12 November 2012

Susah Sinyal


#Semua Umur

Ada teman yang nanya, "katanya sekarang lagi di pelabuhan tapi malah susah sinyal..?"

Yang dimaksud disini bukan pelabuhan di tepi laut mendekati kota, melainkan pelabuhan tongkang untuk muat batubara di pinggiran sungai Napu yang merupakan anak sungai Barito. Letaknya lebih terpencil dan makin jauh dari kota. Dari messku yang berada di site induk jaraknya sekitar 35 kilo. Namun karena jalannya keren abis, jarak segitu ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Biasanya aku ke pelabuhan sesekali saja apabila ada gangguan berat atau sekedar nengokin pasukan yang nongkrong disana. Tapi karena ada proyek crash program untuk upgrading jaringan dan penangkal petir, kali ini aku harus bertahan sampai bulan depan.

Soal fasilitas hidup tentu saja jauh dibanding kondisi di mess PLTU. Baraknya lumayan keren biarpun tanpa springbed dan AC. Tapi urusan tidur bisa lebih nyenyak karena badan lelah tingkat kabupaten dalam proyek ini. 




Nyamuknya lebih sadis. Hari pertama datang, aku sempatin bakar sampah di depan barak untuk mengusir nyamuk. Eh, bukannya nyamuk yang bubar. Malah orangnya yang kabur barak penuh asap.

Air di sini jauh lebih bagus ketimbang di PLTU yang kadang berlumpur. Lumayan jadi bisa sering-sering mandi air bersih. Sudah seneng bisa nyuci baju putih yang berubah coklat dicuci pake kopi susu terus. Namun begitu angkat jemuran sore harinya, langsung bengong liat baju malah hitam penuh debu batubara dari stockpile sebelah. 




Untuk mengatasi masalah sinyal hape dan koneksi internet, aku minta bagian logistik kirim penguat sinyal dan access point berikut kelengkapannya. Waktu mau pasang hotspot, aku sempat misuh-misuh ke logistik karena kabelnya tidak ada. Teman di logistik ngeyel kalo kabel sudah dikirim serta padahal aku cari-cari tidak ada.

Baru ketahuan saat ambil handuk mau mandi
Jujur aku seneng punya anak buah kreatif keturunan Mac Gyver semua. Tapi disuruh bikin jemuran yang bebas debu, mbokyao beli tambang plastik apa bikin dari gedebok pisang. Ini mah kabel belden dipake buat ngejemur kancut. Kalo sampe kabelnya terkontaminasi trus dipake onlen, apa yang muncul ga perkancutan semua..?





132 comments:

  1. kreatif dong mas namanya pakai bahan yang ada hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah begitulah kalo segerombolan kesurupan mac gyver semua...

      Hapus
  2. Wedew... itu kancut ting garantung di atas kabel, kesetrum lho :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah si ibu lamatak jumpa
      begitu urusan kancut langsung njedul...

      Hapus
  3. wkwkwk.. itu kabel buat njemur kancut.. haduuuh.. praktis 'n kreatip tuh.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. abisnya gimana lagi..?
      kalo dibalik kancutnya buat ngejemur kabel, susah...

      Hapus
    2. hahahah iya unik bertaburan di atasnya rame dan banyak warna warninya hiieiheiheihee. Yang punya mas Rawin tentu yang besar ya. Dikasih nama y

      Hapus
    3. ga perlu dikasih nama
      punya aku pake sleting kok beda ma yang laen

      Hapus
    4. Yang pasti punya Mas Raw yang warna Pink.

      Hapus
    5. engga
      aslinya putih. tapi kelunturan isinya, sekarang jadi coklat...

      Hapus
    6. Oooo...itu sih karena daki Mas.

      Hapus
    7. gapapalah kerenan coklat tho

      *timbang stroberi

      Hapus
    8. Lemon...soalnya pasti asem!

      Hapus
    9. kok tau..?
      emang pernah ngemut..?

      Hapus
  4. Balasan
    1. namanya juga kabel jamuran...

      Hapus
    2. ahahhahaaha bener bener dah ieiheiheihee

      Hapus
    3. kalo salah tinggal di tip ex pak

      Hapus
  5. hahahahaha.
    penasaran sama perusahaan batubara tempat sampean kerja yang sampe punya pelabuhan barging sendiri itu Mas. perusahaan kecil-kecil kan pada tutup sekarang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semuanya dikerjain sendiri dari survai sampai shipping, om...

      Hapus
  6. Aku membayangkan kerjaan Mas Raw itu memang Adventure banget, mengatasinpermasalahan di pedalaman. MACHO banget, MACHE (Mantan Chewek) nya gak kelihatan.

    Kabelnya sudah tersentuh 'SEGI TIGA PENGAMAN'...haaahh...sudahlah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga kerja di pedalaman
      kudu lihai urusan pedalaman juga dong...
      *asal bukan pedalaman kancut

      Hapus
    2. MACHO = Mantan chopet?

      Hapus
    3. Wah tinggal satu dong...sabar ya Ibue...

      Hapus
    4. yang kan sosisnya bro...

      Hapus
    5. Terong deh biar gedean dikit

      Hapus
  7. hahaha....itu gara2 kabelnya buat njemur kancut jadi susah sinyalnya mas
    nanti klu dipake tu kancut mengandungi energi elektromagnet loh...awas hati2

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin seisi pedalaman kancut jadi tegangan tinggi, om...

      Hapus
    2. wuahahahahaha.....diperjelas tettttt

      Hapus
    3. daripada remeng remeng om..

      Hapus
    4. Ngomongin apa sih, aku gak ngerti???

      #dibawah umur

      Hapus
    5. ngomongin anak dibawah umur...

      Hapus
    6. Ooo...yasudah...

      #ngemut lolipop lagi

      Hapus
    7. jangan lupa pake pempers...

      Hapus
    8. Lebih suka diganjal bantal

      Hapus
    9. pake bantalan rel lebih mancabs...

      Hapus
  8. asli aku malah ngakak moco postingan iki...onlen perkancutan yo Kang...!!! lha yo kui sik marake susah sinyal ketutup kancut sih !

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kalo kancute dibuka, sinyale jadi kuat ya..?
      sinyal lin kali itu mah...

      Hapus
  9. benar-benar kreatif, kabel jadi tali jemuran,
    ingat masa dulu....kawat pengikat kabel malahan dijadikan hanger untuk gantung baju :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya hidup di pedalaman yang serba terbatas, pak...

      Hapus
  10. kirain itu foto di base camp gunung ungaran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di gua jepang atas bandungan ya..?

      Hapus
  11. Interverensi gelombang dari dalam kancut sangat besar pengauruhnya ke kualitas hantaran signal di kabel belden tho om???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai dengan teori sangkar faraday itu, bro...

      Hapus
    2. suka gatel gatel ya..?

      Hapus
    3. Biar teori sangkar faraday-nya dapet!

      Hapus
    4. Sangkar Faraday adalah sebuah ruang tertutup yang terbuat dari bahan-bahan penghantar listrik. Ruangan itu mampu merintangi medan listrik statik eksternal.

      Sangkar akan menghalangi medan listrik eksternal biarpun bagian dalamnya mengandung beberapa muatan dan sebuah medan listrik. Inilah sebuah konsekwensi dari asas superposisi dan fakta bahwa persamaan Maxwell adalah linear...

      Sebuah sangkar Faraday takkan melindungi muatannya dari medan magnet statis. Namun, medan magnet yang berubah sangat cepat menciptakan medan listrik sesuai dengan persamaan Maxwell. Konduktor menghapuskan medan listrik dan dengan begitu menghilangkan pula medan magnet. Ketebalan dan tebal kulit material tembok mengatur frekuensi dimana sangkar menekan medan elektromagnet. Medan magnet yang statis atau berubah perlahan-lahan mampu menembus sangkar berlawanan dengan medan magnet yang berubah dengan cepat.

      Jadi semakin tebal kacut, semakin lemah tingkat radiasi tegangan dari mini tower nya si paraday...

      Kira kira begitu...

      Hapus
    5. Ternyata urusan kancut bisa serumit ini ya!

      Terima kasih infonya gan!
      sangat berguna.

      Hapus
    6. tuh kan kalo dibales serius malah pada mumet...

      Hapus
    7. Berarti teori Kancut faraday lebih mumet lagi...

      Hapus
    8. Emangnya Faraday pake kancut juga?

      Hapus
    9. lho emang dia ga pernah kancutan ya, pak..?

      Hapus
  12. Itu pakai Aki apa setrum PLN Mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagai cadangan karena disini listriknya byar pet

      Hapus
  13. ya ampun ini lagi di angkot jadi senyum2 ngumpet takut kelihatan orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kenapa kalo senyum di angkot..?

      Hapus
  14. lha supervisornya aja muridnya Mac Gyver kok ya ...

    BalasHapus
  15. Apa itu sebuah metode terapi khusus pria Kang ? Jemur sesuatu yang sakral di atas kabel. He....x9

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. hush...
      tar bukan aroma terapi dong
      tapi aroma terasi...

      Hapus
  16. yang bikin jemuran itu kok ya gak laporan dulu, asal comot aja... ck..ck..ck...

    BalasHapus
  17. postingan yg bagus, lebih natural :D but suka bacanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini yang fokus pada artikel mas Rawin yang memang bagus. Syukurlah nda liat foto Kancutnya

      Hapus
    2. kancutnya bagus ya non..?

      Hapus
    3. kayaknya semua fokus ke kancut pak
      haha

      Hapus
    4. oh mungkin dia malu malu mengagumi kancut kancut itu

      Hapus
    5. Maklum, mungkin belum pengalaman.

      Hapus
    6. besok ikut diklat perkancutan ya..?
      sertifikasi internasiuduk...

      Hapus
    7. Aku kira sertifikasi internasiunyil

      Hapus
    8. tar cuma tahan setengah jam doang dong
      abis itu sampai jumpa teman-teman
      merdeka...

      Hapus
  18. kalau baca tulisan mas,serasa jadi Bolang mas alias Bocah Petualang :)
    bikin antena aja mas yang tinggi,trus disambung pakai kabel ext,usb yg 10mtr kemungkinan dapat sinyal lbh baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. bocah ilang..?

      ga perlu pake modem kok. tinggal tangkep wifi perusahaan doang
      dijamin maknyuss...

      Hapus
  19. seruan moco komentare mas ketimbang moco postingane, jan podo kreatif kabeh respone :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo urusan kancut memang selalu...
      begitulah sikap dasar manusia yang sesungguhnya
      haha

      Hapus
  20. Hiehiiehe saya masih prihatin dengan masalah sinyal. Semoga masih bisa connect ke Internet dengan kondisi yang demikian ya mas. Oh ya foto fotonya asyik dan seru aseli seperti dalam perang aja ya penuh dengan peralatan navigasi untuk kontak ke markas.

    Begitu foto discroll ke bawah, wauaaaaaaaaaaa foto foto CD alias kancut bergelantungan di atas seutas kabel kali ya itu. Menarik dan kreatif. Kapan kapan saya tiru juga hihiehiehiheihehieiee. Niru foto kancut orang kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga di barak pak
      di daerah terpencil lagi
      ga beda jauh dengan rambo di vietnam

      Hapus
    2. Mas Raw juga Rambo, dengan hati Rinto...

      Hapus
    3. bukan mau
      tapi wau kali..

      Hapus
  21. kang Rawiiiiiiin........dirimu arep dipindah tugas sama pak dahlan di Pengadaian mau gak karena dirimu jian mengamalkan prinsib penggadaian "Mengatasi Masalah tanpa Masalah" merubah kabel jadi jemuran kancut.......wkkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. nek itu mengatasi masalah dan nambaih masalah...

      Hapus
  22. Iiiiiih kog ada kancut nyaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. emangnya kita cowo apaan ga pake kancut..?

      Hapus
  23. wkwkwkwk mangkanya bakar tabunannya jangan pake celana dalem otomatis orangnya pada kaborrrr semuaaa wkwkwkwkwk...
    gokilll

    BalasHapus
  24. astajiiiimmm...
    itu jemurannya siapa mas...????

    BalasHapus
  25. ya ampuun parah banget mas.
    acakacakan gitu yak. hehe

    BalasHapus
  26. wwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    sumpah ngakak temenan aku mas, kokisok kabel internet dipake jemuran, jan diklate sangar iku mas, dilatih dadi mac gyver kabeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapalah
      asal jangan dipake gantung diri..

      Hapus
  27. gambar terakhir perlu di sensor hahaha

    follback mas www.unyukk.blogspot.com

    BalasHapus
  28. yes kang rawins...!

    eee saya pesen kayu kalimantan satu koli..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha mau ikutan pembalakan liar ya..?

      Hapus
  29. mungkin yg jd mcGyver berpikir kl tali rafia bisa buat koneksi internet gantiin kabel :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali
      nyatanya disini senar gitar saja dipake buat senar pancing...

      Hapus
  30. wele weleeee....itu kabel multiguna dong namanya...wkakakaka...aya2 wae si mas tehh....yang penting teuteup exist yoo...biarpun di pedalamaman...hadeuhh....sy kok ketinggalan postingannya yang seru2 ( aktip banget sihhh mas postingnya...hebat hebatttt!)

    BalasHapus
    Balasan
    1. daripada bengong, eceu...
      biasalah namanya juga manusia kereaktip...

      Hapus
  31. Wahahaha dicari2 ternyata sudah jadi tali jemuran toh? Mbokyao melapor dulu sama bos ya, ini langsung dipake :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi dalam kondisi darurat yang haram pun jadi halal
      itu doang sih landasan teorinya...

      Hapus
  32. Di lihat dari judulnya, kirain mau ngebahas provider atau sim card. Nggak taunya cerita segerombolan Mac gyver plus penampakan kancut"nya..Hha.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya deh maap kalo judulnya gak nyambung...

      Hapus
  33. Rumah yang sangat sederhana sekali ya mas ...


    Komentar : itu penguat sinyal sama wifi banyak sekali peralatannya .. apa gak ribet masangnya?
    Hehe ..

    Follow sukses kang ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah namanya juga pasukan reaksi cepat
      satu regu saja bawa alat satu truck...

      Hapus
  34. 1. Itu njemur di bawah atap kapan keringnya?
    2. kalau semua mag gever, siapa mbahnya macgiver? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. atapnya seng om. lebih panas ketimbang di luar plus bebas serbuan debu batubara. mbahnya mcgyver sudah inalillahi kayaknya...

      Hapus
  35. yes komentar ke 100...

    hahahaa, asik ya kyakx sob dtempat situ walalu terpencil tapi teknologix ga mau kalah,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah anda layak mendapat bintang...
      namanya juga mision imposible, harus canggih dong..

      Hapus
  36. hahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa...
    anak buahnya amijinasinya kuat mas.. heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga sia sia tiap hari ngasih mereka makan terong...

      Hapus
  37. Susah sinyal gara gara jemur kancut ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah
      terpengaruh sangkar faraday kayaknya...

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena