ibu kota...

      Hapus
    3. bapaknya china dong..?

      Hapus
  8. nek diganti sing ditempelna Lambe priwe kang? Lambe kan seringe resik...paling2 ya klimis sitik lah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lambe isine idoh to. ceprot nang papan absen. ndeyan memang asik

      Hapus
  9. Sama aja kok Pak, di sini superintendennya juga tetap Fingerprint, ga peduli mau masuk pagi, siang, sore ataupun tengah malam. Pulangnya juga mesti absen. Tapi kalau lagi cuapeeek pol ya, urusan pabrik di remote dari rumah aja. Ga harus ke office dulu lalu ke mill.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu mah cuma orang lokal doang. yang dari pusat ga harus absen soalnya 24 jam di site ga bisa kemana mana. sekarang semua kudu setor jempol...

      Hapus
  10. memang tidak pas absen sidik jari diterapkan di tambang, apalagi di hutan. secara jelas sidik jari orang2 di situ tiap hari kan berganti-genti, tergantung kesambet apa saat itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maunya sih ga pake absen tapi gaji naik

      Hapus
    2. kalau naik ke atas ya. Nanti ke Tower

      Hapus
  11. Je elaaah...soal absen sidik jari ini dari dulu belom selese juga tho?, bukannya dulu mau ngusulin pake deteksi retina mata?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu mah mumet sama masalah teknis doang. sekarang mumet tiap pagi sore kudu jalan ke pos satpam

      Hapus
  12. sekolahan siki ya nganggo sidik jari tapi ya mung angger esuk jam pertama nek mlebune jam 9 ya ra absen, tur urung dikonekna maring PC dadi mung nongol angkane thok ora ngerti kuwe drijine sapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantep temen sekolahan be sidik jari
      penak jaman biyen berati ya..?

      Hapus
  13. coba pake merk absensi http://absensiyogyakarta.blogspot.com/ darikita mas

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena