27 Januari 2013

Ncip Bandel


#Bimbingan Orang Tua

Nelpon ke ibue Ncip makin susah. Cuma bisa sepatah dua patah kata, selanjutnya berganti suara anak-anak tawuran berebut hape. Sengaja nelpon malem dengan perkiraan anak-anak dah tidur, dengar suara yang ngobrol mereka malah nglilir. Bila Citra yang bangun sih rada aman. Bisa diajak ngomong dan mau gantian sama ibue.

Payah kalo si Ncip, dijamin ribut lagi karena dia suka bangunin mbaknya untuk pamer. "Ayah epun... ayah epun..."

Mana ngobrolnya susah dimengerti. Setiap kata dipotong-potong semau dia. Makanya riweuh kalo pas ngobrol sendiri tanpa bantuan ibue. Kaya waktu bilang "ayah uang..", aku langsung mikir payah anak umur setaun dah tau duit. Setelah translatornya nongol baru ketauan kalo maksudnya nanya, "kapan ayah pulang..?"

Pokoknya ngomong sama si Ncip lebih sering salah tangkep ketimbang benernya. Tak jarang bikin aku menahan nafas seperti waktu dia teriak-teriak minta remote control
Abis bilangnya, "emot ontol... emot ontol..."
#Masaloooh...




Bandelnya sudah melebihi mbaknya. Ga betah di rumah maunya hujan-hujanan terus. Makan mulai susah malah lebih suka nglemprak di jalan sambil ngemut kerikil. Kalo dilarang mandi hujan, bakalan protes nyebur ke bak mandi. Makanya kalo shampo sabun ga diumpetin, pasti habis dituang ke bak semua.




Disuruh ikut kegiatan PAUD di balai RW atau pengajian anak-anak dia giat banget. Asal dengar di masjid sudah halo-halo buruan ngajak berangkat. Tapi ya gitu deh, isengnya ga sembuh-sembuh. Kalo cuma berisik sih gapapa. Ini mah suka isengin temannya sampai merosotin celana segala...
#Kaya pak Asep aja...

Kalo dikurung di rumah, dia suka ngomporin mbaknya untuk demo minta dibukain pintu. Bila tidak diturutin, sudah pasti seisi rumah berantakan. Hape di kolong, sepatu di kulkas atau sendok masuk mesin cuci sudah jadi langganan.




Yang begini ini yang bikin hati makin mpot-mpotan pengen pulang. Atau minimal cari kerjaan di luar hutan biar bisa membawa mereka serta. Jujur ingin ngumpul ini bukan karena pengen marahin anak punya polah begitu. Tapi rasanya asik aja bermain bersama anak-anak bandel. Jadi pengen nyicil alat-alat gunung lagi biar mereka akrab dengan carabiner dan tali kernmantel.


Intinya
Anak yang bandel merupakan modal awal yang bagus kalo bisa diarahin ke hal positif. Berusaha mengekang kenakalan mereka hanya akan mematikan kreatifitas. 
Katanya sih...



92 comments:

  1. pertamax-e ora diborong sisan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. asem...mbe nongol terus disaut lik zac

      Hapus
    2. lillhita'ala untuk sesepuh deh...

      Hapus
    3. sesepuh.....apanya saur sepuuh :D

      Hapus
    4. saur sepuh itu petuahnya lik zach...

      Hapus
  2. huhh, keluh.
    kenapa saya pertamax coba??
    menyesal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. entah lah mas....
      aku nunut bae karo sing pertamax...

      Hapus
    2. jangan menyesal. berarti tidak menyerobot hak rakyat miskin akan bbm bersubsidi...

      Hapus
  3. anak yang bandel jelas positif ke depannya.
    semoga ncip nggak niru bapaknya yang saru itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bapaknya dulu kalem mas.....
      gedenya kalemek...:D

      Hapus
    2. anak kan biasanya lebih dari bibitnya
      bapaknya saru anaknya sarungan...

      Hapus
    3. aku ngga mau mampir kerumahnya kang zach ah sebelum ganti artikel yang baru.......bener kata kang Rudy arra, kotak komentarnya udah meletus tuh kang

      Hapus
    4. baliau kan lagi kampanye, mang...
      jadi kalo pendukungnya belum banyak belum mau bikin yopik baru

      Hapus
  4. Awak'e Ncip tambah padet yo mas..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi tau nih om mulai susah makan...

      Hapus
  5. Wehehehe, ndak kalah karo Mbak yune :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo si ncit sih walau pecicilan termasuk anteng dan mudah diatur. ini mentang mentang cowo kali naz...

      Hapus
  6. mungkin bapaknya dulu jg bandel.hahahayo ngaku :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampe sekarang juga masih......
      ......TA..U!!

      Hapus
    2. buah jatuh ga jauh dr pohonnya :D

      Hapus
    3. kalo nggantung terus ga jatuh jatuh..?

      Hapus
  7. salam kenal rawins
    Waduh bocah cilik kui yo podo rawins..hehehe.

    BalasHapus
  8. Ha..ha,ha encip njaluk remote control tp kupinge rika sing masalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gara2 kesuwen nang alas dadi pikirane ngeres.... ndarani beyunge sing ngajari kon emot.......

      Hapus
    2. kalo garing namanya kripik lik...

      Hapus
  9. laptopku muali tersendat sendat gini euy...
    ngga ngikutin ncip dari part 1..berapa taun ni kang? ke'nya seumuran sama c Geo bungsuku.
    lagian ngapain cari duit jauh2 ampe kehutan emang belum bosen?udah segera minta mutasi dah...asik bisa selalu maen bareng, lagian kalau deketkan sawahnya bisa selalu disirami setiap saat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kerja asikan di hutan, mang
      bolak balik disuruh ke jakarta bolak balik pula diakalin biar dikirim ke site lagi...

      Hapus
  10. ncip suka maen air..
    hwheheee :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar tar kerjaannya di lahan basah...

      Hapus
  11. bener banget Mas. Kebayang pengen pulang biar bisa maen bareng. Gemwes liat potonya si Ncip

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah susah mbayangin om
      haha

      Hapus
  12. Punya anak se usia dia pasti bawaanya pengen ngumpul terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar bisa bikin adik baru lagih

      Hapus
    2. *untuk 18th keatas ya*
      saya turun kebawah ajalah komennya :D .

      Hapus
    3. 18 tahun ke atas emang urusannya tentang perbawahan kok...

      Hapus
  13. bwahahaaa... itu si ncip emang gembul bgt yak, ngapain di depan kulkas gitu hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. adatnya kek elu mils
      haha

      Hapus
    2. anaknya gembul bapaknya gembling

      Hapus
    3. anaknya ganteng bapaknya gendeng
      mau ngomong gitu aja susah amat haha...

      Hapus
  14. Bandele melebihi bapaknya nggak ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak lah. masih kecampuran ibune

      Hapus
    2. gen bandel tuh dari ibue lho...

      Hapus
  15. waaah nakalnya mirip bapake waktu kecil ni kayaknya....
    :P

    btw,,emot ontol nya donk... pindah saluran niii...
    hhahaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hush...
      itu bahasa khusus 2 tahun ke bawah...

      Hapus
  16. Nantinya akan jadi lebih kreatif :)

    BalasHapus
  17. anaknya endut.. gemesin. mungkin kalo saya gendong bisa jadi gemes terus lihat pipinya ^,^ .. bandel lucu donk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi bapaknya...
      mau ciumin juga boleh...

      Hapus
  18. Biasananya anak kecil mudah menirukan apa yang dikatakan dan dilakukan oleh orang terdekat sekitarnya.Semoga jadi anak yang baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya iyalah. anak kon potokopian bapaknya, om...

      Hapus
  19. hahaha geli baca komentar2 nya.. :D

    BalasHapus
  20. cip....udeh malem...ngendon di kulkas ae..:P

    BalasHapus
  21. ben nakal om sing penting itu cerdas ketimbang diem ajah hayoo :D

    dedek besok ujan2an sama tante lho yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha gausah ditawarin kalo urusan itu mah...

      Hapus
  22. Alhamdulilah...anaknya keliatan lebih sholeh daripada bapaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya jeleknya diabisin bapaknya
      biar anaknya kebagian baiknya...

      Hapus
  23. Masuke TK Wanadri ae om...
    Ayunanne nggo seat harness, centhelke jumar..
    ben ndridise tersalurkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha sayange di jogja ga ada om...

      Hapus
  24. anakmu pancen wingi nang bonbin kabeh mlakune pada lurus ya mbelak mbelok dewekan.....

    tapi tak gendong aku gelem luh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bocah sregep ya wegah ngrepoti biyunge...

      Hapus
    2. mondol...biyunge sing dela2 tulung2..

      Hapus
    3. tapi kan ora gendongan..

      Hapus
  25. Balasan
    1. biarin aja lah daripada ngamuk...

      Hapus
  26. ncip,.....bandel banget sih km...kaya sapa ???!!! :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kaya bapaknya lah
      masa kaya tetangga...

      Hapus
  27. Hmmmmm...koyo cilikane ramane, mbokan !

    BalasHapus
  28. Masaoloh.. Ncit kok ngomong saru.. Nggak usah ikut-ikutan ayah, Ncit. Biar aja ayah saru sendiri..

    Etapi, inti (penutupan)nya kok lumayan arif bijaksana, Win? :D

    BalasHapus
  29. wajar pak kan masih tahap belajar...namanya juga balita pak...
    gak usah khawatir...

    BalasHapus
  30. buah jatuh tak kan jauh dari pohonnya, ncip begitu krn bpknya juga, eling nini sik bilang dulu kang.....!!!

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena