31 Desember 2012

Catatan Akhir 2012

#Bimbingan Orang Tua

Kalender gratisan satu-satunya di rumah sebenarnya masih berumur beberapa jam lagi. Namun si Ncip sudah menurunkannya dari dinding dan menyeret-nyeret sampai ke halaman. Padahal kalender pengganti belum ada kejelasan kapan akan terpajang.



Mungkin itu merupakan analogi kehidupanku dan filosofi perjalanannya. Lebih suka membiarkannya mengalir tanpa banyak terikat aturan agar hidup tidak menjadi rumit. Tak mau terlalu terbelenggu masa lalu pun tak ingin menerawang masa depan terlalu jauh.

Tak terbiasa menyukai hal yang berbau seremonial, ketika orang lain gegap gempita merayakan pergantian tahun aku lebih suka di rumah bersama anak-anak. Karena belum pernah aku temukan benang merah yang nyata antara meluapkan kegembiraan meniup terompet dengan pencapaian hidup.

Aku belum mampu memahami ketika orang-orang saling mengucap selamat dan semoga sukses di tahun baru, namun esoknya mereka kembali ke rutinitas semula tanpa ada perubahan pola pikir dan perilaku. Bagaimana bisa mencapai hidup yang lebih baik, bila malam pembukaannya saja sudah menyusahkan orang lain dengan sampah yang bertebaran di jalanan.



Pencapaian di tahun berlalu pun hanya tentang Citra dan Cipta saja yang pantas aku ceritakan. Membesarkan mereka merupakan romantika hidup yang teramat luar biasa. Kalo bicara karir atau materi, faktornya hanya pada keuletan dan kemauan belajar. Namun bicara anak sama artinya dengan bicara genetika, pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, politik, hankam dan bahkan bisa menyeret sampai masa lalu orang tua.

Dan untuk anak sebadung Ncit Ncip, menjadikan kerepotan atas kenakalan mereka sebagai masalah sama saja dengan menyia-nyiakan hidup. Nikmati saja dengan tertawa walau kadang harus tarik nafas panjang sambil ngelus dada ibue.

Seperti tiap pagi mereka suka nyolong-nyolong nyruput kopiku. Minum kopi secangkir saja kudu banyak acara dari teras sampai dapur. Entah mereka memang pantang mundur atau dasarnya ndablek susah dibilangin aku ga tahu. 



Yang jelas, ketika mereka bersikap kebalikannya aku malah jadi curigation. Dilarang nyruput kopi kok nurut. Apalagi pake duduk manis dan senyum-senyum, itu tandanya harus hati-hati. Bisa jadi kopinya sudah berasa kecap atau berubah jadi tisu kuah rasa mocca.

Selamat Tahun Baru 2013
Untuk yang merayakannya...


Intinya :
Ini hanya catatan akhir tahun. 
Tidak lagi menghujat mereka yang merayakan. Cuma pengen cerita kalo aku belum menemukan kaidah perayaan tahun baru dan manfaatnya buat aku pribadi. 
Kalo ada yang mau kasih pencerahan, silahken...
Sekali lagi, ini cerita tentang AKU lho ya, bukan tentangMU...


43 comments:

  1. Hihi... tahun baru paling enak tidur mas, kan hujan tuh ya biasanya :p
    cerita closing tahunnya seperti biasa, bikin senyam senyum

    :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap foto yang berdiri miring itu. Udah sangat mirip kontes fotonya MIZONE ya. Halah saya nyebut merek eui.

      Hapus
    2. Kalender baru 2013 ya itu mas Rawins? Kayaknya sih Kalender 2012 ya hiheiheie. Saya masih ingat pernah menemukan 3 buah Kalender 2012 yang gresh alias masih baru secara tidak sengaja dibalik lemari. Hieieie Baru tapi sudah lama sekarang. Biar kalender baru namun kalendernya tahun 2012, ya otomatis kalender lama lah

      Hapus
    3. Aku tahun baru malah terjebak di hutan kalimantan.. :(

      Hapus
  2. Ah aku taun baru paling yo mung turu,
    tapi kayak oke tuh niup terompet...
    Trus dipaske kuping wong liyo~ lalalala

    BalasHapus
  3. Selamat menikmati perayaan Tahun baru 2013 bagi yang merayakannya. Dan bagi yang tidak merayakannya tetap dapat menyambut tahun baru dikeesokan harinya dalam keindahan senyum menyambut cahaya matahari pagi di awal tahun 2013. Dan menjadikan tahun ini menjadi lebih baik dari tahun kemarin.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    BalasHapus
  4. Ya, kalau di jakarta memang hawanya beda mungkin dengan di daerah. Atine krencalan kepengin melu perayaan tahun baru. Padahal ya sebetulnya sama saja. Merayakan atau tidak merayakan intine ya bagaimana supaya tiap tahun ada kemajuan pencapaian dlm berbagai bidang. Anak merupakan harta berharga yang tiada tara melebihi harta benda dan materi yang lainnya. Dengan membesarkan anak, maka kita akan merasakan betul bagaimana menjadi orang tua, yang tentu akan merasakan suka dan dukanya mendidik dan membesarkan anak. Ya Selamat tahun baru 2013 Kang Rawins, semoga bahagia bersama keluarga.

    BalasHapus
  5. tahun baru tu artinya ganti Kalender om...

    BalasHapus
  6. tahun baru gak pernah ngrayain kang
    nek tahun hijriah kadang2 masih,
    bukan mergo santri; tapi mergo akeh tonggo pada nongkrong
    plus nggowo gorengan kumplit sak tumpengane :))

    BalasHapus
  7. Tahun 2012ku ....isinya cuma galau dan galau dari ujung ke ujung..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2013 enggak galau lagi dong Mbak. :)

      Hapus
    2. Galau itu mengusir ya. Pak Polisi sering menggalau para demonstran hingga bubar.

      Hapus
    3. cerita donk kenapa galau selalu, mbak ay

      Hapus
  8. Sepertinya sama gan
    Ane juga tiap tahun melewati tahun baru di rumah, enak nonton TV di rumah :)

    BalasHapus
  9. bagi yang merayakannya.. aku baru pernah mendengarnya untuk momen taun baruan hehe..

    btw, itu foto2nya bener2 menggambarkan serunya cipta-citra. dan yang pas dia ngguyur badan, weh ... keren! airnya pas jatoh di sekujur badan gitu *jempol

    BalasHapus
  10. aku malah dua hari terakhir nggreges, badan lungkrah dan nggak enak bodi Kang, malah terlupa ini hari dan tanggal berapa tahhu-tahunya tadi malam terbangun soale di depan rumah dar der dor kembang api. Nah karena efek kena obat akhrnya keributan di luar nggak ngaruh ngefly sampe pagi

    BalasHapus
  11. tambah tua aja ya rasanya.....

    BalasHapus
  12. tahun baru buat sy enaknya di rumah :D

    BalasHapus
  13. pesta kembang api di langit komplek PT.RAPP tadi malam Pakdhe, yang katanya kembang apinya didatangkan dari PINDAD. Acaranya dekat dengan rumah, 200 m aja, ada artis2 dari Jakarta pula. Tapi kami dak ada nengok ke lapangan, berisik banget, si kecil Zaki yang baru 3 tahun aja bisa komentar, " bunda, telinga Aki pekak" katanya. Nah loe...dari rumah aja udah pekak, apa lagi yang di lapangan sana?

    BalasHapus
  14. selamat tahun baru ya mas, semoga selalu sehat dan semakin bahagia bersama ncip ndan ncit nya :)

    BalasHapus
  15. podo mas....aku jg gak tahu maksud dan tujuannya, tapi yo wis lah menghormati yg kasih ucapan baru aku bls mengucapkan..........

    BalasHapus
  16. enak wae Mas sing dielus kok bukan dadane dhewe. Hehehehe..
    bener jugak ya, gimana mau berubah lebih baik kalo di awal tahun aja udah nyusahin orang dengan bikin sampah...

    BalasHapus
  17. Ncip dan Ncit adalah sebuah program hidup yang lebih nyata. Dan tentu saja gak butuh resolusi apa-apa di tahun kemudian, selain membesarkan mereka dengan baik :)

    BalasHapus
  18. Selamat tahun baru 2013 ya Mas ... dan kalender barunya keknya sudah terpasang he he :)

    BalasHapus
  19. Ah...pada malam pergantian tahun, aku juga hanya diam dirumah, nonton TV sambil nyemil, pake sweater. Nikmat tak terkira, daripada ujan-ujanan bela-belain nonton dar der dor diluar sanahh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga dirumah.. tidur ngeloni istri.. eehhh.. ngeloni sinichi

      Hapus
  20. semoga bisa kopdar dengan mas Rawins di tahun 2012.. *resolusi blogger*

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2013 maksudnya... hahahahahha

      Hapus
  21. selamat tahun baru om *sulut petasan

    BalasHapus
  22. Semoga ditahun baru ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik..
    Selamat tahun baru 2013

    BalasHapus
  23. aku gak pernah merayakan tahun baru mas, biasanya ya tidur aja seperti malam-malan lainnya :)

    BalasHapus
  24. waduh, mbok ngelus dadane dhewe wae :) foto karo ncip ncit sing pertama kuwi ngendi pak, kok ra ono gravitasine?

    BalasHapus
  25. wew, penasaran sama pengarah gaya foto miringnya, kompak, hehehehe :P
    malem taun baru saya cuma ngopi sampil maenin kartu remi di depan tv, hehehehe ... gak ngaruh sama besoknya sob :D

    oiya, ane udah add tuh infonya, thanks ya sob, moga aja bisa ya ...

    BalasHapus
  26. semua merayakan pergantian tahun walau hanya di TV
    dan itu berpangaruh pada hari esoknya, pagi terasa malam. #ngantuk :D
    kunjungi balik gan :D

    BalasHapus
  27. Selamat tahun baru ya.. mas.... sukses selalu.

    BalasHapus
  28. walah wis ahh, tekkerja dimin!

    BalasHapus
  29. aku juga blm punya kalender 2013 :D

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena