10 Desember 2012

Pecel Combrang


#Segala Umur

Paling indah kalo mertua datang adalah makan enak ala kampung. Banyak cemilan yang lama tak kunikmati tiba-tiba muncul di meja. Yang paling aku sukai adalah beras anyar panen yang wangi, mendoan dan pecel combrang.

Ibue Ncip selalu menyebut combrang. Ada juga yang mengatakan sebagai kecombrang. Orang sunda bilang honje. Orang bule menamakannya torch ginger sedangkan wikipedia mengenalnya sebagai etlingera elatior.

Pecel combrang ini memang kuliner khas Banyumas khususnya Cilacap. Paling dikenal tentunya pecel combrang di Stasiun Kroya yang sejarahnya juga lumayan panjang sebagaimana pernah aku ceritakan di jurnal Argo Pecel. Bila pecel Madiun terkenal dengan bumbu beraroma jeruk dan rempeyeknya. Combrang dan mendoan atau bakwan adalah khasnya pecel Kroya.

Ngomongin combrang, jadi inget beberapa tahun lalu. Ada teman MPers asal Purwokerto yang tinggal di Belanda ngidam combrang dan pete. Merasa ketempuhan bikin postingan tentang combrang dan pete, ke pasar nyari dan kirim lewat paket kilat 2 hari nyampe. Teman itu begitu bersuka cita menemukan makanan impian. Baru besoknya bilang lewat chat, "petenya mau dimakan kok rasanya sayang banget..?"

Ternyata dia baru saja lihat ongkos kirim yang tercantum di bungkus paket. Memang iya sih. Petenya seikat cuma 20 ribu. Ongkos DHL nya 1,4 juta. 
Hihihi khamsiandehlooo...

Kalo pecel combrang mertua ini sih gak sampai segitunya. Damai saja aku sarapan pecel sampai nambah-nambah. Baru kerasa ada masalah beberapa waktu kemudian.

Ceritanya rombongan mertua pengen diantar ke pantai. Aku antar saja ke daerah Gunung Kidul yang pantainya oye. Ga tau kenapa, tiap beberapa menit sekali isi perutku selalu bergejolak. Sekali dua kali sih ga ada yang curiga aku selalu buka jendela mobil dengan alasan betulin antena radio, buang bungkus permen dan sebagainya sampai akhirnya ide habis. 

Terakhir masih mikir cari-cari alasan buka jendela, eh knalpotku keburu ngeprot
Belum sempat buka suara keburu ibue angkat bicara, "ini mba apa dede yang eek..?"

Jadilah sepanjang jalan setiap beberapa menit sekali selalu bilang, "mba Ncit sakit perut ya..?"
#Semoga gak kualat ke anak...



67 comments:

  1. apapun bahasanya yang penting enak kan dmakannya ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak dimakan kalo diolah dulu
      kalo enggak ya getir getir pait

      Hapus
  2. combrang membuat lega di dada. plong banget. kenapa saya di bogor dan jakarta nggak pernah nemu yang begini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihhhhhh uenak tenannya kayaknih. Siang siang gene jadi laper perut padahal tadi jam 12.00 WIB sudah menyantap Sate Ayam + Nasi + soto Babat

      Hapus
    2. masa sih ora nemu mas zac
      aq yg di LN aja bisa nemu combrang.

      Hapus
    3. kayane bogor perlu impor combrang dari luar negeri lik..
      pak asep kayaknya siap jadi makelarnya
      lik reo dadi supliernya

      Hapus
    4. haha ya tuh....kebangeten banget combrang be ora ana :D

      Hapus
  3. kecombrang? baru tahu ttg nama kecombrang neh, ini nanyak ke teman katanya adanya asal muasalnya dr SUnda ya Mas? #penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang kurang dikenal dalam perpecelan di jawa timur
      lebih banyak di jawa tengah bagian barat ke barat...

      Hapus
  4. kalo di medan kecombrang biasa di pke buat masak arsik ikan mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. campuran daun ubi tumbuk juga
      di sana disebut kincung

      Hapus
    2. arsik ikan tuh apalagi..?

      keren tuh namanya kincung...

      Hapus
    3. ada juga yg nyebut kencong

      Hapus
  5. Pecelll... mau dong. Apalagi mendoannya yg jarang bisa aku temukan di Madiun. Meski tiap hari aku makan pecel gak bakalan bosen.
    Bagiku... Pecel Madiun is the best #promosi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi di madiun biasanya bukan pake mendoan kan? di warung pecel biasanya ada gorengan yang disebut heci, kalo di tempat lain disebut bakwan, tapi dicetak bulet-bulet dan di atasnya ada kacang tanahnya...nggih to?

      Hapus
    2. pecel madiun biasanya identik dengan peyek
      kalo pecel kroya pelengkapnya mendoan dan bakwan

      Hapus
  6. biasa ane kalau amubeli pecel tuh diponorgo enak dan mantabs punyanya mbah godong yang sudah dikunjungi oleh andi mallarangeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. walau suka pecel, kadang kurang sreg dengan pecel jatim
      bumbunya beraroma jeruk

      Hapus
  7. sambal pecel dengan telur dadar disitu ... sluurrppp .....

    bolehlah boleh,,
    hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini lagi...
      belum pernah nyobain bumbu pecel sama telor dadar...

      Hapus
  8. jai inget sapaan mbok2 penjual pecel di kereta api,
    pecel lontong pecel ..
    glek, nelen ludah @,@

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka naik kereta lewat jalur selatan ya..?

      Hapus
  9. kebayakan makan lalapan daun pasak bumi perutnya jadi lupa sama taste pecel. Harusnya nyari alasan lagi, belum pasang pampers nih, kan aman ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pulang maunya makan mulu
      apa aja keliatan enak, -pak...

      Hapus
  10. Combrang atau kecombrang bisa dipakai buat penurun panas pada anak...
    Jaman anak saya masih bayi, kalau panas di"deplokkan" combrang dan dibalurkan ke badannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat nurunin panas biasanya batangnya yang dipake
      kalo buat pecel kan bunganya...

      Hapus
  11. kebanyakan pecel,ujung2nya ke WC.hehehe mules2

    BalasHapus
  12. Duh Mas ngiler lihat pecel cemerlangnya. Pantas perutmu perang habis makan ya Mas, ngambilnya pasti banyak..hahaha.., datang 2 aku menuduh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikhlas kok jadi tertuduh
      memang kenyataannya begitu sampe mules mules...

      Hapus
  13. Ati ati lho, kutukan mertua biasa pelan tapi pasti, hihihihi ...
    kasian juga tuh temen ente di walanda kena serangan boncos :P

    BalasHapus
  14. geuluh tungtung na ih si amang...

    BalasHapus
  15. wah, iku kek pecel yaaaaa? kek ada kembang turinya... hehehehhe enak enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. combrang bukan kembang turi...

      Hapus
  16. sy gak suka kecombrang.. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya suka
      apalagi kalo gratisan...

      Hapus
  17. Kalau di tanah melayu, combrang disebut kincung. tu di belakang rumah ada pohonnya. Paling uenak dimasak ala batak, sama daun ubi tumbuk, yang lentrek-lentrek gitu, tapi rasanya...bikin ketagihan.
    hayo,siapa suka combrang? hidup combrang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi pengen nyobain masakan lentrek...
      kapan ya..?

      Hapus
  18. mendoan+pecel klangenanku kue mas......jhiant dadi ngiler nyong weruh potone pecel koh

    BalasHapus
  19. kayaknya enak kok combrang itu... sepertinya pernah makan juga diriku.. cuma lupa rasanya persisnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya susah diungkap dengan kata kata pokoknya om..
      *palagi kalo laper...

      Hapus
  20. mendoan itu sejenis tempe gembos yo mas???

    mugo2 bapake gak ditiru anake, wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda atuh...
      mendoan itu tempe digoreng setengah mateng pake tepung

      Hapus
  21. wah kayaknya pecelnya enak tuh , jadi ngiler :(
    mendoan kalo dalam bahasa sunda cipe yah :) hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. cipe itu kalo dalam bahasa sunda singkatan aci sama tempe,, mendoan itu kan tempe di bungkus sama terigu,,, jadi istilahnya atau di sebutnya cipe pak rawin :)

      Hapus
  22. pengen dong , aku juga lagi ngidam nih jadi pengen pecel+mendoan .
    bisa dikirimkan ? ga jauh ko dan pasti ongkos kirimnya murah soalnya lokasinya Jawa Barat . hehehehehhehe

    BalasHapus
  23. Mesakke Ncip dan Ncit jadi kambinghitam temennya Shaun the Sheep.
    Ora nate ketemu kecombrang Mas. Pengen ngerti kalo dipecel rasane piye. Kebetulan penggila pecel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kalo sempat naik kereta jalur selatan
      di daerah kroya pasti ada
      mulai purwokerto sampai kebumen lah...

      Hapus
  24. Kayaknya aku pernah makan pecel ini di Jatijajar ... maknyus ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di jatijajar lumayan banyak juga om..

      Hapus
  25. dadi kelingan numpak sepur nek wis tekan Kroya...pada ider bakul pecel e

    eh kuwe anu weteng mules kualat karo mertua janu..

    BalasHapus
  26. Tadinya penasaran om sama makanan itu...
    Mbasan baca kerinya, kok jadi ra kepengen T.T

    BalasHapus
  27. sambel honje juga enak bangeetttt... kemaren di kirimin sm temen bikin nambah napsu makan

    BalasHapus
  28. pecel aku suka, tapi kalo pecel combrang gak deh pak,, aku gak suka,,, rasanya agak-agak gimanaaaaaa gituuuu #lebay

    BalasHapus
  29. Pecelnya bikin ngiler mas. rasa laper menyerangku hehehe... apalagi disajikan dgn tempe mendoan hmmmmm maknyus kayaknya ya

    BalasHapus
  30. ihiks aku isin......aku durung maem pecel kecombrang, rasane koyo opo sih mas?!

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena