27 November 2012

Potong Ayam


#Bimbingan Orang Tua

Beberapa hari lalu, pekerjaan pengeboran untuk grounding harus dihentikan karena pipanya macet di kedalaman 20 meter. Mesin bor tak mampu berputar lagi terjebak pasir. Dicabut juga tidak bisa. Dari sekedar pakai dongkrak sampai dibantu alat berat tetap tak bergeming pipa bornya.

Ketika ketemu dengan kakaknya big bos yang jadi Juragan Dapur, aku sempat ditanya kenapa bajuku kotor banget. Dasar otak iseng stadium 6, damai saja aku cerita tentang bor macet dan ditambahin bumbu, "kalo ada kejadian kayak gitu, adat disini biasanya harus dipotongin ayam, bu."

Aku pikir si nenek tahu kalo aku becanda doang. Soalnya kasus shio monyet yang aku ceritakan di jurnal Juragan Dapur masih melekat erat dalam ingatanku. Eh, besoknya juragan General Affairs nelpon katanya ayam sudah siap. Malah pake nanya ada syarat lain yang harus disiapkan apa enggak.

Langsung aku panggil pasukan untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Bukan buat ritual adat, tapi ritual perbaikan gizi yang selama di barak begitu amburadul.




Ayam dipotong, dibakar kasih sambel kecap dan makan rame-rame. Sebodo amat kalo nanti ditanya ritual adat kasih makan hantunya sudah apa belum, aku jawab saja sudah. Toh teman-teman di barak yang makan ayam itu tampangnya sudah kaya hantu semua tiap hari belepotan debu batu bara.

Kirain kasusnya sudah cukup sampai disini
Eh, tahu-tahu bos dari Jakarta nelpon.
"Ga salah lu potong ayam..? Biasanya upacara adat Dayang yang dipotong kerbau..?"

Bingung ane jawabnya, gan...
Semoga ga panjang lebar seperti kasus Nyolong Ayam...
Bisa dapat gelar baru tar...




73 comments:

  1. boleh jga tuh pak potong kerbau nya...he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini dia hantunya nongol...
      haut kuman, lu...?

      Hapus
    2. haut,luen pangang manu nien ru,,,ckckck *puyeng bahasanya*...

      Hapus
    3. Bukan maksud meremehkan sajian sajian seperti itu, tapi ini kan makanan. Ya sudah dimakan aja toh itu makanan hiehiheiee. Ada ayam bakar sikaaat

      Hapus
    4. lagian emang pas kok
      makanan hantu dimakan hantu...

      Hapus
    5. Sesama hantu saling menghormati

      Hapus
  2. iya baen, kerbaunya biar menyusul Kang. bathi akeh jenengane.

    BalasHapus
  3. ayamnya ayam apa tuh, gede banget kayaknya

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. gathengan maksutnyah..?

      Hapus
    2. itu mah gurune wiro sableng

      Hapus
    3. Yang difoto itu gurunya Wiro Sableng

      Hapus
    4. suer arep komen malah ora sida
      maca komen ngguyu lelet lik nyonge

      Hapus
    5. jangan lelet dong lik
      ayo belajar mikir cepet...

      Hapus
  5. Bilang aja harusnya motong sapi, tapi kali ini gpp diganti ayam tapi harus sebulan berturut2, gitu Pak qiqiqiqiq

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha mayan buat perbaikan gizi...

      Hapus
  6. Balik bae njuh lik lah... selain bisa motong ayam sekalian bisa ngandangena manuk.

    BalasHapus
  7. ha.ha.ha. hantunya bingung menjawab ...

    BalasHapus
  8. Diolesin apa tuh ? Mentega kah ?
    Bakar ayam sama bakar ikan itu sensasi nya lain ... makan sambil bau asap terasa nikmatnya he he
    Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbuh, tiner kali. apa air aki yah..? :))

      Hapus
    2. ayamnya dikasih cat,,,he,,,he,,

      Hapus
    3. Untung ayamnya nda bau panci. Apalagi bau bubur

      Hapus
    4. kalo bau modol gimana pak..?

      Hapus
  9. jian melas tenan ..arep maem ayam wae ndadak nglomboni juragan dapur...

    ngesuk maning potong kebo sidakna Kang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. soale emang gitu adat disini bu
      kalo ada kejadian aneh kudu motong kerbau dua atau ngadain upacara adat kasih makan hantu...

      Hapus
  10. kalau harus motong kerbau kelamaan kan, jadi ayampun jadi ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang maksudnya becanda kok...

      Hapus
  11. awas, menyalahi adat, ntar hantunya pada berdatengan lho...
    hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan bikin merinding atuh, gan...
      ane lagi di tengah hutan neh...

      Hapus
  12. Mbakar ayam kayak gitu cocoknya yang mbakar nggak usah pake baju, cukup make sarung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah di hutan gini kalo bugil bentol bentol semua atuh pak...

      Hapus
  13. dibawain berapa ekor sama juragan dapur Mas ?
    ati-ati kalo kurang, ntar hantu-nya balik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikasih satu juga udah bikin seneng campur deg degan...

      Hapus
  14. huahaahahaha.....
    bilang aja kudu pake kerbau juga biar nyate sebarak mang:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha tidak berani
      paur hantunya datang beneran

      Hapus
    2. Kalo hantunya datang, ajak makan bareng aja.

      Hapus
    3. kalo hantunya kaya mamanya kirei sih mau...

      Hapus
  15. Lama ga maen sini Mas, tambah seru aja keknya. Hihihi.
    trus bornya kabare gimana Mas Raw? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah ditinggalin aja, om...
      bikin berita acara doang dah beres...

      Hapus
  16. AIh hahaha ada2 saja masalah dengan makanan.
    Coba bilangnya kerbau kan dipotongin kerbau yak ... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang disini biasanya potong kerbau kalo acara adat

      Hapus
  17. Kayaknya kalo isengnya ditambahin lagi "harus dipotongin ayam selama 7 hari berturut-turut" bakal seru tuh. Paling pas kebagian malem jum'at hantunya dateng minta jatah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak hantu hantu di sekitar kita.Nah di sini pun banyak dedemit. Nda usah jauh jauh dedemit maya juga ada. Ya nda Bang Zachflazz?

      Hapus
    2. hantu dari ciamis ada tuh...
      kerenan mana sama hantu ponti..?

      Hapus
    3. udah pernah diaduin emang..?

      Hapus
  18. Bikin daftar list menu makan sebulan Mas,
    tar tinggal disampaikan satu persatu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha emangnya di restoran..?
      ga digetok juragan dapur juga dah untung

      Hapus
  19. Paling tidak, pisangnya sekarang berlimpah yo mas, coz kalau selamaten gak ketinggalan ama pisang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. woy jangan bahas pisang lagi
      haha sakiiit....

      Hapus
    2. heee masih disebut juga..

      Hapus
  20. Alhamdulilllah...........potong ayam ato kerbau, kl potong manusia jd gaswat, tak suwun dirimu balik kampung mas, yen ada ritual potong manusia kasian Ncit & ncip yen ibue si isoh cari pengganti bapak.......hhhhD:(

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena