16 November 2012

Fase Psikis


#Bimbingan Orang Tua

Akhirnya teratasi juga masalah sinyal hape dan koneksi di barak darurat ini walau harus jadi Mac Gyver seperti aku ceritakan dalam jurnal Susah Sinyal.




Urusan onlen sudah lancar jaya, begitu juga acara nelpon ke rumah
Bagaimanapun juga hanya dua hal itu yang jadi hiburan selama 10 minggu di hutan yang jauh dari peradaban. Hahahihi ber-OOT ria dengan teman-teman blogger jauh lebih asik ketimbang jejaring sosial semacam pesbuk atau tuiter yang perubahan timeline terlalu cepat sehingga kesan dalam hatinya terasa dangkal.

Nelpon ke rumah ngobrol dengan ibue atau sekedar mendengarkan anak-anak berantem rebutan hape juga jadi obat galaw paling ampuh. Apalagi sekarang si Ncip makin banyak kosa katanya biarpun suer bikin mumet menerjemahkannya. Seperti sore tadi dia teriak-teriak di telpon, "sawat ayah sawat ayah..."

Kirain mulai belajar ngomong jorok pake nyebut-nyebut cawet bapaknya. Begitu konfirmasi ke translator, ternyata dia seperti mbaknya yang menganggap bapaknya kerja di pesawat seperti yang aku ceritakan dalam jurnal Salah Pemahaman. Makanya setiap ada pesawat lewat mereka suka panggil-panggil bapaknya disuruh pulang.




Selama hidup di hutan, secara umum ada tiga fase psikologis yang aku jalani. Sebulan pertama biasanya masih fokus di kerjaan. Cerita tentang pekerjaan menjadi jurnal dominan di blog. Bulan kedua rasa kangen ke anak mulai muncul sehingga cerita tentang mereka jadi banyak.

Dua minggu terakhir menjelang cuti, ini yang disebut fase galaw. Kerja saja sudah tidak fokus terganggu urusan kepala yang mulai cenat cenut. Apalagi isi jurnal. Hakul yaqin semakin berantakan dan lebih banyak berlabel dewasa.

Tak cuma di blog. Wallpaper laptop pun kebawa mood sesuai siklus tersebut. Seperti sekarang masuk linimasa kedua, wallpapernya diisi gambar si Ncit dan Ncip. Nanti masuk fase ketiga sudah ada ibue di antara foto anak-anak. 




Wallpaper fase pertama sih kayaknya ga perlu aku ceritakan
Yang jelas ga pernah pasang wallpaper tentang kerjaan
Ga usah penasaran ya...

Eh, ada yang punya pola psikis semacam itu kah..?
Siklusnya bisa bulanan, mingguan atau harian
Ceritain dong...




39 comments:

  1. Baru juga komen di jurnal kemaren, eh sudah jebul yang baru lagi.

    Kalau aku sih belum mencapai fase seperti Mas Raw itu, hari-hariku berjalan apa-adanya saja, kadang galau berat, kadang senang bukan kepalang, kadang datar-datar saja. Semua itu terjadi dalam waktu yang tidak tentu Mas. Kecuali kalau malem minggu ujan, ahh sudahlah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti ritmenya mingguan dong
      malem minggu ujan bukannya tambah asik..?

      Hapus
    2. Asik gimana?, yang ada malah gak bisa kemana-mana, beginilah jika cuma modal roda dua.

      Eh Mas, yang poto Ncit sama Ncip diatas itu siapa ya?, jago banget ngnbil angle-nya, artistiknya dapet, teritama poto Ncit paling atas.

      Hapus
    3. ya atuh rada ditingkatin sedikit harkat dan martabatnya
      tukerin yang roda 3 apa kumaha
      mayan tah bisa dapat duit kalo nongkrong di alun-alun..

      Hapus
  2. Fase fase yang mas Raw ini memang banyak terjadi, dan saya sendiri juga kadang merasakan hal yang sama. Fase galau ini memang benar terjadi dimana pikiran saya terpecah menjadi dua. Satu untuk urusan keluarga, dan satu lagi dengan pekerjaan sehar hari. Namun dari semua itu adalah masa depan yang masih belum jelas bagi saya yang masih dalam tahap pengembangan diri ini. Maunya sih cepat kaya, namun apa daya jalan ke arah sana masih memerlukan kerja keras lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu baru terpecah dua. kalo sampai empat lima atau enam gimana, pak..?
      aku malah ga pengen kaya. ternyata makin banyak duit tingkat mumetnya juga makin meningkat. enakan paspasan begini lah...

      Hapus
  3. ada sih siklus-siklus begitu, tapi aku nggak terlalu perhatikan ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali-kali perhatikan om
      lumayan buat bahan posting..

      Hapus
  4. karena aku gini gini aja kegiatannya, jadi gak ada istilahnya fase mas :D

    ya paling banter satu minggu deh fasenya. Senin males, rabu udah gak fokus, jumat paling seneng :P

    BalasHapus
  5. seingatku gak pernah ngalamin fase gitu deh apalagi sampai majang2 foto gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda orang kan beda perilaku bu
      udah bosen majangin foto waktu pacaran ya..?

      Hapus
  6. Ga punya fase apapun, datar aja seperti hidupku...
    dan ga pernah pasang wallpaper apapun di laptop ato pc...datar aja...

    *bebek yg datar...*

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikau memang serba datar
      depan belakang atas bawah rata...

      Hapus
    2. "KUTILANGDARAT" dong! "Kurus Tinggi Langsing Dada Rata"

      emang Mbak Ay begitu???

      Hapus
    3. wah ini sih pelecehan seksual namanya
      maksudnya sifat dan sikapnya lho...

      Hapus
  7. alhamdulillah kang,, saya masih bujang.. :)
    pun cuma sama pacar dulu..

    sekarang sudah satu kota lagi.. :

    *btw, pake ubuntu ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang ga ngalamin fase tanggal tua tanggal muda, om..?

      iyah. masih pake 10.10
      males pake yang 12
      lemot...

      Hapus
  8. welcome to the jungle mas..hehe

    BalasHapus
  9. Podo wae Kang...bedanya cuma dirimu begitu jauhnya sama keluarga..kalo aku deket tapi juga pake lini masa koyo dirimu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanggal muda senyum tanggal tua manyun ya..?
      haha

      Hapus
  10. saya gk begitu memperhatikan, tapi setelah baca posting ini saya baru sadar kalo saya sedang dalam fase galaw, hiihihihi...

    BalasHapus
  11. kalau walpaper biasanya aku fase gak jelas, seenaknya aja pak,,, heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ga jelas memang enak kok..

      Hapus
  12. kalo aq suka ati aja cuma screen saver nya aja yang begitu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang sekarang aja pake wallpaper
      dulu mah polos los...

      Hapus
  13. Yang penting jangan sampe masuk ke fase kepompong kupu-kupu kaciandehlu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah keren tho om
      bisa menghasilkan sutra

      Hapus
  14. iya tergantung mood nya mas..kalo lagi ngidam, bisa2 fotonya makanan semua deh...btw, itu si ncit n si ncip lucu amat naek stroler berdua..masih muat yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah asik dong
      kalo gitu sering sering aja ngidam bu...

      Hapus
  15. oh ya ya... jadi saya mengerti deh sekarang fase fasenya.. terutama fase yang ketiga...hehhe

    BalasHapus
  16. Bagi yang lagi doyan motret anak, kalo dapet yang bagus pasti dipajang di kompi. Kayaknya bukan termasuk fase sih .. tapi yang penting ikut nimbrung aja he he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enakan motret anak, om
      bebas resiko
      pengennya sih motretin spg...

      Hapus
  17. kl sy sih om..biasa siklus bulanan..galau dr tengah bulam ampe akhir bulan..dapur teuteup ngebul tp gak bisa jalan..jajan:D

    BalasHapus
  18. scan-scanan majalahapa donlotan Mas wallpaper fase pertama? Hihihi :P *nuduh*

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena